Sejarah Singkat Pengobatan Tradisional Tiongkok

Pengobatan Tiongkok Awal dimulai pada masa perdukunan Dinasti Shang sekitar abad ke-16 SM. Pengobatan ini pada dasarnya bersifat demonologis, menghubungkan penyakit dengan kekuatan tak terlihat dari leluhur dan dewa.  

Pada Periode Musim Semi dan Musim Gugur dinasti Zhou (770-446 SM), budaya Tiongkok berkembang dan para filsuf serta penyair terkenal, termasuk Konfusius, Lao-Tzu, Mo Ti, dan Tao Chien, muncul. Saat ini, filsafat dan sains saling tumpang tindih untuk menjelaskan penyakit dalam hal kejadian alami di dunia. Berbagai filosofi dan aliran pemikiran yang lahir selama ini disebut sebagai “Seratus Aliran Pemikiran.” Dua di antaranya adalah Konfusianisme dan Taoisme.

Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) dimodernisasi dan disistematisasi selama dinasti Zhou. Teori Yin dan Yang, Teori Lima Elemen, dan teori dasar lainnya yang membentuk dasar TCM tercipta selama periode ini. 

Teks Medis Tiongkok paling awal seputar pengobatan sistematis teoretis TCM adalah Huáng Dì Nèi Jīng, atau The Yellow Emperor’s Classic of Internal Medicine. Ini berasal dari abad kedua atau pertama SM. 

Teks lain, seperti Shén Nóng Běn Cǎo Jīng (Divine Husbandman’s Classic of Materia Medica), Shēng Hán Lùn (Discussion of Cold Damage), dan Jīn Guì Yào Lüè (Essentials from the Golden Cabinet), kemungkinan disusun dan ditulis pada abad ketiga. Teks ini maupun teks medis Tiongkok klasik terkenal lainnya masih diajarkan kepada mahasiswa TCM modern di seluruh dunia. 

Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) merupakan sistem pengobatan lengkap yang terdiri dari delapan cabang: Akupunktur, Pengobatan Herbal, Nutrisi, Kerja Tubuh (Tui Na/Bekam/Moksibusi), Meditasi, Tai Chi/Qi Gong (Latihan), Feng Shui, dan Kosmologi. TCM meninjau alam dan mengamati bagaimana kesehatan serta penyakit manusia tunduk pada prinsip-prinsip tatanan alam. 

Dalam TCM, pola penyakit dapat timbul pada tubuh, organ, dan meridian dengan berbagai cara. Jika organ dan saluran meridian yang membawa “energi” atau “Qi” mengalami stagnasi, kekurangan, atau kelebihan, penyakit akan muncul. Melalui metode diagnostik khusus, dokter TCM memberikan diagnosis, resep, dan program pengobatan yang mencakup cabang-cabang TCM kepada pasien. 

Petani Tiongkok, Shén Nóng, dikatakan sebagai pencetus Pengobatan Herbal Tiongkok. Sekitar 6000 tahun yang lalu, Shen Nóng secara tidak sengaja menemukan gerobak dan bajak yang berisi teh. Konon katanya, dia membuat katalog 365 spesies tanaman obat, yang kemudian dikenal sebagai teks medis Shén Nóng Běn Cǎo Jīng, atau The Divine Husbandman’s Classic of Materia Medica. 

Apa itu Fo-Ti?

Fo-ti merupakan salah satu obat tradisional Tiongkok yang paling populer serta terkandung dalam berbagai olahan dan resep. Fo-ti telah digunakan selama berabad-abad di Tiongkok untuk mengobati berbagai penyakit yang umumnya terkait dengan penuaan. Dari ratusan resep yang mengandung fo-ti, banyak yang sudah dipatenkan.

Nama botani herbal Tiongkok kuno ini adalah Polygonum multiflorum. Fo-ti juga dikenal sebagai akar fleeceflower, akar knotweed berbunga, dan, dalam bahasa Tiongkok, Hé Shǒu Wū. Tanaman ini pertama kali muncul dalam teks Materia Medica Rì Huá-Zǐ dari abad ke-10. 

Tanaman ini dibudidayakan di berbagai provinsi di Tiongkok dan Jepang. Fo-ti tumbuh di semak-semak lembah, hutan, dan celah-celah batu antara ketinggian 200 hingga 3000 meter. Ini merupakan tanaman merambat yang tumbuh dengan cepat, dan belakangan ini mulai tumbuh di negara Barat.  

Umumnya, ada dua cara untuk mengonsumsi fo-ti, yakni dalam bentuk olahan (direbus atau dikukus) atau mentah. Fo-ti memiliki tindakan dan indikasi yang berbeda saat dikonsumsi dalam bentuk yang berbeda. 

Perbedaan Kualitas Fo-Ti Mentah versus Fo-Ti Olahan

Dalam TCM, rasa herbal dikaitkan dengan kualitas yang berbeda. Fo-ti olahan, atau Zhì Hé Shǒu Wū, memiliki rasa yang manis, pahit, astringen, dan sedikit hangat. Tindakan terapeutik utamanya memengaruhi organ serta meridian Hati dan Ginjal. 

Fo-ti dianggap sebagai herbal yang kaya akan nutrisi. Fo-ti memelihara darah, yin, dan mempertahankan esens-nya. Fo-ti dikonsumsi bila ada pola defisiensi yin atau darah dengan gejala pusing, tinitus, rambut uban prematur, nyeri punggung atau lutut, penglihatan kabur, susah tidur, dan sembelit. Fo-ti memperkuat tulang, ligamen, dan tendon.

Bentuk mentah Fo-ti, atau Shēng Hé Shǒu Wū yang belum diolah, memiliki rasa yang pahit, manis, astringen, dan netral. Fo-ti masuk ke saluran Hati, Jantung, dan Usus Besar. Tanaman ini melembapkan usus, mengatasi toksisitas, mengecilkan luka, bisul, abses, gondok, dan skrofula (suatu kondisi yang menyebabkan tuberkulosis), serta digunakan untuk mengatasi gangguan malaria. Tangkai dan daunnya digunakan untuk mengatasi insomnia serta mengobati berbagai penyakit kulit dan gatal-gatal. Dalam TCM, bentuk mentah Fo-ti digunakan untuk mengobati demam dan toksisitas. 

Artikel ini berfokus pada manfaat Fo-ti olahan atau Zhì Hé Shǒu Wū. 

Legenda Fo-Ti dan Kesehatan Rambut

Nama Tiongkok Fo-ti, Hé Shǒu Wū, secara harfiah ditafsirkan sebagai “Rambut Hitam Hé.” Legenda lama menceritakan tentang Jenderal Hé, yang dihukum karena kejahatan serius. Ia dijatuhi hukuman kurungan dan hukuman mati di dalam sel terpencil yang digali ke dalam tanah tanpa makanan atau air. 

Setelah dikurung selama setahun, algojo kembali ke selnya untuk memindahkan jenazahnya untuk dimakamkan. Mereka terkejut saat mengetahui bahwa Jenderal Hé masih hidup, ia bahkan kembali menjadi muda. Rambutnya yang sudah memutih kembali menjadi gelap. Tanpa makanan atau air, Jenderal Hé terpaksa mengonsumsi makanan eksklusif dari herbal mirip tanaman anggur yang menyusup ke celah-celah selnya. Herbal tersebut diberi nama Hé Shǒu Wū untuk mengenang kelangsungan hidup dan peremajaan fisik Jenderal Hé.

Kisah lain yang dilaporkan oleh Li Ao pada tahun 813 M menggambarkan bagaimana sifat-sifat Hé Shǒu Wū mengembalikan potensi seksual seorang pria. Herbal ini membantunya menjadi ayah dari seorang anak lelaki, mengembalikan warna rambut standarnya, dan membuatnya hidup sampai usia 160 tahun. 

Meskipun cerita tersebut tidak berdasar, keduanya membuktikan sifat peremajaan dari Hé Shǒu Wū.

Manfaat Kesehatan Fo-Ti

Peningkatan Efek Insulin dan Pengendalian Berat Badan 

Penelitian menunjukkan bahwa Fo-ti dapat membantu mengendalikan berat badan dan mengobati penyakit metabolis terkait. 

Ada dua jenis jaringan lemak dalam tubuh manusia, yakni lemak putih dan lemak cokelat. Lemak cokelat berperan dalam mengatur metabolisme energi di dalam tubuh. Lemak cokelat memecah gula darah, juga dikenal sebagai glukosa, untuk menghasilkan panas dan menjaga suhu tubuh. Lemak putih bersifat nontermogenik, artinya tidak menimbulkan panas. Kandungan lemak putih dalam tubuh lebih banyak dan lebih sulit dihilangkan saat menurunkan berat badan. 

Dalam sebuah penelitian terhadap tikus yang mengalami obesitas, fo-ti menekan pembentukan jaringan lemak putih dan menormalkan metabolisme lipid dalam jaringan lemak cokelat. 

Dalam penelitian terhadap hewan lain, tikus diberi makanan tinggi lemak dan ekstrak air panas Fo-ti atau garcinia cambogia selama 12 minggu. Tikus yang mengonsumsi ekstrak Fo-ti mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh serta memiliki resistensi insulin yang lebih rendah dibandingkan tikus yang diberi makanan tinggi lemak tanpa mengonsumsi Fo-ti. Tikus-tikus tersebut juga mengalami perubahan dalam ekspresi gen terkait metabolisme lipid di dalam jaringan adiposa putih dan cokelat.

Para ilmuwan meyakini bahwa flavon, kuinon, fosfolipid, dan stilben dalam Fo-ti bertanggung jawab atas manfaat kesehatannya. 

Efek Antipenuaan dan Neuroprotektif

Ternyata manfaat antipenuaan Fo-ti bukan sekadar legenda. Fo-ti menawarkan efek neuroprotektif, seperti peningkatan pembelajaran dan daya ingat. Senyawa kimia dan antioksidannya yang berlimpah dapat membantu mengobati penyakit Alzheimer dan Parkinson. Fo-ti juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Dukungan Hati

Penelitian menunjukkan Fo-ti dapat membantu meregenerasi hati dan menghambat pertumbuhan sel stelata aktif, yang menyebabkan sirosis hati. Oleh karena itu, fo-ti berkhasiat dalam mengobati kerusakan hati dan memodulasi peradangan hati akibat penggunaan obat-obatan. 

Dukungan Sistem Imun dan Aktivitas Antiplatelet

Fo-ti dapat membantu mengatur sistem imun. Penelitian menunjukkan Fo-ti meningkatkan produksi sel T yang melawan infeksi dan sel B yang memproduksi antibodi. 

Herbal ini juga menawarkan efek antiinflamasi untuk usus besar dan dapat membantu penderita kolitis. 

Dukungan Ginjal

Fo-ti dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal pada penderita nefropati diabetik. Nefropati diabetik dapat menyebabkan gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium akhir.  

Keamanan dan Penggunaannya

Fo-ti umumnya aman untuk konsumsi jangka panjang. Orang dengan kondisi diare atau dahak yang terkait dengan defisiensi limpa harus menghindari penggunaan Fo-ti. 

Seperti halnya herbal dan suplemen lainnya, konsultasikan dengan dokter, atau Ahli Akupunktur Berlisensi Sertifikat Nasional/Ahli Herbal Pengobatan Tradisional Tiongkok sebelum mencoba Fo-ti untuk memastikan herbal ini tidak akan berinteraksi dengan obat-obatan lain yang Anda konsumsi. 

Referensi:

  1. Choi, Ra-Yeong, and Mi-Kyung Lee. Polygonum multiflorum Thunb. Hot Water Extract Reverses High-Fat Diet-Induced Lipid Metabolism of White and Brown Adipose Tissues in Obese Mice. Plants (Basel, Switzerland) vol. 10,8 1509. 23 Jul. 2021, doi:10.3390/plants10081509
  2. Lin L, Ni B, Lin H, et al. Traditional usages, botany, phytochemistry, pharmacology and toxicology of Polygonum multiflorum Thunb.: a review. J Ethnopharmacol. 2015;159:158-183. doi:10.1016/j.jep.2014.11.009
  3. Bensky D, Clavey S, Stoger E, Bensky LL. (2015). Chinese Herbal Medicine Materia Medica 3rd edition. Eastland Press.
  4. Tierra M, Tierra L. (1998). Chinese Traditional Herbal Medicine Vol II Materia Medica and Herbal Resource. Lotus Press.