Jika Anda mengetahui bahwa Anda dapat melakukan perubahan dalam hidup Anda dan mungkin dapat mencegah berbagai kondisi kesehatan, yang meliputi diabetes, penyakit jantung, stroke, penyakit Alzheimer, atau artritis, maukah Anda melakukan perubahan tersebut? Hal yang telah kita pelajari terkait peradangan dan kesehatan dalam beberapa tahun terakhir ini sangat luar biasa. 

Peradangan berada di pusat mekanisme penyakit-penyakit ini. Bahkan, peradangan merupakan penyebab dasar utama pada sebagian besar masalah kesehatan, penyakit, penuaan yang lebih cepat, dan penambahan berat badan. Tidak mengherankan, beberapa tindak pencegahan paling berdampak yang dapat kita lakukan adalah yang terkait nutrisi. 

Kita semua mengalami peradangan. Malah, ironisnya, kita memerlukannya. Ya, peradangan dalam jumlah sedikit mendukung tubuh yang sehat. Bahkan, tanpa peradangan, kita tidak akan hidup. 

Jenis Peradangan

Ada dua jenis peradangan: peradangan akut dan peradangan senyap. Setiap kita sangat memahami peradangan. Bagaimana kita mengetahuinya? Itu karena kita sering mengalaminya. Setiap kali Anda terluka atau sakit, menderita pilek berat, atau mengalami lecet di lutut, senyawa-senyawa peradangan seperti protein kecil yang disebut sitokin dan sel darah putih yang disebut neutrofil dan makrofag akan segera didatangkan untuk menyelamatkan. Walaupun rasanya tidak nyaman, ini merupakan tindakan yang sangat penting, karena tanpa peradangan akut, kita tidak akan sembuh. 

Mari kita ambil jari tersayat sebagai contoh. Saat jari Anda tersayat, tentara-tentara kecil segera berdatangan ke lokasi luka, luka akan sembuh, tentara-tentara itu pergi, peradangan pergi, dan semua baik kembali. Kita memerlukan respons peradangan singkat seperti ini, lalu kita memerlukan agar respons tersebut pergi. 

Nah, apabila peradangan akut tidak sembuh, malah terus melepaskan senyawa peradangan, ini berubah menjadi peradangan kronis atau peradangan senyap, dan peradangan jenis ini yang paling mematikan karena peradangan ini tidak pergi. Peradangan senyap seumpama memiliki borok yang tidak sembuh-sembuh di bagian dalam tubuh Anda.  

Banyak dari kita menderita nyeri kronis setiap hari, mulai dari sakit gigi sampai persendian yang berdenyut-denyut. Hidup dengan mengeluh atau nyeri yang terus menerus bisa menjadi sumber stres dan potensi depresi yang hanya memperparah kondisi yang menyakitkan ini.

Ada beberapa cara alami yang dapat membantu tubuh Anda mengurangi nyeri dan, adakalanya, menyembuhkan sumber nyeri tersebut. Sayangnya, banyak orang memilih menggunakan obat yang memiliki efek samping berat, yang akhirnya membuat mereka mengalami lebih banyak kondisi kesehatan. Inilah alasan nutrisi yang spesifik dan diteliti dengan baik dapat memberi dampak yang sama besar, bahkan adakalanya lebih besar, dibandingkan obat.

Apa yang Menyebabkan Peradangan?

Seperti beberapa makanan dapat memadamkan peradangan, beberapa makanan lain dapat menyulutnya. Kita sangat penting untuk mengetahui bukan hanya makanan yang dapat mengurangi peradangan, tetapi juga makanan yang dapat meningkatkannya. Faktor makanan, kondisi, dan gaya hidup ini dapat memperparah peradangan: 

  • Gula
  • Pola Makan Orang Amerika Umum
  • Minyak olahan rafinasi seperti minyak sayur, kedelai, jagung, dan kanola
  • Kelebihan berat badan dan obesitas
  • Bakteri usus yang tidak sehat
  • Kekurangan nutrisi
  • Gaya hidup kurang gerak
  • Kurang tidur
  • Stres kronis
  • Penuaan 

Cara Alami Melawan Peradangan

Peradangan dapat menyebabkan kerusakan besar pada kesehatan kita dan mengetahui makanan serta suplemen bertarget yang dapat membantu merupakan titik awal dasar untuk mulai menghentikan perjalanan peradangan.

1. Pilih Makanan Antiperadangan

Makanan anti peradangan seperti buah beri, daun hijau, ikan berlemak, minyak zaitun, minyak kelapa ekstra murni, semua teh, terutama teh hitamjahekunyit, dan teh hijau sangat penting, Rempah dan herbal seperti kunyitjintan putihkulit kayu manisbasilpeterseli, dan jahecokelat hitam; sayuran Cruciferae seperti kembang kol dan brokoli; kacang-kacangan seperti kacang kenari atau pecan dan biji-bijian seperti biji labu atau bunga matahari merupakan makanan yang sangat bagus untuk melawan peradangan.

2. Beri Makan Mikrobioma Anda

Bayangkan usus Anda seperti kebun. Langkah pertama menciptakan usus yang sehat adalah mencabuti gulmanya: Anda berhenti memberi makan serangga usus yang jahat dengan menolak memakan makanan peradangan karena inilah sumber utama makanan mereka. 

Langkah kedua adalah menanam bakteri usus yang sehat. Usus Anda akan lebih sehat dengan memastikan Anda menanaminya dengan probiotik sehat melalui suplemen yang berkualitas, makanan fermentasi, makanan yang dikultur, atau kombinasinya. Memakan makanan antiperadangan akan lebih baik mendukung mikrobioma yang terdiri dari berbagai bakteri yang bermanfaat, yang akhirnya akan membantu mengurangi serta mencegah peradangan kronis.

Langkah ketiga adalah memupuk kebun usus Anda. Anda perlu memastikan bahwa Anda memberi makan probiotik usus sehat ini dengan pupuk usus atau prebiotik. Ini meliputi articok, bawang, bawang putih, bawang prei, biji rami (halus), buah beri, apel, biji-bijian, dan pati kentang.  Ingat, kita tidak menginginkan serangga jahat yang tidak sehat terus bertumbuh dan bertahan melalui makanan peradangan, kita ingin menciptakan sangat banyak serangga usus yang sehat melalui prebiotik sehat, ini adalah sumber utama makanan bakteri usus yang sehat.

3. Konsumsi Suplemen yang Mengurangi Peradangan 

  • Kurkumin: Kurkumin merupakan senyawa aktif dalam rempah kunyit. Sangat banyak penelitian menunjukkan manfaat kurkumin dalam mengurangi peradangan, termasuk sama efektifnya dengan OAINS. 
  • Kulit kayu manis: Kulit kayu manis memiliki efek antiperadangan, antioksidan, dan antimikroba.
  • Magnesium glisinat: Kebanyakan orang mengalami kekurangan magnesium.  Magnesium telah terbukti membantu melawan peradangan. Magnesium mengurangi penanda peradangan CRP dan memberikan beberapa manfaat lain
  • Minyak biji jintan hitam: Herbal yang terbukti mengurangi peradangan baik pada artritis reumatoid maupun osteoartritis.
  • Minyak ikan: Antiperadangan yang sangat bagus, kaya akan asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) untuk membantu menghentikan dan mengatasi peradangan sel. Minyak ikan juga sangat bagus untuk kesehatan jantung.
  • Minyak kril: Bentuk minyak lemak omega-3 yang memiliki bioavailabilitas sangat baik, yang dapat melintasi sawar darah-otak, tidak seperti lemak omega-3 lainnya.
  • Minyak ikan kod: Minyak ikan yang sangat bagus, yang dapat melindungi kesehatan. Minyak ini kaya akan vitamin D dan vitamin A. Minyak ini juga mengurangi pembentukan bekuan darah dan menurunkan peradangan dalam tubuh.
  • Jahe: Jahe terbukti mendukung kesehatan pencernaan dan bahkan membantu melegakan mual ringan dan sakit perut untuk sementara. Selain itu, jahe memiliki beraneka ragam senyawa pemadam radikal bebas yang sangat bagus, yang membantu mengurangi peradangan.
  • Boswellia: Dikenal juga sebagai kemenyan, Boswellia phytosome mendukung respons peradangan yang sehat di saluran pernapasan dan saluran cerna, serta di persendian, otot, dan tendon. Boswellia membantu menyeimbangkan respons peradangan untuk melindungi jaringan otak.
  • Minyak biji rami: Kaya akan ALA (lemak omega-3 berbasis tumbuhan), sumber terkonsentrasi untuk omega-3 ini membantu mencegah peradangan, dan sebagai sumber lemak sehat, minyak ini mendukung kesehatan sel yang optimal.
  • Ekstrak teh hijau: Ekstrak ini mendukung kesehatan sel, kardiovaskular, dan kognitif. Ekstrak ini kaya akan senyawa tumbuhan yang disebut polifenol. Polifenol yang paling terkenal adalah EGCG, yang memiliki sangat banyak sifat yang mendukung kesehatan.
  • Bromelain: Bromelain adalah enzim proteolitik yang berasal dari batang tumbuhan nanas. Saat dikonsumsi di antara waktu makan, bromelain dapat mendukung kenyamanan sendi dan dapat membantu melegakan sakit sementara yang berkaitan dengan penggunaan otot yang berlebihan.
  • Bubuk kolagen: Kolagen ikut berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan yang sehat. Kolagen merupakan protein struktural yang sangat penting untuk kekuatan tulang dan fleksibilitas persendian, tendon, ligamen, rambut, kulit, dan kuku. Dalam bentuk bubuk, kolagen dapat ditambahkan ke dalam smoothie, kopi, atau minuman kocok.

Poin Penting

Dengan sedikit perubahan pola makan dan gaya hidup yang sederhana, setiap hari Anda dapat melawan peradangan, bukan meningkatkannya. Pastikan Anda mendiskusikan dengan dokter perubahan pola makan yang penting, termasuk penggunaan suplemen baru.