Jika Anda seperti saya, Anda selalu mencari cara baru dan kreatif untuk mendapatkan kebutuhan gizi harian Anda. Ada banyak opsi di luar sana sehubungan dengan suplemen, tetapi terkadang Anda menginginkan camilan yang cepat, sehat, dan padat gizi.

Suplemen paling sering tersedia dalam bentuk pil, tetapi opsi suplemen makanan ini kaya akan vitamin dan mineral, serta gizi penting seperti serat dan protein. Pelajari selengkapnya tentang suplemen makanan camilan, alasan kita menyukainya, dan cara membuat camilan diperkaya suplemen yang padat gizi. 

Mengapa Camilan Suplemen Melesat Popularitasnya

Makin banyak orang memilih camilan makanan utuh yang bergizi, sebagai ganti mengonsumsi segenggam pil. Mulai dari yang gurih sampai yang manis, Anda dapat menemukan berbagai resep dan ide camilan yang diperkaya suplemen untuk mendukung kesehatan Anda bersama setiap suapan. 

Di samping rasa, banyak orang menyukai kemudahan camilan suplemen. Saat kita kembali ke kantor, kembali bepergian, dan memulai kembali hidup kita yang sibuk, opsi siap-makan sangat cocok dengan gaya hidup yang serba cepat. 

Perawatan diri dan kesehatan pribadi sering kali kurang terperhatikan saat hidup menjadi sibuk. Sering kali, hal pertama yang terabaikan ketika jadwal sedang padat adalah perencanaan dan persiapan makan. Suplemen makanan camilan dapat membantu menjembatani celah antara gizi yang kita dapatkan dari makanan dan kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Tipe Suplemen Makanan Camilan

Suplemen makanan camilan tersedia dalam berbagai bentuk, antara lain: 

Meski beberapa suplemen, seperti gummy probiotik, dimaksudkan untuk dimakan tersendiri, yang lain dapat ditambahkan ke dalam makanan untuk memberi peningkatan gizi pada camilan Anda. Ini dapat meliputi makanan utuh, seperti biji rami dan biji chia yang kaya omega-3, atau bubuk makanan utuh, seperti bubuk jamur

Opsi Makanan Utuh Padat Gizi

Makanan tertentu sangat kaya gizi sehingga dimakan tersendiri pun merupakan camilan pembangkit tenaga. Camilan ini dapat dimakan langsung atau ditaburkan di atas makanan Anda. Ini meliputi:

Dengan menambahkan makanan padat gizi ini ke dalam hidangan dan camilan, Anda dapat sangat memperkaya gizi tanpa merombak pola makan Anda. 

Suplemen Makanan Siap Makan

Terkadang—malah sebenarnya, sering kali—tidak ada waktu untuk mempersiapkan camilan yang rumit, atau Anda sedang ingin sesuatu yang cepat dan mudah. Meski makanan rumahan biasanya paling sehat, camilan siap makan ini kaya akan gizi dan rasa. 

  • Superfood Smoothies umumnya sarat akan protein, serat prebiotik, dan omega-3.
  • Mamma Chia Squeeze Packets mengandung 1.200 mg omega-3 dari biji chia.
  • Cacao Goji Power Snacks memberikan 20% angka kecukupan gizi (AKG) untuk vitamin C dari makanan utuh seperti kakao, goji, dan kurma.
  • Fruit and Nut Bites menggabungkan kurma, cokelat hitam, pir, biji labu, kacang almond, dan biji kakao untuk menghasilkan bola energi yang lezat.
  • Probiotic Prunes menawarkan vitamin E, serat, dan bahkan probiotik untuk mendukung kesehatan usus.

Resep Rumahan yang Ditingkatkan 

Anda tidak perlu mengorbankan rasa atau sasaran kesehatan harian Anda sehubungan dengan camilan yang ditingkatkan. Resep-resep berikut akan meningkatkan kesehatan Anda dengan bahan makanan utuh untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat maksimal dari camilan Anda. 

Membuat camilan yang ditingkatkan dengan suplemen tidak perlu rumit. Ini bisa sesederhana dengan menambahkan bubuk kale hijau ke dalam camilan setiap hari. Anda dapat dengan mudah menambahkan ide suplemen makanan ini ke dalam camilan Anda setiap hari: 

  • Tambahkan protein kacang polong dan bubuk maca ke oatmeal.
  • Cobalah mencampurkan bubuk kakao dengan alpukat untuk mendapatkan puding krim yang kaya, dan sumber lemak sehat yang bagus!
  • Campurkan buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian dengan minyak biji chia untuk mendapatkan trail mix yang kaya gizi.
  • Taburkan bubuk rumput gandum di atas salad atau ke dalam smoothie untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral.
  • Campurkan bubuk protein labu kuning dengan mentega kacang untuk mendapatkan camilan lezat yang padat dengan protein.
  • Campurkan spirulina ke dalam mangkuk smoothie untuk mendapatkan tambahan antioksidan dan vitamin.
  • Buat latte susu kunyit dengan bola energi kunyit.

Dengan begitu banyaknya opsi di luar sana, kemungkinannya benar-benar tidak terbatas jika kita berbicara tentang camilan suplemen. Penambahan makanan ini ke pola makan Anda bukan hanya meningkatkan asupan gizi Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk kreatif dengan hidangan Anda sehingga waktu makan menjadi menyenangkan.

Resep Pistacio dengan Rempah Kunyit

Pistacio dengan rempah kunyit ini kaya akan lemak sehat, protein, dan serat, ditambah semua manfaat kunyit. Kurkumin adalah bahan aktif dalam kunyit dan memiliki sifat antiperadangan.1 Kurkumin juga telah terbukti meningkatkan jumlah antioksidan total dalam tubuh.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir pistacio
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1/4 sendok teh merica hitam
  • 1/4 sendok teh bubuk bawang putih
  • 1/4 sendok teh bubuk jahe
  • 1/4 sendok teh bubuk kayu manis
  • Panaskan oven terlebih dahulu hingga 350°F.

Petunjuk:

  1. Dalam mangkuk berukuran sedang, campurkan pistacio, minyak zaitun, dan rempah-rempah sampai pistacio terbalut dengan merata.
  2. Tempatkan pistacio secara merata di atas loyang dan panggang selama sekitar 7 menit sampai berwarna keemasan dan wangi. Awasi dengan saksama agar tidak gosong.
  3. Keluarkan dari oven dan silakan menikmati, tetapi berhati-hatilah, jangan sampai lidah Anda terkena panas!

Resep Puding Alpukat Super

Puding super ini merupakan cara hebat untuk memenuhi kebutuhan harian Anda akan serat dan zat pendukung kesehatan lainnya, seperti lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung. Alpukat kaya akan antioksidan yang telah terbukti menurunkan peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Bahan-bahan:

Petunjuk:

  1. Dalam mangkuk, hancurkan alpukat hingga lembut. Aduk mentega almond, sirop mapel, bubuk kakao, dan ekstrak vanili, lalu lanjutkan mengaduk dengan tangan sampai semuanya tercampur.
  2. Pindahkan puding ke dalam mangkuk atau wadah, lalu dinginkan selama sekitar sejam sebelum disajikan.

Kiat-Kiat untuk Suplemen Makanan yang Dapat Dicamil

Membuat resep ini di rumah bukan hanya mudah, tetapi Anda juga dapat menyesuaikannya dengan pilihan Anda sendiri. Misalnya, jika ada bahan yang tidak Anda sukai, Anda dapat menggantinya dengan yang Anda sukai. Anda juga dapat menambahkan opsi suplemen lain.

Cobalah menyesuaikan resep camilan suplemen dengan sasaran dan kebutuhan kesehatan Anda sendiri. Jika Anda ingin mendukung kesehatan otak, pertimbangkanlah untuk menambahkan jamur surai singa ke dalam puding Anda. Jika kesehatan usus memiliki prioritas tinggi bagi Anda, menambahkan probiotik mungkin lebih sesuai untuk Anda.

Jenis Suplemen

Suplemen tersedia dalam berbagai bentuk. FDA mendefinisikan suplemen dalam kategori berikut:3

Manfaat Suplemen Makanan

Menambahkan suplemen makanan ke dalam makanan dapat membantu Anda mencapai asupan yang direkomendasikan untuk vitamin dan mineral melalui makanan utuh. Daripada mendapatkan gizi dari kapsul atau pil, opsi camilan suplemen ini menambahkan bahan dengan nilai gizi tinggi ke makanan utuh yang biasa Anda makan.

Ini terutama bermanfaat jika pola makan Anda kurang bervariasi atau jika Anda kesulitan mengonsumsi semua zat gizi harian yang direkomendasikan. Suplemen makanan juga merupakan cara mudah untuk berfokus pada sumber gizi tertentu yang mudah terlewatkan. 

Pertimbangan Lain

Selalu baca label dan teliti bahan suplemen baru apa pun sebelum Anda mencobanya. Jika Anda memiliki alergi makanan, cermati komposisi yang berpotensi alergen, seperti kacang pohon, kacang tanah, gandum, dan produk susu. 

Anda perlu tetap berada dalam rentang yang disarankan untuk semua suplemen dan jangan melampaui dosis harian yang direkomendasikan untuk semua zat gizi. Ingat, Anda bisa saja memiliki terlalu banyak zat gizi yang baik, khususnya kalau kita berbicara tentang vitamin larut lemak.  

Berkonsultasilah dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan lain yang memiliki pengetahuan sesuai sebelum mengubah rutinitas suplemen atau menambahkan suplemen baru. Ini terutama penting apabila Anda sedang hamil atau menyusui sebab suplemen tertentu dapat memiliki kontraindikasi bagi Anda atau bayi Anda.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mempraktikkan kebiasaan sehat dan memberi tubuh Anda zat gizi yang dibutuhkannya agar tetap sehat.

Poin Penting

Secara keseluruhan, suplemen makanan yang dapat dicamil merupakan cara hebat untuk memastikan Anda mendapatkan gizi yang diperlukan untuk gaya hidup sehat, khususnya saat hidup menjadi sibuk. Memiliki opsi ini dan mengetahui apa yang harus dipilih dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan dengan mudah bersama setiap suapan.

Referensi:

  1. Peng Y, Ao M, Dong B, et al. Anti-Inflammatory Effects of Curcumin in the Inflammatory Diseases: Status, Limitations and Countermeasures. Drug Des Devel Ther. 2021;15:4503-4525. doi:10.2147/DDDT.S327378
  2. Wang L, Tao L, Hao L, et al. A Moderate-Fat Diet with One Avocado per Day Increases Plasma Antioxidants and Decreases the Oxidation of Small, Dense LDL in Adults with Overweight and Obesity: A Randomized Controlled Trial. J Nutr. 2020;150(2):276-284. doi:10.1093/JN/NXZ231
  3. FDA 101: Dietary Supplements | FDA. Accessed March 9, 2023. https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/fda-101-dietary-supplements