Rambut saya berulang kali mengalami pasang surut. Pada satu titik, saya bahkan mulai sering menyanggul rambut dan mengabaikannya karena semakin sulit diatur, dan hal itu menjadi PR tambahan. Terkadang rambut saya memerlukan TLC ekstra, dan saya bisa merasakan manfaatnya saat mengganti rutinitas setiap beberapa bulan.

Perjalanan Saya dengan Metode Keramas Terbalik

Saat rambut saya menjadi sulit diatur, saya bereksperimen dengan metode yang berbeda untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Saya menemukan bahwa, yang mengejutkan saya, menggunakan kondisioner sebelum sampo memberikan hasil yang lebih baik bagi rambut saya!

Tren “keramas terbalik” ini, atau penggunaan kondisioner sebelum keramas, membantu mengembalikan keindahan alami rambut saya. Saya memiliki rambut keriting 3b dan tinggal di lingkungan yang sangat kering, tetapi saya yakin metode ini akan memberikan hasil yang baik untuk sebagian besar jenis rambut dan iklim. Keramas terbalik sangat berguna bagi rambut lepek, kering, keriting, atau rusak. Jadi, jika rambut Anda mengalami salah satu dari kondisi di atas, cobalah metode ini. Saya umumnya skeptis tentang hal-hal ini, terutama karena tekstur rambut saya dapat mempersulit perawatannya, dan saya terkesan dengan hasilnya: metode ini membantu memungkinkan rambut saya untuk melakukan hal tersebut tanpa membuat saya merasa stres, atau saya tidak harus selalu menggulung rambut saya. Jangan lewatkan artikel ini untuk mengetahui produk apa saja yang telah mendukung perjalanan keramas terbalik saya!

Mulailah dengan Kondisioner

 Kondisioner yang sangat menghidrasi sangat penting untuk rambut saya, terutama saat saya bereksperimen dengan metode ini. Baik berada di iklim hangat atau iklim dingin, saya ingin rambut saya selalu tampak terhidrasi dan berkilau—atau terasa lembap seperti sehabis mengaplikasikan produk rambut. 

Shea Moisture Manuka Honey & Mafura Oil Conditioner telah menjadi produk yang saya beli berulang kali. Saya tidak sengaja menemukannya saat menginap di rumah teman saya. Aromanya juga sangat menggoda, seperti surga tropis. Dan setelah menggunakannya, saya menyadari bahwa saya harus membelinya untuk diri saya sendiri. Produk ini sangat bagus… dan Anda akan merasa betah dan sulit untuk berpindah ke produk lain! Saya suka produk ini karena sangat bagus untuk rambut kering, rusak, dan diwarnai, dan produk ini tidak menggunakan paraben, ftalat, serta minyak mineral, dan dapat merapikan rambut keriting saya secara efektif. Produk ini juga kaya akan protein dan membantu menyeimbangkan kembali rambut. Kondisioner kaya protein sangat penting karena rambut saya sudah beberapa kali mengalami kerusakan, dan protein yang tinggi sangat membantu rambut saya. 

Selanjutnya, Gunakan Sampo Standar

Terkadang, saya menyukai sampo yang hanya berfungsi untuk membersihkan, menghilangkan bau seperti keringat setelah seharian beraktivitas, dan tidak melakukan pekerjaan yang intens untuk membersihkan rambut secara mendalam. Saya juga menikmati menggunakan sampo pelembap yang membantu memulihkan rambut saya sepanjang minggu. 

Produk favorit saya adalah Curlsmith Core Strength Shampoo For Damaged Hair. Ini adalah sampo yang sangat lembut dan bekerja dengan sangat baik! Produk ini vegan dan bebas dari kekejaman serta menggunakan bahan-bahan unggul seperti minyak biji labu, jus jambu biji, protein beras liar, dan perasan minyak rami! Menggunakan dua jenis sampo yang berbeda biasanya saya lakukan karena sampo yang membersihkan secara mendalam hanya digunakan beberapa kali dalam sebulan, sedangkan sampo biasa dapat digunakan 2-3 kali seminggu. Sampo ini telah menjadi tambahan yang ideal untuk metode keramas terbalik saya!

Atau, Sampo yang Membersihkan secara Mendalam Jika Perlu

Menggunakan sampo untuk membersihkan kulit kepala dan menjaga kelembapan rambut Anda sangatlah penting. Sampo yang membersihkan secara mendalam dapat menambah volume untuk& rambut lurus halus, ditambah lagi, produk ini membantu membersihkan penumpukan, yang sangat bagus untuk orang-orang dengan rambut bertekstur akibat penggunaan berbagai produk. Sampo dengan pembersihan mendalam juga meremajakan dan menyegarkan, mencegah pertumbuhan bakteri di kulit kepala, mengembalikan keseimbangan pH alami rambut, mempersiapkannya untuk pewarnaan, dan mencegah rambut pirang berubah menjadi kasar. Sulit untuk menemukan sampo yang tepat yang dapat memenuhi semua kriteria yang saya butuhkan.


Sampo yang wajib Anda miliki untuk mengatasi permasalahan rambut keriting dan melakukan semua hal yang disebutkan di atas adalah As I Am Curl Clarity Shampoo. 

Pijat Kulit Kepala Anda dengan Eksfoliator Kulit Kepala

Jika Anda ingin menghilangkan penumpukan yang dapat menyebabkan ketombe, ditambah ingin merangsang dan meregangkan folikel rambut Anda, memungkinkan rambut Anda tumbuh lebih kuat dan lebih sehat, Anda memerlukan pemijat kulit kepala! Alat ini, yang menurut saya jarang dibahas, benar-benar mengubah rutinitas rambut saya menjadi lebih baik. Saya telah berhasil memperbaiki kondisi rambut saya! 

Pemijat yang saya gunakan adalah Giovanni Scalp Massager & Shampoo Brush, alat ini membantu meremajakan dan menyegarkan kulit kepala Anda. Memijat kulit kepala Anda setiap minggu memberikan efek yang sangat baik karena dapat mengurangi ketegangan dan stres yang ditahan kulit kepala serta meningkatkan sirkulasi darah ke bagian tubuh ini. Pemijat kulit kepala cocok untuk semua jenis rambut. Alat ini dapat digunakan pada kulit kepala yang kering atau untuk membantu penyerapan serum pertumbuhan, atau sebagai alat untuk menggosok kulit kepala! Pengelupasan kulit kepala membantu menghilangkan kulit mati dan penumpukan produk.

Bersihkan Penumpukan dengan Lulur Kulit Kepala

Seminggu sekali, cobalah untuk menghilangkan penumpukan dengan mengelupas kulit kepala untuk membantu membuka folikel yang tersumbat, meningkatkan sirkulasi untuk pertumbuhan, dan mengurangi rasa gatal. 

 Renpure Apple Cider Vinegar Scalp Scrub adalah produk tambahan yang sangat baik untuk rutinitas rambut saya. Karena kurangnya stimulasi dan sirkulasi darah, kulit kepala yang kering tidak akan mendorong pertumbuhan rambut melainkan memperlambatnya atau menyebabkan kerontokan. Menggosok kulit kepala sangat menenangkan bagi saya, dan ini merupakan tambahan yang sangat baik untuk latihan perawatan diri saya. Saya sudah melihat perbedaan dalam pemeliharaan kesehatan rambut saya! Cuka sari apel merupakan bahan alami berkhasiat yang dapat menyeimbangkan kembali minyak alami dan mendukung kesehatan kulit kepala.

Jangan Lewatkan Pemeliharaan Rambut Secara Mendalam

Untuk pemeliharaan rambut secara mendalam sebelum keramas, cobalah perawatan deep-conditioning! 

Saya menggunakan Sky Organics Curl Care Treatment Mask, yang memberikan kelembapan berkelanjutan pada rambut ikal saya saat rambut terasa sangat kering. Perawatan ini juga membuat rambut saya lebih memantul, mengurangi kerusakan, dan meningkatkan kelembutan rambut. Seminggu sekali, saya mengaplikasikan produk ini dalam jumlah banyak pada rambut yang basah, membiarkannya selama 20-30 menit, kemudian membilasnya sebelum keluar dari kamar mandi. Masker ini, yang aman untuk rambut diwarnai, cocok untuk Anda jika rambut Anda menginginkan kelembapan, kelenturan, nutrisi, dan kilau! Perlu disebutkan bahwa produk ini telah menghidupkan kembali rambut saya berkali-kali. Ini merupakan perawatan favorit baru saya dan sangat cocok untuk musim panas karena rambut cenderung menjadi kusam akibat perubahan cuaca. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak jarak organik, mentega mangga bernutrisi, dan protein beras, produk ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan rambut!

Cegah Kekusutan Rambut dengan Kondisioner Tanpa Bilas

Butuh waktu bertahun-tahun bagi saya untuk menemukan kondisioner tanpa bilas yang tepat bagi rambut saya. Produk tanpa bilas merupakan sesuatu yang harus diprioritaskan dalam rutinitas harian Anda. 

Tak perlu repot-repot mencari, cobalah Camille Rose’s Curl Love Moisture Milk. Ini merupakan kondisioner tanpa bilas favorit saya yang memberikan efek luar biasa untuk melembapkan rambut secara efektif. Setelah melakukan rutinitas keramas terbalik, saya menyisir rambut dengan sikat basah dan sisir bergigi lebar dan mengaplikasikan produk fantastis ini pada rambut saya, sehingga rambut saya menjadi lembut dan kuat. Produk ini juga membantu menghilangkan kekusutan dan mengatur rambut yang kusut! Bagian terbaiknya adalah produk ini cocok untuk semua jenis rambut, alami dan diwarnai, dan semua gaya.

Lindungi Rambut dengan Pelindung Panas

Jika Anda berencana untuk menata rambut setelah keramas, jangan lupa untuk menggunakan pelindung panas! Mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi rambut dapat memudahkan proses penataan rambut sesuai keinginan Anda! Meskipun rambut saya keriting, saya selalu mempertahankan bentuk alami rambut saya, ada kalanya saya melakukan blowout untuk bersenang-senang. 

 Giovanni 2chic Ultra Sleek Flat Iron Styling Mist membantu mencegah kutikula dari terkena panas yang ekstrem. Produk bebas kekejaman yang fantastis ini mengandung 100% Bahan vegetarian yang dapat membantu menyuburkan rambut rapuh dan mengembalikan kelembapan kulit kepala. Produk ini juga mengandung pantenol atau vitamin B5, yang menyegel permukaan rambut untuk melindunginya dari panas, baik dari matahari atau pemanas, terutama pada hari-hari musim panas yang terik. Selain itu, produk ini memiliki aroma yang harum yang sangat saya sukai! 

Atur Rambut Anda dengan Mousse Rambut

 Tips brilian yang saya dapatkan dari penata rambut untuk penataan rambut lanjutan adalah mengatur rambut dengan mousse. Mousse akan menjadikan rambut Anda bervolume, dan membantu Anda mendapatkan rambut yang halus dan mudah diatur. Saya juga suka memakai mousse rambut karena tidak membuat rambut saya terasa lengket dan kusut. 

 Giovanni 2chic Ultra-Volume Foam Styling Mousse juga dapat digunakan pada sebagian besar jenis rambut! Kali pertama penata rambut mengaplikasikan mousse pada rambut saya, saya merasa ragu, tetapi hasilnya sangatlah memuaskan! Mousse juga membantu mengunci kelembapan dan mempertahankan gaya rambut apa pun!

Kunci dengan Serum Kelembapan

Selesai menata rambut, saya suka menyegel dan mengunci kelembapan rambut dengan serum kelembapan yang baik sebagai langkah terakhir dalam rutinitas rambut saya, dan Giovanni 2chic Ultra-Moist Super Potion Anti-Frizz & Binding Serum Oil merupakan produk favorit saya. Serum dapat membantu mengontrol rambut kusut jika rambut Anda terasa lebih lemah dan lebih rusak dari biasanya. Serum dapat membantu mengurangi kekusutan, menjadikan rambut berkilau, memperindah ikal dan gelombang, serta melindungi rambut dari kerusakan lingkungan dan panas. Saya telah menggunakan serum dan sudah merasakan perbedaannya, serum membantu mempertahankan gaya rambut saya lebih lama!

Mungkin yang Anda Perlukan Hanyalah Metode Keramas Terbalik

Jika Anda memerlukan stimulan dalam rutinitas Anda, cobalah metode keramas terbalik. Metode ini mungkin dapat memberikan hasil maksimal untuk meremajakan rambut Anda. Metode ini berhasil bagi saya!