Kesehatan rambut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor berbeda. Genetika, hormon, gaya hidup, kebiasaan makan, dan lingkungan merupakan sebagian unsur utama yang menentukan kesehatan rambut Anda. Sepanjang hidup, Anda mungkin memperhatikan bahwa kesehatan rambut Anda berubah. Pada fase-fase tertentu, rambut Anda mungkin menjadi lebih kering dan kasar. Pada waktu-waktu lainnya, rambut Anda mungkin rontok lebih banyak daripada yang semestinya menurut Anda. Namun, ada kalanya, Anda memiliki rambut lembut berkilau yang Anda dambakan. 

Di antara banyak keluhan yang umum terkait rambut, penipisan dan rambut rontok merupakan dua masalah yang paling dikhawatirkan bagi orang dewasa. Obat resep, produk bebas, dan bedah tersedia untuk mengatasi masalah-masalah ini, tetapi banyak solusi tersebut disertai efek samping yang tak diinginkan. Waktu pemulihan dan risiko yang terkait dengan bedah, peningkatan pertumbuhan rambut tubuh, dan iritasi kulit kepala hanya sebagian dari efek samping produk untuk rambut rontok, baik yang dengan resep maupun dijual bebas. Meski mungkin tidak mengancam jiwa, efek samping tersebut bisa tidak nyaman dan memengaruhi kualitas hidup Anda secara negatif. 

Untungnya, beberapa produk alami dapat mendukung pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok dengan lebih sedikit efek samping. Secara khusus, minyak rosemari makin banyak diminati tahun-tahun belakangan ini karena kemampuannya mendukung kesehatan rambut. Silakan baca terus untuk mengetahui lebih banyak tentang minyak rosemari, penggunaannya untuk mendukung pertumbuhan rambut dan memperlambat kerontokan rambut, serta cara mengubah pola makan Anda untuk mendukung kesehatan rambut yang lebih baik. 

Manfaat dan Penggunaan Minyak Rosemari

Minyak rosemari terutama dikenal sebagai herba kuliner yang penuh citarasa, tetapi minyak rosemari juga telah berabad-abad dipakai dalam pengobatan. Minyak rosemari dikatakan dapat memberi manfaat antioksidan dan antiperadangan serta dapat membantu meningkatkan ingatan dan konsentrasi.1 Beberapa penelitian pada hewan bahkan menunjukkan ekstrak rosemari dapat membantu mencegah kanker payudara dan usus besar.2 Dengan sifat penunjang kesehatannya yang hebat, Anda pasti akan mendengar lebih banyak tentang minyak rosemari dan produk-produk terkait pada tahun-tahun mendatang. 

1. Aromaterapi

Minyak esensial rosemari banyak digunakan dalam aromaterapi. Bukan hanya memiliki aroma alami yang menenangkan, tetapi minyak rosemari diduga dapat meredakan stres dan meningkatkan konsentrasi dan ingatan. 

Baik didifusi tersendiri maupun bersama minyak lain yang dikenal manfaatnya dalam meredakan stres, seperti lavender, menghirup aroma rosemari sepanjang hari dapat meningkatkan kadar kortisol Anda. Untuk mendapatkan manfaat ini, pertimbangkanlah untuk menggunakan diffuser di kantor dan rumah Anda, dan lihat berbagai macam minyak esensial yang tersedia. Beberapa minyak mungkin dapat membantu memperbaiki tidur, minyak yang lain dapat menambah semangat, dan Anda mungkin memilih beberapa minyak hanya karena Anda menyukai aromanya. 

2. Peningkatan Peredaran Darah

Kalau berbicara tentang manfaat kesehatan rambut yang diberikan minyak rosemari, minyak ini dapat mendukung pertumbuhan rambut dengan beberapa cara. Salah satu metode kerja yang diduga adalah melalui peningkatan peredaran darah, yang dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut.3 Saat aliran darah buruk, kekurangan aliran darah ke folikel rambut dapat mengakibatkan folikel rambut mati, yang menyebabkan rambut rontok. Sifat antiperadangan alami rosemari juga dapat mendukung kesehatan rambut. 

3. Manfaat untuk Kesehatan Rambut

Penelitian terhadap efek minyak rosemari pada kesehatan rambut menunjukkan hasil yang menjanjikan. Pada sebuah penelitian yang menyelidiki kemanjuran minyak rosemari untuk mengobati kebotakan berpola pada pria dan wanita, orang yang menggunakan minyak rosemari selama enam bulan mengalami peningkatan yang signifikan pada pertumbuhan rambut serupa dengan orang yang menggunakan minoxidil 2% yang umum dikenal sebagai Rogaine. Di samping itu, gatal kulit kepala secara signifikan lebih jarang terjadi pada orang yang menggunakan minyak esensial rosemari dibandingkan pada orang yang menggunakan minoxidil 2%; ini memberi manfaat tambahan pada penggunaan rosemari dibandingkan dengan produk komersial yang dibuat untuk rambut rontok.4 

Sebuah penelitian lainnya menyelidiki penggunaan minyak esensial untuk alopesia, yakni suatu kondisi kesehatan yang dicirikan dengan kerontokan rambut secara tiba-tiba dan berpetak. Dalam penelitian ini, penderita alopesia yang memijatkan gabungan minyak, termasuk timi, rosemari, lavender, dan kayu cedar, ke dalam kulit kepalanya setiap hari secara signifikan mengalami pertumbuhan rambut yang lebih banyak dibandingkan individu yang hanya menggunakan minyak pembawa.5 

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Rosemari untuk Rambut?

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan minyak rosemari untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok, berikut ini adalah beberapa metode untuk menambahkan minyak ini ke dalam rutinitas kesehatan Anda. 

  • Pijatkan minyak ke dalam kulit kepala Anda: Cobalah memijat kulit kepala Anda dengan minyak rosemari dan minyak lain yang diduga dapat memberi manfaat pada pertumbuhan rambut. Campurkan sekitar lima tetes minyak rosemari dengan satu hingga dua sendok teh minyak pembawa, seperti minyak jojoba atau minyak almond manis, dan pijatkan ke dalam kulit kepala Anda secara menyeluruh. Jika Anda memilih untuk membilas rambut Anda setelah pemakaian minyak, biarkan minyak meresap ke dalam kulit kepala Anda selama 5 hingga 10 menit sebelum dibilas. Atau, Anda dapat menunggu sampai waktu mandi berikutnya untuk membilas minyak tersebut. 
  • Tambahkan minyak rosemari ke produk rambut Anda: Pertimbangkanlah untuk menambahkan minyak rosemari ke dalam produk rambut rutin Anda, termasuk sampokondisioner, dan serum. Mulailah dari langkah kecil dengan produk seperti serum rambut yang Anda biarkan di kulit kepala selama beberapa jam. Untuk sampo dan kondisioner yang akan cepat dibilas dari rambut setelah pemakaian, pertimbangkanlah untuk menambahkan sekitar lima tetes minyak rosemari ke dalam setiap ounce produk. 

Keamanan Minyak Rosemari

Jangan biarkan minyak rosemari sampai masuk secara langsung ke dalam mata Anda. Untungnya, tidak ada masalah kesehatan atau efek samping yang diketahui sehubungan penggunaan minyak rosemari dalam aromaterapi atau pemakaian topikal. Pendekatan yang terbaik adalah dengan memulai dari langkah kecil, campur minyak esensial dengan minyak pembawa sebelum memakaikannya ke kulit Anda, lalu perlahan-lahan tingkatkan jumlah minyak rosemari yang Anda gunakan sampai Anda mengetahui toleransi kulit Anda. 

Makanan Terbaik untuk Kesehatan Rambut

Efek manfaat minyak rosemari pada pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut secara keseluruhan memang menjanjikan. Namun, jika Anda khawatir tentang rambut rontok, mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi yang mendukung kesehatan rambut dapat lebih mendukung perjalanan Anda menuju rambut lembut berkilau. 

Tidak mendapatkan nutrisi tertentu dalam jumlah memadai dapat memperlambat pertumbuhan rambut dan bahkan dapat berkontribusi pada kerontokan rambut. Kekurangan vitamin D dan B12biotinriboflavin, dan zat besi hanya sebagian dari nutrisi yang diduga memiliki peran dalam kerontokan rambut.6 Mengonsumsi suplemen rambut, kulit, dan kuku setiap hari dapat membantu memastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan rambut dalam jumlah memadai. Pola makan yang secara keseluruhan seimbang akan berbagai macam mikronutrien juga dapat mendukung kesehatan rambut. 

Makanan berikut ini sangat kaya dengan nutrisi yang mendukung kesehatan rambut. 

Ikan Berlemak

Ikan berlemak, termasuk salmonharing, dan makerel, mengandung lemak omega-3 yang sehat untuk jantung yang dikaitkan dengan pertumbuhan rambut.7 Pada sebuah penelitian, wanita yang mendapat suplemen asam lemak omega-3 dan omega-6 bersama dengan antioksidan selama enam bulan mengalami pengurangan rambut rontok serta pertumbuhan rambut yang lebih banyak dan lebih tebal dibandingkan kelompok kontrol.8 Meski suplemen menyediakan sumber omega-3 yang lebih terkonsentrasi, Anda juga bisa mendapatkannya dalam jumlah besar dari mengonsumsi ikan berlemak. 

Ikan berlemak juga merupakan sumber yang sangat baik untuk protein dan vitamin D3, mikronutrien lainnya yang penting untuk kesehatan rambut. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan kerontokan rambut.9 Ikan kaleng merupakan opsi mudah dan nyaman untuk menambahkan lebih banyak ikan berlemak ke dalam pola makan Anda. Cukup tambahkan ikan kaleng ke salad atau sandwich, atau makan ikan kaleng tersendiri bersama cracker kesukaan Anda. 

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Secara keseluruhan, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber yang unggul untuk lemak, serat, dan protein sehat. Beberapa di antaranya bahkan dikenal karena kandungan omega-3-nya, seperti kacang kenari dan biji chiarami, dan hemp. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga menyediakan mikronutrien yang penting untuk kesehatan rambut, seperti vitamin Evitamin B, dan seng

Tambahkanlah lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam menu harian Anda untuk memelihara rambut sehat. Semua kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan taburan yang lezat untuk oatmeal dan smoothie, dan kacang utuh merupakan opsi camilan sederhana yang dapat digabung dengan buah kering untuk membuat suguhan manis gurih. Jangan lupakan mentega kacang-kacangan dan biji-bijian, yang merupakan opsi mudah serbaguna lainnya untuk menambahkan nutrisi kesehatan rambut ke dalam hidangan dan camilan Anda setiap hari. 

Tiram

Meski mungkin bukan termasuk makanan serbaguna dalam daftar ini, tiram juga dapat berkontribusi pada kesehatan rambu Anda. Tiram sangat kaya akan seng, nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan rambut dan kulit. Bahkan, menurut sebuah penelitian, kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok.10 Suplemen seng tampaknya dapat memulihkan rambut rontok yang disebabkan kekurangan seng, dan konsumsi makanan yang kaya akan seng setiap hari dapat membantu menjaga kadar sehat nutrisi ini dalam darah11 

Nikmatilah tiram segar dari restoran setempat. Untuk cara mudah memuaskan keinginan Anda memakan tiram, tambahkanlah tiram kaleng ke dalam hidangan pasta buatan sendiri, gunakan tiram kaleng untuk taburan pizza, atau buat sup seafood untuk beberapa kali makan. 

Polong-polongan

Seperti tiram, polong-polongan adalah sumber yang kaya untuk seng dari makanan serta nutrisi kesehatan rambut lainnya seperti biotin dan zat besiPolong-polongan sangat serbaguna dan dapat dinikmati baik panas maupun dingin dalam salad atau sup, dipanggang atau dibumbui, atau ditumbuk menjadi hummus buatan sendiri. Anda juga akan mendapatkan nutrisi esensial lain dalam polong-polongan, seperti serat dan protein, keduanya haruslah merupakan bagian hidangan Anda setiap kali Anda makan. 

Jangan lupakan kacang kedelai saat mempertimbangkan cara meningkatkan asupan nutrisi esensial. Edamame yang dikukus atau dipanggang kering merupakan camilan atau taburan hidangan kaya protein yang mudah dibuat dan membutuhkan sedikit persiapan. 

Daging

Daging merah, yang dikenal karena kandungan proteinnya, juga kaya akan zat besi yang tersedia hayati. Zat besi membantu sel darah merah Anda menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke folikel rambut. Pilihlah potongan daging tanpa lemak yang mengandung lebih sedikit lemak jenuh dan kolesterol dibandingkan potongan yang lebih berlemak. Untuk cara mudah menambahkan makanan kaya protein dan zat besi ini ke dalam camilan Anda, cobalah dendeng sapi. Gabungkan dengan seporsi buah untuk mendapatkan camilan seimbang.  

Poin Penting

Rosemari bukan hanya menambahkan citarasa ke makanan Anda dan aroma menenangkan ke lingkungan Anda, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak rosemari secara topikal dapat membantu mendukung pertumbuhan rambut sehat dan memperlambat kerontokan rambut dengan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan produk komersial untuk rambut rontok. Diet seimbang yang kaya akan nutrisi seperti vitamin Dvitamin-vitamin Bomega-3seng, dan zat besi juga dapat mendukung kesehatan rambut dan menurunkan risiko rambut rontok karena kekurangan nutrisi. 

Meski belum ada efek samping yang diketahui akibat penggunaan rosemari untuk tujuan kuliner, aromaterapi, atau rambut rontok, gunakanlah selalu minyak pembawa sebelum memakaikan minyak rosemari secara langsung ke kulit atau kulit kepala Anda.

Referensi:

  1. Veenstra JP, Johnson JJ. Rosemary (Salvia rosmarinus): Health-promoting benefits and food preservative properties. Int J Nutr. 2021;6(4):1-10.
  2. Moore J, Yousef M, Tsiani E. Anticancer Effects of Rosemary (Rosmarinus officinalis L.) Extract and Rosemary Extract Polyphenols. Nutrients. 2016;8(11). 
  3. Ahmed HM, Babakir-Mina M. Investigation of rosemary herbal extracts (Rosmarinus officinalis) and their potential effects on immunity. Phytotherapy Research. 2020;34(8):1829-1837. 
  4. Panahi Y, Taghizadeh M, Marzony ET, Sahebkar A. Rosemary oil vs minoxidil 2% for the treatment of androgenetic alopecia: a randomized comparative trial. Skinmed. 2015;13(1):15-21.
  5. Harries MJ, Sun J, Paus R, King LE. CLINICAL REVIEW Management of alopecia areata. BMJ. 2010;341:3671. 
  6. Almohanna HM, Ahmed AA, Tsatalis JP, Tosti A. The Role of Vitamins and Minerals in Hair Loss: A Review. Dermatol Ther (Heidelb). 2019;9(1):51. 
  7. Fish, salmon, pink, canned, total can contents. FoodData Central. Accessed August 24, 2023. 
  8. Le Floc’h C, Cheniti A, Connétable S, Piccardi N, Vincenzi C, Tosti A. Effect of a nutritional supplement on hair loss in women. J Cosmet Dermatol. 2015;14(1):76-82. 
  9. Nayak K, Garg A, Mithra P, Manjrekar P. Serum Vitamin D3 Levels and Diffuse Hair Fall among the Student Population in South India: A Case-Control Study. Int J Trichology. 2016;8(4):160-164. 
  10. Cheung EJ, Sink JR, English Iii JC. Vitamin and Mineral Deficiencies in Patients With Telogen Effluvium: A Retrospective Cross-Sectional Study. J Drugs Dermatol. 2016;15(10):1235-1237.
  11. Zinc - Health Professional Fact Sheet. National Institutes of Health. Accessed August 24, 2023.