Apa Itu Koktail Adrenal? 

Apa itu koktail adrenal? Apakah ini merupakan minuman kekinian, eliksir padat gizi, atau minuman kaya nutrisi? Jawabannya, ini adalah kombinasi ketiganya! Koktail adrenal merupakan minuman nonalkohol yang kaya akan vitamin Ckalium, dan natrium yang dapat mendukung kesehatan kelenjar adrenal dan melawan kelelahan. 

Kelenjar adrenal berperan penting dalam menciptakan hormon untuk mendukung metabolisme, fungsi imun, dan tekanan darah serta membantu tubuh merespons stres. Stres kronis diperkirakan membebani fungsi kelenjar adrenal, yang menyebabkan “kelelahan adrenal.” Menyesap koktail adrenal dapat mendukung kesehatan adrenal dengan memberikan nutrisi utama bagi kelenjar penting yang dibutuhkan untuk fungsi yang optimal.  

Koktail adrenal klasik terbuat dari jus jeruk, air kelapa, dan garam laut. Ketiganya merupakan bahan yang secara alami kaya akan vitamin C, kalium, dan natrium. Namun, variasi resep klasik yang tak ada habisnya ini menggunakan bahan-bahan berbeda untuk meningkatkan rasa dan nutrisi. Bahan-bahan koktail adrenal alternatif yang populer meliputi bubuk kolagen, santan, krim tartar, jus jahe atau jahe, jus wortel, jus delima, dan banyak lagi. 

Koktail adrenal sangat digemari karena mudah dibuat dan hanya menggunakan beberapa bahan sederhana, di antaranya elektrolit, hidrasi, vitamin, dan mineral, yang mendukung fungsi adrenal. 

Bagaimana Koktail Adrenal Bekerja? 

Adrenal adalah kelenjar kecil berbentuk segitiga yang terletak di atas kedua ginjal. Kelenjar ini berperan penting dalam memproduksi hormon kortisol, aldosteron, dan adrenalin, yang membantu mengatur metabolisme, fungsi sistem imun, tekanan darah, dan respons stres. 

Secara teori, ketika kita mengalami tingkat stres kronis yang tinggi, adrenal akan terkuras, sehingga menyebabkan “kelelahan adrenal.” Istilah “kelelahan adrenal” bukanlah diagnosis medis yang sebenarnya, dan tidak ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan bahwa gangguan adrenal menyebabkan kelelahan. Jadi, meskipun koktail adrenal sebenarnya bukan obat untuk “kelelahan adrenal”, namun koktail adrenal menyediakan berbagai nutrisi yang mendukung keseimbangan hormonal dan fungsi tubuh. 

Tiga hormon utama yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal adalah kortisol, aldosteron, dan adrenal.

Kortisol

Kortisol sering disebut sebagai hormon stres. Dalam situasi lawan atau lari, kelenjar adrenal memproduksi lebih banyak kortisol untuk meningkatkan gula (glukosa) dalam aliran darah. Peningkatan gula darah memberikan energi pada otak, otot, dan jaringan sehingga dapat merespons dan melarikan diri dari bahaya. Kortisol menekan peradangan, mengatur tekanan darah, serta mengontrol siklus tidur/bangun tubuh. 

Aldosteron

Aldosteron membantu mengatur tekanan darah dan elektrolit seperti natrium dan kalium. Hormon ini juga membantu mengatur pH darah dengan mengontrol jumlah elektrolit dalam darah.

Adrenalin

Pada saat stres, kelenjar adrenal memproduksi adrenalin sebagai bagian dari respons tubuh “lawan atau lari”. Adrenalin meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, membuat otak lebih waspada, menyebabkan pembuluh darah mengirim lebih banyak darah ke otak dan otot, serta meningkatkan kadar gula darah untuk memberikan dorongan energi pada tubuh untuk menghindari situasi stres dan berbahaya. 

Manfaat Koktail Adrenal

Jadi, apa manfaat koktail adrenal untuk membantu Anda? Koktail adrenal menghidrasi dan kaya akan vitamin C dan elektrolit seperti kalium dan natrium. Ini semua merupakan nutrisi utama yang mendukung fungsi adrenal, membantu menghidrasi tubuh, dan meningkatkan energi. 

Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin dan antioksidan penting yang dibutuhkan untuk pembentukan pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan kolagen yang tepat. Vitamin C mendukung fungsi imun, proses penyembuhan tubuh, dan kesehatan adrenal. Buah sitrun, seperti jeruk, secara alami kaya akan vitamin C! Meskipun jus jeruk adalah jus tradisional dalam koktail adrenal, jus lain yang kaya akan vitamin C meliputi jus lemon, jus jeruk limau gedang, dan jus nanas.  

Kalium

Kalium merupakan mineral penting yang mendukung fungsi saraf, kesehatan jantung, menjaga tekanan darah normal, transmisi sinyal saraf antar organ, kontraksi otot, menjaga keseimbangan cairan optimal, menyeimbangkan pH dalam tubuh, serta mendukung fungsi kelenjar adrenal. 

Air kelapa merupakan sumber hidrasi dan elektrolit seperti kalium, natrium, dan mangan. Selain air kelapa, jus wortel dan delima juga kaya akan kalium! Krim tartar merupakan sumber kalium yang sangat baik. Coba tambahkan ¼ sendok teh krim tartar ke dalam minuman Anda untuk meningkatkan kadar kalium. 

Natrium

Natrium merupakan mikronutrien penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Natrium berperan penting dalam membantu menjaga homeostasis seluler normal serta keseimbangan cairan dan elektrolit. 

Saat menambahkan garam ke dalam koktail adrenal, pilihlah garam laut sebagai pengganti garam dapur. Garam laut dibuat dengan cara menguapkan air laut, sedangkan garam dapur ditambang dari endapan garam dan kemudian diolah menjadi garam halus. Karena garam dapur lebih banyak diproses, garam ini mungkin mengandung lebih sedikit mineral dibandingkan garam laut dan mungkin mengandung bahan tambahan untuk mencegah penggumpalan. 

Baik Anda menggunakan garam laut atau garam dapur dalam koktail adrenal, Dietary Guidelines for Americans 2020-2025 merekomendasikan untuk tidak melebihi 2.300 miligram natrium per hari.1

Air

Hingga 60% tubuh manusia dewasa terdiri dari air!2 Air merupakan nutrisi penting yang sangat diperlukan untuk menjaga suhu internal tubuh, metabolisme karbohidrat dan protein, buang air kecil dan buang air besar, pencernaan, pelumasan sendi, pembentukan air liur, bantalan otak, sumsum tulang belakang, dan persendian, serta mendukung fungsi setiap organ dalam tubuh. 

Gejala dehidrasi meliputi perasaan lelah, gelisah, sulit mengambil keputusan, metabolisme melambat, badan atau persendian pegal, dan rasa pusing atau sakit kepala ringan. Meskipun meminum air putih dan mengonsumsi makanan padat air adalah cara yang baik untuk menghidrasi, minuman elektrolit dapat lebih mendukung hidrasi yang optimal. Minuman yang secara alami mengandung elektrolit, seperti air kelapa, dapat membantu tubuh mengatur keseimbangan cairan.   

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Koktail Adrenal? 

Pernahkah Anda mengalami kelelahan di pagi atau sore hari? Daripada meminum secangkir kopi kedua, cobalah koktail adrenalin! 

Kebanyakan orang dewasa merasakan kadar energi mulai menurun sekitar jam 10 pagi atau antara jam 2 dan 3 sore. Kadar energi juga bisa turun karena dehidrasi. Koktail adrenal memberikan dorongan energi, berkat gula alami dari jus jeruk dan air kelapa, serta hidrasi berkualitas dari cairan dan elektrolit. 

Pasangkan koktail adrenal dengan camilan kaya protein, serat, dan/atau lemak untuk mempertahankan kadar energi. Makronutrien ini membantu mendukung keseimbangan kadar gula darah dan mencegah penurunan energi secara drastis. Ide camilan yang baik untuk melengkapi koktail adrenalin antara lain seledri dengan mentega almon, stik wortel dengan hummus, atau trail mix!

Siapa yang Harus Mengonsumsi Koktail Adrenal?

Gejala kelelahan adrenal meliputi kelelahan kronis, kabut otak, masalah pencernaan seperti gas, kembung, diare, atau sembelit, nyeri tubuh, sakit kepala ringan, tekanan darah rendah, penambahan atau penurunan berat badan, rambut rontok, sulit tidur atau tetap tertidur, serta perasaan gugup atau gelisah. Koktail adrenal mungkin merupakan pilihan terbaik bagi siapa pun yang mengalami gejala-gejala ini untuk menghidrasi, memberi nutrisi, dan meningkatkan energi. 

Gejala-gejala ini juga dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa atau kronis, sebaiknya diskusikan kesehatan Anda dengan dokter, yang dapat membantu mengetahui akar penyebab gejala Anda. 

Siapa yang Harus Menghindari Koktail Adrenal?

Koktail adrenal mungkin memiliki efek samping bagi sebagian orang. Bagi mereka yang telah didiagnosis menderita penyakit ginjal atau gagal ginjal, bicarakan dengan dokter atau dietisien terdaftar sebelum mencoba koktail adrenal. Orang dengan masalah ginjal perlu memperhatikan kadar kaliumnya, dan koktail adrenalin mungkin mengandung kalium yang tinggi. 

Orang yang telah didiagnosis menderita diabetes juga harus berkonsultasi dengan dokter atau dietisien terdaftar sebelum mencoba koktail adrenal. Meskipun gula dalam koktail adrenal berasal dari sumber alami, orang yang memantau kadar gula darahnya perlu memperhitungkan asupan gula ini. Mengonsumsi camilan berprotein tinggi dan berserat tinggi bersama dengan koktail adrenal dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Menambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam koktail adrenal juga dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat.3 

Yang terakhir, individu yang mengontrol berat badannya harus memperhatikan asupan kalori dari cairan. Koktail adrenal mengandung sekitar 85 kalori. 

Resep Koktail Adrenal

Koktail Adrenal Klasik

Untuk satu porsi atau sekitar 8 ons.

Bahan-bahan:

  • ½ gelas air kelapa
  • ½ cangkir jus jeruk
  • Sejumput garam laut
  • Es (opsional)

Petunjuk:

Campurkan dan aduk semua bahan-bahannya dan nikmatilah! 

Koktail Adrenal Krim Kelapa

Untuk satu porsi atau sekitar 11 ons.

Bahan-bahan:

  • ½ gelas air kelapa
  • ½ cangkir jus jeruk
  • 1 sendok makan krim kelapa
  • Sejumput garam laut

Petunjuk:

Campurkan dan aduk semua bahan-bahannya dan nikmatilah! 

Koktail Adrenal Super Sitrun

Untuk satu porsi atau sekitar 8 ons.

Bahan-bahan:

  • ½ gelas air kelapa
  • ¼ cangkir jus jeruk
  • ¼ cangkir jus jeruk limau gedang
  • 1 sendok makan jus lemon
  • Sejumput garam laut

Petunjuk:

Campurkan dan aduk semua bahan-bahannya dan nikmatilah! 

Koktail Adrenal Wortel, Jeruk, Jahe

Untuk satu porsi atau sekitar 8 ons.

Bahan-bahan:

  • ½ gelas air kelapa
  • ¼ cangkir jus jeruk
  • ¼ cangkir jus wortel
  • 1 sendok makan jus jahe 
  • Sejumput garam laut

Petunjuk:

Campurkan dan aduk semua bahan-bahannya dan nikmatilah! 

Koktail Adrenal Nanas Jeruk

Untuk satu porsi atau sekitar 8 ons.

Bahan-bahan:

  • ½ gelas air kelapa
  • ¼ cangkir jus jeruk
  • ¼ cangkir jus nanas 
  • Sejumput garam laut

Petunjuk:

Campurkan dan aduk semua bahan-bahannya dan nikmatilah! 

Selain resep buatan sendiri ini, campuran koktail adrenal bisa menjadi cara yang mudah untuk menikmati manfaat koktail adrenalin secara konsisten. 

Poin Penting

Istilah “kelelahan adrenal” bukanlah diagnosis medis yang sebenarnya, dan tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gangguan adrenal atau penggunaan koktail adrenal untuk mendukung kesehatan adrenal. Namun, nutrisi dalam koktail adrenal sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran yang optimal dan dapat mendukung hidrasi, kesehatan imun, kadar energi, dan bahkan dapat mendukung fungsi adrenal. 

Referensi:

  1. USDA. Dietary Guidelines for Americans 2020-2025. Accessed March 21, 2024. 
  2. Mitchell HH, Hamilton TS, Steggerda FR, Bean HW. The Chemical Composition of the Adult Human Body and Its Bearing on the Biochemistry of Growth. Journal of Biological Chemistry. 1945;158(3):625-637. 
  3. Johnston CS, Kim CM, Buller AJ. Vinegar Improves Insulin Sensitivity to a High-Carbohydrate Meal in Subjects With Insulin Resistance or Type 2 Diabetes. Diabetes Care. 2004;27(1):281-282.