Ini adalah hal yang normal terjadi pada kita: saat memakai celana jin ketat dan mengancingkannya, kita merasa sangat tidak nyaman meskipun hari sebelumnya terasa pas. Sering kali, kita menyalahkan perut kembung sebagai penyebabnya. Perut kembung bukanlah sesuatu yang menyenangkan, terutama ketika muncul sebelum acara penting. Bukan hanya tidak nyaman, tetapi ini dapat membuat Anda terlihat lebih gemuk beberapa pon meskipun ketika Anda tampaknya sangat teliti mengenai diet dan aturan olahraga Anda.

Ada banyak sekali faktor yang dapat menimbulkan kembung, dari makanan yang kita makan hingga jumlah stres yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari kita. Jika Anda menderita kembung yang tidak jelas, rekomendasi pertama saya adalah selalu menjaga jurnal makanan. Dengan cara ini, Anda dapat mencoba untuk menyortir berbagai intoleransi makanan yang mungkin Anda alami tanpa disadari.

Selanjutnya, rekomendasi saya adalah menghapus makanan yang memicu kembung dan meningkatkan volume makanan yang mengurangi kembung pada diet harian Anda. Berikut ini adalah rekomendasi yang paling umum yang saya berikan kepada pasien saya.

Mengunyah Seledri

Anda mungkin pernah mendengar sebuah kepercayaan lama bahwa makan seledri dapat membantu Anda membakar kalori. Meskipun ini belum tentu benar (seledri sangat rendah kalori), seledri dapat membantu menghilangkan perut kembung berkat mineral pendorong pencernaan yang dikandungnya. Tingginya persentase air dan elektrolit yang ditemukan di dalam seledri sangat membantu pencegahan dehidrasi sekaligus bertindak terus-menerus sebagai diuretik dan mengurangi jumlah air yang kita simpan dan tahan di dalam tubuh kita. Seledri juga dilengkapi dengan banyak nutrisi lainnya, termasuk flavonoid, potasium, vitamin K dan vitamin C, yang semuanya adalah mineral hebat untuk pemulihan setelah timbulnya kembung. Apakah Anda bukan penggemar seledri mentah? Cobalah suplemen biji seledri yang dapat memberi dosis harian Anda hanya dalam dua kapsul.

Berhenti Mengonsumsi Permen Karet Bebas Gula

Meskipun Anda pasti ingin membatasi asupan gula Anda untuk mencegah berat badan berlebih, mencegah peradangan dan menjaga agar sistem imun Anda terkendali, bebas gula belum tentu menjadi jawaban. Kebanyakan makanan, terutama yang manis, yang berlabel bebas gula mengandung banyak bahan kimia (yaitu sorbitol, maltitol dan xylitol (silitol)) yang secara langsung memicu kembung. Pada kenyataannya, Anda mungkin menyadari hanya beberapa jam setelah memakan produk bebas gula bahwa perut Anda mulai mengembang dan menjadi sensitif jika disentuh. Jika Anda ingin membuat makanan Anda manis, sebaiknya gunakan sesuatu yang alami seperti stevia.

Minumlah Teh Lemon

Lemon bekerja secara terus-menerus sebagai penawar racun dan zat pembersih. Apa sebenarnya artinya ini? Pada dasarnya, lemon membantu menghilangkan kembung dan racun yang tidak diinginkan dari tubuh. Jika Anda menyukai teh, saya selalu merekomendasikan teh lemon jahe, terutama pada musim-musim sekarang, karena kedua bahan tersebut dapat membantu meningkatkan sistem imun Anda dan mencegah alergi. Atau, jika Anda bukan penggemar teh, cukup minum air lemon hangat di pagi hari untuk mengaktifkan sistem pencernaan Anda hari itu.

Batasi Asupan Sayuran Kubis-kubisan

Meskipun penelitian telah menghubungkan diet kaya konsumsi sayur dan buah-buahan dengan peningkatan penurunan berat badan, penting untuk memilah dan memilah mana dan seberapa banyak yang Anda makan. Sebagai contoh, brokoli, kembang kol, dan kubis brussel adalah sumber nutrisi tetapi juga penyebab langsung kembung. Untungnya ada banyak sayuran non-kubis yang dapat Anda sajikan di piring Anda termasuk buah bit sawi, sawi putih, ketumbar, peterseli dan dandelion (randa tapak). Terutama randa tapak, sangat bernutrisi, membantu dalam segala hal dari tingkat kolesterol dan gula darah sampai penurunan berat badan dan hati yang sehat. Cobalah teh randa tapak untuk mendapatkan manfaat dengan cara yang lezat.

Referensi:

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3488810/