Fungsi Magnesium

Dari semua mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan, magnesium tidak boleh disepelekan. Tubuh menggunakan magnesium dalam berbagai cara. Magnesium berperan dalam fungsi otot dan transmisi saraf serta bertindak sebagai katalis dalam lebih dari 300 reaksi enzimatik.

Ini merupakan pusat produksi dan pemanfaatan energi seluler. Selain itu, mineral berperan dalam mensintesis protein, asam deoksiribonukleat (DNA), dan asam ribonukleat (RNA).

Penelitian seputar magnesium menunjukkan bahwa magnesium membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan keseimbangan gula darah, serta mengurangi palpitasi jantung. Kadar mineral yang rendah telah dihubungkan dengan penyakit jantung, diabetes, penyakit Alzheimer, sakit kepala migrain, gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas (ADHD), dan depresi. Secara umum, defisiensi magnesium dikaitkan dengan penurunan status antioksidan dan peningkatan peradangan kronis, di mana keduanya berkontribusi terhadap penyakit kronis.

Fungsi Magnesium dalam Kesehatan Kognitif

Mengingat banyaknya fungsi magnesium dalam tubuh, tidak heran jika magnesium berperan dalam kesehatan mental. Bukti menunjukkan kadar magnesium di dalam sel otak berkorelasi langsung dengan produksi energi. Saat sel-sel otak gagal menghasilkan energi dalam jumlah yang tepat, kadar magnesium sering kali berstatus rendah. Ini dapat berdampak langsung pada kasus migrain karena kadar yang rendah telah ditemukan pada pasien saat mengalami serangan migrain. Seperti vitamin B2 (riboflavin), CoQ10, dan melatonin, penelitian juga menemukan pengurangan migrain dengan suplementasi magnesium.

Neurotransmiter

Selain produksi energi di sel otak, magnesium juga berperan penting dalam berbagai sistem neurotransmiter, termasuk serotonin, asam gamma-aminobutirat (GABA), dan sirkuit glutamat.

Serotonin

Serotonin umumnya dianggap sebagai neurotransmiter "perasaan baik". Kebanyakan obat antidepresan standar menargetkan serotonin, memblokir reabsorpsi neurotransmiter untuk meningkatkan kadar serotonin.

Namun, pendekatan lain juga dapat memengaruhi fungsi serotonin. Magnesium telah terbukti meningkatkan aktivitas serotonin. Di sisi lain, kadar serotonin diketahui menurun saat kekurangan magnesium.

GABA

GABA merupakan neurotransmiter utama yang memperlambat aktivitas otak. Untuk individu yang mengalami stres atau kecemasan, meningkatkan aktivitas GABA dapat sangat membantu. Menariknya, magnesium dapat mengaktifkan sebagian reseptor GABA secara langsung. Ini dapat membantu memberikan efek ansiolitik dengan memperlambat fungsi otak yang terlalu aktif.

Glutamat

Meskipun kurang begitu dikenal dibandingkan serotonin dan GABA, neurotransmiter glutamat rangsang telah dihipotesiskan berperan dalam berbagai kondisi kesehatan mental, termasuk depresi, kecemasan, gangguan bipolar, skizofrenia, dan gangguan obsesif-kompulsif. Glutamat meningkatkan neurotransmisi dengan menaikkan kadar kalsium di dalam sel-sel otak. Hal ini menempatkan sel-sel otak pada "respons cepat", sehingga mereka lebih sering menyala. Jika glutamat tidak terkendali, terlalu banyak kalsium dapat membanjiri sel yang menyebabkan "eksitotoksisitas" dan kematian sel.

Dan sekali lagi, magnesium berpotensi memainkan peran penting lainnya dalam kesehatan mental dan fungsi otak. Magnesium bertindak sebagai pemutus aktivitas glutamat. Magnesium terbukti dapat mencegah eksitotoksisitas dari kelebihan glutamat saat tersedia dalam jumlah yang signifikan.

Efek Neuroprotektif Lainnya

Penelitian mulai mengungkap cara lain magnesium dalam membantu melindungi otak. Seiring dengan mengurangi eksitotoksisitas, magnesium memiliki efek antiinflamasi langsung dan meningkatkan status antioksidan.

Efek neuroprotektif ini telah terbukti menjadi cara yang aman dan hemat biaya untuk mencegah kerusakan otak pada bayi prematur yang berisiko. Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan magnesium intravena untuk mengurangi atau mencegah kerusakan otak dan kecacatan pada anak yang lahir terlalu dini.

Magnesium bagi Kondisi Kesehatan Mental Tertentu

Sambil memahami pentingnya pengaruh magnesium terhadap otak, masih layak ditanyakan apakah efeknya cukup signifikan untuk membantu kondisi kesehatan mental tertentu. Untungnya, penelitian perlahan menunjukkan manfaat klinis potensial untuk beberapa kondisi kesehatan mental, termasuk depresi, kecemasan, ADHD, dan penyakit Alzheimer.

Depresi

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa depresi berkorelasi dengan status magnesium yang rendah, meskipun keterkaitannya sulit untuk dipastikan. Mendeteksi defisiensi magnesium penuh dengan tantangan karena pengujian standar, serum magnesium tidak akurat dalam semua kasus defisiensi. Sebagian besar magnesium disimpan di dalam sel, dan pemeriksaan kadar darah tidak selalu berkorelasi dengan status magnesium seseorang. Meskipun tinjauan penelitian seputar defisiensi magnesium dan depresi menunjukkan hubungan potensial, penelitian lebih lanjut diperlukan sehubungan dengan variabilitas penelitian.

Adapun untuk efek klinisnya, sebuah penelitian kecil pada penderita diabetes yang lebih tua dan kekurangan magnesium yang berjuang melawan depresi menunjukkan manfaat potensial. Dalam penelitian tersebut, pasien diberi suplemen magnesium atau obat antidepresan. Percobaan menemukan suplementasi magnesium sama efektifnya dengan obat-obatan, mengurangi gejala lebih dari sepertiganya. Dalam percobaan kecil terpisah dari pasien penderita fibromialgia, suplementasi magnesium juga terbukti mengurangi tingkat gejala depresi lebih dari sepertiganya.

Percobaan kecil lainnya pada pasien penderita depresi yang kebal terhadap pengobatan menemukan bahwa magnesium intravena memberikan manfaat yang baik. Ketika kadar serum magnesium meningkat, gejala depresi membaik. Uji coba percontohan terpisah memberikan probiotik yang dikombinasikan dengan magnesium pada pasien yang sudah menggunakan obat antidepresan. Dua pertiga pasien merespons dengan perbaikan yang signifikan dalam gejala depresi setelah delapan minggu. Meskipun tidak konklusif, sebuah penelitian menemukan bahwa magnesium yang dikombinasikan dengan vitamin B6 lebih efektif untuk gejala suasana hati pada "individu yang sangat stres" dibandingkan magnesium saja.

Percobaan yang dilakukan baru-baru ini terus menunjukkan perbaikan dalam depresi dengan suplementasi magnesium. Salah satu uji coba yang lebih besar dengan lebih dari seratus pasien menyimpulkan bahwa "Magnesium efektif untuk mengatasi depresi ringan hingga sedang pada orang dewasa. Magnesium bekerja dengan cepat dan ditoleransi dengan baik tanpa perlu pemantauan ketat untuk toksisitasnya."

Kecemasan

Stres telah menjadi komponen yang lazim dari kehidupan modern. Dengan demikian, banyak individu yang berjuang melawan stres dan kecemasan. Perkiraan menunjukkan bahwa lebih dari 15% orang di seluruh dunia akan mengalami gangguan kecemasan sepanjang hidup mereka.

Dan seperti halnya depresi, data menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu mengatasi gejala kecemasan. Sayangnya, data kecemasan saat ini secara signifikan kurang kuat dibandingkan data untuk depresi. Salah satu ulasan terbaru menemukan bahwa empat dari delapan penelitian yang diterbitkan pada individu yang mengalami kecemasan, satu dari dua penelitian pada pasien dengan tekanan darah tinggi, dan empat dari tujuh penelitian terkait kecemasan yang dikombinasikan dengan sindrom pramenstruasi menunjukkan respons yang menguntungkan terhadap pengobatan magnesium. Setidaknya, data menunjukkan bahwa ada sebagian penderita kecemasan yang merasakan manfaat dari suplementasi magnesium.

Gangguan Pemusatan Perhatian/Hiperaktivitas

Gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas, atau ADHD, juga tampaknya memiliki kaitan dengan magnesium. Sebuah tinjauan baru-baru ini dari penelitian yang diterbitkan menemukan hubungan potensial antara kadar magnesium yang rendah dan gejala ADHD.

Salah satu yang pertama meneliti ADHD dan magnesium pada anak-anak yang disuplementasi dengan magnesium selama masa percobaan enam bulan. Dalam penelitian tersebut, hiperaktif berkurang secara signifikan dengan pengobatan magnesium. Percobaan lain menggabungkan magnesium dengan vitamin B6 dan menemukan manfaat untuk mengurangi gejala ADHD.

Baru-baru ini, sebuah penelitian seputar magnesium treonat, suatu bentuk magnesium yang diketahui lebih efektif mencapai otak, menemukan manfaat untuk ADHD bagi orang dewasa. Dalam sebuah penelitian kecil, hampir setengah dari orang dewasa memiliki respons pengobatan yang signifikan dengan suplementasi magnesium treonat.

Menariknya, uji coba magnesium terbaru untuk ADHD menggabungkannya dengan vitamin D. Selama delapan minggu, anak-anak dengan ADHD mengalami peningkatan yang signifikan dalam masalah emosional dan perilaku, interaksi teman sebaya, sosialisasi, dan kesulitan secara keseluruhan.

Penyakit Alzheimer dan Penuaan Kognitif

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang sangat merusak. Saat Alzheimer berkembang, perlahan-lahan menghilangkan ingatan dan kemampuan seseorang untuk bekerja. Sayangnya, obat-obatan saat ini tidak memperlambat perkembangan penyakit ini. Oleh karenanya, beberapa penelitian beralih ke pengobatan dini dan pencegahannya.

Meskipun penelitian ini masih dalam tahap awal, sudah ada bukti yang menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu mencegah demensia. Penelitian awal menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu membersihkan racun otak dan mengurangi peradangan otak, di mana keduanya terlibat dalam perkembangan demensia.

Bahkan lebih langsung lagi, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu memperbaiki tanda-tanda patologis yang mendasari penyakit Alzheimer. Pada Alzheimer, plak dan kusut otak menumpuk seiring berjalannya waktu, membunuh sel-sel otak dan mengganggu fungsi otak normal. Magnesium tampaknya membantu menghalangi pembentukan plak dan kusut saat tersedia dalam jumlah yang cukup tinggi.

Meskipun penelitian pada manusia sangat terbatas, sebuah penelitian label terbuka pada 15 pasien dengan demensia ringan hingga sedang menemukan manfaat dari magnesium. Dalam penelitian tersebut, pasien diberi magnesium treonat selama empat bulan. Selama perawatan, metabolisme otak dan fungsi kognitif secara keseluruhan meningkat secara signifikan.

Meskipun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk lebih memahami kegunaan magnesium dalam mencegah demensia dan penurunan kognitif, penelitian dasar awal memiliki hasil yang menjanjikan. Dikombinasikan dengan keamanan suplementasi magnesium dan tingginya tingkat defisiensi magnesium pada masyarakat umum, magnesium dapat menjadi alat yang berguna untuk membantu mendukung "umur panjang otak."

Defisiensi Magnesium

Magnesium yang rendah menyebabkan status antioksidan yang buruk dan peradangan kronis tingkat rendah saat mengalami defisiensi. Penelitian menunjukkan bahwa mempertahankan tingkat yang memadai dapat berperan penting dalam kesehatan jangka panjang. Beberapa peneliti bahkan berhipotesis bahwa kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan penuaan, menunjukkan bahwa kadar magnesium yang mencukupi dapat memiliki "efek antipenuaan."

Mempertimbangkan bahwa, dalam masyarakat umum, kurang dari setengah populasi memenuhi kebutuhan dasar asupan magnesium dari makanan, suplementasi magnesium bisa menjadi strategi yang sangat membantu. Umumnya, saat mengonsumsi suplemen magnesium, pilihlah bentuk yang diserap paling baik, yang meliputi magnesium sitrat, magnesium glisinat, dan magnesium klorida.

Untuk kesehatan otak, beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa magnesium treonat bahkan mungkin lebih efektif untuk mencapai otak. Dengan demikian, magnesium treonat dapat memiliki beberapa keunggulan tambahan dibandingkan bentuk lainnya, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui hasilnya dengan pasti.

Poin Penting

Magnesium merupakan mineral penting dengan berbagai efek di seluruh tubuh. Karena beberapa mekanisme, mineral juga penting untuk mendukung dan menjaga kesehatan otak. Bukti mulai menunjukkan bahwa untuk beberapa kondisi kesehatan mental dan untuk membantu mencegah demensia, suplementasi bisa sangat bermanfaat. Semoga dengan penelitian lebih lanjut, kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik lagi seputar kegunaan magnesium bagi kesehatan mental.

Referensi:

  1. Bagis S, Karabiber M, As I, Tamer L, Erdogan C, Atalay A. Is magnesium citrate treatment effective on pain, clinical parameters and functional status in patients with fibromyalgia?. Rheumatol Int. 2013;33(1):167-172. doi:10.1007/s00296-011-2334-8
  2. Bambling M, Edwards SC, Hall S, Vitetta L. A combination of probiotics and magnesium orotate attenuate depression in a small SSRI resistant cohort: an intestinal anti-inflammatory response is suggested. Inflammopharmacology. 2017;25(2):271-274. doi:10.1007/s10787-017-0311-x
  3. Barbagallo M, Dominguez LJ. Magnesium role in health and longevity, Healthy ageing and longevity, vol. 8. Cham: Springer; 2018. https://doi.org/10.1007/978-3-030-03742-0_9.
  4. Barbagallo M, Veronese N, Dominguez LJ. Magnesium in Aging, Health and Diseases. Nutrients. 2021;13(2):463. Published 2021 Jan 30. doi:10.3390/nu13020463
  5. Barragán-Rodríguez L, Rodríguez-Morán M, Guerrero-Romero F. Efficacy and safety of oral magnesium supplementation in the treatment of depression in the elderly with type 2 diabetes: a randomized, equivalent trial. Magnes Res. 2008;21(4):218-223.
  6. Botturi A, Ciappolino V, Delvecchio G, Boscutti A, Viscardi B, Brambilla P. The Role and the Effect of Magnesium in Mental Disorders: A Systematic Review. Nutrients. 2020;12(6):1661. Published 2020 Jun 3. doi:10.3390/nu12061661
  7. Boyle NB, Lawton C, Dye L. The Effects of Magnesium Supplementation on Subjective Anxiety and Stress-A Systematic Review. Nutrients. 2017;9(5):429. Published 2017 Apr 26. doi:10.3390/nu9050429
  8. Bremner JD, Moazzami K, Wittbrodt MT, et al. Diet, Stress and Mental Health. Nutrients. 2020;12(8):2428. Published 2020 Aug 13. doi:10.3390/nu12082428
  9. Cheungpasitporn W, Thongprayoon C, Mao MA, et al. Hypomagnesaemia linked to depression: a systematic review and meta-analysis. Intern Med J. 2015;45(4):436-440. doi:10.1111/imj.12682
  10. Chollat C, Sentilhes L, Marret S. Fetal Neuroprotection by Magnesium Sulfate: From Translational Research to Clinical Application. Front Neurol. 2018;9:247. Published 2018 Apr 16. doi:10.3389/fneur.2018.00247
  11. DiNicolantonio JJ, O'Keefe JH, Wilson W. Subclinical magnesium deficiency: a principal driver of cardiovascular disease and a public health crisis [published correction appears in Open Heart. 2018 Apr 5;5(1):e000668corr1]. Open Heart. 2018;5(1):e000668. Published 2018 Jan 13. doi:10.1136/openhrt-2017-000668
  12. Ebrahimi-Monfared M, Sharafkhah M, Abdolrazaghnejad A, Mohammadbeigi A, Faraji F. Use of melatonin versus valproic acid in prophylaxis of migraine patients: A double-blind randomized clinical trial. Restor Neurol Neurosci. 2017;35(4):385-393. doi:10.3233/RNN-160704
  13. Eby GA 3rd, Eby KL. Magnesium for treatment-resistant depression: a review and hypothesis. Med Hypotheses. 2010;74(4):649-660. doi:10.1016/j.mehy.2009.10.051
  14. Effatpanah M, Rezaei M, Effatpanah H, et al. Magnesium status and attention deficit hyperactivity disorder (ADHD): A meta-analysis. Psychiatry Res. 2019;274:228-234. doi:10.1016/j.psychres.2019.02.043
  15. Eksp Klin Farmakol. 2006;69(1):74-77.
  16. Gigante AD, Bond DJ, Lafer B, Lam RW, Young LT, Yatham LN. Brain glutamate levels measured by magnetic resonance spectroscopy in patients with bipolar disorder: a meta-analysis. Bipolar Disord. 2012;14(5):478-487. doi:10.1111/j.1399-5618.2012.01033.x
  17. Gröber U, Schmidt J, Kisters K. Magnesium in Prevention and Therapy. Nutrients. 2015;7(9):8199-8226. Published 2015 Sep 23. doi:10.3390/nu7095388
  18. Hemamy M, Pahlavani N, Amanollahi A, et al. The effect of vitamin D and magnesium supplementation on the mental health status of attention-deficit hyperactive children: a randomized controlled trial [published correction appears in BMC Pediatr. 2021 May 12;21(1):230]. BMC Pediatr. 2021;21(1):178. Published 2021 Apr 17. doi:10.1186/s12887-021-02631-1
  19. Lim SY, Kim EJ, Kim A, Lee HJ, Choi HJ, Yang SJ. Nutritional Factors Affecting Mental Health. Clin Nutr Res. 2016;5(3):143-152. doi:10.7762/cnr.2016.5.3.143
  20. Liu M, Dudley SC Jr. Magnesium, Oxidative Stress, Inflammation, and Cardiovascular Disease. Antioxidants (Basel). 2020;9(10):907. Published 2020 Sep 23. doi:10.3390/antiox9100907
  21. Mehdi SM, Atlas SE, Qadir S, et al. Double-blind, randomized crossover study of intravenous infusion of magnesium sulfate versus 5% dextrose on depressive symptoms in adults with treatment-resistant depression. Psychiatry Clin Neurosci. 2017;71(3):204-211. doi:10.1111/pcn.12480
  22. Moghaddam B, Javitt D. From revolution to evolution: the glutamate hypothesis of schizophrenia and its implication for treatment. Neuropsychopharmacology. 2012;37(1):4-15. doi:10.1038/npp.2011.181
  23. National Institutes of Health. Magnesium. Updated June 2, 2022. Accessed June 27, 2022. https://ods.od.nih.gov/factsheets/Magnesium-HealthProfessional/
  24. Nielsen FH. Effects of magnesium depletion on inflammation in chronic disease. Curr Opin Clin Nutr Metab Care. 2014;17(6):525-530. doi:10.1097/MCO.0000000000000093
  25. Nogovitsina OR, Levitina EV. [Effect of MAGNE-B6 on the clinical and biochemical manifestations of the syndrome of attention deficit and hyperactivity in children]
  26. Pouteau E, Kabir-Ahmadi M, Noah L, et al. Superiority of magnesium and vitamin B6 over magnesium alone on severe stress in healthy adults with low magnesemia: A randomized, single-blind clinical trial. PLoS One. 2018;13(12):e0208454. Published 2018 Dec 18. doi:10.1371/journal.pone.0208454
  27. Rajizadeh A, Mozaffari-Khosravi H, Yassini-Ardakani M, Dehghani A. Effect of magnesium supplementation on depression status in depressed patients with magnesium deficiency: A randomized, double-blind, placebo-controlled trial. Nutrition. 2017;35:56-60. doi:10.1016/j.nut.2016.10.014
  28. Razzaque MS. Magnesium: Are We Consuming Enough? Nutrients. 2018 Dec 2;10(12):1863. doi: 10.3390/nu10121863. PMID: 30513803; PMCID: PMC6316205.
  29. Riaza Bermudo-Soriano C, Perez-Rodriguez MM, Vaquero-Lorenzo C, Baca-Garcia E. New perspectives in glutamate and anxiety. Pharmacol Biochem Behav. 2012;100(4):752-774. doi:10.1016/j.pbb.2011.04.010
  30. Sanacora G, Treccani G, Popoli M. Towards a glutamate hypothesis of depression: an emerging frontier of neuropsychopharmacology for mood disorders. Neuropharmacology. 2012;62(1):63-77. doi:10.1016/j.neuropharm.2011.07.036
  31. Sharma P, Chung C, Vizcaychipi M. Magnesium: The Neglected Electrolyte? A Clinical Review. Pharmacol & Pharm. 2014;5(7):762-72.
  32. Starcevic V. Review: worldwide lifetime prevalence of anxiety disorders is 16.6%, with considerable heterogeneity between studies. Evid Based Ment Health. 2006;9(4):115. doi:10.1136/ebmh.9.4.115
  33. Starobrat-Hermelin B, Kozielec T. The effects of magnesium physiological supplementation on hyperactivity in children with attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Positive response to magnesium oral loading test. Magnes Res. 1997;10(2):149-156.
  34. Sun-Edelstein C, Mauskop A. Foods and supplements in the management of migraine headaches. Clin J Pain. 2009;25(5):446-452. doi:10.1097/AJP.0b013e31819a6f65
  35. Surman C, Vaudreuil C, Boland H, Rhodewalt L, DiSalvo M, Biederman J. L-Threonic Acid Magnesium Salt Supplementation in ADHD: An Open-Label Pilot Study. J Diet Suppl. 2021;18(2):119-131. doi:10.1080/19390211.2020.1731044
  36. Tarleton EK, Littenberg B, MacLean CD, Kennedy AG, Daley C. Role of magnesium supplementation in the treatment of depression: A randomized clinical trial. PLoS One. 2017;12(6):e0180067. Published 2017 Jun 27. doi:10.1371/journal.pone.0180067
  37. Toffa DH, Magnerou MA, Kassab A, Hassane Djibo F, Sow AD. Can magnesium reduce central neurodegeneration in Alzheimer's disease? Basic evidences and research needs. Neurochem Int. 2019;126:195-202. doi:10.1016/j.neuint.2019.03.014
  38. Traynelis SF, Wollmuth LP, McBain CJ, et al. Glutamate receptor ion channels: structure, regulation, and function [published correction appears in Pharmacol Rev. 2014 Oct;66(4):1141]. Pharmacol Rev. 2010;62(3):405-496. doi:10.1124/pr.109.002451
  39. Vink R, Nechifor M. Magnesium in the Central Nervous System. University of Adelaide; 2011.
  40. Vink R. Magnesium in the CNS: recent advances and developments. Magnes Res. 2016;29(3):95-101. doi:10.1684/mrh.2016.0408
  41. Wu K, Hanna GL, Rosenberg DR, Arnold PD. The role of glutamate signaling in the pathogenesis and treatment of obsessive-compulsive disorder. Pharmacol Biochem Behav. 2012;100(4):726-735. doi:10.1016/j.pbb.2011.10.007
  42. You HJ, Cho SE, Kang SG, Cho SJ, Na KS. Decreased serum magnesium levels in depression: a systematic review and meta-analysis. Nord J Psychiatry. 2018;72(7):534-541. doi:10.1080/08039488.2018.1538388