Kerontokan rambut dapat terjadi pada pria maupun wanita, dan itu bisa dimulai sejak usia remaja, tergantung penyebabnya. Penyebab kerontokan rambut juga akan membentuk pengalaman seseorang. Sebagai contoh, bagaimana kerontokan bisa terjadi, dan apakah rambut akan tumbuh kembali tanpa intervensi?

Beberapa orang mungkin menganggap topik ini bukan masalah besar, tetapi ini merupakan masalah yang sangat serius bagi kebanyakan orang yang mengalaminya. Penyebab paling umum kerontokan rambut adalah faktor keturunan dan bukan berarti itu hanya terjadi pada kaum pria. Menurut Medical News Today, 40% dari orang-orang yang menderita kerontokan rambut adalah wanita. Penelitian telah menunjukkan bahwa kerontokan rambut memengaruhi orang-orang secara psikologis dan dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan rendah diri. Ini merupakan topik penting dan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan perawatan untuk rambut rontok.

Penyebab Rambut Rontok

Jika Anda mengalami kerontokan rambut, Anda perlu mengetahui penyebabnya sebelum mencoba mengobatinya.  Ada banyak hal yang menjadi penyebab seseorang mengalami kerontokan rambut. Berikut adalah beberapa alasannya, tetapi ini bukan daftar yang inklusif.    

  • Keturunan (paling umum)
  • Alopesia areata (penyakit autoimun)
  • Usia
  • Persalinan
  • Pengobatan kanker
  • Perawatan Rambut
  • Penataan rambut (kepang, ekstensi)
  • Stres
  • Infeksi kulit kepala
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Pengobatan
  • Penyakit menular seksual
  • Penyakit tiroid
  • Kekurangan vitamin atau mineral

Dengan daftar sepanjang ini, Anda dapat membayangkan bahwa alasan seseorang mengalami kerontokan rambut tidak selalu jelas. Jika Anda tidak yakin dokter manakah yang harus dikunjungi untuk memeriksa kerontokan rambut, tempat terbaik untuk memulai adalah dokter kulit. Jika Anda tahu penyebabnya, ada banyak perawatan profesional yang tersedia. Perawatan profesional untuk mengatasi rambut rontok mungkin cukup mahal, dan perawatan mungkin tidak memberikan hasil yang baik.

Perawatan yang Disetujui FDA untuk Rambut Rontok

FDA hanya menyetujui dua obat untuk mengobati kerontokan rambut karena keturunan: Minoxidil dan Finasteride. Yang terakhir mungkin tidak aman untuk semua wanita. Ada obat lainnya tetapi tidak disetujui FDA. Ada juga solusi yang ditawarkan oleh ahli bedah kosmetik dan spesialis lainnya, termasuk transplantasi rambut. Sebelum memutuskan solusi yang tepat bagi Anda, pastikan untuk mengetahui akar masalahnya.

Beberapa penyebab kerontokan rambut mungkin terkait dengan gaya hidup. Pilihan gaya hidup sehat selalu menjadi hal yang patut dipertimbangkan dan dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Jadi, mari kita mulai dari sana. Berikut adalah beberapa hal mudah yang perlu diperhatikan agar rambut dan kulit kepala Anda tetap sehat.

Rutinitas Perawatan Rambut yang Tepat

Mencuci rambut setiap hari dengan sampo dan kondisioner ringan akan menjaga kulit kepala tetap bersih dan rambut sehat. Formula yang keras dapat menyebabkan rambut kering dan patah. Menurut sebuah penelitian terkait efek kesehatan dari minyak kelapaminyak kelapa disebut-sebut sebagai solusi yang sangat efektif untuk membantu mencegah kerusakan rambut akibat paparan sinar UV dan perawatan sehari-hari. Minyak zaitun merupakan solusi alami lainnya yang membantu mencegah kekeringan dan kerusakan. 

Sampo dan kondisioner terjangkau yang membuat rambut lebih tebal dan tampak lebih bervolume adalah Mild By Nature Citrus Squeeze Thickening Shampoo. Produk ini memiliki formula pH seimbang dan bebas kekejaman yang mengandung biotin, B Kompleks, dan pantenol. Sampo ini dapat dipasangkan dengan Mild By Nature Citrus Squeeze Thickening Conditioner. Ini merupakan merek yang sangat disukai, dan cukup lembut untuk digunakan setiap hari.

Untuk pengondisian secara mendalam, Anda bisa mengoleskan beberapa sendok makan minyak zaitun ke rambut Anda dan membilasnya setelah didiamkan selama 30 menit. Minyak zaitun organik adalah pilihan terbaik bagi Anda. Peritmbangkan La Tourangelle Organic Extra Virgin Olive Oil. Minyak kelapa adalah produk lainnya yang bisa Anda pertimbangkan untuk ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda. Dapat dibiarkan di rambut semalaman untuk perawatan pengondisian mendalam, atau digunakan sebagai pengganti kondisioner. Anda juga dapat mengoleskannya 30 menit sebelum mencuci rambut Anda sebagai praperawatan. Hanya sedikit saja yang diperlukan untuk dioleskan ke seluruh rambut. Pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan adalah California Gold Nutrition Organic Coconut Oil. 

Minyak rosemary juga digadang-gadang sebagai stimulan untuk pertumbuhan rambut. Ketahuilah bahwa minyak esensial harus diencerkan dalam minyak dasar. Menambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke minyak kelapa atau zaitun diyakini sangat efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Penataan Rambut secara Lembut

Menata rambut Anda dengan gaya kuncir kuda yang ketat atau gaya lain yang menarik rambut Anda dapat menyebabkan kerontokan. Mengepang rambut dengan ketat juga dapat menyebabkan kerusakan rambut, seperti halnya penggunaan penataan panas yang berlebihan. Saat menggunakan panas untuk menata rambut Anda, pelindung panas dapat membantu mencegah kerusakan. Beberapa pelindung panas juga mengandung bahan-bahan bernutrisi seperti minyak kelapa dan dapat membantu menyamarkan rambut kusut. Jika Anda menggunakan ekstensi rambut, pertimbangkan untuk beristirahat sejenak untuk menghindari stres berlebihan pada akar rambut Anda. Jika Anda tidak bisa melepaskan ekstensi, pertimbangkan untuk mengubah metodenya. Jika Anda memakai ekstensi yang diikat ke rambut Anda, ganti dengan ekstensi tape-in atau clip-in. 

Jika rambut Anda menggunakan perawatan berbahan kimia, beberapa bahan pewarna rambut dapat menyebabkan kerusakan berlebihan pada rambut Anda, yang pada akhirnya menyebabkan kerontokan rambut. Anda bisa memilih pewarna rambut organik, tetapi tanyakan pada penata gaya Anda atau cari produk yang tidak mengandung amonia atau peroksida.

Konsumsi Multivitamin Setiap Hari

Vitamin dan mineral berperan dalam kerontokan rambut. Zat besi, selenium, seng, serta vitamin A, B, C, dan D semuanya telah diidentifikasi oleh para peneliti memiliki peranan penting dalam kesehatan rambut. Defisiensi dapat memengaruhi tingkat pergantian sel, pertumbuhan rambut, dan retensi rambut. California Gold Nutrition Multivitamins mengandung semua vitamin dan mineral penting untuk mendukung kesehatan rambut dan formula ini juga mengandung biotin, yang dipercaya dapat mendukung siklus rambut yang sehat. Multivitamin lain, Naturelo One Daily memiliki formula untuk pria dan wanita yang berisi daftar lengkap vitamin dan mineral untuk mendukung gaya hidup sehat. Untuk informasi lebih lanjut, lihat artikel lainnya di blog iHerb: Suplemen Terbaik untuk Kulit Bercahaya, Rambut Sehat, dan Kuku yang Kuat.

Minimalkan Stres

Efek stres pada tubuh manusia sangat besar dan memang benar bahwa stres dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ada banyak cara untuk mengendalikan stres dan panduan pengendalian stres ini memberikan tips seputar berbagai jenis teh, minyak esensial, olahraga, dan banyak lagi yang dapat membantu Anda mengendalikan periode stres dalam hidup Anda. Tanaman herbal juga merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan yang dapat membantu mengendalikan stres dan artikel tentang herbal penghilang stres ini memiliki rekomendasi yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang dapat Anda diskusikan dengan dokter Anda.

Suplemen Tambahan untuk Mendukung Rambut Sehat

Suplemen tambahan dapat ditambahkan ke dalam rutinitas harian Anda yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Namun, sebelum menambahkan suplemen atau vitamin baru ke dalam rutinitas harian Anda, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter Anda.

Saw Palmetto 

Saw Palmetto merupakan tanaman herbal yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada pria. Penelitian telah menunjukkan saw palmetto memengaruhi kadar testosteron yang berperan dalam kerontokan rambut. Tanaman herbal ini juga dianggap membantu pria menjaga kesehatan prostat. NOW Foods adalah merek yang saya percayai dan Saw Palmetto soft gels ini berbahan dasar minyak biji labu yang merupakan asam lemak esensial.

Ginseng 

Ginseng adalah tanaman herbal lainnya yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala Anda. NOW Foods memproduksi Panax Ginseng Supplement juga. Penelitian belum menyimpulkan berapa dosis yang tepat dan apakah herbal harus digunakan secara topikal atau dikonsumsi dalam bentuk kapsul. Namun, beberapa penelitian terlihat menjanjikan, dan ini merupakan herbal lain yang dapat Anda pertimbangkan. Sekali lagi, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dulu karena tidak semua herbal cocok untuk semua orang.  

Apa Pilihan Saya Saat Mengalami Kerontokan Rambut?

Meskipun ada banyak faktor penyebab kerontokan rambut, ini merupakan hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk ditambahkan ke dalam gaya hidup Anda yang dapat membantu membalikkan atau memperlambat prosesnya. Tenangkan diri Anda jika Anda mengetahui opsi ini tidak berhasil untuk Anda, mungkin ada obat resep, perawatan laser, plasma kaya trombosit, jarum mikro, dan solusi lain yang tersedia untuk membantu Anda setelah penyebab kerontokan rambut Anda dikonfirmasi. Semakin cepat Anda mengatasi gejalanya, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengidentifikasi perawatan yang akan membantu Anda menumbuhkan kembali atau menghentikan kerontokan rambut Anda.