Jika Anda sedang mencoba menumbuhkan rambut, Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneliti produk, makanan, dan suplemen terbaik untuk membantu mempercepat prosesnya. Kesehatan rambut bisa menjadi topik yang sensitif bagi banyak orang dan merupakan perjuangan yang membuat frustrasi karena orang-orang bisa menghabiskan sampai ratusan dolar untuk mencari produk yang benar-benar berkhasiat. 

Untungnya, ada banyak suplemen yang dijual bebas dan makanan sehari-hari yang dapat membantu menumbuhkan rambut yang indah. Baca terus untuk mengetahui daftar sederhana makanan dan suplemen yang dapat mendukung pertumbuhan rambut.

Nutrisi untuk Rambut Sehat

Meskipun tidak dapat meningkatkan jumlah folikel rambut yang Anda miliki, pola makan dapat meningkatkan kepadatan dan pertumbuhan rambut. Beberapa nutrisi dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, di antaranya: 

Nutrisi ini ditemukan dalam berbagai macam makanan umum dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan serta camilan harian. Selain mendapatkan banyak nutrisi ini, mengonsumsi kalori yang cukup juga penting bagi kesehatan rambut. Diet ketat dapat secara drastis mengurangi nutrisi yang Anda konsumsi, sehingga mengakibatkan kesehatan rambut memburuk dan pertumbuhannya terhambat. 

Pertimbangkan untuk menambahkan suplemen, makanan, dan kebiasaan rambut sehat berikut ke dalam rutinitas kesehatan Anda untuk mendorong pertumbuhan rambut secara optimal. 

Suplemen Terbaik untuk Pertumbuhan Rambut

Anda mungkin telah menyadari bahwa vitamin dan suplemen untuk kesehatan rambut juga bermanfaat bagi kuku dan kulit. Itu karena ketiga jaringan ini menggunakan nutrisi yang sama untuk memperbaiki dan tumbuh. Vitamin untuk rambut, kulit, dan kuku umumnya mengandung vitamin AC, dan E, asam lemak, serta antioksidan seperti selenium. Anda dapat mengonsumsi masing-masing nutrisi ini sebagai suplemen tunggal, tetapi suplemen kombinasi menawarkan kemudahan sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak pil dan rasio yang diformulasikan khusus untuk mendukung kesehatan rambut.

Protein

Protein merupakan nutrisi penting yang banyak berperan penting dalam tubuh, termasuk membantu menjaga keseimbangan cairan, mengatur sistem imun, serta memelihara jaringan. Protein juga penting bagi kesehatan dan pertumbuhan rambut. 

Anda akan menemukan banyak makanan kaya protein di bagian makanan pada artikel ini, tetapi suplemen protein juga bisa menjadi cara yang baik untuk meningkatkan asupan harian dan memastikan kebutuhan Anda terpenuhi. Protein bubuk menawarkan tambahan protein dan kaya akan asam amino esensial. Coba tambahkan protein bubuk ke dalam smoothie, oatmeal untuk sarapan, resep makanan yang dipanggang, atau cukup mencampurkannya dengan air. 

Kolagen

Suplemen kolagen juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan rambut. Kolagen merupakan protein yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Ini merupakan protein paling melimpah di tubuh manusia dan ditemukan di jaringan ikat, kulit, serta tulang. 

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen secara alami melambat, yang berdampak pada keutuhan dan tampilan jaringan ikat. Karena rambut merupakan jaringan ikat, suplemen kolagen dapat membantu mendukung kesehatan rambut. 

Anda dapat mengonsumsi kolagen bubuk seperti protein bubuk, atau minum kapsul kolagen. Karena vitamin C merupakan pendahulu produksi kolagen dalam tubuh, banyak suplemen kolagen juga mengandung vitamin C. Suplemen kombinasi ini tidak hanya menyediakan lebih banyak kolagen, tetapi juga dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen. 

Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting lainnya bagi kesehatan rambut. Nutrisi ini penting karena tubuh Anda tidak dapat memproduksinya, dan Anda harus mengonsumsinya melalui makanan maupun suplemen. Meskipun omega-3 dikenal karena manfaat antiinflamasi serta perannya bagi kesehatan jantung dan sendi, penelitian menunjukkan bahwa omega-3 juga dapat meningkatkan kesehatan rambut. 

Baik makanan nabati maupun hewani mengandung nutrisi ini, namun kebanyakan orang tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup setiap hari. Selain mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya nutrisi ini, banyak orang dapat memperoleh manfaat dari suplemen harian. Bentuk kapsul omega-3 adalah yang paling umum, tetapi Anda dapat menambahkan bentuk cair ke dalam smoothie buah dan sayuran atau cukup meminumnya sesendok saja. 

Makanan yang Dapat Mendukung Pertumbuhan Rambut

Meskipun suplementasi harian menjadi landasan kebiasaan kesehatan dan kebugaran, pola makan yang sehat dan seimbang juga penting untuk kesehatan rambut. Makanan berikut ini sangat kaya nutrisi yang mendukung pertumbuhan rambut sehat. 

Ikan Berlemak

Salmonikan haring, dan makerel merupakan sumber terkaya lemak dan protein omega-3 esensial. Meskipun suplemen menyediakan nutrisi ini dalam jumlah yang lebih terkonsentrasi dalam kemasan kecil, sumber makanan omega-3 juga menyediakan protein dan nutrisi penting lainnya. Ikan kaleng merupakan cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak omega-3 dalam makanan. Tambahkan ikan kaleng ke dalam salad atau roti lapis, atau nikmati saja dengan biskuit gandum utuh untuk santapan cepat atau camilan. 

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Semua kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan protein nabati bersama dengan lemak dan serat sehat. Kacang kenaribiji chiabiji rami, dan biji hemp mengandung asam lemak omega-3 esensial yang sangat tinggi. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan biotin serta berbagai macam vitamin dan mineral lainnya, sehingga tidak hanya mendukung kesehatan rambut tetapi juga berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan.  

Coba tambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam oatmeal dan smoothie, atau sediakan kacang utuh untuk camilan simpel saat bepergian. Selai kacang dan biji merupakan pilihan lain yang mudah dan serbaguna untuk memasukkan lebih banyak nutrisi kesehatan rambut ke dalam makanan dan camilan sederhana. 

Daging

Daging merupakan salah satu sumber protein terbaik yang tersedia secara hayati, sebagai nutrisi yang mendukung pertumbuhan rambut. Selain protein, daging merah khususnya, merupakan sumber zat besi yang sangat baik, yang penting untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke folikel rambut. Dendeng sapi merupakan cara cepat dan mudah untuk menambah protein ke dalam makanan karena bisa langsung disantap. Cukup padukan dengan buah segar atau kering untuk camilan seimbang.  

Legum

Polong-polongan dan lentil dikenal kaya akan kandungan seng, nutrisi yang lebih sering dikaitkan dengan makanan hewani. Orang yang menjalani pola makan nabati berisiko lebih tinggi mengalami kekurangan seng.  Polong-polongan juga merupakan sumber zat besi dan biotin nabati, keduanya dapat mendukung pertumbuhan rambut. 

Legum sangat serbaguna dan mudah ditambahkan ke dalam makanan ataupun camilan. Legum bisa dikonsumsi panas atau dingin dan digunakan sebagai sumber protein pada salad atau sebagai penambah serat dalam sup. Anda juga bisa membuat hummus dari beberapa jenis polong-polongan untuk dinikmati bersama sayuran mentah. Kedelai merupakan sumber protein nabati dan biotin yang sangat baik dan dapat dikonsumsi dengan cara dikukus atau dipanggang kering untuk camilan kaya protein. 

Kebiasaan Rambut Sehat

Meskipun makanan dan suplemen yang tepat dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat, mengurangi kebiasaan yang merusak rambut juga tidak kalah penting. Ikuti kebiasaan rambut sehat ini untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut:

  • Jangan terlalu sering terkena panas, termasuk penggunaan alat penata rambut dan pengering rambut
  • Jangan terlalu sering mewarnai rambut
  • Jangan terlalu sering menyisir rambut
  • Keringkan rambut alih-alih menggosoknya dengan handuk
  • Sering-seringlah memotong rambut

Jika Anda sedang mencoba menumbuhkan rambut, mengelola stres menjadi salah satu bagian terpenting dalam menyelesaikan masalah ini. Stres dapat berdampak negatif pada berbagai area tubuh, termasuk rambut. Ada banyak cara untuk mengelola stres. Temukan alat dan kebiasaan yang paling sesuai untuk Anda. Bagi sebagian orang, mengurangi stres dapat dilakukan dengan menjadwalkan “waktu untuk diri sendiri.” Cobalah pergi ke salon untuk merapikan kuku, pijat, atau jalan-jalan sore sendirian untuk menghilangkan tekanan setelah beraktivitas seharian penuh. 

Saat berada di meja kerja atau di rumah, menyebarkan minyak esensial yang menenangkan dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan bertenaga. Lavenderkayu cendana, dan clary sage dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Mandi busa aromaterapi hangat merupakan cara mudah lainnya dan dapat dilakukan di rumah untuk mengelola stres. 

Bagi kebanyakan orang, memanjakan diri dapat menjadi alat pereda stres yang efektif. Memanjakan diri sendiri dapat dilakukan dengan berolahraga atau pergi ke salon kecantikan bagi sebagian orang atau cukup dengan menggunakan masker wajah atau rambut bagi sebagian lainnya. Apa pun alat yang digunakan untuk mengurangi stres secara optimal, ketahuilah bahwa dengan merawat diri sendiri, Anda sedang memupuk kesejahteraan dan kesehatan bagi rambut dan seluruh tubuh Anda.  

Referensi:

  1. Le Floc’h C, Cheniti A, Connétable S, Piccardi N, Vincenzi C, Tosti A. Effect of a nutritional supplement on hair loss in women. J Cosmet Dermatol. 2015;14(1):76-82. 
  2. Zinc - Health Professional Fact Sheet. Accessed September 4, 2023.