Industri kecantikan telah memastikan untuk memberikan informasi seputar manfaat memiliki rejimen perawatan kulit yang komprehensif. Kita semua tahu akan pentingnya membersihkan, melembapkan, mengeksfoliasi, dan melindungi kulit wajah.

Tapi bagaimana dengan kulit kepala kita? Jika ada satu hal yang saya ketahui sebagai dokter kulit bersertifikat, ada banyak kekeliruan seputar perawatan rambut dan kulit kepala. Produk apa yang digunakan, bagaimana cara menggunakannya, dan bagaimana cara merawat jenis rambut yang berbeda merupakan hal yang tampaknya tidak semua orang memiliki pendapat yang sama, terutama mengingat banyaknya produk rambut yang dipasarkan di lorong-lorong kecantikan. Jika Anda sembarangan menggunakan produk untuk kondisi medis aktual yang memengaruhi kulit kepala, kondisinya akan semakin memburuk. 

Di sini, saya akan membagikan beberapa hal yang perlu diingat terkait perawatan kulit kepala, bersama dengan pembahasan lebih dalam seputar beberapa kondisi umum yang dapat menghalangi Anda untuk mengoptimalkan kesehatan kulit kepala. 

Mengapa Saya Harus Peduli Dengan Kesehatan Kulit Kepala?

Sederhananya, rambut sehat benar-benar dimulai dari kulit kepala yang sehat. Sebagai contoh, kita tahu bahwa menggaruk secara kasar untuk meredakan kulit kepala yang gatal dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan disusul dengan kerontokan. Penelitian juga menunjukkan bahwa iritasi dan peradangan kulit kepala kronis itu sendiri dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

Jika Anda frustrasi dengan rambut patah, rapuh, atau pertumbuhan rambut yang kurang optimal tetapi belum melakukan apa pun untuk mengatasi kulit kepala yang gatal, mengelupas, atau kemerahan, Anda mungkin tidak akan melihat kemajuan sampai Anda mengetahui akar permasalahannya. Jawabannya cukup ambigu!

Selain kondisi kulit kepala dengan peradangan kronis yang mungkin memerlukan bantuan dokter kulit, banyak juga yang menderita kulit kepala kering terkait sejumlah faktor lain, termasuk pola makan, stres, obat-obatan, cara menata dan membersihkan rambut, cuaca, serta penyakit. 

Cara Merawat Kulit Kepala

Sekarang, setelah saya meyakinkan Anda bahwa kesehatan kulit kepala sangatlah penting, mari kita bahas seputar cara praktis agar kulit kepala mendapat perhatian yang cukup seperti bagian tubuh lainnya. 

Eksfoliasi Kulit Kepala

Sederhananya, eksfoliasi merupakan proses menghilangkan sel kulit mati dari lapisan luar kulit Anda. Manfaat pengelupasan kulit kepala meliputi pengangkatan kotoran, produk, dan sel kulit mati dari permukaan kulit kepala, sehingga mendorong pertumbuhan rambut. Hal ini dapat dicapai melalui pengelupasan fisik (pikirkan scrub dan sisir pijat untuk eksfoliasi) atau pengelupasan kimiawi (asam topikal atau enzim yang bekerja untuk mengangkat sel kulit mati).  Sisir pijat kulit kepala membantu melebarkan pembuluh darah di kulit kepala Anda, yang juga dapat mendorong pertumbuhan rambut. Jangan memijat menggunakan sisir secara berlebihan. Pengelupasan berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit kepala yang tentunya kontraproduktif dengan tujuan Anda, jadi lakukan sekali atau dua kali per minggu. 

Berikut adalah beberapa produk terbaik yang dapat membantu Anda memulai pengelupasan kulit kepala:

Dr. ForHair Folligen Sea Salt Scaler

Bersihkan kulit kepala Anda dengan Dr. ForHair Folligen Sea Salt Scaler.  Produk ini menggunakan garam dari Laut Mati. Formulasi bebas silikon dan sulfat ini sangat cocok untuk kulit kepala berminyak.

Zion Health Deep Cleansing Scalp & Hair Scrub

Zion Health Deep Cleansing Scalp & Hair Scrub adalah scrub vegan, bebas sulfat, bebas paraben, dan bebas gluten yang diformulasikan untuk mengelupas kulit secara lembut serta membantu melarutkan kotoran, minyak berlebih, dan produk rambut. Saya menyukai aroma Pear Blossom, tetapi produk ini memiliki berbagai pilihan aroma lainnya. 

Kitsch Scalp Exfoliator

Kitsch Scalp Exfoliator merupakan eksfoliator fisik yang bagus yang menggunakan bulu fleksibel untuk merangsang sirkulasi kulit kepala serta menghilangkan kerak yang melekat di kulit kepala. Sebagai bonus tambahan, rasakan sensasi pijatan kulit kepala yang menenangkan di rumah dengan harga terjangkau!

Head & Shoulders Supreme Exfoliating Scalp Scrub

Head & Shoulders Supreme Exfoliating Scalp Scrub, kaya akan Vitamin E dan Minyak Argan, diaplikasikan sebelum menggunakan sampo dan kondisioner. Pijat ke kulit kepala untuk menghilangkan penumpukan, bilas, lanjutkan dengan penggunaan sampo. 

Jason Natural Anti-Dandruff Scalp Care Shampoo

Jason’s Natural Anti-Dandruff Scalp Care Shampoo bekerja untuk pengelupasan kimiawi dengan asam salisilat, yang menargetkan kerak yang lebih tebal. Dikombinasikan dengan belerang, produk ini sangat bagus untuk mengatasi dermatitis seboroik dan psoriasis ringan. Selain itu, produk ini bersertifikasi Leaping Bunny dan dibuat tanpa sulfat atau paraben.

DERMA E Scalp Relief Shampoo

Eksfoliator kimia asam salisilat lainnya, yakni DERMA E Scalp Relief Shampoo juga bebas kekejaman dan diperkaya dengan berbagai vitamin untuk menghidrasi kulit kepala Anda. Minyak pohon teh membantu meredakan iritasi, mentol memberikan sensasi dingin dan menyegarkan, serta campuran herbal eksklusif yang membantu agar rambut tampak lebih berkilau dan mudah diatur.

Pelembapan Kulit Kepala

Memiliki jenis kulit yang sangat kering? Bisa jadi Anda lebih rentan terhadap kulit kepala kering. Ini dapat terkait dengan hal-hal yang bisa Anda kendalikan, seperti seberapa sering Anda keramas, serta hal-hal di luar kendali Anda, seperti genetika dan perubahan cuaca musiman yang menyebabkan udara lebih kering di bulan-bulan musim dingin. Kurangnya kelembapan di kulit kepala dapat menyebabkan gatal dan pengelupasan, meskipun tidak sampai pada titik dermatitis seboroik atau psoriasis. Masker rambut dan kulit kepala yang melembapkan secara mendalam bisa menjadi cara yang tepat untuk memerangi kulit kepala kering dan kerak yang timbul. Berikut adalah beberapa produk favorit saya:

Dove Hair Therapy Dry Scalp Care Leave-On Treatment

 Dove Hair Therapy Dry Scalp Care Leave-On Treatment mengandung Vitamin B3 untuk melembapkan kulit kepala secara maksimal. Bebas paraben dan kekejaman, semprotan ini diaplikasikan langsung ke kulit kepala yang kering atau lembap di beberapa bagian, dipijat, dan dibiarkan.

Advanced Clinicals Tea Tree Oil Detoxifying Hair Mask

Advanced Clinicals Tea Tree Oil Detoxifying Hair Mask adalah masker rambut yang melembapkan secara mendalam yang tak perlu diragukan lagi khasiatnya untuk melembapkan kulit kepala dan rambut. Masker rambut populer ini mengandung minyak pohon teh untuk menenangkan kulit kepala yang gatal, minyak kelapa untuk melembapkan, dan Vitamin B5 untuk menguatkan rambut. Produk ini bebas paraben dan sulfat, tanpa melalui pengujian terhadap hewan!

DERMA E Scalp Relief Treatment

DERMA E bangga dengan formula vegan bebas kekejaman, dan produk ini tidak terkecuali. Serum Perawatan Pereda Kulit Kepala ini mengandung campuran herbal eksklusif yang sama dari Neem, Burdock, dan Bearberry serta Aloe Vera yang melembapkan, Mentol yang menyejukkan, dan Minyak Pohon Teh yang menenangkan.

Mengobati Gangguan Kulit Kepala yang Mendasari

Jika Anda merasa bahwa gejala yang dialami lebih dari sekadar pengelupasan ringan, pengelupasan intermiten, dan gatal sesekali, Anda mungkin mengalami kondisi kulit kepala kronis seperti psoriasis atau dermatitis seboroik.

Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit peradangan kronis pada kulit yang sering menyerang kulit kepala, menyebabkan gatal di kulit kepala dan menimbulkan ruam merah berkerak. Meskipun kita tidak sepenuhnya memahami apa yang menyebabkan psoriasis, kemungkinan ada banyak faktor yang menjadi pemicunya, termasuk genetika serta faktor eksternal seperti stres dan infeksi. Psoriasis kulit kepala, bila parah, diperkirakan memengaruhi pertumbuhan rambut karena peradangan kronis di dalam folikel rambut dan kelebihan produksi sel kulit, menciptakan lingkungan yang kurang optimal untuk pertumbuhan rambut baru. 

Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik merupakan kondisi kulit kepala kronis lainnya yang sering saya temui dan obati di klinik. Banyak dari kita pernah mengalami hal ini di beberapa titik lain dan menganggapnya hanya sebagai “ketombe.” Dermatitis seboroik disebabkan oleh kelebihan produksi sebum, minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous, yang memfasilitasi pertumbuhan ragi yang disebut Malassezia. Ragi ini merupakan bagian normal dari flora kulit kita, bahkan pada individu tanpa kerak yang terlihat, tetapi beberapa dari kita tampaknya memiliki respons imun reaktif sementara yang lainnya tidak. Rambut yang tumbuh dari kulit kepala yang terkena ketombe ditemukan memiliki kerusakan protein yang jauh lebih besar dibandingkan dengan rambut yang tumbuh dari kulit kepala yang sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kutikula, atau lapisan terluar pelindung batang rambut, dari rambut yang terkena ketombe juga rusak secara signifikan dan keseluruhan diameter rambut berkurang hingga 35% pada rambut yang terkena ketombe.

 Asam salisilat, yang sebelumnya disebutkan di atas saat membahas pengelupasan kulit, adalah obat yang tepat untuk mengatasi kedua kondisi ini yang dijual secara bebas. Berikut adalah dua produk lain yang sering saya rekomendasikan:

Head & Shoulders Clinical Strength Dandruff Defense Shampoo: Dry Scalp Rescue

Head & Shoulders Clinical Strength Dandruff Defense Shampoo: Dry Scalp Rescue mengandung selenium sulfida, bahan antiketombe yang efektif untuk mengurangi pengelupasan dan gatal parah pada kulit kepala. Produk ini juga mengandung madu manuka, yang dikenal karena sifat menghidrasi dan antioksidannya.  

Artnaturals Scalp 18 Shampoo Coal Tar Formula

Artnaturals Scalp 18 Shampoo Coal Tar Formula mengandung tar batu bara, solusi favorit untuk ketombe yang membandel, yang juga dapat membantu mengatasi kerak, gatal, dan pengelupasan yang dijumpai pada psoriasis kulit kepala. Produk ini bekerja secara maksimal bila dibiarkan di kulit kepala selama beberapa menit sebelum dibilas.

Bagaimana Cara Menjaga Kulit Kepala Agar Tetap Sehat?

Cobalah untuk tidak mengabaikan kesehatan kulit kepala Anda. Ini sering kali menjadi kunci untuk mengoptimalkan kesehatan rambut. Hindari keramas berlebihan, gunakan pelembap secara teratur, dan jika hal yang Anda coba di rumah tidak berhasil, mintalah bantuan dari seorang profesional. Ingat, jika rasa gatal di kulit kepala terasa sangat parah, atau jika kerak kuning tebal yang menempel tampak lebih dari sekadar kulit kepala kering, hubungi dokter kulit untuk menentukan apakah Anda memiliki kondisi mendasar yang memerlukan evaluasi. 

Referensi:

  • Kim KS, Shin MK, Ahn JJ, Haw CR, Park HK. Investigation of hair shaft in seborrheic dermatitis using atomic force microscopy. Skin Res Technol. 2011 Aug;17(3):288-94. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21272080/
  • Nestle FO, Kaplan DH, Barker J. Psoriasis. N Engl J Med. 2009; 361(5):496-509. https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/nejmra0804595
  • Pechère M, Krischer J, Remondat C, Bertrand C, Trellu L, Saurat JH. Malassezia spp carriage in patients with seborrheic dermatitis. J Dermatol. 1999;26(9):558-61. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10535248/