Suplemen serat menyandang reputasi yang kurang baik. Anda mungkin memandang pengobatan menggunakan serat hanya untuk sembelit tanpa khasiat lainnya. Namun, serat dapat memiliki dampak besar pada kesehatan Anda secara umum. Beberapa bukti menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko kematian dari berbagai penyebab.

Satu studi mengikuti 1.300 pria sepanjang hidup mereka di kemudian hari dan menemukan bahwa untuk setiap peningkatan 10 gram serat, kematian akibat penyakit jantung menurun sebesar 17%, sementara kematian oleh sebab lainnya menurun sebesar 9%. Asosiasi melemah seiring waktu tetapi masih menunjukkan bahwa serat dapat memberikan efek perlindungan yang signifikan terhadap kematian selama hidup Anda.

Penelitian lain menunjukkan hasil yang sama untuk pria dan wanita. Individu dengan konsumsi serat tertinggi, dibandingkan dengan yang terendah, mampu mengurangi risiko kematian sebesar 37%. Berdasarkan hasil ini, rasanya sangat masuk akal untuk menyimpulkan bahwa serat, secara umum, mampu melindungi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Apa itu Serat?

Mari kita perhatikan baik-baik apa itu serat dan bagaimana serat mendukung kesehatan Anda. Umumnya, orang melihat serat sebagai ”makanan kasar”. Sebagian besar serat mengandung karbohidrat yang tak dapat dicerna (dengan pengecualian lignin) yang melewati usus halus secara utuh.

Jenis serat biasanya dibagi menjadi varietas larut dan tak larut. Serat tak larut berperan sebagai agen pelunak dengan efek pencahar, sedangkan serat larut bertindak sebagai sumber makanan bagi bakteri di usus besar. Selain itu, serat larut memiliki kemampuan yang berbeda dalam membentuk gel atau menebal. Tindakan pembentuk gel ini juga berkontribusi pada beberapa manfaat serat larut yang sudah terlihat.

Contoh serat tak larut meliputi lignin (ditemukan dalam biji rami dan biji-bijian utuh), selulosa, serta beberapa hemiselulosa. Contoh serat larut meliputi pektinguminulin beta glukan, dan pati resisten.

Berapa Banyak Serat yang Diperlukan Tubuh?

Saran umum untuk asupan serat bagi orang dewasa di bawah usia 50 tahun memerlukan 25 g untuk wanita dan 38 g untuk pria. Bagi orang dewasa di atas 50 tahun, disarankan untuk mengurangi asupannya menjadi 30 gram untuk pria dan 21 gram untuk wanita. Saran ini didasarkan pada target yang diperoleh dari penelitian untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Banyak negara di dunia tidak mampu memenuhi asupan dasar ini. Studi di Amerika Serikat, Prancis, dan Brasil menunjukkan bahwa kebanyakan orang kekurangan serat dan akan mendapat manfaat dari peningkatan konsumsi serat.

Manfaat Serat Bagi Kesehatan

1. Manfaat Serat bagi Saluran Pencernaan

Saat berbicara tentang serat, kebanyakan orang memikirkan manfaatnya bagi saluran pencernaan. Dan penelitian terbaru menunjukkan bahwa serat mendukung kesehatan saluran pencernaan. Studi telah menemukan bahwa tukak lambung, penyakit kandung empedu, wasir, sembelit, dan divertikulitis mampu diredam dengan konsumsi serat yang lebih tinggi.

Saat orang-orang menghubungkan serat dengan pengobatan sembelit, pada kenyataannya penelitian ini agak beragam. Yang jadi permasalahan adalah keragaman serat yang telah dipelajari karena jenis serat yang berbeda memiliki efek yang bervariasi. Serat tak larut memiliki efek pencahar yang lebih konsisten dan mampu meningkatkan jumlah feses.

Untuk meningkatkan serat tak larut, cobalah mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang polongkacang-kacangan, serta biji-bijian utuh. Sedangkan serat larut mampu membantu mengatasi sembelit jika Anda mengonsumsi jenis yang tepat. Serat larut yang membentuk gel dengan kapasitas penahan air yang tinggi mampu melunakkan feses secara efektif. Sekam psyllium utuh (bukan berbentuk bubuk) adalah salah satu contohnya. Serat larut yang melebur dalam air sepenuhnya tidak dapat membantu mengatasi sembelit.

Sindrom iritasi usus merupakan kondisi pencernaan umum yang tidak dipahami dengan baik. Pengobatan paling sederhana yang dapat membantu umumnya melibatkan penggunaan serat larut. Sebuah tinjauan baru-baru ini dari seluruh meta-analisis serat sebagai pengobatan untuk sindrom iritasi usus besar menyimpulkan bahwa serat larut bermanfaat untuk mengurangi gejalanya.

Serat larut yang biasa digunakan untuk mengobati iritasi usus antara lain psyllium dan biji rami. Sementara itu, serat ini memiliki manfaat pada sebagian pasien dengan sindrom iritasi usus besar, pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil dapat menyebabkan peningkatan gejala dengan jenis serat larut tertentu. Menyadari respons tubuh Anda terhadap pengobatan apa pun, terlepas dari apa yang dikatakan penelitian, adalah hal terpenting untuk kesehatan Anda sendiri.

2. Serat dan Penyakit Jantung

Pada awalnya Anda mungkin tidak akan menyangka jika serat memiliki efek perlindungan bagi jantung Anda. Namun, Anda mungkin pernah melihat label pada makanan, yang menggembar-gemborkan manfaat serat bagi jantung. Data tetap memiliki validitas yang kuat sehingga FDA mengizinkan klaim kesehatan pada makanan yang mengandung beta-glukan (ditemukan pada oat) atau serat psyllium. Penelitian telah menunjukkan bahwa serat memiliki beberapa efek yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung, termasuk:

  • Mendukung kadar kolesterol yang sehat
  • Menyeimbangkan tekanan darah
  • Berpotensi mengurangi peradangan

Serat dapat membantu membatasi kolesterol dengan mengikatnya dan membawanya keluar dari tubuh. Untuk tekanan darah, belum ada penjelasan yang pasti terkait bantuan yang diberikan serat. Data terkuat menunjukkan bahwa psyllium merupakan yang paling efektif dalam mengurangi tekanan darah, meskipun hasilnya tidak terlalu tinggi dengan penurunan 2,4 poin pada tekanan darah sistolik dengan penambahan psyllium.

Serat larut juga membantu meningkatkan level bakteri baik di seluruh saluran pencernaan. Serat larut bertindak sebagai sumber makanan bagi bakteri baik. Bakteri ini menghasilkan asam lemak rantai pendek antiradang dari serat yang tampaknya membantu mengurangi tingkat peradangan. Serat juga membantu mengontrol gula darah. Dengan mengatur kadar gula darah tinggi — yang terkait dengan peningkatan peradangan — serat membantu menurunkan risiko secara keseluruhan.

3. Serat dan Diabetes Tipe 2

Beberapa mekanisme yang sama menunjukkan bahwa serat tidak hanya bermanfaat bagi penyakit jantung tetapi juga bermanfaat bagi diabetes. Ini bukanlah hal yang mengejutkan, sebab diabetes membawa peningkatan risiko penyakit jantung dan kedua kondisi tersebut memiliki faktor risiko yang mendasarinya.

Serat memperlambat penyerapan karbohidrat, sehingga membantu menjaga kadar gula darah agar lebih stabil. Seiring waktu, ini dapat diartikan sebagai kontrol insulin yang lebih baik bagi penderita diabetes. Menurunkan gula darah dan insulin dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit, mengurangi hasil jangka panjang yang lebih merusak dari kondisi tersebut. Percobaan kecil pada penderita diabetes melibatkan konsumsi makanan berserat tinggi yang terdiri dari 25 gram serat larut dan 25 gram serat tak larut setiap hari. Gula darah lebih terkontrol dengan diet serat tinggi, kadar kolesterol dan trigliserida juga terbukti mengalami penurunan.

Dan manfaat serat lebih dari sekadar pengobatan diabetes. Peningkatan asupan serat juga telah terbukti membantu mencegah penyakit. Untuk setiap dua gram serat sereal , penelitian telah menunjukkan penurunan 6% dalam risiko diabetes. Serat tak larut dan buah juga tampaknya membantu dalam sebagian besar penelitian yang diterbitkan. Yang menarik adalah, keefektifan sayuran dan serat larut dalam mengurangi risiko diabetes belum diketahui, meskipun temuan ini mungkin agak menyesatkan karena asupan serat total masih dikaitkan dengan manfaat pencegahan.

4. Serat dan Penurunan Berat Badan

Sayangnya, ada banyak klaim dan produk meragukan yang dipasarkan untuk menurunkan berat badan. Namun, beberapa jenis serat tampaknya memberikan sedikit manfaat sederhana. Meta-analisis terbaru pada serat untuk menurunkan berat badan menemukan bahwa dosis rata-rata 16 g serat larut per hari selama kurang lebih sepuluh minggu dapat mengurangi berat badan sebesar 5,5 pon. Namun, penulis menyarankan agar berhati-hati dalam menafsirkan hasil karena mereka memang melihat perbedaan yang besar di antara penelitian yang diterbitkan.

Glukomanan adalah serat larut yang berasal dari akar konjak. Ini mengembang di saluran pencernaan sehingga meningkatkan rasa kenyang yang berpotensi membantu mengurangi asupan makanan. Secara keseluruhan, penelitian tentang glukomanan untuk menurunkan berat badan masih cukup beragam. Namun, dosis yang lebih tinggi dari produk glukomanan tertentu, PGX, memiliki manfaat yang lebih konsisten untuk menurunkan berat badan.

Studi tambahan diperlukan untuk mengevaluasi glukomanan sepenuhnya. Suplemen ini juga dilengkapi dengan beberapa potensi efek samping pada saluran pencernaan. Ingatlah bahwa Anda perlu mengonsumsi glukomanan, layaknya semua suplemen serat, dengan minum banyak air untuk memastikan keamanannya.

Pengangkutan

Serat menawarkan lebih dari sekadar pengobatan untuk sembelit. Serat memiliki potensi signifikan untuk membantu mencegah sejumlah kondisi, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan penyakit pada saluran pencernaan. Data dengan kuat menunjukkan bahwa serat melindungi dari "berbagai penyebab kematian", mengurangi risiko kematian Anda dari penyakit yang menyerang tubuh.

Jika Anda menyadari kurangnya serat pada pola makan, menambahkan suplemen serat bisa menjadi cara untuk memastikan Anda mendapatkan semua manfaat dari asupan serat yang cukup.

Referensi:

  1. Streppel MT, Ocké MC, Boshuizen HC, Kok FJ, Kromhout D. Dietary fiber intake in relation to coronary heart disease and all-cause mortality over 40 y: the Zutphen Study. Am J Clin Nutr. 2008;88(4):1119-1125. doi:10.1093/ajcn/88.4.1119
  2. Buil-Cosiales P, Zazpe I, Toledo E, et al. Fiber intake and all-cause mortality in the Prevención con Dieta Mediterránea (PREDIMED) study. Am J Clin Nutr. 2014;100(6):1498-1507. doi:10.3945/ajcn.114.093757
  3. Otles S, Ozgoz S. Health effects of dietary fiber. Acta Sci Pol Technol Aliment. 2014;13(2):191-202.
  4. Anderson JW, Baird P, Davis RH Jr, et al. Health benefits of dietary fiber. Nutr Rev. 2009;67(4):188-205. doi:10.1111/j.1753-4887.2009.00189.x
  5. McRorie JW Jr, McKeown NM. Understanding the Physics of Functional Fibers in the Gastrointestinal Tract: An Evidence-Based Approach to Resolving Enduring Misconceptions about Insoluble and Soluble Fiber. J Acad Nutr Diet. 2017;117(2):251-264. doi:10.1016/j.jand.2016.09.021
  6. Nagarajan N, Morden A, Bischof D, et al. The role of fiber supplementation in the treatment of irritable bowel syndrome: a systematic review and meta-analysis. Eur J Gastroenterol Hepatol. 2015;27(9):1002-1010. doi:10.1097/MEG.0000000000000425
  7. Institute of Medicine 2005. Dietary Reference Intakes for Energy, Carbohydrate, Fiber, Fat, Fatty Acids, Cholesterol, Protein, and Amino Acids. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/10490.
  8. Bagheri SM, Debry G. Estimation de la consommation moyenne de fibres alimentaires en France [Estimation of the daily dietary fiber intake in France]. Ann Nutr Metab. 1990;34(2):69-75. doi:10.1159/000177571
  9. King DE, Mainous AG 3rd, Lambourne CA. Trends in dietary fiber intake in the United States, 1999-2008. J Acad Nutr Diet. 2012;112(5):642-648. doi:10.1016/j.jand.2012.01.019
  10. Mattos LL, Martins IS. Consumo de fibras alimentares em população adulta [Dietary fiber consumption in an adult population]. Rev Saude Publica. 2000;34(1):50-55. doi:10.1590/s0034-89102000000100010
  11. Center for Food Safety and Applied Nutrition. Authorized Health Claims That Meet Significant Scientific Agreement. U.S. Food and Drug Administration. Published 2018. Accessed February 3, 2021. https://www.fda.gov/food/food-labeling-nutrition/authorized-health-claims-meet-significant-scientific-agreement-ssa-standard
  12. Ning H, Van Horn L, Shay CM, Lloyd-Jones DM. Associations of dietary fiber intake with long-term predicted cardiovascular disease risk and C-reactive protein levels (from the National Health and Nutrition Examination Survey Data [2005-2010]). Am J Cardiol. 2014;113(2):287-291. doi:10.1016/j.amjcard.2013.09.020
  13. Aleixandre A, Miguel M. Dietary fiber and blood pressure control. Food Funct. 2016;7(4):1864-1871. doi:10.1039/c5fo00950b
  14. Khan K, Jovanovski E, Ho HVT, et al. The effect of viscous soluble fiber on blood pressure: A systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. Nutr Metab Cardiovasc Dis. 2018;28(1):3-13. doi:10.1016/j.numecd.2017.09.007
  15. Chandalia M, Garg A, Lutjohann D, von Bergmann K, Grundy SM, Brinkley LJ. Beneficial effects of high dietary fiber intake in patients with type 2 diabetes mellitus. N Engl J Med. 2000;342(19):1392-1398. doi:10.1056/NEJM200005113421903
  16. Yao B, Fang H, Xu W, et al. Dietary fiber intake and risk of type 2 diabetes: a dose-response analysis of prospective studies. Eur J Epidemiol. 2014;29(2):79-88. doi:10.1007/s10654-013-9876-x
  17. Common Cancer Types. National Cancer Institute. Published 2015. Accessed February 3, 2021. https://www.cancer.gov/types/common-cancers
  18. Chen S, Chen Y, Ma S, et al. Dietary fibre intake and risk of breast cancer: A systematic review and meta-analysis of epidemiological studies. Oncotarget. 2016;7(49):80980-80989. doi:10.18632/oncotarget.13140
  19. ‌Gianfredi V, Salvatori T, Villarini M, Moretti M, Nucci D, Realdon S. Is dietary fibre truly protective against colon cancer? A systematic review and meta-analysis. Int J Food Sci Nutr. 2018;69(8):904-915. doi:10.1080/09637486.2018.1446917
  20. Sheng T, Shen RL, Shao H, Ma TH. No association between fiber intake and prostate cancer risk: a meta-analysis of epidemiological studies. World J Surg Oncol. 2015;13:264. Published 2015 Aug 28. doi:10.1186/s12957-015-0681-8
  21. Manoj G, Thampi BS, Leelamma S, Menon PV. Effect of dietary fiber on the activity of intestinal and fecal beta-glucuronidase activity during 1,2-dimethylhydrazine induced colon carcinogenesis. Plant Foods Hum Nutr. 2001;56(1):13-21. doi:10.1023/a:1008188009174
  22. Calado A, Neves PM, Santos T, Ravasco P. The Effect of Flaxseed in Breast Cancer: A Literature Review. Front Nutr. 2018;5:4. Published 2018 Feb 7. doi:10.3389/fnut.2018.00004
  23. Bultman SJ. Molecular pathways: gene-environment interactions regulating dietary fiber induction of proliferation and apoptosis via butyrate for cancer prevention. Clin Cancer Res. 2014;20(4):799-803. doi:10.1158/1078-0432.CCR-13-2483
  24. McRae MP. Effectiveness of Fiber Supplementation for Constipation, Weight Loss, and Supporting Gastrointestinal Function: A Narrative Review of Meta-Analyses. J Chiropr Med. 2020;19(1):58-64. doi:10.1016/j.jcm.2019.10.008
  25. Wharton S, Bonder R, Jeffery A, Christensen RAG. The safety and effectiveness of commonly-marketed natural supplements for weight loss in populations with obesity: A critical review of the literature from 2006 to 2016. Crit Rev Food Sci Nutr. 2020;60(10):1614-1630. doi:10.1080/10408398.2019.1584873