Selama 10 tahun terakhir, popularitas bit semakin meningkat, khususnya dalam konteks suplemen dan kinerja, serbuk buah bit atau bit. Diskusi seputar serbuk buah bit umumnya melibatkan kegunaan suplemen ini untuk kinerja daya tahan dan potensi kinerja keseluruhan di ruang angkat beban. 

Jika Anda ragu untuk berinvestasi dalam serbuk buah bit, semoga artikel ini dapat membantu memberi arahan terkait topik ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa nitrat, nutrisi yang tinggi dalam serbuk buah bit, mungkin bermanfaat untuk kinerja daya tahan Anda, kesehatan secara keseluruhan, serta berpotensi pada kinerja Anda di ruang angkat beban. 

Penting untuk diperhatikan bahwa seperti suplemen lainnya, masih ada penelitian yang diperlukan untuk menarik definitif yang berlaku untuk semua terkait serbuk buah bit, sehingga kami akan melihat apa yang disoroti oleh penelitian saat ini lalu menyarankan ide yang sesuai.

Mengapa Bit dan Serbuk Buah Bit?

Bit dan serbuk buah bit dikenal karena komposisi nitratnya yang tinggi. Saat tubuh kita memiliki komposisi nutrisi yang lebih tinggi, maka secara umum, kemampuan kita untuk memproduksi oksida nitrat meningkat. Oksida nitrat merupakan molekul sinyal penting dan senyawa dalam tubuh yang membantu memfasilitasi beberapa mekanisme fisiologis. 

Di dalam tubuh, oksida nitrat dapat berperan dalam berbagai proses dan salah satu yang paling umum termasuk berfungsi sebagai sarana untuk membantu tubuh dengan vasodilatasi dan vasokonstriksi. Jika tubuh dapat secara tepat melebarkan dan menyempitkan pembuluh darah, maka pembuluh darah dapat secara efisien mengangkut nutrisi, mengatur tekanan darah, dan merangsang pelepasan hormon tertentu.

Bit dapat dikonsumsi sebagai sayuran utuh, atau sebagai suplemen dalam bentuk serbuk, pil, cair, atau bahkan bergetah. Saat berbicara soal latihan, serbuk buah bit merupakan bentuk yang paling sering digunakan. 

Mengapa Serbuk Buah Bit Bermanfaat untuk Menunjang Latihan?

Dalam konteks olahraga, jika tubuh kita bisa lebih efisien dalam vasodilatasi dan vasokonstriksi, maka akan lebih baik untuk mengangkut nutrisi seperti oksigen dan senyawa pengoptimal latihan lainnya seperti glukosa dengan lebih efisien.

Saat melakukan latihan ketahanan, jika kita dapat mengangkut senyawa ini lebih cepat dan lebih efisien, maka, secara teori, kita akan dapat memperpanjang aktivitas kita dan berpotensi menunda timbulnya kelelahan. Jika kita tidak bisa mendapatkan oksigen ke otot kita dengan lebih efisien, maka kita mungkin akan mengalami kelelahan yang nantinya membatasi kinerja kita. 

Di gym, ketika tubuh kita mampu mengangkut nutrisi dengan lebih efisien, maka kita dapat "melatih otot" dengan lebih baik yang pada dasarnya merupakan gagasan untuk menciptakan adaptasi dengan latihan ketahanan yang menghasilkan respons hipertrofik yang lebih baik di dalam otot. Jika otot kita dapat mengirimkan bahan bakar dan oksigen dengan lebih efisien, maka kita mungkin dapat melatihnya lebih lama, yang secara teori dapat membantu kita membawanya ke tingkat ketegangan mekanis yang lebih tinggi yang diperlukan untuk hipertrofi otot.

Manfaat Serbuk Buah Bit

Di bawah ini, kita akan membahas dua manfaat dari serbuk buah bit untuk latihan dan mendiskusikan apa yang disarankan oleh beberapa penelitian saat mengonsumsi serbuk buah bit untuk meningkatkan kinerja latihan.

1. Berpotensi Meningkatkan Kinerja Daya Tahan

Manfaat pertama, dan bisa dibilang sebagai manfaat terbesar dari serbuk buah bit, adalah potensinya untuk meningkatkan kinerja daya tahan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa serbuk buah bit mungkin memiliki manfaat kecil untuk hasil kinerja daya tahan dan berteori bahwa hal ini dikarenakan kemampuan serbuk buah bit untuk meningkatkan transportasi oksigen.

Sebuah studi menunjukkan bahwa suplementasi jus buah bit membantu mengurangi kebutuhan oksigen selama latihan intensitas sedang dan tinggi. Selain itu, jus buah bit juga diyakini dapat membantu menunda timbulnya kelelahan untuk populasi penelitian.

Dalam penelitian ini, peserta dibagi menjadi dua kelompok, dan satu kelompok mengonsumsi 500ml/hari jus buah bit, sedangkan kelompok lainnya mengonsumsi plasebo. Mereka kemudian diuji dengan latihan intensitas sedang dan tinggi pada hari ke 4-6. Para penulis mencatat bahwa kadar nitrat darah meningkat pada kelompok yang mengonsumsi jus buah bit pada hari ke 4-6.

2. Berpotensi Meningkatkan Kemampuan Kita untuk Menangani Latihan Intensitas Tinggi

Manfaat lain yang mungkin Anda rasakan dengan mengonsumsi serbuk buah bit adalah serbuk ini dapat membantu tubuh kita menciptakan kontraksi otot yang lebih efisien. Jika tubuh kita dapat lebih efisien dalam menciptakan kontraksi otot intensitas tinggi, maka sudah dipastikan kita dapat memperpanjang waktu latihan dengan intensitas yang tinggi. 

Sebuah penelitian yang memiliki aliran yang mirip dengan penelitian di atas melihat bagaimana jus buah bit memengaruhi penyerapan oksigen paru dan metabolisme otot selama latihan intensitas rendah dan tinggi. Peserta penelitian mengonsumsi jus buah bit, kemudian mengikuti sesi latihan intensitas rendah dan tinggi pada hari ke 4-6 dalam bentuk tes langkah.

Dalam latihan intensitas rendah, jus buah bit diyakini membantu melemahkan penurunan kadar fosfokreatin otot, dan dalam latihan intensitas tinggi, jus bit dipercaya mampu memperlambat waktu kelelahan.

Ini bisa menjadi informasi yang berguna bagi para atlet dan lifter yang secara teratur berpartisipasi dalam sesi latihan intensitas tinggi yang menampilkan diri mereka sebagai aktivitas yang berulang. Sebagai contoh, pada dua penelitian di atas, penulis menggunakan tes langkah. Di gym, ini bisa terlihat seperti set repetisi yang lebih tinggi di mana kita menuntut otot berkontraksi beberapa kali guna menciptakan adaptasi pelatihan yang positif. 

Penting untuk diperhatikan bahwa kedua penelitian di sini melihat populasi yang lebih kecil dan penelitian yang lebih besar diperlukan untuk menarik kesimpulan atau pernyataan definitif yang menunjukkan bahwa serbuk buah bit mampu memberikan manfaat bagi semua orang. Serbuk buah bit mungkin memiliki manfaat peningkatan kinerja, tetapi itu tidak akan menggantikan rencana pelatihan yang dipikirkan secara matang dan upaya yang konsisten. 

Kapan Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Serbuk Buah Bit

Disarankan untuk mengonsumsi serbuk buah bit antara 1-3 jam sebelum berolahraga. Dikatakan bahwa saat inilah kadar nitrat darah memuncak karena konsumsi nitrat. 

Jika Anda mencoba mengoptimalkan konsumsi serbuk buah bit, maka bereksperimen dalam jangka waktu ini akan menjadi hal yang cerdas dan rasional. Berikan jeda waktu karena tubuh setiap orang akan mencerna serbuk buah bit pada tingkat yang berbeda, jadi bereksperimenlah untuk melihat waktu terbaik bagi Anda. 

Mungkin akan sangat berguna jika Anda bereksperimen dengan waktu konsumsi yang berbeda dan cara mengonsumsi jus buah bit, yang akan kita bahas di bawah ini. Kedua hal ini dapat dipengaruhi oleh gaya pelatihan yang Anda lakukan. Misalnya, jika Anda tidak suka mengonsumsi apa pun sebelum sesi latihan berat, Anda mungkin ingin mengonsumsi serbuk buah bit jauh sebelum sesi latihan dimulai.

Cara Mengonsumsi Serbuk Buah Bit 

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi serbuk buah bit. Cara yang paling umum adalah dengan meminumnya sebagai minuman kocok murni yang dicampur dengan sejumlah air yang disarankan pada suplemen serbuk buah bit yang Anda gunakan. 

Yang kedua adalah mencampurnya dengan minuman kocok untuk menambah rasa dan nutrisi. Di bawah ini merupakan resep bubuk bit kocok cepat bagi yang ingin menambahkan bubuk bit ke dalam minuman kocok standar.

Resep Minuman Kocok Serbuk Buah Bit Berprotein

 Bahan-bahan:

Petunjuk:

Blender semua bahan jadi satu hingga halus.

Minuman kocok ini memiliki rasa yang enak dan dikemas dengan nutrisi tambahan, protein, serta nitrat yang juga secara alami terkandung dalam bayam. 

Catatan Akhir

Serbuk buah bit dapat menjadi alat dengan potensi yang luar biasa untuk kebutuhan dan keinginan pelatihan Anda. Dengan manfaat yang diusulkan untuk kinerja daya tahan serta manfaat kesehatan lainnya, serbuk buah bit dapat menjadi alat buah gantung rendah yang ampuh untuk diterapkan dalam pelatihan mingguan Anda.

Sebelum mengonsumsi suplemen baru dalam rejimen Anda, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan ahli medis masing-masing terlebih dulu.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5295087/  
  2. https://jissn.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12970-017-0204-9