Apa Itu Witch Hazel? 

Witch hazel merupakan astringen topikal dengan beragam manfaat untuk kulit. Terbuat dari daun, kulit kayu, dan ranting tanaman witch hazel, Hamamelis virginiana, yang tumbuh di Amerika Utara. Belakangan ini Anda mungkin cukup sering mendengar tentang ini, karena witch hazel kini telah menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit yang populer. Meskipun witch hazel membantu memperbaiki tampilan kulit, manfaatnya tidak berhenti pada mengecilkan pori-pori dan melawan bakteri penyebab jerawat. 

Baca terus untuk mengetahui manfaat witch hazel untuk kulit maupun kulit kepala, cara menggunakannya, potensi efek samping, dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan produk sederhana ini ke dalam rutinitas kesehatan.

Empat Manfaat Witch Hazel

Witch hazel merupakan cairan bening yang biasa dioleskan pada kulit menggunakan kapas. Witch hazel menawarkan serangkaian manfaat untuk kulit dan kulit kepala, termasuk membantu menenangkan jerawat, menenangkan kulit kepala sensitif, serta mengurangi inflamasi dan iritasi kulit.

Karena witch hazel memiliki beragam khasiat untuk pengobatan, produsen telah mengembangkan produk selain astringen yang menyerupai air, termasuk salep dan teh yang mengandung witch hazel. Meskipun penggunaan witch hazel secara topikal memberikan manfaat yang terdokumentasi dengan baik dengan sedikit efek samping, jika ada, apabila tertelan, witch hazel dapat menimbulkan lebih banyak risiko. Jika Anda mencari cara untuk mengatasi iritasi atau inflamasi kulit atau memiliki kondisi yang menyebabkan sensitivitas kulit kepala, menambahkan witch hazel ke dalam rutinitas harian bisa menjadi solusi sederhana untuk masalah kecantikan Anda. 

Perawatan Kulit

Jerawat merupakan kondisi kulit umum yang ditandai dengan inflamasi kulit. Dengan timbulnya jerawat, folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, sehingga menimbulkan bintil yang mungkin terasa nyeri dan mengganggu penampilan. 

Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk hormon, produk kosmetik, cuaca, dan obat-obatan tertentu. Banyak sekali produk, obat-obatan, dan terapi yang mengeklaim dapat membantu mengatasi jerawat, dan umumnya tidak berhasil. 

Berkat sifat antiinflamasi dan astringennya, witch hazel mungkin merupakan komponen alami yang efektif dalam rutinitas perawatan kulit untuk melawan jerawat. Sebagai astringen yang ampuh, witch hazel mengerutkan sel-sel kulit dan pori-pori, membantu mencegah bakteri penyebab jerawat. 

Anda dapat mengoleskan witch hazel langsung ke kulit setelah dibersihkan atau menggunakan produk khusus jerawat yang mengandung witch hazel. Meskipun riset seputar efek witch hazel terhadap jerawat masih terbatas, penggunaannya sebagai obat nampaknya cukup menjanjikan, terutama bagi orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak. 

Makanan yang Anda konsumsi juga dapat memengaruhi kulit dan memperparah jerawat. Makanan yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara cepat dan, seiring berjalannya waktu, meningkatkan resistensi insulin, mungkin menjadi penyebabnya. Karbohidrat olahan, seperti sereal manis, roti tawar putih, granola manis dan bar sereal, serta minuman yang diberi tambahan gula, adalah beberapa makanan dan minuman yang paling mungkin menyebabkan lonjakan gula darah. 

Sebaliknya, pilihlah makanan dengan kandungan serat yang tinggi dan sedikit gula tambahan, seperti oatmeal, cracker, pasta, kinoa, dan serealia utuh lainnya. Makanan-makanan ini kecil kemungkinannya menyebabkan lonjakan gula darah. Selain itu, protein tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan dan biji-bijian harus disertakan ke dalam diet dalam jumlah besar.

Sensitivitas Kulit Kepala

Sensitivitas kulit kepala dapat disebabkan oleh masalah dermatologis seperti psoriasis atau dermatitis atau akibat perawatan atau produk rambut tertentu. Ketombe, kulit kepala gatal, dan minyak berlebih pada kulit kepala merupakan keluhan paling umum terkait sensitivitas kulit kepala. Untungnya, mengatasi gejala-gejala ini tidak menghabiskan banyak waktu, uang, atau produk. Sebab, gejala-gejala tersebut umumnya dapat disembuhkan dengan rutinitas perawatan kulit kepala yang sederhana tetapi efektif. 

Witch hazel dapat membantu menenangkan sensitivitas kulit kepala dengan meredakan iritasi kulit kepala, meskipun risetnya masih terbatas. Dalam sebuah penelitian, orang yang menderita iritasi kulit kepala yang menggunakan sampo witch hazel selama empat minggu mengalami perbaikan pada sensitivitas dan iritasi kulit kepala.1

Terkadang kulit kepala tidak terlalu dihiraukan, akan tetapi, kulit kepala merupakan jenis kulit unik yang memerlukan perawatan tersendiri. Merawat kulit kepala sangat mudah, cukup ganti produk perawatan dengan sampo dan kondisioner yang mengandung witch hazel. 

Antiinflamasi

Inflamasi merupakan respons perlindungan alami tubuh. Meskipun inflamasi akut sebagai respons terhadap cedera tidak akan berdampak negatif pada tubuh, inflamasi kronis lebih mengkhawatirkan. Jenis inflamasi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk diet dan kondisi kesehatan lainnya, serta dapat menyebabkan masalah kesehatan tersendiri jika tidak dikendalikan. 

Witch hazel dapat membantu meredakan inflamasi topikal yang disebabkan oleh iritasi kulit akibat sengatan matahari ringan. Tanin dalam witch hazel memiliki sifat antiinflamasi dan mungkin dapat meredakan ketidaknyamanan, pembengkakan, serta nyeri akibat sengatan matahari. Cukup oleskan witch hazel pada kapas dan usap secara perlahan pada kulit yang tersengat sinar matahari. 

Lidah buaya merupakan produk alami lainnya yang dapat membantu mengurangi inflamasi akibat sengatan matahari. Beberapa produk menggabungkan lidah buaya dengan witch hazel untuk mengoptimalkan khasiat penyembuhannya. Jika Anda berencana untuk pergi ke pantai atau perlu membeli perlengkapan luar ruangan musim panas, pastikan untuk membawa produk perawatan setelah terpapar sinar matahari untuk membantu menenangkan kulit Anda setelah seharian berada di bawah sinar matahari. 

Iritasi Kulit

Sifat antiinflamasi pada witch hazel juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan mempercepat penyembuhan ruam. Mengoleskan witch hazel langsung ke kulit yang teriritasi dapat membantu mengurangi rasa gatal dan rasa terbakar serta menenangkan kulit yang sensitif.2 Anda juga dapat mengoleskan losion yang mengandung witch hazel pada kulit. 

Mengonsumsi makanan yang tepat juga dapat membantu memperbaiki kulit sensitif. Makanan kaya lemak omega-3 esensial, seperti tunasalmon, dan kacang kenari, dapat membantu memperbaiki kondisi inflamasi kulit dan mendukung kesehatan kulit.3 Mengonsumsi suplemen omega-3 setiap hari dapat membantu mengatasi iritasi kulit yang menahun. Alpukat, tomat, dan paprika juga mengandung lemak sehat dan mikronutrien seperti seng dan vitamin C yang mendukung kesehatan kulit.

Cara Menggunakan Witch Hazel

Witch hazel paling sering digunakan secara topikal. Untuk mengatasi jerawat, kulit kepala sensitif, tersengat sinar matahari, atau iritasi kulit, oleskan witch hazel langsung ke area yang bermasalah dengan menggunakan kapas. Anda juga dapat menggunakan produk yang diformulasikan secara khusus yang mengandung witch hazel, seperti losion atau sampo. 

Meskipun beberapa orang menggunakan astringen seperti witch hazel sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan, penggunaan witch hazel secara internal dapat menyebabkan sakit perut atau masalah kesehatan lain yang lebih serius. Sebaiknya hindari menelan witch hazel untuk mencegah kemungkinan efek samping yang berbahaya.

Efek Samping Umum & Risiko Kesehatan dari Witch Hazel

Witch hazel umumnya dianggap aman dan tanpa efek samping bila digunakan secara topikal untuk mengatasi kondisi kulit. Menelan witch hazel dalam jumlah besar secara oral dapat menyebabkan komplikasi serius dan harus dihindari.  

Meskipun tidak ada interaksi yang diketahui antara witch hazel dan makanan, suplemen, atau obat-obatan lainnya, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan bahan baru ke dalam rutinitas kesehatan Anda. Jika Anda mempertimbangkan penggunaan witch hazel untuk mengatasi masalah kulit, konsultasikan dengan dokter kulit untuk memastikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. 

Poin Penting

Witch hazel merupakan astringen alami yang dapat membantu menenangkan berbagai kondisi kulit. Dari kulit sensitif dan teriritasi hingga sensitivitas kulit kepala, penggunaan witch hazel secara topikal merupakan pengobatan yang aman dan terjangkau. Carilah witch hazel sebagai produk tersendiri atau yang terkandung di dalam losion atau sampo yang diformulasikan secara khusus. 

Meskipun witch hazel umumnya bebas dari efek samping bila digunakan secara topikal, sebaiknya konsultasikan dengan tim pelayanan kesehatan sebelum memperkenalkan produk atau suplemen baru ke dalam rutinitas perawatan kulit atau kesehatan Anda. 

Referensi:

  1. Trüeb R. North American Virginian Witch Hazel (Hamamelis virginiana): Based Scalp Care and Protection for Sensitive Scalp, Red Scalp, and Scalp Burn-Out. Int J Trichology. 2014;6(3):100. 
  2. Heinicke IR, Adams DH, Barnes TM, Greive KA. Evaluation of a topical treatment for the relief of sensitive skin. Clin Cosmet Investig Dermatol. 2015;8:405. 
  3. Thomsen BJ, Chow EY, Sapijaszko MJ. The Potential Uses of Omega-3 Fatty Acids in Dermatology: A Review. J Cutan Med Surg. 2020;24(5):481-494.