Tahukah Anda bahwa Anda tidak hanya memiliki mikrobioma, Anda juga memiliki hubungan antara usus-estrogen yang disebut estrobolome, yang memiliki peran menarik dalam kesehatan dan kesejahteraan Anda? Penelitian yang semakin meningkat menunjukkan dampak mikroflora usus pada status estrogen dan kesehatan bagi pria dan wanita.

Pada titik tertentu dalam hidup, Anda mungkin sudah menyadari beberapa hubungan antara kesehatan usus dan hormon dalam bentuk kembung pramenstruasi. Tetapi apakah Anda pernah mempertimbangkan bahwa jerawat, nyeri haid, PMS, PCOS, endometriosis, atau fibroid dapat dikaitkan tidak hanya dengan hormon Anda, tetapi juga sesuatu yang terjadi di usus Anda? 

Kesehatan Usus: Fondasi Anda

Mari kita mulai dengan membahas mikrobioma usus terlebih dulu—pemain utama dalam setiap aspek kesehatan, berat badan, kesehatan imun, dan kesejahteraan mental kita. Kita cenderung menganggap usus terpisah dari setiap area tubuh kita padahal sebenarnya, semuanya terhubung dengan usus.  

Terkadang kita mungkin mengalami ketidakseimbangan mikrobioma usus yang pada akhirnya berdampak negatif pada estrobolome kita. Idealnya, kita menginginkan bakteri usus yang sehat serta beragam dalam jumlah besar. Selain itu, kita ingin menjaga agar jumlah mikroba usus yang tidak sehat tetap rendah. 

Anda dapat melihat usus Anda sebagai taman usus. Untuk mengoptimalkan kesehatan usus, tindakan pertama yang hendak Anda lakukan adalah mencabut rumput liar untuk mempersiapkan kebun atau usus. Apakah itu rumput liar? Makanan yang diolah dan diproses dengan kadar gula tinggi, rendah serat, mengandung minyak industri yang tidak sehat seperti canola atau minyak sayur, merupakan makanan sampah, atau makanan cepat saji. Makanan ini, khususnya gula, benar-benar memberi makan hama usus yang tidak sehat. Mikroflora buruk ini memiliki efek merugikan pada setiap area kesehatan dan berat badan kita. Mereka membutuhkan makanan beracun ini untuk berkembang dan bertahan hidup. Hama usus yang sehat memerlukan serat prebiotik (prebiotik merupakan serat yang tak dapat dicerna oleh tubuh Anda tetapi dapat membantu bakteri baik berkembang di usus) atau keragaman tanaman seperti bubuk prebiotik, tepung kentang, dan makanan seperti kacang-kacangan, pisang, sawi putih, bawang bombay, daun bawang, artichoke, alpukat, pisang mentah, cokelat hitam, bawang putih, asparagus, apel, dandelion hijau, dan banyak lagi. 

Jadi, setelah Anda berhenti memberi makan hama usus yang tak sehat atau “menarik rumput liar”, kini saatnya untuk “menanami kebun usus Anda” dengan probiotik. Probiotik merupakan bakteri sehat dari makanan yang difermentasi atau dibudidayakan antara lain seperti yoghurt, kimchi, zaitun, acar, keju cottage, natto. Ini merupakan bakteri yang diperlukan untuk menyeimbangkan hormon, sistem imun, berat badan, dan banyak lagi.

Terakhir, kita harus “memupuk kebun usus kita” dengan serat prebiotik yang disebutkan di atas yang diperoleh dari tanaman atau suplemen. Sekarang taman usus Anda sudah seimbang dan sehat—begitu juga hormon Anda.

Apa Itu Estrobolome?

Estrogen memainkan berbagai peran penting dalam tubuh manusia, termasuk memengaruhi pengaturan lemak tubuh, fungsi reproduksi wanita, kesehatan jantung, kesehatan tulang, dan bahkan kesehatan kognitif seperti memori. 

Penelitian yang muncul telah menunjukkan adanya hubungan antara usus-estrogen yang disebut sebagai estrobolome. 

Apa itu Hubungan Usus-Estrogen?

Usus kita memainkan peranan pokok dalam pengaturan hormon—seperti estrogen—di dalam tubuh untuk pria dan wanita. Faktanya, kita memproduksi estrogen 24 jam sehari. Estrobolome memengaruhi aktivitas estrogen dan karenanya, terdapat risiko penyakit seperti kanker payudara, endometriosis, kanker prostat, dan kanker yang digerakkan oleh estrogen lainnya. Tubuh secara alami mendetoksifikasi estrogen. Hati kemudian menyiapkan estrogen dalam bentuk yang mudah dihilangkan melalui ginjal. Terkadang proses ini dicegah oleh aktivitas mikrobioma usus.

Mikrobioma usus memiliki peran penting dalam metabolisme estrogen yang berimplikasi pada banyak keadaan penyakit seperti kanker payudara karena estrogen itu sendiri dapat mendorong pertumbuhan sel kanker. Telah ditemukan bahwa disbiosis, gangguan mikroba usus mungkin berperan di dalamnya. Kadar estrogen yang sehat mendorong usus yang sehat dan sebaliknya. Tetapi, inilah peringatannya: estrobolome hanya dapat berfungsi dengan baik jika mikrobioma kita sehat serta mengandung jenis dan keragaman mikroba usus yang tepat.

Anda dapat memproduksi estrogen dari makanan nabati seperti biji rami, sayuran hijau, legum (mis., lentil, kacang arab, tahu). Semua ini mengandung senyawa yang disebut fitoestrogen, senyawa tanaman alami yang secara struktural atau fungsional mirip dengan estrogen kita sendiri. 

Satu catatan penting: kesehatan mulut merupakan bagian dari mikrobioma kita dan dipengaruhi oleh ketidakseimbangan estrogen, jadi penting sekali untuk menjaganya. Saat Anda mendukung kesehatan mikrobioma, artinya Anda telah mendukung kesehatan mulut, estrobolome Anda, dan sebaliknya. 

Faktor Apa yang Mengganggu Estrobolome?

Usus merupakan faktor terpenting untuk metabolisme dan detoksifikasi estrogen yang sehat. Faktor pola makan dan gaya hidup tertentu yang umumnya diketahui mengganggu mikrobioma usus adalah pola makan secara keseluruhan, ketidakseimbangan glukosa darah, antibiotik, asupan gula, kekurangan sayuran, kekurangan probiotik dan prebiotik, konsumsi alkohol berlebih, kurang olahraga, kurang tidur, dan stres kronis. 

Hormon estrogen dan progesteron memengaruhi cara sel-sel Anda merespons insulin. Dengan ketidakseimbangan dalam usus, estrobolome melepaskan sejumlah besar enzim tertentu, beta-glukuronidase, yang menyebabkan estrogen buruk terus-menerus beredar di seluruh sistem Anda. 

Perubahan pola makan dengan suplemen yang ditargetkan diketahui secara positif memengaruhi dan menyeimbangkan mikrobioma usus secara keseluruhan. Nutraceutical, probiotik, dan tumbuhan tertentu dapat digunakan untuk meningkatkan mikrobioma yang sehat dan protektif yang mampu mendukung metabolisme dan ekskresi estrogen.

5 Suplemen untuk Estrobolome yang Sehat

  1. Dukungan probiotik: Bakteri sehat yang diperlukan untuk kesehatan usus yang optimal dan kesehatan yang optimal secara keseluruhan
  2. Dukungan prebiotik: Serat yang benar-benar memberi makan bakteri usus yang sehat
  3. Kalsium D-glucarate: Membantu meningkatkan dan mengoptimalkan jalur detoksifikasi estrogen untuk metabolisme estrogen yang efektif dan seimbang
  4. Diindolylmethane (DIM): Bahan aktif dari sayuran silangan (seperti kubis, kembang kol, dan brokoli) yang membantu mendetoksifikasi estrogen buruk secara maksimal dibandingkan dengan estrogen baik 
  5. Sulforafana: Senyawa aktif yang juga ditemukan dalam brokoli dan sayuran silangan yang membantu proses detoksifikasi estrogen dan senyawa anti-penuaan

Suplemen untuk Menyeimbangkan Gula Darah

  1. Magnesium glisinat: Membantu menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan pembersihan estrogen yang sehat. Magnesium diperlukan untuk sebagian besar proses biokimia dalam tubuh manusia.
  2. Gurmar: Tanaman tropis yang berarti “penghancur gula” yang telah digunakan di India untuk mengobati diabetes selama lebih dari 2000 tahun. Menjaga keseimbangan glukosa merupakan komponen utama dari hubungan antara usus-estrogen.
  3. Peria: Peria dapat membantu mengurangi glukosa darah dan meningkatkan produksi empedu yang diperlukan untuk mengeluarkan kelebihan estrogen (dan lemak) dari hati dan kandung empedu.
  4. Kayu manis: Menyeimbangkan kadar gula darah yang membantu mengoptimalkan estrobolome Anda
  5. Berberin: Tanaman herbal yang secara ampuh mengurangi glukosa dan insulin sambil menyeimbangkan kembali hormon
  6. Resveratrol: Fitoestrogen yang membantu menyeimbangkan estrogen dalam tubuh serta berfungsi sebagai antioksidan yang kuat
  7. Jamur Maitake: Membantu menstabilkan kadar hormon dalam tubuh
  8. Jamur Reishi: Dapat membantu fungsi hati dan pembuangan racun sintetis berbahaya dari tubuh. Semakin sedikit racun dalam tubuh/usus, semakin sehat estrobolome Anda.
  9. Cordyceps: Membantu menyeimbangkan hormon seperti estrogen dan progesteron, sambil mendukung kelenjar adrenal dan keseimbangan gula darah Anda

Suplemen untuk Menyeimbangkan Kesehatan Hormon Secara Keseluruhan

  1. Cohosh hitam: Fitoestrogen yang menyeimbangkan semua kadar estrogen dengan menghilangkan estrogen buruk dan mengurangi efek estrogen buruk
  2. Pohon chaste: Dapat membantu menyeimbangkan hormon secara keseluruhan. Beri mengandung senyawa serupa hormon yang bereaksi dengan baik terhadap kelenjar pituitari.
  3. Ginseng India: Membantu dalam menyeimbangkan sumbu HPA. Sumbu HPA menghasilkan dan melepaskan berbagai hormon, termasuk kortisol, yang memulai respons tubuh Anda terhadap stres. Kelebihan kortisol dapat berdampak negatif pada kesehatan usus, gula darah, peradangan, dan banyak lagi.
  4. Biji Nigella (minyak/biji jintan hitam): Mengandung senyawa tanaman yang disebut timokuinon. Penelitian telah menemukan bahwa senyawa ini memiliki dampak yang kuat pada keseimbangan estrogen, khususnya memberikan bantuan selama menopause. 
  5. Minyak/biji rami: Mengandung lignan yang merupakan senyawa seperti serat yang dapat membantu mendukung mikrobioma usus. Mikroba usus mengubah lignan menjadi senyawa yang memiliki efek penyeimbang estrogen.

Poin Penting

Ada banyak tanaman herbal atau suplemen yang baik untuk segala hal yang berhubungan dengan hormon. Penting sekali untuk menentukan jenis ketidakseimbangan hormon yang mungkin Anda miliki melalui panel hormon dan memastikan pilihan gaya hidup sehat seperti pola makan anti-inflamasi yang kaya akan nutrisi dan serat yang akan membantu mengoptimalkan kesehatan usus dan kesehatan estrobolome.

Memilih makanan utuh, bukan makanan ultra-olahan seperti kue, kukis, keripik, makanan cepat saji, dll. yang hanya akan memperburuk kesehatan usus (ingatlah, Anda memberi makan mikroflora usus yang tidak sehat dengan makanan ini dan akhirnya, estrobolome Anda). Pilihan gaya hidup sehat lainnya juga memiliki peranan yang kuat seperti berolahraga secara teratur, menghindari gula tambahan, minum air putih, makan lebih banyak buah dan sayuran, lebih sering berdiri ketimbang duduk terus, menjaga berat badan yang sehat, mendapatkan tidur yang berkualitas, serta mengurangi stres kronis. Pilihan sehat yang Anda buat setiap harinya tidak sekadar mengoptimalkan kesehatan usus dan kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga kesehatan estrobolome Anda.