Apakah Anda akan menghadiri acara besar atau khusus dalam waktu dekat? Anda bisa pergi ke salon untuk menata rambut secara profesional atau mendapatkan perawatan kilap, tetapi biayanya mahal dan merepotkan. Jika Anda ingin menghemat waktu dan uang, opsi yang terjangkau untuk melakukannya sendiri adalah dengan melakukan perawatan minyak panas di rumah. Tidak yakin bagaimana cara melakukannya? Jangan lewatkan artikel ini!

Bagaimana Cara Kerja Perawatan Minyak Panas?

Perawatan minyak panas bekerja dengan memanaskan minyak nabati dan mengoleskannya ke rambut, serta membiarkannya selama beberapa saat. Minyak menyegel kutikula rambut, yang dapat membantu menguatkan dan melindungi rambut Anda. Biasanya, rambut terasa lembut dan tampak berkilau setelah melakukan perawatan ini. Perawatan ini cukup populer di tahun 90-an dan kini kembali populer (seperti hal-hal lainnya).

Dalam postingan ini, saya akan memberikan beberapa pilihan minyak yang layak untuk dicoba jika Anda tertarik untuk mencoba perawatan ini.

Manfaat Perawatan Minyak Panas

Ada banyak manfaat dari perawatan minyak panas. Banyak minyak tumbuhan yang digunakan dalam perawatan minyak panas memiliki khasiat yang membantu melindungi dan melembapkan rambut Anda. Perawatan ini juga memberikan manfaat tambahan untuk meningkatkan kekuatan rambut, mengurangi rambut kusut, mengurangi ujung rambut bercabang, membantu mengurangi kekeringan pada rambut serta kulit kepala, dan perawatan ini juga dikenal membantu menghilangkan ketombe serta meningkatkan aliran darah di kulit kepala yang dapat mengoptimalkan kesehatan rambut.

Jika rambut Anda kering, kusut, dan cenderung bercabang,  perawatan minyak panas mungkin bisa bermanfaat, karena minyak panas bekerja dengan menyegel kutikula rambut untuk membantu melindungi rambut Anda dari kerusakan.

Perawatan yang Direkomendasikan

Hobe Labs Energizer Hot Jojoba Oil Hair Treatment dengan Vitamin A & E

Minyak jojoba telah digunakan selama berabad-abad sebagai pelembap yang berkhasiat untuk rambut dan kulit kepala. Hobe Labs Energizer Hot Jojoba Oil Hair Treatment membantu membuka kutikula rambut untuk melapisi setiap imbrikasi pada rambut dengan lembut dan menembus penumpukan sebum untuk melembapkan bukaan folikel. Mengandung ekstrak rosemari yang memberikan stimulan minyak esensial untuk mengalirkan darah ke kulit kepala dan folikel rambut, memperkuat serta merevitalisasi helaian rambut yang tipis dan rapuh. Minyak jojoba meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Produk ini tidak mengandung pewarna buatan atau pengisi minyak serta memberikan perawatan mendalam pada rambut dan bebas dari kerusakan. Produk ini sebaiknya digunakan sekali atau dua kali seminggu.

Cliganic 100% Pure & Natural Jojoba Oil

Cliganic Organic Jojoba Oil merupakan produk yang diolah dengan perasan bertekanan tinggi dengan tingkat kemurnian 100%. Semuanya alami dan tidak dimurnikan, yang menjadikannya sebagai produk perawatan yang tepat untuk kulit dan rambut kering. Produk ini membantu meniru sebum kulit yang menjadikannya pelembap yang sangat ampuh. Minyak jojoba memiliki aroma yang sedikit menyengat dan berbau tanah. Produk ini tidak hanya bagus untuk perawatan rambut, tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan kilau rambut, mengurangi minyak, dan melindungi dari ujung rambut bercabang.

Penemuan saya saat mengerjakan artikel ini dan menguji produk ini adalah bahwa memijat kulit kepala dengan minyak jojoba dapat membantu membersihkan pori-pori dan folikel yang tersumbat. Produk ini memiliki manfaat tambahan yakni dapat digunakan sebagai pelembap wajah untuk semua jenis kulit, karena tidak menyumbat pori-pori dan membantu menyeimbangkan produksi minyak. Produk ini diserap dengan cepat dan tidak meninggalkan sisa-sisa minyak yang membuat tidak nyaman. Suami saya menggunakan ini sebagai pelembap janggut dan kumisnya serta pelembap tubuh. Ada banyak produk lainnya yang bisa digunakan sebagai bahan pokok untuk perawatan diri.

Leven Rose Emu Oil

Saya menemukan produk ini saat meneliti artikel ini. Leven Rose Emu Oil merupakan produk yang mengandung 100% Minyak Emu murni & organik dengan ekstrak Mawar, yang memiliki manfaat besar untuk menyembuhkan dan menenangkan. Meskipun bukan berasal dari tumbuhan, saya belajar melalui penelitian dan pengujian produk ini bahwa minyak emu telah menjadi faktor penting dalam pengobatan alternatif untuk perawatan kulit, radang sendi, rambut rontok, dan berbagai kondisi lainnya. Suku Aborigin Australia telah menggunakan minyak emu selama berabad-abad.

Dua bahan alami utama yang ditemukan dalam minyak adalah asam linoleat dan asam oleat. Kombinasi keduanya mampu meredakan nyeri sendi dan otot, dengan memberikan efek antiinflamasi yang alami dan tahan lama.

Leven Rose sarat akan asam lemak esensial Omega 3, 6, dan 9, yang dikombinasikan dengan asam linoleat dan oleat, sangat bagus untuk pertumbuhan rambut dan peremajaan alami. Ini merupakan minyak penyembuh terbaik untuk kulit kering karena struktur molekulnya yang unik memungkinkannya untuk menyembuhkan secara mendalam dibandingkan minyak lainnya. Suami saya orang Inggris, diserang nyamuk, dan saya belajar melalui penelitian bahwa produk ini bisa membantu, dan hasilnya memang terbukti. Gigitannya hilang dalam hitungan jam. Seperti yang dia katakan, ini sangat “luar biasa.”

Cococare Argan Hair Serum

Ini merupakan serum bebas paraben dan alkohol yang membantu meningkatkan kilau rambut. Cococare Argan Serum membantu menghaluskan rambut kusut sambil meningkatkan kilau yang sehat pada rambut Anda. Produk ini cocok untuk semua jenis rambut dan diperkaya dengan vitamin E yang membantu menjadikan rambut terasa lembut dan halus. Ini merupakan produk yang sangat bagus untuk merawat dan melembapkan kulit Anda.

Wow Skin Science Onion Black Seed Hair Oil

Wow Skin Science's Onion Black Seed Hair Oil sangat cocok untuk rambut kering dan rusak. Produk ini membantu meremajakan rambut yang rusak parah dengan bawang bombai merah yang kaya akan antioksidan dan minyak jintan hitam. Produk ini membantu memperkuat helaian rambut untuk melawan kerontokan dan merawat rambut rusak berkat bahan pokok Ayurveda. Produk ini tidak lengket dan cepat menyerap, yang membantu menghidrasi dan menyegel kelembapan.

Produk ini juga dapat digunakan sebagai perawatan rambut yang digunakan semalaman. Minyak jintan hitam membantu membentuk pelindung terhadap faktor lingkungan seperti sinar UV, kerusakan akibat panas, dan polusi. Bahan-bahan nabati membantu menutup ujung rambut yang bercabang, melawan kerusakan, dan meningkatkan kilau yang sehat baik digunakan oleh pria maupun wanita. 

Heritage Store Organic Castor Oil

Heritage Store Organic Castor Oil diolah dengan perasan bertekanan tinggi yang menghasilkan minyak bersih dan kaya nutrisi dengan asam lemak dan omega tinggi yang bermanfaat bagi folikel rambut. Bila digunakan secara teratur, produk ini menjadikan rambut lebih kuat dan tampak lebih tebal.

Produk ini juga memiliki banyak kegunaan di luar pelembap kulit kepala dan rambut: produk ini juga berfungsi ganda sebagai serum alis dan bulu mata yang menutrisi. Sapukan dengan lembut pada bulu mata untuk memberikan tampilan yang lebih tebal dan panjang.

Produk ini dikemas dalam botol kaca gelap ramah lingkungan yang dirancang untuk membantu menjaga keutuhan minyak. Produk ini disertai dengan jaminan uang kembali selama 60 hari dari Heritage Store.

Desert Essence Jojoba Oil

Desert Essence Jojoba Oil memiliki tingkat kemurnian 100%. Produk ini sangat lembut dan cocok untuk semua jenis kulit. Produk ini diolah dengan perasan bertekanan tinggi dan menerapkan praktik berkelanjutan dari pertanian keluarga asli di gurun Peru.

Seperti yang Anda ketahui, Jojoba mirip dengan sebum alami kulit sehingga melembapkan tanpa meninggalkan sisa-sisa minyak atau menyumbat pori-pori. Produk ini secara alami kaya akan vitamin dan mineral serta membantu membersihkan dan menghidrasi kulit, kulit kepala, dan rambut secara lembut. Produk ini memberikan kelembapan 24 jam dan dapat digunakan sebagai pelindung rambut, penghalus rambut, perawatan rambut kering, pembersih wajah, pelembap tubuh, atau minyak pijat. Ini merupakan produk dengan banyak manfaat. 

Perawatan Tambahan Khusus

Giovanni 2chic Ultra-Moist Dual Action Protective Leave-In Spray, Untuk Rambut Kering dan Rusak

Setelah perawatan minyak panas, gunakan Giovanni 2chic Ultra-Moist Dual Action Protective Leave-In Spray untuk menyelesaikan rangkaian perawatan rambut Anda. Ini merupakan semprotan yang menghidrasi dan sangat ringan yang dapat mengontrol rambut kusut serta mengembalikan cahaya dan kilau rambut Anda. Formulanya yang bebas paraben membantu menyempurnakan semua jenis warna dan highlight rambut.

Hobe Labs Energizer Hair Follicle Stimulator

Hobe Labs Energizer Hair Follicle Stimulator menjadi pelengkap yang tepat untuk perawatan minyak panas bagi siapa saja yang menginginkan rambut yang lebih tebal dan bervolume. Pada kenyataannya, siapa yang tidak mau? Maka, stimulator folikel rambut ini sangat sempurna! Produk ini mengandung minyak jojoba dan vitamin B5 untuk menjadikan rambut lebih tebal dan bervolume. Produk ini mengandung campuran herbal khusus untuk merangsang aliran darah ke kulit kepala sekaligus melindungi dan merawat rambut Anda untuk membantu menciptakan tampilan yang lebih tebal dan bervolume setelah keramas.

Untuk menggunakan produk yang luar biasa ini, keringkan rambut Anda dengan handuk setelah keramas. Semprotkan stimulator energizer pada rambut dan kulit kepala Anda, terutama pada area yang mulai menipis. Akan muncul sensasi kesemutan di kulit kepala saat produk mulai bekerja. Tapi, jangan khawatir. Cukup tata rambut Anda seperti biasa, dan selesai!

Petunjuk Langkah demi Langkah untuk Perawatan Minyak Panas

Setelah memilih minyak yang ingin Anda gunakan, ikuti langkah-langkah berikut untuk perawatan minyak panas yang dilakukan sendiri. 

Siapkan kuas basah, topi mandi, dan sampo penjernih sebelum memulai.

Langkah ke-1

Pertama, cuci rambut Anda dengan sampo. Sampo penjernih seperti Acure Curiously Clarifying Shampoo in Lemongrass and Argan bekerja paling efektif, karena minyak panas bekerja paling efektif pada rambut bersih: penumpukan produk pada rambut menghambat penetrasi mendalam ke kutikula rambut.

Langkah ke-2

Setelah keramas, panaskan 3 sampai 6 sendok makan minyak ke suhu yang aman untuk disentuh sebelum dioleskan ke kulit kepala. Tips profesional, oleskan minyak di kamar mandi agar tidak merusak pakaian atau handuk. Gunakan Wet Brush Original Detangler Brush saat di kamar mandi untuk mempersiapkan rambut agar produk mudah diaplikasikan, karena ini akan menghilangkan rambut kusut yang menggumpal.

Langkah ke-3

Selanjutnya, sebarkan minyak pada rambut secara merata dari ujung ke kulit kepala Anda dan pijat minyaknya. Pada waktu ini, Anda bisa memakai topi mandi seperti Kitsch Deep Conditioning Processing Cap di atas kepala. Perawatan memerlukan waktu sekitar 20 menit sampai selesai. Anda bisa memilih untuk bersantai atau menyelesaikan tugas selagi menunggu selama 20 menit. (Saya selalu memilih untuk bersantai!)

Langkah ke-4

Setelah 20 menit, bilas minyak dari rambut Anda sampai bersih, lalu gunakan kondisioner seperti biasa.

Langkah ke-5

Bilas, keringkan, dan tata rambut baru Anda yang lembut dan berkilau!

Kapan Waktu Terbaik untuk Perawatan Minyak Panas?

Perawatan minyak panas dapat dilakukan kapan saja. Setiap musim memiliki tantangan tersendiri (paparan sinar matahari musim panas, kekeringan musim dingin, dll.), yang berarti rambut Anda bisa selalu memperoleh manfaat dari perawatan ini. Anda dapat melakukan perawatan minyak panas seminggu sekali atau lebih sering jika rambut Anda memerlukan perawatan ekstra. 

 Apakah Anda tertarik untuk mencoba perawatan minyak panas dalam waktu dekat?