Tidak ada diagnosis medis resmi yang dikenal sebagai "kabut otak." Namun, ini adalah masalah yang sering dikonsultasikan dengan dokter. Dalam praktik saya sendiri, pasien telah menggambarkan tidak merasa seperti diri mereka sendiri, atau mengalami kesulitan membuat keputusan yang relatif sederhana. Saya perhatikan bahwa banyak orang yang melaporkan gejala seperti itu juga mengalami masalah pencernaan, termasuk kembung, diare, dan terkadang sembelit — tidak jarang bagi mereka yang memiliki kabut otak memiliki sindrom iritasi usus besar atau usus bocor. Dalam banyak kasus, ini sebenarnya bisa menjadi penyebab kabut otak.

Gejala Umum Kabut Otak

  • Kurangnya kejernihan mental
  • Ingatan buruk
  • Terjadi masalah saat memproses informasi
  • Kelelahan, baik mental maupun fisik
  • Depresi dan kecemasan

Kondisi medis yang umumnya terkait atau berkontribusi pada kabut otak (Dari yang paling umum hingga yang paling tidak umum)

  • Sindrom iritasi usus besar/usus bocor
  • Diet yang buruk 
  • Efek samping obat
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Anemia defisiensi besi
  • Kehamilan
  • Perubahan hormonal
  • Apnea tidur
  • Sklerosis ganda
  • Fibromialgia
  • Penyakit Alzheimer
  • Penyakit Parkinson

Langkah 1: Menyembuhkan Usus

Seringkali penyebab kabut otak adalah usus bocor. Berfokus pada kesehatan usus dan memastikan bahwa Anda menghindari makanan yang membuat Anda sensitif adalah alat manajemen kesehatan yang penting. Seseorang dengan masalah pencernaan harus mempertimbangkan untuk membuat buku harian makanan untuk menentukan makanan mana yang menyebabkan reaksi.

5 Rs Untuk Kesehatan Usus

Para dokter yang mempraktikkan pengobatan integratif dan holistik menggunakan 5 Rs untuk mengoptimalkan kesehatan usus dan keanekaragaman hayati usus: Hapus, Ganti, Reinokulasi, Perbaiki, dan Seimbangkan.

Hilangkan – Keluarkan makanan yang Anda sensitif dari diet Anda. Penyebab paling umum adalah susu, gandum (gluten), kedelai, jagung, dan produk terkait jagung seperti sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS). Gula, karbohidrat sederhana, pasta, roti, makanan olahan, dan alkohol juga dapat mengiritasi lapisan usus, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bagi sebagian orang, menghilangkan pemanis buatan tertentu (aspartam, sakarin, sucralose) dari makanan dapat membantu karena berpotensi mengurangi bakteri usus yang menguntungkan dan dapat menyebabkan gejala diare, kembung, dan gas.. 

Ganti enzim/HCL (asam klorida) - Beberapa yang ingin meningkatkan pencernaan akan melengkapi dengan betaine HCL dan/atau pankreas enzim pencernaan. Jika pola makan yang buruk menyebabkan refluks asam, perbaikan nutrisi harus dilakukan sebelum upaya apa pun untuk mengurangi pengobatan. Mengurangi ketergantungan pada pereduksi asam, seperti penghambat H2 (ranitidine, famotidine) dan penghambat pompa proton (omeprazole, esomeprazole, pantoprazole), mungkin bermanfaat karena potensi efek kesehatan jangka panjangnya. Jika Anda telah menggunakan obat-obatan ini selama lebih dari beberapa bulan, Anda mungkin perlu menghentikannya dari waktu ke waktu. (CATATAN: Jangan menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Ada beberapa kondisi medis yang manfaatnya mungkin lebih besar daripada risikonya). 

Reinokulasi – Mengisi kembali usus dengan bakteri menguntungkan. Contoh bakteri sehat antara lain: laktobasilusacidophilus, dan bifidobakteri. Mengkonsumsi suplemen probiotik dengan dosis lima hingga 50 miliar unit sekali atau dua kali sehari mungkin bermanfaat. Selain bakteri, ragi bermanfaat yang disebut saccharomyces boulardi juga dapat membantu memulihkan keseimbangan usus dan keragaman mikroba. 

Namun, mengonsumsi suplemen ini tanpa memperbaiki pola makan Anda tidak akan membantu dalam jangka panjang. Saat kita makan makanan bergizi, kita juga membiarkan bakteri dan ragi sehat berkembang biak di usus kita.

Perbaikan - Perubahan pola makan dianjurkan untuk membantu menyembuhkan usus bocor. Praktik diet berikut mungkin membantu::

Penyeimbangan kembali – Buat perubahan gaya hidup yang positif. Berlatih perhatian dan latihan pernapasan. Berpartisipasi dalam kegiatan yang mengurangi stres seperti mediasi, yoga, dan olahraga setiap hari. Anda juga dapat minum teh santai setiap malam sebelum tidur seperti teh herbal valerian atau kamomil

Langkah 2: Puasa

Puasa adalah menghindari makanan dengan sengaja untuk tujuan meningkatkan kesehatan fisik dan mental atau mencari keuntungan spiritual. Ada berbagai cara untuk berpuasa, tetapi kebanyakan yang melakukannya akan mengkonsumsi air putih, tanpa pemanis teh, atau kopi untuk menjaga hidrasi.

Selama puasa, beberapa orang mungkin hanya melewatkan waktu makan seperti sarapan, sementara yang lain akan berpuasa selama satu hari atau lebih. Puasa intermiten dilakukan dengan tidak makan selama 12 hingga 18 jam per hari (waktu tidur hampir selalu menjadi bagian dari jam puasa) sambil memastikan untuk makan dalam jangka waktu enam hingga 12 jam. Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas lebih mendetail tentang manfaat puasa.

Langkah 3: Aktivitas Harian

Terlibat dalam aktivitas fisik penting untuk memastikan pikiran dan tubuh yang sehat. Manusia dibuat untuk bergerak, tetapi sayangnya, banyak orang di seluruh dunia menderita “penyakit duduk”, gaya hidup tidak aktif di mana olahraga tidak rutin dilakukan. Ini tidak hanya menyebabkan otot, tendon, dan tulang rapuh menjadi lemah, tetapi juga memori yang buruk dan kesehatan usus yang terganggu. Aktivitas fisik yang teratur menyebabkan tubuh membuat BDNF (brain-derived neurotrophic factor), protein yang penting dalam pembentukan memori baru dan menjaga otak tetap tajam.

Langkah 4: Fokus Pada Tidur

Mendapatkan tidur yang berkualitas penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan kejernihan mental. Kebanyakan orang membutuhkan enam sampai delapan jam tidur tanpa gangguan - menghindari makan tiga jam sebelum tidur dan tidak minum minuman berkafein setelah makan siang mungkin bisa membantu. 

Terkadang masalah kesehatan tertentu dapat menghambat istirahat. Misalnya, sleep apnea, yang paling sering terjadi pada mereka yang kelebihan berat badan dan obesitas tetapi dapat menyerang siapa saja, cukup umum. Mereka dengan kondisi ini mengalami ratusan episode "bangun" di malam hari karena ketidakmampuan otak untuk mendapatkan oksigen yang cukup. Sleep apnea meningkatkan risiko kelelahan, kabut otak, kantuk di siang hari, tekanan darah tinggi, dan bahkan serangan jantung. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika kemungkinan terjadi sleep apnea. 

Bagi mereka yang sering menderita insomnia, melatonin kadang membantu. 

Langkah 5: Sinar matahari

Manusia telah mengandalkan matahari — dan energi yang diberikannya — sejak awal waktu. Namun, selama beberapa dekade terakhir, banyak orang mulai menganggap matahari sebagai bahaya serius.

Akibat ketakutan ini, vitamin D kekurangan telah menjadi epidemi. Bahkan di California Selatan, tempat saya tinggal, empat dari lima pasien kekurangan vitamin yang dihasilkan sinar matahari ini. Saya merasa aneh bahwa dalam upaya untuk mencegah kanker kulit, yang sebagian besar tidak mematikan, kami menghindari sinar matahari. Ironisnya, kita sekarang menyadari bahwa kadar vitamin D dalam darah yang lebih rendah sebenarnya merupakan faktor risiko penyakit kronis yang lebih berbahaya. 

Langkah 6: Suplemen

Di bawah ini kita akan membahas vitamin, adaptogen, dan nootropik tertentu yang diambil beberapa orang dalam upaya membantu kesehatan, energi, dan kejernihan mental secara keseluruhan. 

Vitamin

Multivitamin – ambil seperti yang diarahkan pada label

Vitamin C – antioksidan kuat. Dosis yang disarankan: 500 hingga 1.000 mg per hari

Vitamin D – 1,000 to 5,000 IU per hari

Melatonin – 3 sampai 10 mg 2-3 jam sebelum tidur

Adaptogen

An adaptogen  adalah zat herbal yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh stresor lingkungan dan kimia. 

Ashwagandha – Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ashwagandha dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan daya tahan. Sebuah studi tahun 2015 terhadap atlet di Ayu menunjukkan bahwa ashwagandha dapat membantu meningkatkan daya tahan dan meningkatkan kualitas hidup. Dosis yang disarankan: 500 mg sekali atau dua kali sehari

Licorice (DGL atau licorice deglycyrrhizinated) – Ketika kebanyakan memikirkan licorice, permen - bukan ramuan - muncul di benak. Namun, penelitian telah menunjukkan manfaat ramuan selama beberapa dekade, dan memainkan peran penting dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok, di mana ia sering digunakan untuk mereka dengan kelelahan adrenal, kondisi umum, terkait dengan kabut otak, pada wanita. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa licorice dapat membantu menyeimbangkan hormon pada wanita dengan gejala yang berhubungan dengan menopause. Ketidakseimbangan hormon adalah kemungkinan penyumbang kabut otak. 

Panax Ginseng- Diambil untuk sejumlah besar kondisi medis, tanaman Korea ini telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun. Ginseng dapat membantu meningkatkan kesehatan saraf dan fungsi otak, menurut sebuah studi tahun 2018 di Alzheimer's Research & Terapi. Dapat dikonsumsi sebagai suplemen, rempah-rempah herbal, dan teh. 

Rhodiola - Ramuan ini membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh stres lingkungan dan iklim. Sebuah studi tahun 2009 di Chinese Journal of Integrative Medicine menyimpulkan, “Suplemen herbal gabungan rhodiola dan ginkgo dapat meningkatkan kinerja daya tahan dengan meningkatkan konsumsi oksigen dan perlindungan terhadap kelelahan.” Ini mungkin bermanfaat bagi seseorang yang mengalami kebodohan mental. 

Nootropics

Nootropic adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan apa yang disebut "obat pintar" atau "suplemen pintar" yang secara positif dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan membantu kejernihan mental. Menurut sebuah studi tahun 2016 di Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, nootropics dapat meningkatkan memori, kewaspadaan, kreativitas, dan perhatian. Ini mungkin berguna bagi seseorang dengan kabut otak. 

Nootropics umum termasuk ekstrak artichokebacopa monnieriforskolinginkgo bilobagotu kolaL-theanine, panax ginsengKunyit, dan xantin. Semua sudah dibahas di artikel sebelumnya. Namun, di sini kita akan membahas beberapa di bawah ini secara lebih rinci.

Bacopa monnieri 

Secara tradisional digunakan dalam pengobatan Ayurveda karena manfaatnya untuk meningkatkan daya ingat, bacopa telah menjadi lebih sering digunakan selama dekade terakhir di luar India, karena penelitian yang menunjukkan keefektifannya. 

Sebuah studi tahun 2012 dalam Pengobatan Pelengkap dan Alternatif Berbasis Bukti memberi kesimpulan,

 “…Bacopa monnieri dapat meningkatkan perhatian, pemrosesan kognitif, dan memori kerja….” 

Selain itu, sebuah studi metaanalisis 2014 (sebuah studi yang melihat beberapa studi gabungan) menyimpulkan, “Bacopa monnieri memiliki potensi untuk meningkatkan kognisi, terutama kecepatan perhatian”. Demikian pula, sebuah studi tahun 2016 menyimpulkan bahwa “peningkatan yang signifikan secara statistik terlihat pada tes yang berkaitan dengan fungsi kognitif dengan penggunaan Bacopa monnieri.” Dosis yang disarankan: Seperti yang diarahkan pada label

Forskolin

Forskolin adalah ramuan yang digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Tumbuh secara tradisional di Thailand, Nepal, dan India, ekstrak herbal ini berasal dari tanaman yang disebut coleus forskohlii, yang termasuk dalam keluarga mint. Forskolin meningkatkan kadar AMP siklik (cAMP) tubuh, zat kimia penting yang membantu sel, termasuk sel otak, untuk berkomunikasi dan mengirim pesan satu sama lain. 

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan bahwa forskolin meningkatkan protein tertentu di otak yang membantu meningkatkan sel-sel otak untuk beregenerasi, meningkatkan memori. Sebuah studi tahun 2017 di Neural Regeneration Research menunjukkan bahwa forskolin dapat membantu melindungi otak dari degenerasi saraf dan kerusakan akibat racun. Dosis yang disarankan: Seperti yang diarahkan pada label

Gotu Kola

Gotu Kola, juga dikenal sebagai centella asiatica atau asiatic pennywort, adalah sayuran herbal berdaun hijau yang biasa dikonsumsi di seluruh Asia. Ini telah disebut "ramuan pencerahan", dan penggunaannya dijelaskan dalam teks medis Ayurveda dan Taois kuno.

Sebuah studi tahun 2017 di Neuroscience Letter juga menunjukkan bahan aktif dalam pegagan meningkatkan saraf otak dan membantu menjaga daya ingat. Sekali lagi, ramuan ini mungkin bermanfaat bagi seseorang yang ingin meningkatkan kejernihan mental. Dosis yang disarankan: Seperti yang diarahkan pada label

Referensi:

  1. J Med Food. 2002 Winter;5(4):211-20. Ashwagandha improves endurance in animal studies.
  2. Choudhary B, Shetty A, Langade DG. Efikasi Ashwagandha (Withania somnifera [L.] Dunal) dalam meningkatkan daya tahan kardiorespirasi pada orang dewasa atletis yang sehat. Ayu. 2015;36(1):63-68. doi:10.4103/0974-8520.169002.
  3. Hajirahimkhan A, Simmler C, Yuan Y, et al. Evaluation of Estrogenic Activity of Licorice Species in Comparison with Hops Used in Botanicals for Menopausal Symptoms. Ahmad A, ed. PLoS ONE. 2013;8(7):e67947. doi:10.1371/journal.pone.0067947.
  4. Lho SK, Kim TH, Kwak KP, et al. Effects of lifetime cumulative ginseng intake on cognitive function in late life. Alzheimer’s Research & Therapy. 2018;10:50. doi:10.1186/s13195-018-0380-0.
  5. Chinese Journal of Integrative Medicine. 2009 Jun;15(3):177-83. Epub 2009 Jul 2.
  6. Suliman NA, Mat Taib CN, Mohd Moklas MA, Adenan MI, Hidayat Baharuldin MT, Basir R. Establishing Natural Nootropics: Recent Molecular Enhancement Influenced by Natural Nootropic. Evidence-based Complementary and Alternative Medicine : eCAM. 2016
  7. Peth-Nui T, Wattanathorn J, Muchimapura S, et al. Effects of 12-Week Bacopa monnieri Consumption on Attention, Cognitive Processing, Working Memory, and Functions of Both Cholinergic and Monoaminergic Systems in Healthy Elderly Volunteers. Evidence-based Complementary and Alternative Medicine : eCAM. 2012;2012:606424.
  8. Journal of Ethnopharmacol. 2014;151(1):528-35. doi: 10.1016/j.jep.2013.11.008. Epub 2013 Nov 16.
  9. Kumar N, Abichandani LG, Thawani V, Gharpure KJ, Naidu MUR, Venkat Ramana G. Efficacy of Standardized Extract of Bacopa monnieri (Bacognize®) on Cognitive Functions of Medical Students: A Six-Week, Randomized Placebo-Controlled Trial. Evidence-based Complementary and Alternative Medicine : eCAM. 2016;2016:4103423.
  10. Biochem Biophys Research Commun. 2013 Feb 22;431(4):796-801. doi: 10.1016/j.bbrc.2012.12.122. Epub 2013 Jan 9.
  11. Mehan S, Parveen S, Kalra S. Adenyl cyclase activator forskolin protects against Huntington’s disease-like neurodegenerative disorders. Neural Regeneration Research. 2017;12(2):290-300. doi:10.4103/1673-5374.200812.
  12. Herb of Elightenment , accessed March 31, 2018 http://herbscoop.com/herbs-for-health/amazing-benefits-gotu-kola-enlightenment-herb/
  13. Neuroscience Letter. 2017 Apr 12;646:24-29. doi: 10.1016/j.neulet.2017.02.072. Epub 2017 May 6.