Apa itu Sabun Castile?

Sabun castile merupakan agen pembersih yang telah digunakan selama berabad-abad dengan manfaat luar biasa mulai dari mendukung tubuh yang sehat hingga menciptakan lingkungan yang sehat. Jika Anda mencari pembersih multiguna yang sempurna untuk keluarga Anda, pertimbangkanlah sabun castile.

Terbuat dari Apakah Sabun Castile?

Sabun castile seluruhnya terbuat dari lemak nabati. Umumnya terbuat dari minyak zaitun, sabun castile bisa dibuat dari minyak kelapa, minyak sawit, atau bahkan minyak biji hemp. Sabun castile memperoleh namanya dari Castile, Spanyol, sebuah wilayah yang kaya akan produksi minyak zaitun, di mana sabun ini dikatakan berasal dari Abad Pertengahan.

Secara historis, sabun dibuat dengan lemak hewani. Produk sabun modern dibuat dengan bahan sintetis yang mungkin bersifat keras bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif atau berusaha meminimalkan paparan bahan kimia.

Tidak seperti sabun lainnya, sabun castile sepenuhnya bersifat alami dan vegan karena dibuat tanpa bahan sintetis atau hewani. Dan karena sabun castile sangat lembut dan alami, sabun ini menjadi pilihan yang tepat sebagai bahan pembersih serbaguna untuk kesehatan, bersih-bersih, dan mandi.

Manfaat Sabun Castile

Bebas bahan kimia

Kebanyakan sabun saat ini dibuat dengan bahan sintetis dan buatan yang dapat memperburuk kulit sensitif. Sabun batang konvensional mungkin memiliki hingga 12 bahan berbeda, beberapa di antaranya mungkin merupakan bahan kimia keras yang dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Sebagai contoh, banyak produk sabun yang mengandung sodium lauryl sulfate atau SLS. SLS merupakan bahan kimia yang bertindak sebagai surfaktan. Surfaktan mengurangi tegangan permukaan antara dua cairan, yang membantu keduanya bercampur lebih mudah. Contohnya adalah pencampuran minyak dan air, yang tidak akan terjadi tanpa surfaktan seperti SLS yang sering digunakan untuk membuat sabun.

Penelitian menunjukkan bahwa SLS dapat mengiritasi kulit, menyebabkan kekeringan dan kemerahan bahkan pada orang-orang yang tidak memiliki kulit sensitif atau eksem. Bahan kimia sintetis lainnya, seperti cocamidopropyl betaine, juga dapat menimbulkan reaksi yang keras terhadap kulit.

Sebuah penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa cocamidopropyl betaine, surfaktan yang mirip dengan SLS, dikaitkan dengan dermatitis kontak alergi pada kelopak mata. Hal ini terlihat terutama saat peserta menggunakan pembersih wajah atau tubuh yang mengandung bahan kimia. Dermatitis kontak alergi ditandai dengan iritasi kulit, kemerahan, kekeringan, dan gatal.

Kondisi ini disebabkan oleh sistem imun yang bereaksi untuk melindunginya dari suatu zat, yang dianggap sebagai ancaman, yang diletakkan pada kulit.

Bahan sabun sintetis umum lainnya yang dapat menimbulkan kekhawatiran bagi orang-orang yang ingin mengurangi paparan bahan kimia dalam produk pembersih adalah wewangian. Dalam banyak produk sabun konvensional, wewangian sintetis ditambahkan untuk menciptakan aroma yang menyenangkan atau menutupi bau tak sedap.

Tanpa Pengharum

Selain pewangi tambahan, banyak sabun sintetis memiliki penstabil kimia atau bahan fungsional yang ditambahkan untuk mempertahankan atau menstabilkan keharuman produk. Tanpa bahan-bahan fungsional ini, produk jadi akan kehilangan aromanya seiring berjalannya waktu.

Wewangian telah dikaitkan dengan kondisi mulai dari eksem dan disfungsi imun hingga pubertas dini dan gangguan endokrin. Menurut International Fragrance Association, 3.619 bahan kimia yang berbeda digunakan sebagai wewangian dan bahan fungsional.

Sabun castile tidak menggunakan bahan kimia tambahan ini. Hal ini membuat sabun castile menjadi pilihan bebas bahan kimia yang dapat membantu melindungi dan memelihara kulit sensitif sekaligus mengurangi kemungkinan terjadinya dermatitis alergi. Ini juga membatasi jumlah bahan kimia yang digunakan pada tubuh, yang dapat membantu meningkatkan sistem imun dan endokrin yang sehat.

Ramah Lingkungan

Sabun castile juga bermanfaat bagi kesehatan lingkungan. Penelitian menghubungkan bahan kimia sintetis dalam sabun konvensional, seperti cocamidopropyl betaine, dengan toksisitas dalam kehidupan laut, seperti kematian ganggang laut tertentu. Penelitian lain menunjukkan bahwa bahan kimia ini dapat berdampak negatif pada seluruh ekosistem, dengan komponen bahan kimia sintetis yang didistribusikan melalui siklus air.

Karena sabun castile tidak mengandung bahan kimia keras atau sintetis apa pun, sabun ini tidak menyebabkan atau berkontribusi pada polusi kimia pada ekosistem yang rentan. Sabun ini juga dapat terurai secara hayati, sehingga tidak meninggalkan efek beracun bagi lingkungan.

Sabun Castile untuk Bersih-Bersih

Mencuci Buah dan Sayur

Menggunakan sabun castile untuk mencuci buah dan sayuran dari sisa-sisa pestisida merupakan cara yang tepat untuk membersihkan produk dengan aman. Cukup tambahkan satu sendok teh ke wastafel yang sudah diisi air, lalu bilas buah dan sayuran.

Pembersih Serbaguna

Sabun castile merupakan pembersih serbaguna yang lembut dan efektif. Artinya, sabun castile dapat digunakan di berbagai area tanpa takut memasukkan bahan kimia yang tidak diinginkan ke dalam rumah Anda atau merusak permukaan yang halus.

Sabun Cuci Piring

Mengganti sabun pencuci piring konvensional dengan sabun castile dapat menjaga piring yang dicuci dengan tangan tetap bersih sambil membantu mengurangi kekeringan pada tangan. Membersihkan tumpahan di meja dapur dengan sabun castile dapat menghilangkan kotoran tanpa meninggalkan sisa-sisa bahan kimia yang mungkin mengenai anak-anak atau secara tidak sengaja tertelan bersama makanan.

Detergen

Mencuci pakaian dengan sabun castile dapat membantu melindungi kulit sensitif dari bahan kimia dan wewangian yang tidak perlu. Karena sabun castile aman digunakan di mesin cuci, Anda dapat menggunakan 1/2 cangkir untuk cucian yang lebih banyak untuk membantu membersihkan pakaian tanpa menggunakan detergen yang keras.

Pembersih Permukaan

Sabun castile juga merupakan pembersih yang efektif untuk berbagai permukaan di kamar mandi. Sabun castile dapat membersihkan dinding, bak mandi, pancuran, wastafel, dan toilet tanpa detergen abrasif atau bahan kimia beracun. Tambahkan sedikit sabun castile ke dalam sedikit soda kue dan campur dengan air panas untuk pembersihan yang aman dan bebas bahan kimia.

Pembersih Lantai

Sabun castile juga dapat digunakan pada lantai untuk efek bersih berdecit dengan menambahkan 1/4 cangkir sabun castile ke dalam ember berisi air panas untuk membersihkan kotoran. Karpet juga bisa memperoleh manfaat dari pembersihan sabun castile dengan menggunakan sedikit sabun untuk menghilangkan noda. Akan tetapi, uji bagian karpet yang tersembunyi sebelum menggunakannya di seluruh ruangan. Namun, hindari pemakaian sabun castile pada lantai kayu berlilin karena berpotensi mengupas lilinnya.

Tambahkan Minyak Esensial

Menggabungkan sabun castile dengan beberapa tetes minyak esensial dapat membantu meningkatkan daya pembersihan sabun fantastis ini sambil menambahkan aroma bebas bahan kimia yang menyenangkan ke rumah Anda. Minyak esensial seperti minyak pohon teh, kayu putih, dan jeruk memiliki sifat antimikroba yang ampuh dan menenangkan yang dapat membantu melindungi rumah Anda tanpa toksisitas bahan kimia sintetis tambahan.

Sabun Castile untuk Mandi

Menenangkan Kulit yang Teriritasi

Dalam hal mengatasi kulit kering dan teriritasi, sabun castile merupakan juaranya. Sabun ini dapat membantu menenangkan kulit kering dan terbakar untuk pembersihan yang santai dan bebas bahan kimia. Karena sabun castile terbuat dari minyak nabati, sifat emoliennya yang berlimpah membantu menenangkan dan menenteramkan kulit melalui pembersihan yang lembut.

Minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak biji hemp mengandung beberapa vitamin, fitonutrien, dan antioksidan untuk membantu melindungi dan mendukung kesehatan kulit.

Sebuah penelitian menggunakan sel kulit manusia menemukan bahwa minyak zaitun memberikan manfaat yang signifikan untuk kulit yang berada di bawah tekanan. Penelitian ini menggunakan sel-sel kulit manusia yang menjadi sasaran hormon stres tingkat tinggi seperti adrenalin.

Tingkat hormon stres yang tinggi menyebabkan penipisan pelindung luar kulit dan menghilangkan kolagen dalam jumlah besar. Sel-sel tersebut kemudian diobati dengan minyak zaitun. Sel-sel yang diobati dengan minyak zaitun mengalami peningkatan produksi kolagen serta pemulihan lapisan luar (epidermis) dan lapisan dalam (dermis) kulit. Minyak nabati dalam sabun castile mungkin memiliki efek antipenuaan bagi kulit.

Mandi Busa

Karena sabun castile sangat lembut, melembapkan, dan berpotensi bermanfaat untuk kesehatan kulit dan umur panjang, sabun ini sangat cocok digunakan untuk berendam. Saat menggunakan sabun castile untuk berendam, tambahkan 1/2 cangkir sabun castile cair ke dalam air hangat. Jika ingin menikmati mandi busa, tambahkan 1/4 cangkir gliserin dan sabun ke dalam bak mandi. Menambahkan minyak esensial penghilang stres seperti lavender, clary sage, atau kamomil dapat membantu mengurangi stres sekaligus memberi nutrisi pada kulit.

Merendam Kaki

Sabun castile juga merupakan tambahan yang tepat untuk merendam kaki. Tambahkan 1-2 sendok teh sabun castile dan beberapa tetes minyak esensial ke dalam bak kecil berisi air hangat.

Pembersih Wajah yang Lembut

Sabun castile juga cukup lembut untuk digunakan pada wajah. Sabun mandi yang diformulasikan secara konvensional umumnya tidak dapat digunakan pada wajah. Hal ini dikarenakan sabun mandi biasanya diformulasikan dengan bentuk bahan kimia yang lebih keras atau lebih pekat dibandingkan sabun pencuci muka.

Formulasi yang lebih terkonsentrasi memungkinkan sabun mandi lebih efektif dalam menghilangkan kotoran yang menempel di tubuh dibandingkan sabun pencuci muka. Ini tidak berlaku bagi sabun castile. Karena sabun castile mengandung bahan yang sangat minim, yaitu minyak nabati dan zat alkali, sabun castile dapat diencerkan untuk melembutkan teksturnya sesuai kebutuhan.

Sampo Hewan Peliharaan

Sabun castile juga cukup aman untuk hewan peliharaan seperti anjing dan marmut. Karena terbuat dari minyak tumbuhan alami, bahan ini aman dan merupakan bahan pembersih yang lembut dan melembapkan.

Poin Penting

Sabun castile merupakan pembersih serbaguna yang lembut dan alami yang tidak beracun dan ramah lingkungan. Sabun nabati yang dapat terurai secara hayati ini merupakan bahan pokok rumah tangga untuk kesehatan, bersih-bersih, dan mandi.

Referensi:

  1. Ambrosio CMS, Diaz-Arenas GL, Agudelo LPA, Stashenko E, Contreras-Castillo CJ, da Gloria EM. Chemical composition and antibacterial and antioxidant activity of a citrus essential oil and its fractions. Molecules. 2021;26(10):2888. Published 2021 May 13. doi:10.3390/molecules26102888
  2. Deguchi H, Aoyama R, Takahashi H, Isobe Y, Tsutsumi Y. Harmful effects of synthetic surface-active detergents against atopic dermatitis. Case Rep Dermatol Med. 2015;2015:898262. doi:10.1155/2015/898262
  3. Endocrine Disruptors. National Institute of Environmental Health Sciences. Published 2022. https://www.niehs.nih.gov/health/topics/agents/endocrine/index.cfm 
  4. Heetfeld AB, Schill T, Schröder SS, et al. Challenging a paradigm: skin sensitivity to sodium lauryl sulfate is independent of atopic diathesis. Br J Dermatol. 2020;183(1):139-145. doi:10.1111/bjd.18564
  5. IFRA Transparency List. International Fragrance Association. Published 2022. 
  6. Marrakchi S, Maibach HI. Sodium lauryl sulfate-induced irritation in the human face: regional and age-related differences. Skin Pharmacol Physiol. 2006;19(3):177-180. doi:10.1159/000093112
  7. Oei HD. Eyelid dermatitis due to contact allergy to cocamidopropyl betaine. Journal of Allergy and Clinical Immunology. 2007;119(1). doi:10.1016/j.jaci.2006.12.163
  8. Olkowska E, Ruman M, Polkowska Z. Occurrence of surface active agents in the environment. J Anal Methods Chem. 2014;2014:769708. doi:10.1155/2014/769708
  9. Romana-Souza B, Monte-Alto-Costa A. Olive oil inhibits ageing signs induced by chronic stress in ex vivo human skin via inhibition of extracellular-signal-related kinase 1/2 and c-JUN pathways. Int J Cosmet Sci. 2019;41(2):156-163. doi:10.1111/ics.12520
  10. Sadlon AE, Lamson DW. Immune-modifying and antimicrobial effects of Eucalyptus oil and simple inhalation devices. Altern Med Rev. 2010;15(1):33-47.
  11. Vonlanthen S, Brown MT, Turner A. Toxicity of the amphoteric surfactant, cocamidopropyl betaine, to the marine macroalga, Ulva lactuca. Ecotoxicology. 2011;20(1):202-207. doi:10.1007/s10646-010-0571-3