Dong Quai, atau Angelica Sinensis, dikenal sebagai “ginseng wanita.” Bahan herbal yang banyak diminati ini telah digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) selama ribuan tahun untuk membantu memperbaiki keseimbangan hormon, meningkatkan imunitas, dan mengurangi peradangan dalam tubuh.  

Dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM), “Dang Gui” ditafsirkan sebagai “keadaan kembali ke semula,” yang menggambarkan kemampuannya yang hebat untuk mendukung dan memelihara tubuh. Dong Quai merupakan salah satu herbal yang paling banyak digunakan dan dikenal sebagai “herbal wanita” karena merupakan tonik darah ampuh yang dapat membantu mendukung dan menjaga keseimbangan menstruasi yang sehat pada wanita. 

Baik wanita maupun pria dapat mengambil manfaat dari kemampuan Dong Quai untuk membantu:

  • Menyeimbangkan hormon
  • Melancarkan sirkulasi yang tepat
  • Memodulasi sistem imun
  • Mengurangi peradangan 
  • Menenangkan pikiran dan tubuh
  • Menyeimbangkan gula darah
  • Mempercantik dan menyembuhkan kulit

Dong Quai tumbuh tinggi di pegunungan yang dingin dan lembap di Tiongkok, Korea, dan Jepang. Akar Dong Quai termasuk dalam keluarga seledri, dan akar keringnya telah digunakan selama ribuan tahun untuk membantu memulihkan kesehatan. Dalam TCM, bagian atas tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit kepala, bagian tengah akar digunakan untuk membantu menjaga kesehatan organ dalam dan memperkuat tubuh, dan ujung akar yang dianggap kurang kuat, sangat membantu untuk mengalirkan darah.1,2

Legenda Dang Gui

Menurut salah satu legenda Tiongkok, pernah ada sepasang suami istri muda yang hidup bahagia. Suatu hari, sang suami terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk membuktikan kekuatan dan keberaniannya dengan pergi ke pegunungan untuk bertahan dari bahaya lingkungan dan mengumpulkan tanaman obat. Setelah pergi, dia meminta istrinya menunggu kepulangannya selama tiga tahun. Dia menyatakan bahwa jika dia tidak kembali, dia tidak lagi hidup, dan sang istri harus menemukan cinta yang baru.

Tiga tahun berlalu, dan dia tidak kembali, alhasil sang istri menemukan cinta yang baru dan menikah lagi. Tak lama kemudian, sang suami kembali, dan baik dia maupun istrinya merasa sedih karena istrinya telah menikah lagi. Patah hati melemahkan kondisi sang istri, dan dia menjadi sakit karena kesedihan, semangat hidupnya pun hilang. 

Ketika dia mengetahui kondisi istrinya, pria itu membawakannya beberapa herbal yang dia temukan di pegunungan saat dia pergi. Saat memakannya, sang istri berharap agar tanaman herbal tersebut beracun, namun justru sebaliknya, dia kembali pulih dan sehat. Herbal ini kemudian diberi nama Dang (artinya “semestinya/keadaan”) Gui (artinya “kembali”).3 

Manfaat Dong Quai

Menyeimbangkan Hormon

Dong Quai digunakan dalam TCM untuk membantu menyeimbangkan kadar hormon wanita dengan memoderasi produksi estrogen tubuh. Herbal ini dapat membantu meringankan gejala menstruasi dan menopause, termasuk kram, migrain, perubahan suasana hati, keringat malam, dan hot flash. Dong Quai juga digunakan untuk membantu mengurangi kelelahan dan mempercepat pemulihan pada wanita setelah melahirkan. Ginseng ini juga dapat bertindak sebagai inhibitor reuptake serotonin, yang dapat membantu mengobati hot flash.

Dong Quai dapat membantu meningkatkan produksi hormon estrogen, yang dapat mengatur ovulasi dan meningkatkan kesuburan pada wanita. Namun, Dong Quai tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang menderita kanker sensitif hormon karena terdapat efek buruk dari peningkatan kadar estrogen.1,2,3,4 Konsultasikan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan yang memenuhi syarat sebelum menambahkan Dong Quai ke dalam rejimen harian Anda untuk memastikan apakah herbal ini tepat untuk Anda dan kebutuhan Anda.

Imunitas dan Peradangan

Peradangan dalam tubuh merupakan salah satu akar penyebab penyakit kronis. Dong Quai mengandung fitokimia yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan melawan peradangan dalam tubuh. Dengan mendukung sistem imun dan membantu mengurangi peradangan, Dong Quai dapat membantu menurunkan risiko penyakit, membantu fungsi tubuh secara optimal.1,2,3,4  

Adaptogen yang Ampuh

Adaptogen merupakan zat unik yang menyeimbangkan sistem imun dan endokrin serta membantu tubuh mempertahankan homeostasis. Adaptogen bekerja pada tingkat sel untuk meningkatkan fungsi dan vitalitas setiap sel dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan kesehatan seluruh organisme.

Dong Quai merupakan adaptogen ampuh yang dapat membantu melindungi tubuh dari stres dan penyakit, meningkatkan sistem imun, serta menciptakan keseimbangan dalam tubuh. Tanaman herbal ini dapat meningkatkan vitalitas, stamina, dan fokus mental serta memiliki efek menenangkan dan membumi yang dapat menyelaraskan stres dan kecemasan.5,6 

Kualitas & Potensi

Seperti produk herbal lainnya, suplemen dan produk Dong Quai organik, yang dipanen secara liar, dan diproduksi secara liar adalah yang terbaik. Saat memilih produk herbal, carilah perusahaan dan formulator yang menghargai kualitas dan memiliki pengetahuan tentang formulasi yang tepat.

Kualitas bahan herbal sangat penting. Dong Quai, secara khusus, hadir dalam berbagai tingkatan kualitas dari Asia. Formulator harus memilih dengan hati-hati untuk memastikan formula yang efektif dan seimbang.

Referensi:

  1. Bensky, D., Clavey, S., & Stoger, E. (2004). Chinese Herbal Medicine Materia Medica (3rd ed.). WA: Eastland Press.
  2. Chen, J. & Chen, T. (2004). Chinese Medical Herbology and Pharmacology.  CA: Art of Medicine Press.
  3. Kataki, M. & Kakoti, B. (2015). Women’s Ginseng (Angelica sinensis): An Ethnopharmacological Dossier. Current Traditional Medicine, 1, 26-40 
  4. Chang, M. & But, P. (1986). Pharmacology and Applications of Chinese Materia Medica.    Hong Kong: World Scientific.
  5. Saleeby, J.P. (2006). Wonder Herbs: A Guide to Three Adaptogens.  Xlibris.
  6. Winston, D. & Maimes, S. (2007). Adaptogens: Herbs for Strength, Stamina, and Stress Relief. Healing Arts Press.