Semprotan rambut biotin telah memasuki pasar dunia, dan menghebohkan jagat media sosial. Dengan lebih dari 571.000 penayangan di TikTok saja, biotin semprot tentunya membuat heboh dan menarik banyak minat di dunia media sosial. Banyak orang yang telah menggunakan biotin semprot menyatakan bahwa mereka telah melihat manfaat besar pada rambutnya, seperti penambahan panjang, serta peningkatan tekstur dan kilaunya, tetapi apakah ini benar? Meskipun biotin sering dikonsumsi sebagai suplemen oral, apa sebenarnya biotin semprot itu?

Apakah biotin dapat meningkatkan kualitas rambut? Apakah ada penelitian yang mendukung penggunaan biotin untuk rambut? Riset menunjukkan bahwa biotin dapat bermanfaat bagi pertumbuhan, kekuatan, dan kualitas rambut secara keseluruhan.

Apa Itu Biotin?

Biotin merupakan vitamin yang larut dalam air milik famili vitamin B kompleks. Sejak ditemukan pada tahun 1927, biotin telah terbukti menjadi bagian integral dari nutrisi untuk kesehatan yang optimal.

Sebagai contoh, biotin diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme glukosa, asam amino, dan asam lemak. Biotin juga berperan dalam mengatur ekspresi gen. Penelitian juga menunjukkan bahwa biotin mungkin merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Tubuh manusia tidak menyintesis biotin dengan sendirinya. Artinya, biotin harus diperoleh dari sintesis di usus oleh mikrobiom usus atau melalui makanan. Makanan tinggi kandungan biotin meliputi hati sapi, salmon, biji bunga matahari, dan ubi jalar.

Apa Itu Biotin Semprot?

Biotin semprot merupakan produk cair yang mengandung biotin dan diaplikasikan secara topikal pada kulit kepala untuk pertumbuhan rambut.

Biotin semprot umumnya mengandung bahan-bahan penyehat rambut lainnya seperti kolagen dan panthenol.

Dengan penggunaan teratur, biotin semprot dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut, memperkuat rambut, serta meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan. 

Manfaat Biotin Semprot untuk Rambut

1. Biotin Dapat Membantu Mendukung Pertumbuhan Rambut yang Sehat

Hampir semua orang menginginkan rambut yang sehat, berkilau, dan lebat, meskipun untuk memperolehnya, banyak yang berpikir mereka harus memenangkan lotre genetik. Karena pertumbuhan rambut sering kali disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan pola makan, banyak orang yang menderita rambut tidak sehat menggunakan biotin semprot untuk mengatasinya.

Pertumbuhan rambut umumnya terjadi dalam 3 siklus: fase anagen, katagen, dan telogen.

  • Fase anagen adalah saat pertumbuhan rambut terjadi dan dapat berlangsung sampai lima tahun. Penelitian menunjukkan bahwa hingga 90% rambut di kepala berada dalam fase ini pada waktu tertentu. Setelah fase anagen adalah fase katagen.
  • Fase katagen melibatkan transisi dari pertumbuhan rambut ke fase istirahat. Pada tahap ini, suplai darah ke rambut terputus sebagai persiapan untuk menyambut kerontokan. Fase katagen bisa bertahan sampai 6 minggu.
  • Tahap terakhir dari siklus pertumbuhan rambut adalah fase telogen. Pada fase telogen, rambut mengalami kerontokan dari folikelnya dan lepas dari kulit kepala. Fase telogen umumnya berlangsung antara 3 sampai 5 bulan.

Penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat membantu mendukung pertumbuhan rambut yang sehat, terutama cara dengan memengaruhi fase pertumbuhan rambut anagen.

Kekurangan biotin, meski dianggap jarang terjadi, juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Center for Dermatology and Hair Diseases mengukur kadar biotin dalam serum wanita yang datang ke klinik untuk pengobatan rambut rontok.

Penelitian tersebut menemukan bahwa 38% wanita yang mengalami kerontokan rambut terbukti mengalami kekurangan biotin. Penelitian acak, buta-ganda, dan terkontrol plasebo lainnya berfokus pada efek suplemen yang mengandung biotin serta ginseng India dan kurkumin untuk pertumbuhan rambut. Penelitian ini mengikuti 40 wanita selama 6 bulan dan menemukan bahwa wanita dalam kelompok pengobatan melaporkan peningkatan yang signifikan dalam pertumbuhan rambut dan kualitas rambut.

Penelitian kuasi-eksperimental lainnya menemukan hasil yang tidak terduga saat berfokus pada efek biotin terhadap individu yang mengonsumsi isotretinoin untuk mengatasi jerawat. Penelitian kuasi-eksperimental merupakan penelitian yang membagi partisipan menjadi beberapa kelompok untuk memahami dampak intervensi tertentu, namun tidak terjadi pengacakan, dan tidak boleh ada yang tersamarkan pada peneliti maupun partisipan. Penelitian ini melibatkan 60 peserta yang dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok hanya mengonsumsi isotretinoin, sementara kelompok lainnya mengonsumsi isotretinoin dan biotin. Kelompok yang diberi suplemen biotin melaporkan hidrasi kulit yang lebih baik dan waktu pertumbuhan rambut anagen yang lebih lama dibandingkan kelompok yang hanya mengonsumsi isotretinoin.

2. Biotin Semprot Dapat Mencegah Rambut Rontok

Biotin semprot dapat membantu memperkuat rambut dan mencegah kerontokan. Biotin menjadi bagian penting dari produksi keratin. Keratin merupakan protein yang membantu membentuk kuku, lapisan luar kulit, dan rambut. Menariknya, sebuah penelitian menemukan bahwa penggunaan biotin membantu meningkatkan kesehatan rambut dibandingkan suplementasi keratin.

Uji klinis acak ini melibatkan 120 partisipan wanita berusia antara 18 hingga 60 tahun. Masing-masing peserta telah didiagnosis menderita telogen effluvium dan telah berjuang melawan kondisi tersebut setidaknya selama 6 bulan.

Telogen effluvium merupakan suatu kondisi di mana rambut mengalami kerontokan secara berlebihan di kepala. Hal ini bisa disebabkan oleh stres, kekurangan nutrisi, ketidakseimbangan hormon, atau bahkan karena konsumsi obat-obatan tertentu.

Penelitian ini berfokus pada efek suplemen rambut, kulit, dan kuku terhadap telogen effluvium. Para wanita dipisahkan menjadi 2 kelompok. Satu kelompok diberi suplemen keratin, kalsium, dan tiamin. Kelompok lainnya diberi suplemen biotin, kolagen, zat besi, seng, dan multivitaminSetelah 6 bulan, penelitian menemukan bahwa kelompok biotin mengalami perbaikan yang signifikan dalam jumlah rambut rontok, kepadatan rambut di kulit kepala, serta volume rambut. Penelitian tersebut bahkan menemukan bahwa peserta yang berada dalam kelompok biotin memiliki rambut yang lebih kuat dan berkilau dibandingkan dengan peserta yang berada dalam kelompok keratin.

3. Biotin Semprot Dapat Membantu Meningkatkan Kualitas Rambut

Dengan banyaknya produsen yang secara khusus memformulasikan biotin semprot dengan menyertakan bahan-bahan lain yang dapat mendukung kesehatan rambut, waktu untuk melihat manfaat kesehatan rambut dapat berkurang secara signifikan.

Sebagai contoh, banyak biotin semprot yang mengandung minyak sehat seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, yang dapat membantu melembapkan dan menutrisi kulit kepala. Biotin semprot lainnya dapat mengandung bahan yang menenangkan seperti mint atau rosemary, yang dapat membantu merangsang aliran darah ke kulit kepala.

Meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dapat mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus meningkatkan kekuatan dan kualitas rambut.

Karena biotin semprot diformulasikan untuk digunakan langsung pada kulit kepala, hal ini memungkinkan penetrasi vitamin ke dalam folikel rambut lebih dalam dan lebih mudah dibandingkan suplemen oral untuk membantu meningkatkan kualitas rambut. Sebagai contoh, mengonsumsi suplemen biotin secara oral dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan meningkatkan kualitas rambut. Akan tetapi, diperlukan waktu beberapa bulan untuk melihat hasilnya.

Penggunaan biotin semprot dapat meningkatkan kualitas rambut dalam waktu yang lebih singkat.

4. Biotin Semprot Menawarkan Lebih Banyak Kemudahan

Bagi sebagian orang, mungkin sulit mengingat untuk mengonsumsi multivitamin atau suplemen setiap hari. Bagi yang lainnya, mengonsumsi suplemen mungkin tidak memungkinkan karena rutinitas yang padat atau sibuk.

Penggunaan biotin semprot memberikan kemudahan dalam situasi ini. Sebab, penggunaan biotin semprot semudah mengaplikasikan produk ke kulit kepala dan menata rambut.

Menjadikan biotin semprot sebagai bagian dari rutinitas penataan rambut pagi hari mungkin lebih mudah dibandingkan mencoba mengingat untuk mengonsumsi suplemen biotin oral atau meluangkan waktu untuk meminumnya.

Bisakah Biotin Diserap Melalui Kulit?

Karena suplementasi biotin oral merupakan cara paling umum untuk mengonsumsi biotin, mungkin terdapat kekhawatiran bahwa penggunaan biotin topikal melalui biotin semprot tidaklah efektif. Penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat diserap secara efektif melalui kulit.

Sebuah penelitian kuasi-eksperimental berfokus pada efektivitas penyerapan salep biotin pada individu sehat dan individu yang menderita dermatitis atopik. Dermatitis atopik merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan kulit gatal, kering, merah, dan meradang. Meskipun umumnya ditemukan pada anak-anak, siapa pun bisa menderita dermatitis atopik.

Penelitian tersebut menemukan bahwa penderita dermatitis atopik dan orang-orang yang memiliki kulit sehat yang menggunakan salep biotin topikal memiliki kadar biotin dalam serum yang lebih tinggi dibandingkan pada awal penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi biotin topikal mampu melewati pelindung kulit dan masuk ke dalam darah.

Biotin semprot merupakan produk kosmetik viral yang dapat menjadikan rambut lebih panjang, kuat, berkilau, dan sehat. Biotin semprot dapat mendukung kesehatan rambut, mencegah rambut rontok, meningkatkan kualitas rambut, dan bahkan memberikan kemudahan bagi orang-orang yang ingin meningkatkan kualitas rambut. Menjadikan biotin semprot sebagai bagian dari rutinitas rambut sehat dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan selama beberapa tahun ke depan.

Referensi:

  1. Ablon G., Kogan S. (2018). A six-month, randomized, double-blind, placebo-controlled study evaluating the safety and efficacy of a nutraceutical supplement for promoting hair growth in women with self-perceived thinning hair. Journal of Drugs in Dermatology, 17(5), 558–565.
  2. Aksac S. E., Bilgili S. G., Yavuz G. O., Yavuz I. H., Aksac M., Karadag A. S. (2021). Evaluation of biophysical skin parameters and hair changes in patients with acne vulgaris treated with isotretinoin, and the effect of biotin use on these parameters. International Journal of Dermatology, 60(8), 980–985. https://doi.org/10.1111/ijd.15485
  3. Asghar F, Shamim N, Farooque U, Sheikh H, Aqeel R. Telogen Effluvium: A Review of the Literature. Cureus. 2020;12(5):e8320. Published 2020 May 27. doi:10.7759/cureus.8320
  4. Makino Y, Osada K, Sone H, et al. Percutaneous absorption of biotin in healthy subjects and in atopic dermatitis patients. J Nutr Sci Vitaminol (Tokyo). 1999;45(3):347-352. doi:10.3177/jnsv.45.347
  5. Sant'Anna Addor FA, Donato LC, Melo CSA. Comparative evaluation between two nutritional supplements in the improvement of telogen effluvium. Clin Cosmet Investig Dermatol. 2018;11:431-436. Published 2018 Sep 10. doi:10.2147/CCID.S173082
  6. Trüeb RM. Serum Biotin Levels in Women Complaining of Hair Loss. Int J Trichology. 2016;8(2):73-77. doi:10.4103/0974-7753.188040
  7. Zempleni J, Wijeratne SS, Hassan YI. Biotin. Biofactors. 2009;35(1):36-46. doi:10.1002/biof.8