Apa Itu Suplemen untuk Anjing?

Suplemen untuk Anjing merupakan produk yang dirancang untuk mendukung kesehatan anjing. Suplemen ini umumnya digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu atau meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Suplemen ini tersedia dalam berbagai formulasi, dari bubuk, cair, hingga tablet. Beberapa suplemen diberi perisa agar terasa lezat dan untuk mempermudah pemilik hewan peliharaan dalam memberikan suplemen. Kebanyakan suplemen untuk anjing paling baik diberikan setiap hari; akan tetapi, beberapa diresepkan untuk penggunaan jangka pendek oleh dokter hewan untuk membantu pengobatan berbagai penyakit.

Mengapa Dokter Hewan Merekomendasikan Suplemen?

Dokter hewan merekomendasikan suplemen karena berbagai alasan. Sebagai dokter hewan darurat, saya secara khusus merekomendasikan suplemen untuk mengobati penyakit tertentu. Sebagai contoh, saya sering meresepkan probiotik untuk mengobati gangguan gastrointestinal yang parah dan S-adenosyl-L-methionine (SAM-e) untuk peningkatan enzim hati. 

Kebanyakan dokter hewan perawatan primer merekomendasikan suplemen untuk mendukung kesehatan anjing secara keseluruhan atau memberikan nutrisi tambahan jika Anda memasak makanan rumahan untuk anjing Anda. Suplemen merupakan tambahan alami yang baik untuk program perawatan kesehatan hewan peliharaan Anda. 

Manfaat Suplemen untuk Anjing

Manfaat suplemen untuk anjing sangat banyak. Manfaat-manfaat ini meliputi (tetapi tidak terbatas pada): 

  • Kulit & Bulu yang Lebih Sehat
  • Meningkatkan Energi
  • Sistem Imun yang Lebih Kuat
  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
  • Mendukung Tulang & Sendi
  • Kesehatan Jantung yang Lebih Baik
  • Meningkatkan Kesehatan Secara Keseluruhan & Memperpanjang Umur

Kebanyakan suplemen untuk anjing yang memiliki manfaat yang sama, yang merupakan kabar baik bagi pemilik hewan peliharaan! Dengan memberi anjing Anda suplemen, Anda membantu mengobati penyakit dalam jangka pendek dan juga mendukung kesehatannya secara keseluruhan. Suplemen menjadi bagian utama dari program kesehatan di rumah untuk hewan peliharaan saya. Anjing tua milik saya menerima glukosamina, minyak ikan, dan probiotik setiap hari.

Jenis Suplemen untuk Anjing

Suplemen paling umum untuk anjing meliputi:

Glukosamina

Glukosamina merupakan gula amino yang dapat membantu memulihkan tulang rawan anjing dengan mengurangi inflamasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini paling efektif bila dikombinasikan dengan kondroitin. Kondroitin merupakan komponen tulang rawan yang membantunya menahan air dan menjaga elastisitas. Suplemen ini umumnya diresepkan untuk anjing yang menderita artritis dan nyeri sendi. 

Glukosamina, bila diberikan secara konsisten dalam jumlah yang cukup tinggi, dapat masuk ke ruang sendi. Suplemen ini bekerja secara khusus dengan mendukung struktur dan fungsi tulang rawan. Glukosamina merupakan bahan penyusun glikosaminoglikan, yang merupakan komponen penting tulang rawan. Glukosamina membantu produksi dan perbaikan jaringan ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa glukosamina juga memiliki efek antiinflamasi, yang dapat membantu meringankan nyeri dan kekakuan sendi.

Suplementasi glukosamina secara teratur dapat membantu memperlambat kerusakan tulang rawan pada persendian, sehingga berpotensi mencegah atau menunda perkembangan osteoartritis. Untuk anjing tua milik saya yang menderita displasia pinggul, glukosamina telah menjadi bagian dari rutinitas harian kami sejak diagnosis awalnya.

Minyak Ikan

Minyak ikan menjadi salah satu suplemen favorit saya yang diresepkan sebagai dokter hewan dan diberikan kepada anjing saya sendiri. Minyak ikan tidak hanya mendukung kesehatan kulit dan bulu, tetapi bukti telah menunjukkan bahwa minyak ikan juga bermanfaat bagi hewan peliharaan yang menderita penyakit jantung, osteoartritis, dan hipertrigliseridemia (umumnya terlihat pada ras seperti miniature schnauzer). Suplemen ini memiliki salah satu dari daftar manfaat kesehatan yang paling beragam: 

  • Sifat antiinflamasi: Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 (EPA dan DHA), yang memiliki sifat antiinflamasi. Mengurangi inflamasi dapat membantu meredakan nyeri dan kekakuan sendi, terutama pada anjing yang menderita artritis. 
  • Mendukung kesehatan jantung: Minyak ikan dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dengan membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan fungsi jantung secara keseluruhan. 
  • Kesehatan otak yang lebih baik: Minyak ikan penting untuk kesehatan otak dan dapat mendukung fungsi kognitif, terutama pada anjing yang lebih tua dan anak anjing. Asam lemak omega-3 DHA sangat penting untuk fungsi kognitif dan perkembangan otak. Hal ini terutama penting bagi anak anjing, karena otak mereka berkembang dengan cepat. Saat ini, DHA dianggap sebagai nutrisi utama dalam banyak makanan anak anjing.

Antioksidan

Antioksidan dapat mengurangi inflamasi, mencegah penyakit, dan mendukung organ dalam. Salah satu antioksidan yang paling sering saya gunakan dalam pengobatan darurat adalah N-asetilsistein. Ini merupakan antioksidan utama bagi hati dan dapat diberikan melalui suntikan atau secara oral. Kami bahkan menggunakannya untuk memecah lendir pada kasus pneumonia parah. Suplemen ini membantu detoksifikasi hati dan bahkan terbukti bersifat neuroprotektif dengan memodulasi neurotransmiter tertentu di otak.

Probiotik

Saya meresepkan probiotik setiap kali saya bekerja sebagai dokter hewan darurat. Anjing yang saya periksa pada umumnya mengalami gangguan pencernaan, dan probiotik sangat penting untuk meningkatkan kembali mikrobiom usus yang baik. 

Probiotik dapat diberikan kepada anjing Anda setiap hari atau sesuai kebutuhan untuk mengatasi tinja lunak/diare. Probiotik bahkan terbukti dapat membantu mengatasi kecemasan pada anjing. Saluran pencernaan memiliki sistem sarafnya sendiri dan merupakan bagian penting dari sistem imun pada anjing. Memberikan probiotik untuk mendukung mikrobiom usus menjadi bagian penting dari praktik saya sebagai dokter hewan darurat.

Suplemen Hati

S-adenosylmethionine (SAM-e) merupakan suplemen umum untuk mendukung fungsi hati. Pengobatan untuk penyakit hati pada anjing dan manusia sangat terbatas. SAM-e secara alami terdapat di dalam tubuh, membantu menjaga membran sel dan mengatur hormon. Jika hati tidak berfungsi dengan baik, dokter hewan akan merekomendasikan SAM-e untuk menjaga keseimbangan tubuh anjing Anda. 

Multivitamin

Multivitamin harian dapat mengisi kesenjangan nutrisi yang tidak dapat dipenuhi oleh suplemen lain untuk anjing Anda. Multivitamin sangat penting jika Anda memasak makanan anjing di rumah. Multivitamin merupakan cara yang baik untuk membantu memelihara kesehatan anjing dalam jangka panjang. 

Cara Memperkenalkan Suplemen pada Anjing

Beberapa suplemen dapat langsung diberikan tanpa perlu mengubahnya secara perlahan menjadi rutinitas harian hewan peliharaan Anda. Akan tetapi, jika Anda tidak yakin atau anjing Anda memiliki perut yang sensitif, sebaiknya mulailah secara perlahan. Minyak ikan, misalnya, harus diperkenalkan secara perlahan ke dalam makanan hewan peliharaan, karena dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal jika diberikan dalam jumlah besar. 

Sebaiknya, mulailah rutinitas suplemen baru secara perlahan. Campurkan suplemen ke dalam makanan anjing dan pantau dengan saksama reaksi awal selama satu atau dua minggu pertama.

Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Jika Anda tertarik untuk menambahkan suplemen ke dalam rutinitas harian anjing Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan. Mereka mungkin memiliki rekomendasi terkait suplemen mana yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan khusus anjing Anda. Saat memilih suplemen untuk anjing, pilihlah merek berkualitas tinggi yang didukung oleh dokter hewan. Beberapa suplemen untuk anjing memiliki strategi pemasaran yang sangat baik tetapi mungkin tidak memiliki standar pengendalian mutu tertinggi. 

Sebaiknya, berkonsultasilah dengan dokter hewan terkait pilihan suplemen agar Anda tidak kewalahan. Kebanyakan dokter hewan memiliki daftar suplemen yang direkomendasikan kepada kliennya berdasarkan tahap kehidupan anjing dan profil kesehatan tertentu. 

Referensi:

  1. Ratsch BE, Levine D, Wakshlag JJ. Clinical Guide to Obesity and Nonherbal Nutraceuticals in Canine Orthopedic Conditions. Vet Clin North Am Small Anim Pract. 2022;52(4):939-958. 
  2. Corsato Alvarenga I, Panickar KS, Hess H, McGrath S. Scientific Validation of Cannabidiol for Management of Dog and Cat Diseases. Annu Rev Anim Biosci. 2023;11:227-246. 
  3. Yang Q, Wu Z. Gut Probiotics and Health of Dogs and Cats: Benefits, Applications, and Underlying Mechanisms. Microorganisms. 2023;11(10):2452.