Menjadi seorang ibu berarti memainkan berbagai peran di rumah. Koki, koordinator aktivitas, dan membereskan masalah kecil hanyalah sebagian dari tanggung jawab yang harus dipikul banyak ibu (dan juga ayah!). 

Saat memikirkan tentang produk kesehatan berdasarkan penggunaan mingguan, dan terkadang harian, beberapa produk muncul di benak saya. Tidak hanya untuk kesejahteraan saya tetapi juga bagi anak-anak dan suami saya. Mengonsumsi makanan seimbang, sering berolahraga, dan menghabiskan waktu di luar ruangan adalah beberapa kebiasaan yang saya lakukan setiap hari untuk mendukung kesehatan. Saya juga menambahkan produk tertentu untuk melengkapi upaya ini. 

Suplemen berperan besar dalam rutinitas perawatan diri saya. Meskipun ada beberapa suplemen yang saya gunakan pada situasi tertentu seperti jika saya masuk angin, yang lainnya menjadi bagian dari rutinitas harian saya. Sebagai seorang ibu, tujuan utama saya adalah menjaga anak-anak agar tetap sehat dan bahagia. Meskipun saya mungkin tidak dapat melawan setiap kali pilek atau batuk melanda, saya yakin produk kesehatan yang saya simpan secara bergilir berperan penting dalam menopang tubuh. 

Jadi, jika Anda sedang mencari produk yang mendukung kesehatan Anda dan keluarga, tak perlu mencari lagi! Saya akan merekomendasikan produk kesehatan yang menjadi andalan para ibu. Baca terus untuk mempelajari selengkapnya. 

Pelengkap untuk Smoothie Seimbang

Smoothie berbahan dasar buah dan sayuran menjadi cara yang tepat untuk mengisi hari Anda dengan berbagai hasil bumi. Minuman campuran ini sangat membantu untuk pemilih makanan yang tidak mengonsumsi banyak buah atau sayuran dan juga merupakan cara mudah untuk melengkapi hari dengan pengoptimal kesehatan. 

Biasanya saya memulai dengan paling sedikit dua cangkir buah dan sayuran di setiap smoothie yang saya buat. Meskipun ini memberikan berbagai vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan karbohidrat berkualitas baik, kita perlu menambahkan lebih banyak bahan untuk menjadikannya makanan atau camilan sempurna.  

Protein

Pertama-tama, kita memerlukan sumber protein.Tingkatkan protein dalam smoothie dengan menambahkan protein bubuk . Ini merupakan pilihan yang baik untuk menambahkan lebih banyak zat dan nutrisi ke dalam smoothie buatan Anda. Di rumah, kami sering menggunakan bubuk protein nabati, yang cenderung mengandung lebih banyak serat. 

Protein menjalankan berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk keseimbangan cairan, pemeliharaan, perbaikan dan pertumbuhan jaringan, serta dukungan bagi sistem imun. Beberapa anak tidak menyukai tekstur daging, oleh karena itu, mereka mungkin kesulitan mendapatkan cukup protein dari sumber makanan. Ini adalah keuntungan lain dari menyajikan smoothie protein, karena Anda bisa dengan mudah memberi anak-anak protein esensial dalam bentuk yang mereka sukai. Selain protein bubuk, Anda juga bisa menggunakan yoghurt, kacang-kacanganbiji-bijian, dan mentega kacang untuk menambahkan protein ke dalam smoothie. 

Lemak Sehat

Berbicara tentang kacang-kacangan dan biji-bijian, lemak merupakan nutrisi lain yang penting untuk menjadikan smoothie sebagai makanan yang seimbang. Sebagai nutrisi yang sering diabaikan dalam smoothie, ada beberapa cara super sederhana untuk menambahkan lemak berkualitas tinggi ke dalam sajian berikutnya. Kacang cincangbiji-bijian, dan mentega kacang mengandung lemak sehat yang penting untuk kesehatan Anda. 

Meski setiap varietas mengandung keseimbangan nutrisi yang unik, lemak tak jenuh umumnya ditemukan dalam segala jenis kacang-kacangan dan biji-bijian. Penelitian menunjukkan lemak tak jenuh ini dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh Anda, memperbaiki kadar kolesterol dalam darah, dan bahkan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.1 Bukti terbaru juga menunjukkan bahwa memperkenalkan alergen umum, seperti kacang-kacangan, kepada anak-anak sejak dini justru dapat mengurangi kemungkinan berkembangnya alergi.2 Keuntungan lain yang bisa diperoleh dengan menambahkan lemak sehat ini ke dalam smoothie! 

Suplemen Esensial

Sekarang setelah Anda mengetahui garis besar untuk membuat smoothie rumahan yang sehat dan seimbang, mari kita bahas seputar suplemen yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Tentu saja, mengonsumsi makanan sehat merupakan landasan bagi kesehatan, tetapi mendapatkan semua vitamin, mineral, dan antioksidan penting dari makanan saja bisa menjadi tantangan. 

Multivitamin Harian

Bahkan jika Anda mengonsumsi makanan berkualitas tinggi, mungkin ada kesenjangan nutrisi dalam makanan Anda. Itu sebabnya multivitamin harian sangat penting. Tujuan dari multivitamin bukanlah untuk melengkapi pilihan makanan yang buruk, sebaliknya, multivitamin dapat melengkapi program makan Anda dan mengisi kesenjangan nutrisi yang ada. 

Multivitamin tidak hanya penting untuk orang dewasa. Anak-anak juga bisa mendapatkan manfaatnya. Tergantung usia mereka, carilah multivitamin cair atau kunyah untuk dikonsumsi si kecil. 

Omega-3

Multivitamin mengandung berbagai macam nutrisi, mulai dari vitamin yang larut dalam air dan lemak hingga mineral. Beberapa bahkan mengandung lemak Omega-3. 

Ingat lemak tak jenuh yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian? Nah, salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat penting adalah Omega-3. Meskipun nutrisi ini bisa Anda dapatkan dari sumber makanan seperti biji chiatuna, salmon, dan kacang kenari, pilihan yang lebih terkonsentrasi adalah suplemen Omega-3

Bagi orang yang jarang mengonsumsi makanan kaya omega-3 ini, suplemen menjadi pilihan yang tepat untuk memastikan asupan nutrisi penting ini tercukupi. Omega-3 merupakan lemak yang menyehatkan jantung yang juga dapat secara positif memengaruhi kesehatan mental, kesehatan otak selama kehamilan dan awal kehidupan, serta dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Nutrisi untuk Dukungan Imun

Meskipun multivitamin mencakup berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan yang optimal dan Omega-3 memiliki banyak manfaat, beberapa suplemen lain diketahui secara khusus mendukung sistem imun. 

Seng

Seng paling banyak terkandung dalam makanan hewani dan produk yang diperkaya. Namun, seng tambahan menjadi cara lain untuk memastikan Anda mendapatkan cukup nutrisi ini untuk mendukung sistem imun. Seng mendukung perkembangan sel imun agar dapat berfungsi dengan baik; bahkan defisiensi ringan dari nutrisi ini dapat berdampak negatif terhadap imunitas. 

Probiotik

Probiotik juga dapat membantu mendukung imunitas. Seperti halnya seng, probiotik bisa diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi, terutama makanan fermentasi seperti yoghurt, kefir, dan kimchi. Namun, makanan tersebut tidak menjadi menu sehari-hari bagi banyak orang. Oleh karenanya, probiotik tambahan sangatlah bermanfaat. 

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dapat membantu menyeimbangkan bakteri di saluran pencernaan dan mendukung sistem imun, keteraturan pencernaan, serta kesehatan mental. Beberapa strain bahkan dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Sama halnya dengan suplemen lainnya, biasakan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan penyedia layanan kesehatan sebelum menambahkan produk baru ke dalam rutinitas kesehatan Anda, karena beberapa produk dapat berinteraksi dengan obat-obatan atau dapat berkontraindikasi dengan beberapa kondisi kesehatan. 

Propolis Lebah

Salah satu produk kesehatan unik yang selalu saya miliki adalah propolis lebah. Saya mempelajarinya satu atau dua tahun yang lalu, dan sekarang produk ini tak pernah absen dari keseharian saya. Propolis diproduksi oleh lebah dan merupakan komponen integral dari sarangnya. Selain menunjang struktur sarang, propolis juga melindunginya dari bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya. 

Saat dikonsumsi sebagai suplemen, propolis dapat membantu melawan bakteri dan virus, membantu mendukung sistem imun tubuh. Anda bisa mengonsumsi propolis lebah dalam berbagai bentuk, termasuk kapsul, semprotan tenggorokan, cairan, dan bentuk bubuk yang bisa ditambahkan ke dalam makanan, contohnya smoothie rumahan. Propolis menambah satu lapisan tambahan untuk imunitas dan kesehatan secara menyeluruh, terutama selama bulan-bulan yang lebih dingin saat virus cenderung lebih sering muncul. 

Kesehatan Mental

Kesehatan mental sebagai seorang ibu sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan ada banyak cara untuk mendukung kesehatan mental. Salah satu alasan saya mencoba menghabiskan waktu di luar ruangan setiap hari adalah karena hal itu sangat bermanfaat bagi kesehatan saya. Saya percaya anak-anak saya juga bisa merasakan manfaatnya. Udara segar, sinar matahari, dan suara-suara di luar ruangan bisa menenangkan dan menyegarkan pikiran. 

Demikian pula, olahraga bisa menjadi jalan keluar yang tepat untuk mendukung kesehatan mental dan fisik. Endorfin yang dilepaskan selama berolahraga dapat meningkatkan suasana hati. Anda mungkin juga merasakan pelepasan stres dan ketegangan saat berolahraga. 

Memanjakan diri sendiri, bahkan dengan cara paling sederhana, menjadi cara lain bagi saya untuk mendukung kesehatan mental. Bepergian keluar rumah untuk merawat kuku, sesekali melakukan perawatan wajah, atau metode relaksasi di rumah adalah cara yang sangat efektif untuk membantu saya menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati. 

Diffuser dengan minyak esensial dapat membantu Anda menciptakan lingkungan yang lebih santai. Lavender, cendana, dan clary sage adalah tiga aroma yang dianggap membantu relaksasi dan mengurangi stres. 

Berendam air hangat dengan gelembung aromaterapi adalah cara mudah lainnya yang bisa dilakukan di rumah untuk mendukung kesehatan mental. Di saat yang sama, Anda bisa menikmati perawatan kecantikan yang bisa membuat Anda semakin rileks. Manjakan diri Anda dengan kegiatan yang mudah dilakukan seperti menggunakan masker wajah dan masker rambut . 

Poin Penting

Setiap orang memiliki kesehatan fisik dan mental yang berbeda. Kita semua memiliki cara tersendiri untuk mendukung kesejahteraan. Yang terpenting adalah meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri sambil merawat orang-orang terkasih. Meskipun kesehatan fisik dalam bentuk pilihan makanan, suplemen, dan dukungan imun menjadi prioritas harian, pastikan Anda menyisihkan waktu untuk mendukung kesehatan mental juga. 

Referensi:

  1. Monounsaturated Fat | American Heart Association. Accessed November 28, 2022. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/monounsaturated-fats
  2. Peters RL, Krawiec M, Koplin JJ, Santos AF. Update on food allergy. Pediatric Allergy and Immunology. 2021;32(4):647. doi:10.1111/PAI.13443