Awalnya diposkan pada Juni 2017/Diperbarui pada Mei 2023

Sunburn (terbakar matahari) akibat peradangan dan kerusakan kulit disebabkan oleh paparan berlebihan terhadap radiasi ultraviolet (UV) dari matahari. 

Tabir surya topikal yang aman sangat penting untuk perlindungan eksternal dan melindungi kulit Anda dari dalam ke luar. 

Berikut ini adalah makanan dan suplemen makanan terbaik untuk membantu melindungi tubuh dari bahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Manfaat Makanan dan Suplemen yang Kaya Karoten

Karotenoid (karoten dan xantofil) merupakan kelompok pigmen alami yang paling banyak tersebar di alam. Karotenoid adalah kelompok senyawa larut lemak berwarna merah hingga kuning yang berfungsi dalam tumbuhan untuk melindungi terhadap kerusakan yang dihasilkan selama fotosintesis, yang mengubah energi matahari menjadi bentuk bahan kimia. 

Proses ini menghasilkan banyak senyawa yang sangat reaktif; tanpa karotenoid, tumbuhan akan hancur dalam prosesnya.

Lebih dari 400 karoten telah diidentifikasi, tetapi hanya 30 hingga 50 karoten disebut sebagai "karoten provitamin A" karena karoten ini dapat diubah dalam tubuh menjadi vitamin A

Secara historis, efek biologis karoten didasarkan pada aktivitas vitamin A-nya masing-masing. Karena beta-karoten memiliki aktivitas provitamin A yang lebih tinggi dibandingkan karoten lainnya, beta-karoten dianggap yang paling aktif. 

Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa banyak karoten non-vitamin A, seperti luteinlikopen, dan astaksantin, menunjukkan aktivitas biologis yang jauh lebih besar.

Tidak seperti vitamin A, yang terutama disimpan di hati, karoten terutama disimpan di kulit, lapisan saluran cerna, napas, dan kemih, sel lemak, dan organ lainnya. Setelah masuk ke dalam kulit, karoten memberikan perlindungan signifikan terhadap kerusakan karena matahari. Beta-karoten merupakan perawatan medis standar untuk gangguan fotosensitivitas. 

Untuk meningkatkan kadar karoten melalui makanan, berfokuslah pada sayuran berdaun hijau tua (kale, collard, dan bayam) dan buah serta sayuran berwarna kuning-oranye (aprikot, blewah, wortel, ubi jalar, yam, dan labu). Usahakan untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi setiap hari (1 cangkir mentah, ½ cangkir dimasak, setara dengan satu porsi).

Untuk suplemen sumber karotenoid, opsi terbaik untuk perlindungan terhadap kerusakan karena matahari kemungkinan adalah astaksantin, yang disebut "Raja Karotenoid". Astaksantin dapat lebih efektif terakumulasi di kulit dibandingkan karotenoid lainnya untuk melindungi kulit terhadap kerusakan karena matahari.

Manfaat Minuman Hijau

Strategi lain untuk meningkatkan asupan karoten dari makanan adalah menggunakan “minuman hijau,” yang mengacu pada produk komersial yang mengandung rumput jelairumput gandum, atau sumber alga seperti chlorella atau spirulina yang didehidrasi. 

Produk tersebut dihidrasi kembali cukup dengan mencampurnya dengan air atau jus. Minuman hijau terutama kaya akan senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain karoten dan klorofil larut-lemak alami, yakni pigmen hijau yang digunakan dalam fotosintesis yang mengubah sinar matahari menjadi energi kimia dalam tumbuhan, alga, dan beberapa mikroorganisme. 

Menyertakan minuman hijau dan jus sayuran hijau segar secara rutin dalam pola makan adalah cara hebat untuk dengan cepat memperkaya atau melengkapi asupan karoten dan senyawa fitokimia penting lain yang kerap kurang dalam pola makan modern. 

Manfaat Ekstrak Tomat Mutiara

Ekstrak tomat mutiara berasal dari tomat bistik heirloom putih (Solanum lycopersicum). Ekstrak tomat mutiara mengandung molekul karoten tidak berwarna fitoena dan fitofluena yang memiliki manfaat kesehatan signifikan, termasuk perlindungan terhadap kerusakan karena matahari.

Fitoena dan fitofluena terdapat dalam prekursor untuk semua karoten berwarna, termasuk likopen, yakni karoten merah yang ditemukan dalam tomat merah. Meski tidak berwarna, fitoena dan fitofluena memiliki efek antioksidan yang lebih kuat dibandingkan karoten berwarna.

Ekstrak tomat mutiara diserap secara internal, yang mengakibatkan fitoena dan fitofluena masuk ke dalam sel di seluruh tubuh untuk menghasilkan efek perlindungan, termasuk kulit. Ketersediaan hayati (absorpsi) fitoena dan fitofluena tiga hingga lima kali lebih besar dibandingkan dengan likopen dan β-karoten. Banyak manfaat kesehatan tomat yang dahulu dikaitkan dengan likopen, kini diduga karena fitoena dan fitofluena.

Salah satu penggunaan ekstrak tomat mutiara yang signifikan adalah sebagai tabir surya internal untuk melindungi dan memperbaiki kulit dari kerusakan karena matahari.

Ekstrak tomat mutiara juga bermanfaat untuk melasma, yakni kondisi bercak cokelat muncul di wajah karena paparan sinar matahari atau perubahan hormonal selama masa kehamilan. 

Pada melasma, ekstrak tomat mutiara dapat membantu memulihkan pigmentasi yang baik serta meningkatkan warna, tekstur, dan kandungan lembap kulit guna mengurangi kekeringan dan kekasaran kulit.

Manfaat Ekstrak Polypodium Leucotomos

Polypodium leucotomos adalah tumbuhan paku yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Ekstrak tumbuhan yang kaya antioksidan terbukti meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi kerusakan karena matahari. Ekstrak ini bekerja dengan meningkatkan aktivitas sistem antioksidan sel kulit sehingga mengurangi peradangan dan kerusakan. 

Tiga uji klinis pada orang dewasa sehat menunjukkan bahwa ekstrak ini aman dan efektif dalam mengurangi kerusakan akibat paparan matahari pada dosis 240 mg dua kali sehari. Ekstrak ini juga bermanfaat untuk melasma.

Dua studi klinis juga menunjukkan efek manfaat ekstrak P. leucotomos pada penderita erupsi cahaya polimorfik (PLE), yakni gatal atau ruam dengan rasa terbakar yang terjadi dalam beberapa jam atau hingga 3 hari setelah paparan matahari yang dapat berlangsung hingga dua minggu. Dua studi dengan ekstrak P. leucotomos ini menunjukkan bahwa hampir semua subjek mengalami pengurangan reaksi kulit PLE yang signifikan dalam kondisi terkontrol pada dosis berkisar mulai dari 480 hingga 1200 mg setiap hari.

Manfaat Flavanol Kakao

Flavonoid tumbuhan juga sangat penting dalam menunjang kulit yang sehat. Flavanol yang terdapat dalam kakao dan produk kakao terutama bermanfaat untuk melindungi kulit terhadap kerusakan karena matahari. Banyak studi eksperimental menunjukkan bahwa produk kakao yang kaya akan flavanol melindungi kulit terhadap kerusakan karena matahari. 

Dalam studi pada manusia, konsumsi flavanol kakao terbukti efektif setelah satu minggu mengonsumsi 4-6 gram bubuk kakao tinggi flavanol setiap hari. Suplementasi oral 1 gram kakao tinggi flavanol setiap hari tidak efektif.

Referensi:

  1. Yamashita E. The Effects of a Dietary Supplement Containing Astaxanthin on Skin Condition. Carotenoid Science. 2006.
  2. Meléndez-Martínez AJ, Mapelli-Brahm P, Benítez-González A, et al. A comprehensive review on the colorless carotenoids phytoene and phytofluene. Arch Biochem Biophys. 2015;572:188-200. 
  3. Cooperstone JL, Tober KL, Riedl KM, et al. Tomatoes protect against the development of UV-induced keratinocyte carcinoma via metabolomic alterations. Sci Rep. 2017;7(1):5106. 
  4. Aust O, Stahl W, Sies H, Tronnier H, Heinrich U. Supplementation with tomato-based products increases lycopene, phytofluene, and phytoene levels in human serum and protects against UV-light-induced erythema. Int J Vitam Nutr Res. 2005;75(1):54-60. 
  5. El-Haj N, Goldstein N. Sun protection in a pill: the photoprotective properties of Polypodium leucotomos extract. Int J Dermatol. 2014 Jul 11. 
  6. Rodríguez-Yanes E, Juarranz Á, Cuevas J, et al. Polypodium leucotomos decreases UV-induced epidermal cell proliferation and enhances p53 expression and plasma antioxidant capacity in hairless mice. Exp Dermatol. 2012;21:638–640. [PubMed] [Google Scholar]
  7. Nestor MS, Berman B, Swenson N. Safety and Efficacy of Oral Polypodium leucotomos Extract in Healthy Adult Subjects. J Clin Aesthet Dermatol. 2015 Feb;8(2):19-23. 
  8. Middelkamp-Hup MA, Pathak MA, Parrado C, et al. Oral Polypodium leucotomos extract decreases ultraviolet-induced damage to human skin. J Am Acad Dermatol. 2004;51:910–918.
  9. Ahmed AM, Lopez I, Perese F, et al. A randomized, double-blinded, placebo-controlled trial of oral Polypodium leucotomos extract as an adjunct to sunscreen in the treatment of melasma. JAMA Dermatol. 2013;149:981–983. 
  10. Tanew A, Radakovic S, Gonzalez S, et al. Oral administration of a hydrophilic extract of Polypodium leucotomos for the prevention of polymorphic light eruption. J Am Acad Dermatol. 2012;66:58–62. 
  11. Caccialanza M, Percivalle S, Piccinno R, et al. The photoprotective activity of oral Polypodium leucotomos extracts in 25 patients with idiopathic photodermatoses. Photodermatol Photoimmunol Photomed. 2007;23:46–47. 
  12. Calzavara-Pinton P, Calzavara-Pinton I, Arisi M, Rossi MT, Scapagnini G, Davinelli S, Venturini M. Cutaneous Photoprotective Activity of a Short-term Ingestion of High-Flavanol Cocoa: A Nutritional Intervention Study. Photochem Photobiol. 2019 Jul;95(4):1029-1034. doi: 10.1111/php.13087. Epub 2019 Mar 19. PMID: 30663066.