‌‌‌‌Mengapa Kolagen?

Suplemen kolagen mendukung berbagai sistem, struktur, dan fungsi tubuh. Dari kesehatan jantung hingga kesehatan tulang, kolagen laut meningkatkan kesehatan otot, tendon yang kuat, kulit awet muda, lapisan usus yang sehat, dan nyeri sendi yang lebih baik.

Banyak manfaat kesehatan kolagen dengan hal tersebut menjadi protein paling melimpah di tubuh. Ditemukan di tendon, ligamen, tulang, organ, pembuluh darah, otot, kulit, dan usus, kolagen memainkan peran yang sangat penting dalam banyak aspek tubuh manusia. Setelah air, kolagen merupakan zat kedua terbanyak dalam tubuh.

‌‌‌‌Apa yang Membuat Kolagen Laut Berbeda?

Lebih Berkelanjutan

Kolagen laut terbuat dari kulit dan sisik ikan yang dibuang, menjadikannya alternatif berkelanjutan untuk banyak sumber kolagen lainnya. 

Ini Ramah Pescatarian

Suplemen kolagen biasanya bersumber dari sapi (bovine), ayam, atau babi (porcine). Karena kolagen laut bersumber dari ikan, ini adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang mengikuti diet pescatarian.

Ini adalah Sumber Protein yang Baik

Mengandung 18 asam amino yang berbeda, kolagen laut menawarkan sumber protein yang sangat baik. Karena hanya memiliki delapan dari sembilan asam amino yang esensial, ini bukan sumber protein lengkap. Kehilangan asam amino esensial triptofan, kolagen laut, meskipun tidak lengkap, masih merupakan sumber yang layak untuk blok bangunan protein dan jaringan ikat dalam tubuh kita.

‌‌‌‌Bagaimana Kolagen Laut Dibuat?

Setelah kolagen diekstraksi dari kulit dan sisik ikan, kolagen akan dihidrolisis untuk memecah protein kolagen menjadi potongan-potongan kecil yang disebut peptida kolagen. Peptida lebih mudah dicerna oleh tubuh, meningkatkan manfaat kesehatan melalui peningkatan penyerapan dan bioavailabilitas. Hidrolisis juga mengurangi bau amis dan rasa kolagen laut.

Peptida yang lebih kecil yang terbentuk memiliki daya larut yang lebih baik dan dapat dengan mudah menyatu menjadi smoothie, kopi, jus, atau minuman pilihan apa pun. Saluran pencernaan selanjutnya memecah peptida kolagen menjadi asam amino sehingga tubuh dapat menggunakannya di banyak lokasi yang dipenuhi kolagen.

‌‌‌‌8 Manfaat Kesehatan Kolagen Laut

Dengan kolagen menyediakan banyak fondasi organ dan jaringan manusia, melengkapi kolagen laut dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Mengingat tubuh kita mulai memproduksi lebih sedikit kolagen mulai usia pertengahan 20-an, meningkatkan asupan kolagen dapat membantu meringankan beberapa masalah kesehatan umum yang terkait dengan penurunan produksi kolagen seiring bertambahnya usia.

Kolagen Laut Dapat Meningkatkan Kesehatan Sendi

Seiring bertambahnya usia dan menghasilkan lebih sedikit kolagen, tulang rawan kita terpengaruh. Kolagen adalah komponen esensial tulang rawan, membantu mempertahankan struktur dan integritasnya. Risiko kita terkena penyakit sendi seperti osteoartritis meningkat seiring bertambahnya usia, menghasilkan lebih sedikit kolagen.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen laut dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan memperbaiki gejala osteoartritis. Para peneliti mengaitkan ini dengan gagasan bahwa kolagen dapat merangsang jaringan tulang rawan untuk membuat lebih banyak kolagen setelah terakumulasi dalam jaringan karena kolagen merangsang tubuh untuk memproduksi fibroblas—sel yang membantu produksi kolagen.

Kolagen Laut Bermanfaat untuk Kesehatan Usus

Mengandung sejumlah besar prolinglutamin, dan glisin—kolagen laut bermanfaat bagi lambung dan usus. Asam amino ini memainkan peran penting dalam menjaga lapisan usus yang sehat.

Sindrom usus bocor dapat terjadi ketika ada kerusakan pada lapisan usus. Ini dapat memungkinkan partikel makanan dan limbah bocor keluar dari usus dan masuk ke aliran darah. Gejala usus bocor dapat mencakup gas, kembung, kepekaan terhadap makanan, dan dapat menyebabkan Irritable Bowel Syndrome (IBS).

Mengonsumsi kolagen laut dapat membantu memperbaiki lapisan usus dan memperbaiki gejala yang terkait dengan sindrom usus bocor dan penyakit radang usus lainnya (IBD) seperti penyakit Crohn dan Celiac.

Kolagen Laut Membantu Mendukung Penuaan Kulit

Hidrasi kulit, integritas, dan elastisitas keduanya dipengaruhi oleh kadar kolagen yang sehat. Penurunan produksi kolagen seiring bertambahnya usia menyebabkan garis-garis halus, kerutan, dan kulit kering.

Studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen kolagen mengalami peningkatan elastisitas kulit dan penurunan kekeringan kulit dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kolagen. Penelitian lain menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen kolagen mengalami penurunan kerutan yang signifikan dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kolagen.

Manfaat kolagen pada kulit adalah karena kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan fibroblas, sehingga meningkatkan produksi kolagen tubuh. Kolagen juga dapat merangsang pertumbuhan elastin dan fibrillin, protein penting lainnya yang ada di kulit.

Kolagen Laut Dapat Meningkatkan Massa Otot

Glisin, asam amino yang ada dalam kolagen laut, dapat membantu meningkatkan level kreatin  protein otot penting. Hingga 10% dari jaringan otot adalah kolagen, yang membantu menjaga otot tetap kuat dan fungsional.

Satu studi menunjukkan pria yang mengomsumsi  suplemen kolagen saat mengikuti program latihan memperoleh kekuatan dan massa otot yang jauh lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsi kolagen. Studi lain menunjukkan bahwa mereka yang kehilangan massa otot karena penuaan, atau sarcopenia, meningkatkan massa otot dengan suplemen kolagen.

Kolagen laut juga membantu menjaga massa otot dengan meminimalkan kerusakan otot. Manfaat tambahan datang dengan sifat antioksidan prolin, asam amino dalam kolagen, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kerusakan sel yang disebabkan karena berolahraga, meningkatkan pemulihan pasca-latihan.

Kolagen Laut Dapat Membantu Mendukung Tendon dan Ligamen

Tendon dan ligamen terutama dibangun di atas serat kolagen. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu memperbaiki cedera tendon. Ketika ligamen atau tendon terluka, tubuh kita memproduksi lebih banyak kolagen untuk membantu memulihkannya.

Mengkonsumsi suplemen kolagen dapat membantu merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen, sehingga membantu meningkatkan pemulihan cedera.

Kolagen Laut Dapat Mendukung Kesehatan Tulang

Mirip dengan ligamen dan tendon, tulang terutama terdiri dari kolagen. Kolagen memberi tulang struktur mereka dan merupakan kontributor yang signifikan untuk kekuatan dan kepadatan tulang.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu mengurangi pengeroposan tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen kolagen mengalami peningkatan kepadatan mineral tulang (BMD)—dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. BMD rendah berkorelasi dengan timbulnya osteoporosis.

Kolagen Laut Mendukung Kesehatan Rambut dan Kuku

Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa suplementasi oral dengan peptida kolagen mengurangi gejala kuku rapuh dan meningkatkan pertumbuhan kuku.

Studi ini juga menemukan bahwa mengomsumsi kolagen dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku yang lebih panjang.

Kolagen Laut Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kolagen sangat penting untuk integritas dan struktur dinding arteri kita. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah beroksigen dari jantung untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh.

Penurunan kolagen seiring bertambahnya usia dapat berkontribusi pada melemahnya arteri, berkontribusi pada pembentukan aterosklerosis atau penyempitan arteri. Risiko serangan jantung dan stroke meningkat dengan aterosklerosis.

Satu studi menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kolagen setiap hari mengalami pengurangan kekakuan arteri yang signifikan daripada sebelum mereka memulai. Peserta studi ini juga meningkatkan HDL, atau kadar kolesterol baik, yang menurunkan risiko aterosklerosis.

‌‌‌‌Garis Bawah

Penuh dengan asam amino, bahan penyusun protein, kolagen laut adalah suplemen optimal yang dapat bermanfaat bagi banyak struktur dan sistem tubuh yang berbeda.

Dengan kemampuan untuk memperkuat lapisan usus, rambut, dan kuku sekaligus membantu menjaga massa tulang dan otot, kolagen laut memiliki manfaat kesehatan yang luas. Ini dapat membantu arteri mempertahankan struktur dan kulitnya untuk menjaga penampilan awet muda.

Ligamen dan tendon mendapat manfaat dari kolagen—terutama saat terluka. Karena risiko osteoartritis meningkat seiring bertambahnya usia, produksi kolagen menurun, membuat suplementasi kolagen laut ideal bagi mereka yang menderita kondisi yang menyakitkan ini.

Kolagen laut menawarkan suplemen yang aman bagi kebanyakan orang dengan sedikit efek samping. Beberapa orang telah melaporkan efek samping ringan, termasuk merasa kenyang, mulas, dan rasa tidak enak yang bertahan lama. Mereka yang alergi makanan terhadap ikan atau telur harus menghindari suplemen kolagen yang terbuat dari bahan-bahan ini.

Referensi:

  1. Bello AE, Oesser S. Kolagen hidrolisat untuk pengobatan osteoarthritis dan gangguan sendi lainnya: tinjauan literatur. Curr Med Res Opin. 2006;22(11):2221-2232. doi:10.1185/030079906X148373
  2. Clark KL, Sebastianelli W, Flechsenhar KR, dkk. Studi 24 minggu tentang penggunaan kolagen hidrolisat sebagai suplemen makanan pada atlet dengan nyeri sendi terkait aktivitas. Curr Med Res Opin. 2008;24(5):1485-1496. doi:10.1185/030079908x291967
  3. Moskowitz RW. Peran hidrolisat kolagen dalam penyakit tulang dan sendi. Semin Arthritis Rheum. 2000;30(2):87-99. doi:10.1053/sarh.2000.9622
  4. Proksch E, Segger D, Degwert J, Schunck M, Zague V, Oesser S. Suplementasi oral peptida kolagen tertentu memiliki efek menguntungkan pada fisiologi kulit manusia: studi buta ganda, terkontrol plasebo. Skin Pharmacol Physiol. 2014;27(1):47-55. doi:10.1159/000351376
  5. Ganceviciene R, Liakou AI, Theodoridis A, Makrantonaki E, Zouboulis CC. Strategi anti penuaan kulit. Dermatoendokrinol. 2012;4(3):308-319. doi:10.4161/derm.22804
  6. Gillies AR, Lieber RL. Struktur dan fungsi matriks ekstraseluler otot rangka. Saraf Otot. 2011;44(3):318-331. doi:10.1002/mus.22094
  7. Zdzieblik D, Oesser S, Baumstark MW, Gollhofer A, König D. Suplementasi peptida kolagen dalam kombinasi dengan latihan ketahanan meningkatkan komposisi tubuh dan meningkatkan kekuatan otot pada pria sarkopenik lanjut usia: uji coba terkontrol secara acak. Br J Nutr. 2015;114(8):1237-1245. doi:10.1017/S0007114515002810
  8. Hexsel D, Zague V, Schunck M, Siega C, Camozzato FO, Oesser S. Suplementasi oral dengan peptida kolagen bioaktif spesifik meningkatkan pertumbuhan kuku dan mengurangi gejala kuku rapuh. J Cosmet Dermatol. 2017;16(4):520-526. doi:10.1111/jocd.12393
  9. König D, Oesser S, Scharla S, Zdzieblik D, Gollhofer A. Peptida Kolagen Spesifik Meningkatkan Kepadatan Mineral Tulang dan Penanda Tulang pada Wanita Pascamenopause-Sebuah Studi Terkendali Acak. Nutrisi. 2018;10(1):97. Diterbitkan 16 Jan 2018. doi:10.3390/nu10010097
  10. Elam ML, Johnson SA, Hooshmand S, dkk. Suplemen makanan kelat kalsium-kolagen melemahkan keropos tulang pada wanita pascamenopause dengan osteopenia: uji coba terkontrol secara acak. J Med Food. 2015;18(3):324-331. doi:10.1089/jmf.2014.0100