Kunci gaya hidup sehat adalah menciptakan kebiasaan baru dengan membuat target individu yang lebih kecil dan dapat dicapai yang bisa terus ditingkatkan seiring waktu. Beberapa kebutuhan kesehatan harian saya yang tidak bisa ditawar antara lain mendapatkan kualitas tidur yang optimal, menggerakkan tubuh setiap hari, yang biasanya terlihat seperti berjalan atau mendaki, serta mengutamakan makanan bergizi dan air mineral yang disaring. Alat lain yang bisa saya gunakan untuk menunjang gaya hidup adalah berkeringat, baik melalui gerakan atau menggunakan sauna. 

Nutrisi yang Baik Merupakan Dasar untuk Kesehatan yang Baik

Mengonsumsi makanan sehat dan UTUH berada di urutan teratas terkait gaya hidup sehat. Memastikan makanan yang saya konsumsi berasal dari sumber aslinya sangatlah penting, dan membatasi makanan olahan serta menggantinya dengan makanan utuh merupakan awal yang baik.

 Bahan utama lain untuk hidup yang lebih sehat adalah hidrasi optimal, yang sering dikaitkan orang-orang dengan minum air dalam jumlah yang cukup. Namun, kunci untuk menghidrasi adalah melalui pemanfaatan elektrolit yang airnya tidak selalu tersedia dengan sendirinya, terutama air yang telah disaring dan air keran. 

Memperdalam fokus terhadap kesehatan mental juga tidak kalah penting. Beberapa cara yang saya lakukan secara alami tanpa obat-obatan farmasi melibatkan konsumsi makanan utuh yang baik bagi kesehatan usus (ada hubungan langsung ke usus melalui saraf vagus) dan memanfaatkan kekuatan meditasi. Alat lain yang dipandang sebelah mata tetapi sangat penting yang saya gunakan untuk mengoptimalkan kesehatan adalah memiliki komunitas yang kuat dan saling mengayomi bersama orang-orang di sekitar saya.  

Saya tidak kebal terhadap kesenjangan gizi dalam makanan saya. Beberapa suplemen favorit yang saya tambahkan ke dalam makanan adalah MatchaKrimer santan,  Vitamin B12 termetilasiKolagen, dan Vitamin C. Matcha membantu menjaga tingkat energi sambil memotivasi saya untuk tetap terhidrasi. Saya suka menggunakan krimer santan untuk makanan utuh dan tambahan bebas susu untuk minuman di pagi hari. Selain krim kelapa, saya juga suka menambahkan lebih banyak kolagen makanan ke dalam makanan saya untuk mendapatkan lebih banyak kolagen, yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Vitamin di dalam tanah semakin berkurang dari tahun ke tahun, jadi saya memprioritaskan mengonsumsi vitamin C yang mudah diserap dalam bentuk kapsul liposom. Saya juga mengonsumsi B12 termetilasi untuk mengoptimalkan energi dan asupan nutrisi penting ini dari makanan. 

1. Tingkatkan Kualitas Tidur

Dimulai dengan tidur, ada banyak informasi seputar tidur dan manfaatnya bagi fungsi tubuh dan otak kita. Sudah menjadi fakta umum bahwa orang-orang dapat beraktivitas dengan baik saat mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Banyak yang menghubungkan hal ini dengan durasi seseorang memejamkan mata. Meskipun waktunya menjadi faktor, ada lebih banyak hal yang bisa digali. Penelitian terus memvalidasi bahwa kualitas tidur sama pentingnya, jika tidak lebih penting, terkait kesehatan kita. Berikut adalah beberapa tip yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan kualitas tidur seseorang, dan banyak di antaranya berkaitan dengan pengaturan waktu untuk hal-hal tertentu yang kita lakukan setiap hari.  Hal yang membantu saya meningkatkan kualitas tidur adalah memprioritaskan rutinitas untuk bersantai di penghujung hari untuk menghilangkan stres dan menenangkan sistem saraf. Saya menemukan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium sebelum tidur dapat memberikan manfaat. Ini memungkinkan sistem saraf untuk tenang dan bersiap untuk tidur.

Dapatkan Sinar Matahari Setiap Hari

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang terpapar sinar matahari di pagi hari (sekitar 60-90 menit setelah bangun tidur) cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Anda bisa menerapkan kebiasaan ini dengan pergi keluar ruangan tepat setelah bangun untuk mendapatkan sinar matahari yang menyoroti Anda (tentunya tidak secara langsung) atau  berjalan kaki sebentar di luar setelah bangun tidur..  

Pertimbangkan Waktu Makan

Hal lain yang perlu diingat saat mencoba mengoptimalkan kesehatan tidur kita adalah waktu makan. Makanan adalah sesuatu yang bergizi bagi kita. Namun, penting untuk mengonsumsi nutrisi tepat waktu sesuai dengan jam sirkadian. Makan dalam waktu 3 jam sebelum tidur telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk bersama dengan gangguan ritme sirkadian. Penelitian ini menyatakan bahwa waktu makan yang sesuai dengan pola tidur dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan, yang pada gilirannya bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan pola makan Sirkadian. 

Hindari Cahaya Biru di Malam Hari

Penelitian menunjukkan bahwa menghindari cahaya biru di malam hari (tv, ponsel, lampu LED) sangat baik untuk mendapatkan tidur yang optimal. Saya suka meredupkan semua lampu yang menyala dan hanya menggunakan lampu kuning atau merah di malam hari. Ini membantu merangsang otak untuk mulai memproduksi melatonin. Untuk mendapatkan manfaat dari pola tidur yang sehat, tip ini dapat meningkatkan tidak hanya kualitas tidur Anda tetapi juga kuantitasnya secara signifikan. Dan dengan menerapkan taktik ini, Anda akan melihat peningkatan kesehatan yang terjadi dari waktu ke waktu. 

2. Lakukan Gerakan Harian

Menggerakkan tubuh menjadi prioritas besar dalam gaya hidup sehat saya. Tidak hanya terkait dengan kesehatan fisik, tetapi juga kesejahteraan mental dan emosional. Data menunjukkan menggerakkan tubuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Ada hubungan yang kuat antara pemanfaatan gerakan yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif. Hal ini dihipotesiskan karena adanya produksi endorfin saat berolahraga. 

Olahraga juga tak perlu mencari yang rumit, bisa sesederhana jalan kaki atau seintensif latihan sirkuit. Selama itu menguntungkan dan menjadi sesuatu yang bisa dijaga konsistensinya, maka itu dapat meningkatkan kesehatan Anda. Selain bergerak, berkeringat sepanjang hari juga sangat bermanfaat. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan sauna, mandi air panas, atau dengan berolahraga. Berkeringat berguna untuk mendetoksifikasi tubuh sekaligus mengeluarkan kelebihan air. Menurut penelitian ini, gerakan kecil berdampak besar pada glukosa dan fungsi metabolisme secara keseluruhan juga. Berkeringat adalah cara yang bagus untuk membantu tubuh kita melakukan detoksifikasi. Untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam mendetoksifikasi dan mendukung jalur detoksifikasi hati.

Saya mengonsumsi suplemen dukungan hati untuk memperoleh manfaat penuh saat berkeringat.  Secara keseluruhan, berkeringat dan menggerakkan tubuh akan meningkatkan berbagai bidang kehidupan Anda, sehingga membuat Anda lebih sehat. 

3. Prioritaskan Makanan Utuh dan Hidrasi

Prioritas utama saya adalah memastikan konsumsi makanan utuh bernutrisi, yang saya lakukan dengan mengonsumsi makanan alami. Makanan yang paling sering ditambahkan ke dalam pola hidup saya meliputi daging yang diberi makan rumput dan yang dibesarkan secara regeneratif, telur dari ayam yang dibesarkan di padang rumput, sesekali produk susu organik tinggi kandungan lemak, yoghurt kelapa, lemak sehat seperti salmon, zaitun, & alpukat, sayuran organik, dan buah-buahan, sourdough bebas gluten, serta produk minim proses pengolahan. 

Saya ingin makanan menjadi hal yang bisa dinikmati dan tentunya dapat memperoleh nutrisi darinya. Dengan menyediakan seluruh bahan makanan ini untuk tubuh, saya merasa puas dan sehat. Pola makan setiap orang bervariasi karena kita semua adalah bio-individu. Namun, apa pun filosofi atau pola makan yang Anda ikuti, memprioritaskan makanan organik dan sebisa mungkin alami adalah sesuatu yang dapat dicapai dan merupakan langkah besar menuju ke arah yang lebih sehat. 

Hal lain yang saya lakukan saat memperhitungkan makanan saya adalah puasa intuitif yang tidak seketat kedengarannya. Saya tidak makan dengan benar saat bangun dan menunggu untuk makan sampai saya merasa lapar. Tergantung harinya, ini terlihat berbeda hampir setiap hari. Saya mempertimbangkan sinyal tubuh dan makan seintuitif mungkin.

Secara keseluruhan, pastikan Anda makan dengan cara yang membuat Anda MERASA puas dan sehat. Hidrasi juga tak kalah penting. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bukti menunjukkan elektrolit menjadi faktor yang lebih kuat dalam hidrasi, khususnya asupan natrium. Jika Anda minum air tanpa mineral, kemungkinan besar Anda tidak terhidrasi. Minum air yang mengandung elektrolit sepanjang hari merupakan cara mudah untuk mengoptimalkan kesehatan Anda.

4. Jadikan Kesehatan Mental sebagai Latihan Harian

Belakangan ini kesadaran akan kesehatan mental semakin meningkat. Selagi mempelajari sudut kesehatan ini, semakin jelas bahwa obat-obatan dan medikasi lainnya bukanlah satu-satunya solusi. Saya memprioritaskan kesehatan mental melalui meditasi, komunitas, dan meminimalkan penggunaan media sosial.  Saya juga berupaya maksimal untuk mengurangi stres dan pemicunya di sekitar saya. Kebisingan di lingkungan tak bisa selalu kita kontrol. Oleh karenanya, menggunakan jalan pintas seperti mengonsumsi suplemen pereda stres dapat sangat membantu. 

Meditasi dikaitkan dengan tingkat disiplin yang lebih tinggi serta berkaitan dengan konsentrasi dan pengendalian kecemasan yang lebih baik. Kegiatan ini dapat dilakukan hanya dalam lima menit hingga satu jam. Berapa pun lamanya waktu yang Anda gunakan untuk bermeditasi, hasilnya akan tetap terasa. 

Memiliki komunitas yang terdiri dari orang-orang yang mendukung saya juga merupakan hal yang saya prioritaskan, terutama jika menyangkut teman dekat. Memastikan kita memiliki sistem pendukung yang kuat adalah cara yang baik untuk meminimalkan risiko perilaku berbahaya dan masalah kesehatan mental yang terkait dengan perasaan kesepian. 

Ironisnya, saya berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalkan penggunaan media sosial. Saya melakukan ini dengan menghapus aplikasi yang saya gunakan dari ponsel setiap malam, jadi saya tidak tergoda untuk membuang waktu di saluran sosial dan mengatur waktu penggunaan aplikasi. Ini sangat memengaruhi kesehatan saya, dan penelitian mendukung hal ini. 

Poin Penting

Secara keseluruhan, kesehatan merupakan hal yang kita semua patut dapatkan, dan hal-hal yang saya sebutkan di atas menjadi cara untuk memastikan bahwa saya menjalankan tugas dalam menciptakan gaya hidup yang paling sehat. Kesehatan seharusnya tidak menjadi hal yang rumit, dan kita dapat melangkah maju di masa depan dengan memulai dari hal-hal kecil. Sayangnya, makanan kita tidak memiliki nutrisi sebanyak yang seharusnya karena kesehatan tanah yang menurun. Oleh karenanya, suplementasi dapat membantu mengisi kesenjangan gizi. Jangan ragu untuk menerapkan hal-hal yang terasa paling sesuai bagi Anda dan tinggalkan sisanya. Kita semua berupaya sebaik mungkin di sini. Mari saling mendukung dalam perjalanan meraih kesehatan. 

Referensi: 

  1. https://www.nature.com/articles/s41598-019-52352-w#citeas 
  2. https://www.cell.com/current-biology/fulltext/S0960-9822(17)30504-3 
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9404652/