Apa itu Makanan Super?

Meskipun tidak ada definisi yang tepat mengenai apa itu makanan super , istilah ini paling sering mengacu pada makanan kaya nutrisi yang dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan, termasuk untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. 

Beberapa contoh makanan super tersebut meliputi sayuran hijau seperti kale, beri, salmon, bawang putih, dan rempah-rempah seperti kunyit.

Apa yang Membuat Makanan Super menjadi Sangat Super?

Apa yang membuat makanan ini begitu istimewa? Sebagai permulaan, makanan super memberikan dosis nutrisi penting yang terkonsentrasi—seperti vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan asam lemak—yang harus Anda peroleh dari pola makan sebab tubuh Anda tak dapat membuat nutrisi ini sendiri.

Jika berbicara tentang kesehatan sistem kekebalan tubuh, makanan super yang mengandung nutrisi seperti vitamin C dan probiotik tampaknya sangat membantu. 

Jika Anda biasanya menerapkan "pola makan bersih", artinya Anda menghindari makanan olahan dan memilih makanan utuh, maka Anda mungkin sudah makan beberapa makanan super secara teratur. Namun, selalu ada ruang untuk perbaikan, jadi mari kita lihat di bawah ini beberapa makanan super terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dan sehat.

Makanan Super Terbaik untuk Kesehatan dan Sistem Kekebalan Tubuh 

Makanan super dapat membantu membawa pola makan seimbang ke tingkat berikutnya karena kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan senyawa lain yang meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mempertahankan diri melalui sistem kekebalan.

Cara lain di mana makanan super mendukung kesehatan usus dan sistem kekebalan—yang saling terhubung—adalah dengan memberikan serat dan probiotik, yang merupakan "bakteri ramah" yang membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, banyak makanan super seperti sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga makanan super membantu mendukung hidrasi yang tepat, ditambah lagi kalori yang rendah, membantu menjaga nafsu makan dan lingkar pinggang Anda.

Dari mana Anda harus memulainya? Untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, cobalah "mengonsumsi makanan yang bervariasi" dengan memasukkan berbagai makanan berwarna berbeda dalam makanan Anda, yang menunjukkan bahwa Anda memperoleh nutrisi yang berbeda. 

Mulailah dengan menambahkan 12 makanan super ini ke dalam makanan Anda secara lebih teratur: (Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memulai rejimen diet atau gaya hidup baru.)

1. Sayuran Hijau Seperti Kale

Sayuran hijau (seperti arugula, kale, sawi hijau, bayam, selada, dan lobak Swiss) sarat akan fitonutrien yang mendukung pertahanan kekebalan yang kuat, serta vitamin Cvitamin Akalsiumserta, dan banyak lagi.

Sayuran ini termasuk yang terbaik dalam meningkatkan pertahanan antioksidan dan mendorong respons peradangan yang sehat. Sayuran ini juga mendukung detoksifikasi, pencernaan, dan bahkan berpotensi mengelola berat badan yang sehat.

2. Beri Biru Dan Jenis Beri Lainnya

Sama seperti sayuran hijau, buah beri adalah juaranya dalam memberi pasokan vitamin Cantioksidan seperti polifenol dan antosianin, serat, dan vitamin A. Buah beri dapat membantu mempertahankan diri dari dampak radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh, ditambah kandungan di dalamnya mampu mendukung usus dan jantung.

3. Yoghurt 

Yoghurt (dan sepupunya kefir) adalah salah satu sumber makanan terbaik probiotik, yang mendukung kesehatan kekebalan dengan menyeimbangkan rasio mikroba yang hidup di usus serta membantu sistem pencernaan dan pembuangan.

4. Buah Sitrus

Buah-buahan seperti jeruk, jeruk bali merah, lemon, dan limau memiliki kandungan vitamin C dosis tinggi, yang dapat membantu meningkatkan pertahanan kekebalan tubuh. Vitamin C juga mendukung kolagen protein dalam mempertahankan lapisan usus yang kuat. Usus merupakan tempat sebagian besar sistem kekebalan Anda berada.

5. Alpukat

 Alpukat memberikan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung yang dibutuhkan tubuh untuk berbagai tujuan, termasuk menyerap vitamin lain dan menjaga energi Anda. Buah ini (secara teknis termasuk buah) juga kaya akan seratpotasiummagnesium dan bahkan beberapa antioksidan yang mendukung kelancaran aliran darah, fungsi otot, dan banyak lagi.

6. Brokoli Dan Sayuran Cruciferous Lainnya

Sayuran dalam keluarga Brasika/cruciferous termasuk brokoli, kubis Brussel, pakcoy, kembang kol, dan kubis merupakan sumber senyawa pelindung yang hebat termasuk glukosinolat, yang melawan stres oksidatif dan membantu menjaga keseimbangan mikroba pada usus.

7. Salmon

Salmon merupakan sumber protein yang ideal karena sarat akan asam amino, yang membantu membangun lapisan usus dan jaringan lain, serta asam lemak omega-3 yang mendukung respons peradangan yang sehat.

8. Bawang

Sayuran lezat ini—serta beberapa jenis lainnya seperti bawang kucai, bawang putih, dan daun bawang—memiliki keunggulan yang bersifat alami berkat senyawa belerang yang dikandungnya, serta antioksidan seperti alliinase dan quercetin.

9. Bawang putih

Bawang putih, terutama saat dimakan mentah, memberikan senyawa unik dan kuat termasuk allicin dan disulfida yang melawan bakteri berbahaya serta memberikan efek antioksidan.

10. Biji rami

Sebagai sumber serat dan lemak sehat, biji rami berkontribusi pada kesehatan usus dengan "memberi makan" bakteri menguntungkan di usus dan dengan membantu pembuangan.

11. Teh Hijau

Teh Hijau adalah sumber utama antioksidan termasuk EGCG, yang dapat menangkal stres oksidatif, memberikan dorongan energi saat Anda merasa lelah, dan mendukung metabolisme yang umumnya sehat.

12. Kunyit

Kunyit mengandung bahan aktif yang disebut kurkumin, yang meningkatkan respons peradangan yang sehat. Tidak hanya itu, kunyit juga memberikan manfaat potensial lainnya untuk sendi, kulit, dan kesehatan kognitif, terutama bila dipadukan dengan lada hitam yang meningkatkan penyerapan senyawa kunyit.