Jadi, Anda ingin meningkatkan kesehatan usus, kulit, imun, atau kebugaran Anda, tetapi Anda tidak yakin harus memulainya dari mana. Saya telah menyusun daftar berbasis bukti yang sangat bermanfaat yang harus dipertimbangkan oleh siapa pun yang memulai perjalanan kesehatan saat mereka memulai program baru.

Paket Usus Sehat Pemula: Enzim Pencernaan, Probiotik, Magnesium, dan Vitamin C

Enzim Pencernaan

Banyak orang yang memiliki masalah pencernaan mendapat manfaat dari suplementasi asam klorida betain atau dukungan enzim pencernaan makan dan mengonsumsi camilan. Campuran ini mengandung enzim yang diproduksi secara alami di dalam perut, mulut, dan saluran pencernaan kita. Enzim memecah makanan yang kita makan sehingga kita dapat mengekstrak nutrisi darinya dan menggunakan nutrisi tersebut untuk menggerakkan reaksi biokimia yang terjadi dalam tubuh kita setiap hari. Karena produksi enzim dan asam lambung kita dapat menurun seiring bertambahnya usia atau akibat infeksi, gangguan produksi enzim biasa di temukan di banyak klinik di seluruh dunia. 

Jika Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan karena kekurangan enzim, Anda mungkin menyadari bahwa makanan tertentu terasa seperti “tertahan” di usus Anda dan tidak sepenuhnya terurai. Orang-orang dengan asam klorida rendah sering mengatakan kepada saya bahwa mereka kesulitan mencerna daging dan protein. Orang-orang dengan tingkat enzim pankreas dan saliva yang rendah cenderung memiliki gangguan pada kemampuan mencerna karbohidrat. Orang-orang yang memiliki gangguan fungsi kandung empedu akan mengalami gejala tertentu saat mereka mengonsumsi terlalu banyak lemak. Jika Anda merasa tanda-tanda ini terjadi pada diri Anda, cobalah enzim pencernaan saat makan dan lihat apakah enzim tersebut membantu Anda mengurangi kembung, gangguan lambung, dan membuat Anda merasa seperti mencerna makanan dengan lebih mudah.

Probiotik

Sekarang ini, Anda pasti sudah mendengar banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan kita (atau “probiotik”) dapat meningkatkan pencernaan, fungsi imun, kesehatan mental, dan banyak lagi. Jika Anda belum pernah mengonsumsi probiotik sebelumnya dan mengalami gejala pencernaan seperti diare atau sembelit, cobalah mengonsumsi probiotik di malam hari dan lihat apakah ini akan membantu.

Magnesium dan Vitamin C

Jika Anda mengalami sembelit kronis, magnesium dan vitamin C merupakan beberapa nutrisi paling bermanfaat di planet ini yang bisa Anda coba. Sembelit didefinisikan sebagai kesulitan buang air besar atau seseorang tidak dapat buang air besar setiap hari secara lancar. Di klinik saya, jika Anda tidak buang air besar minimal satu kali sehari, maka itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Magnesium merupakan mineral yang secara alami dapat melonggarkan tinja dengan mendorong pertukaran cairan melintasi membran kolon.

 Jika Anda mengalami sembelit, cobalah bubuk atau cairan magnesium dalam dosis kecil terlebih dulu dan campurkan dengan banyak air. Cobalah metode ini di pagi atau siang hari untuk memudahkan Anda ke kamar mandi jika metode ini memiliki khasiat yang cepat! Jika metode ini tidak cukup untuk membantu mengatasi sembelit yang Anda alami, cobalah berkonsultasi dengan dokter tentang peningkatan dosis dan dosis yang paling aman untuk Anda. Jika Anda sedang menjalani pengobatan jantung atau ginjal atau memiliki kondisi kronis, tanyakan kepada dokter terlebih dulu sebelum memulai suplemen mineral apa pun, termasuk mineral lain seperti kalsiumkalium, dan zat besi

Vitamin C juga membantu merangsang pergerakan usus jika digunakan dalam dosis yang cukup tinggi. Cobalah vitamin C bubuk yang dicampur banyak air dengan dosis antara 1-3 gram di waktu makan, dan lakukan pada pagi atau siang hari agar memudahkan Anda ke kamar mandi.

Paket Kebugaran Pemula: Asam Amino, Vitamin B, Mineral

Asam Amino dan Protein

Asam amino merupakan blok pembangun protein dalam tubuh kita, termasuk protein yang kita butuhkan untuk membangun otot. Asam Amino juga membantu memproduksi dopamin, hormon tiroid, serotonin, melatonin, dan banyak lagi. Jika Anda tidak mengonsumsi cukup protein total atau asam amino, Anda akan mengalami kesulitan dalam membangun lebih banyak otot dan memperbaiki jaringan otot yang rusak selama latihan berat.

Oleh karena itu, mendapatkan 100% ARD protein dan asam amino untuk menunjang tinggi dan berat badan Anda merupakan strategi yang baik untuk memaksimalkan progres Anda di gym. Anda bisa mengonsumsi makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan lentil setiap kali makan untuk mencapai target gram protein harian Anda. Jika Anda kesulitan mencapai target ini, cobalah untuk menambahkan bubuk kolagen ke dalam minuman panas atau bubuk protein vegan untuk smoothie sebagai alternatif dari opsi di atas. 

Mengunyah camilan seperti dendeng, hummus, dan telur rebus juga merupakan cara yang baik untuk mencapai target Anda di antara waktu makan. Jika tak satu pun dari strategi ini bekerja untuk Anda secara konsisten, pertimbangkan untuk mencoba bubuk asam amino guna memastikan kebutuhan Anda terpenuhi setiap harinya. Banyak minuman sehabis berolahraga yang mengandung asam amino serta senyawa lain yang dirancang untuk membantu memulihkan stamina Anda setelah berolahraga.

Mineral/Elektrolit

Tahukah Anda bahwa elektrolit dan mineral sebenarnya adalah zat yang sama? Kalium, natrium, klorida, dan magnesium merupakan beberapa mineral terpenting yang hilang melalui keringat. Mineral-mineral ini membantu mengatur metabolisme sel dan sinyal listrik dalam tubuh. Manusia bisa mendapat masalah yang serius jika kekurangan mineral-mineral ini. Beberapa penyebab paling umum bagi pasien yang masuk UGD meliputi dehidrasi dan hiponatremia, yang merupakan gangguan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dan cairan. 

Selain itu, banyak orang kurang mengonsumsi mineral-mineral ini dalam makanan mereka. Gabungan dari defisiensi pola makan yang mengandung mineral/elektrolit dengan peningkatan laju keringat karena latihan yang intens, akan menjadi resep sempurna untuk ketidakseimbangan elektrolit, terutama jika Anda hanya minum air putih meski dalam jumlah banyak. Beberapa orang paling tidak sehat yang saya temui adalah mereka yang mencoba (secara keliru) menghabiskan satu galon air per hari berdasarkan saran yang mereka dapatkan dari sesama pengunjung gym, tanpa mencampurkan elektrolit. Pada akhirnya, orang-orang ini akan menderita hiponatremia — terlalu banyak air dan kekurangan elektrolit, yang dapat memiliki efek samping yang mengerikan seperti kelelahan, mual, sakit kepala, perubahan suasana hati, dan bahkan lebih buruk dari ini. Jadi, saya akan sangat senang jika dapat membantu klien saya untuk memastikan mereka mendapatkan cukup mineral setiap harinya dan mengganti yang hilang selama latihan. Saya menyukai larutan elektrolit, cairan mineral, tab elektrolit, dan serbuk yang dapat ditambahkan dengan air.

Vitamin B

Anda memerlukan vitamin B untuk memproduksi energi seluler (atau ATP) serta membentuk DNA baru. Beberapa sumber vitamin B terbesar dalam makanan adalah makanan hewani, jadi jika Anda seorang vegan, Anda mungkin sudah terbiasa dengan gagasan bahwa Anda perlu menambah vitamin B setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Mengonsumsi vitamin B setiap hari dan sebelum berolahraga dapat membantu memberikan energi yang Anda butuhkan untuk mendukung kinerja terbaik. Cobalah  bubuk vitamin B pralatihan yang mengandung B12 dan B6, atau multivitamin yang memiliki 100% ARD dari semua vitamin B (1-12) setiap harinya. Jika Anda minum alkohol, pastikan Anda juga mendapatkan cukup B1 (tiamin) setiap harinya, karena konsumsi alkohol menguras vitamin B ini.

Paket Perawatan Kulit Pemula: Kolagen, Antioksidan, Hidrasi

Kolagen

Sering kali kita berbicara seputar perawatan kulit seolah-olah itu sebatas kulit saja! Akan tetapi, apa yang Anda konsumsi sama pentingnya dengan apa yang Anda pakai untuk kulit Anda. Kolagen tersedia di jaringan kita sendiri serta membuat kulit kita terlihat kencang, sehat, dan muda. Kolagen juga menarik dan menahan cairan, untuk menjaga pipi terlihat padat dan menangkal kerutan. Anda dapat mengonsumsi bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk sintesis kolagen dengan mengonsumsi makanan seimbang yang banyak mengandung buah-buahan, sayuran, dan sumber protein. Selain itu, Anda dapat menambahkan bubuk kolagen ke dalam smoothie, cairan panas, dan resep lainnya untuk memudahkan Anda mendapatkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolagen sendiri sekaligus.

Antioksidan

Kolagen juga mengandung vitamin antioksidan seperti vitamin C, yang juga melindungi kulit dari stres oksidatif dan kerusakan akibat sinar UV. Antioksidan pada umumnya melindungi kulit dari jenis kerusakan yang dapat menyebabkan kerutan dini dan perubahan warna. Antioksidan berasal dari makanan nabati, jadi tambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan Anda, atau konsumsilah dalam bentuk bubuk protein vegan atau campuran minuman nabati untuk meningkatkan asupan Anda.

Hidrasi

Terakhir, kulit merupakan salah satu organ terjauh dari jantung dan mendapat makanan melalui pembuluh darah kecil. Anda memerlukan cukup cairan dalam aliran darah Anda untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke kulit. Tetap terhidrasi dengan minum cukup cairan per hari merupakan cara terbaik untuk melakukan hal ini. Jika Anda adalah tipe orang yang cenderung lupa minum, siapkan beberapa botol air dan simpan di beberapa tempat yang sering Anda datangi—kantor, rumah, sekolah, dll.

Paket Imun Pemula: Vitamin dan Mineral

Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin imunoregulator yang memengaruhi sistem endokrin. Banyak orang kurang mengonsumsi vitamin D setiap harinya karena sumber makanan utamanya berasal dari minyak ikan kod, trout, salmon, dan sarden. Kekurangan vitamin D membuat Anda lebih mudah terserang penyakit dan memperburuk kondisi tubuh saat terkena virus. Oleh karena itu, saya senang sekali jika dapat memastikan orang-orang memiliki vitamin D yang cukup dalam tubuh mereka. Tanyakan kepada dokter berapa banyak dosis vitamin D yang harus Anda konsumsi setiap harinya agar tetap sehat. Bagi kebanyakan orang, jumlah vitamin D dalam multivitamin berkualitas tinggi sudah cukup. Bagi yang lainnya, diperlukan suplemen vitamin D yang spesifik untuk membantu mereka tetap mencukupi mineral penting ini.

Vitamin A

Vitamin A merupakan molekul lain yang membantu menjaga sistem imun bawaan agar bekerja dengan baik. Sumber makanan utama vitamin ini adalah daging sapi, ubi jalar, bayam, labu, dan wortel. Jika Anda tidak mau atau tidak bisa mengonsumsi makanan di atas, tanyakan kepada dokter berapa banyak vitamin A yang aman untuk Anda konsumsi setiap hari. Sering kali, multivitamin berkualitas tinggi akan memberi Anda 100% ARD vitamin A yang Anda butuhkan dalam sehari. Anda tidak dapat mengonsumsi terlalu banyak vitamin A. Sebagai vitamin yang larut dalam lemak, vitamin ini disimpan saat tidak digunakan dan dapat menumpuk ke tingkat yang tidak sehat jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak, dan terlalu sering. Inilah alasan mengapa Anda harus bertanya kepada dokter berapa banyak vitamin A yang aman bagi Anda.

Seng

Seng merupakan mineral yang diperlukan untuk mengatalisis lebih dari 100 reaksi enzimatik yang berbeda dalam tubuh, termasuk yang diperlukan untuk memperkuat imun, menghasilkan protein, membentuk DNA, dan banyak lagi. Makanan terbaik yang kaya akan seng adalah makanan protein hewani termasuk daging sapi, tiram, kepiting, dan lobster. Jika Anda tidak mengonsumsi makanan-makanan di atas, Anda mungkin kekurangan seng dalam tubuh jika hanya mengandalkan makanan yang biasa Anda konsumsi. Banyak multivitamin berkualitas tinggi mengandung cukup seng, tetapi Anda juga dapat menggunakan suplemen seng-tembaga tertentu untuk memenuhi kebutuhan Anda. Anda harus mencoba menggabungkan tembaga dan seng bila memungkinkan, karena penting sekali untuk mengonsumsi nutrisi ini secara seimbang satu sama lain. Terlalu banyak seng dapat menyebabkan anemia tembaga, dan mengonsumsi terlalu banyak tembaga dapat menyebabkan penurunan kadar seng. Tanyakan kepada dokter dosis yang paling tepat untuk Anda. 

Dengan paket pemula ini, Anda sudah siap melangkah dengan cara-cara yang benar ke mana pun perjalanan kesehatan Anda membawa Anda.