Anda mungkin pernah mendengar tentang rumput gandum atau melihatnya di toko smoothie atau jus setempat. Anda biasanya dapat menemukan rumput gandum dalam bentuk jus atau minuman kesehatan.

Rumput gandum telah ada sejak tahun 1940-an ketika diperkenalkan oleh Ann Wigmore, praktisi makanan mentah dan kesehatan holistik. Dia percaya bahwa rumput gandum dapat menyembuhkan banyak penyakit dan rumput gandum dapat mendetoksifikasi tubuh. Pada tahun 1982, dia digugat oleh jaksa agung Massachusetts karena mempromosikan rumput gandum sebagai obat diabetes. Dia digugat lagi pada tahun 1988 karena melakukan klaim palsu bahwa rumput gandum dapat menyembuhkan AIDS dan menjual "sup enzim energi" yang dia promosikan sebagai cara untuk membersihkan gejala AIDS dari tubuh.

Meskipun rumput gandum tidak bertanggung jawab secara individu untuk menyembuhkan penyakit, rumput gandum mungkin masih memiliki implikasi kesehatan yang positif.

Apa yang Dimaksud dengan Rumput Gandum?

Rumput gandum adalah rumput muda dari tanaman gandum. Rumput muda ini adalah rumput yang tebal, mirip jerami, tetapi berwarna hijau cerah. Salah satu alasan utama menanam rumput gandum adalah karena petani memberikan rumput gandum tersebut kepada ternak untuk dimakan.

Kondisi pertumbuhan yang mendorong panen bagus dari rumput gandum ditemukan pada wilayah di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Rumput gandum tersebut juga dapat ditanam di dalam ruangan pada pot dan tumbuh seperti rumput. Rumput gandum tersebut dapat dibeli saat sudah mulai atau mulai dari biji yang bertunas. Setelah tumbuh, rumput gandum dapat dipotong dengan gunting dan digunakan dalam berbagai cara.

Apakah Rumput Gandum Merupakan Sumber Nutrisi yang Baik?

Seperti yang Anda lihat di atas, rumput gandum telah dipromosikan untuk klaim yang tidak dapat didukung. Namun, ada banyak manfaat yang diberikan rumput gandum. Rumput gandum tersebut adalah sumber yang sangat baik dari berbagai vitamin dan mineral, terutama vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin A dan E adalah vitamin yang larut dalam lemak sehingga memiliki sifat antioksidan. Antioksidan ditemukan dalam banyak makanan dan penting untuk disertakan karena membantu menjaga sel agar tetap sehat.

Rumput gandum juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sebagai berikut:

  • Zat besi adalah molekul yang digunakan tubuh untuk membuat protein sehingga sel darah merah dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh.
  • Magnesium adalah mineral yang ditemukan tidak hanya pada manusia tetapi juga di Bumi dan tanaman. Hampir 60% magnesium dalam tubuh ditemukan pada tulang dan penting untuk membantu tubuh dengan reaksi biokimia.
  • Kalsium tidak hanya penting dalam membangun dan memelihara tulang yang kuat, tetapi juga memainkan peran penting dalam fungsi yang tepat dari jantung dan otot Anda.
  • Asam amino membentuk protein yang diperlukan untuk membangun serta memperbaiki sel dan jaringan.]

Bubuk rumput gandum dengan latar belakang hijau

Apa Manfaat Kesehatan dari Rumput Gandum?

1. Rumput Gandum Dapat Mengurangi Peradangan

Rumput gandum dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan adalah respons alami tubuh untuk mencegah bahaya. Ada dua jenis peradangan—kronis dan akut. Peradangan akut terjadi ketika Anda mendapatkan luka di tangan atau kaki Anda. Peradangan kronis dapat berasal dari merokok, kolesterol tinggi, dan banyak kondisi lainnya. Memiliki peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit dan harapan hidup yang lebih singkat. Salah satu studi tabung reaksi menunjukkan bahwa rumput gandum dapat menghambat aktivitas protein yang menyebabkan peradangan.

2. Rumput Gandum Berpotensi Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah zat seperti lilin yang berasal dari tubuh Anda atau dari faktor luar seperti produk hewani (daging, keju, atau susu). Kolesterol ini adalah sesuatu yang diperlukan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik, tetapi memiliki terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan masalah, termasuk meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dalam salah satu studi pada hewan, telah ditemukan bahwa hewan yang minum jus rumput gandum mengalami penurunan kadar kolesterol LDL "jahat" secara keseluruhan. Studi pada hewan lain yang dilakukan selama 10 minggu menunjukkan peningkatan kolesterol HDL “baik”. Hasil dari studi-studi tersebut mengarahkan ilmuwan ke arah yang benar, tetapi penelitian selengkapnya diperlukan di bidang ini untuk mendapatkan kesimpulan yang pasti.

3. Rumput Gandum Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Sistem kekebalan memainkan peran penting dalam menjaga tubuh tetap sehat sepanjang tahun. Kita seharusnya tidak hanya fokus pada menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat selama musim dingin dan flu, tetapi juga menjaganya setiap hari. Karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam rumput gandum, maka dapat berdampak positif pada sistem kekebalan secara keseluruhan.

4. Rumput Gandum Tinggi Klorofil

Anda mungkin ingat istilah klorofil dari kelas ilmu pengetahuan. Klorofil ini bertanggung jawab untuk memberikan warna hijau pada tanaman dan membantu menyerap energi dari matahari. Semakin hijau tanaman, semakin banyak klorofil yang dimilikinya. Klorofil tidak hanya memberikan warna yang indah pada tanaman, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan seperti sifat antioksidan, meningkatkan kesehatan kulit, dan kemungkinan penyembuhan luka. Beberapa orang mungkin mengklaim klorofil bertindak sebagai pewangi alami, tetapi klaim ini telah dibantah.

5. Rumput Gandum dan Kesehatan Pencernaan

Serat adalah nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan usus. Satu sendok makan rumput gandum menyediakan empat gram atau 14% dari nilai harian untuk serat. Untuk individu yang sehat, 25 gram serat disarankan untuk wanita dan 38 gram serat untuk pria. Kurangnya serat dalam makanan dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Bagaimana Saya Menggunakan Rumput Gandum?

Rumput gandum adalah rumput dan sayangnya rasanya seperti rumput. Rasa rumput tersebut sering kali sangat kuat dan beberapa rasanya merasa sulit dicerna untuk perut. Karena faktor rasa, Anda sering kali akan melihat rumput gandum dipasangkan dengan makanan manis seperti buah-buahan atau dalam porsi kecil yang dapat cepat habis. Rumput gandum adalah salah satu minuman kesehatan paling lama di pasaran. Anda dapat menemukan minuman tersebut dalam keadaan segar, dalam bentuk bubuk, atau dicampur ke dalam minuman kesehatan atau jus.

Potensi Efek Samping dari Rumput Gandum

Tidak ada efek samping yang signifikan untuk menggunakan rumput gandum. Beberapa orang telah melaporkan gejala seperti mual, sakit kepala, dan diare setelah menggunakan rumput gandum dalam bentuk kapsul atau jus. Jika ada gejala yang muncul, disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan.

Apakah Rumput Gandum Bebas Gula?

Rumput gandum adalah daun bertunas dari tanaman gandum. Terlepas dari namanya, rumput gandum adalah makanan bebas gula. Namun, mungkin rumput gandum telah terkontaminasi selama pemrosesan, sehingga rentan terhadap kontaminasi silang, yang dapat sangat berbahaya bagi penderita penyakit seliaka. Jika gula adalah makanan yang menjadi perhatian, yang terbaik adalah selalu berkonsultasi dengan produsen untuk memastikan keamanannya.

Keamanan Pangan dengan Rumput Gandum

Jika membeli rumput gandum, pastikan untuk membeli dari pemasok tepercaya. Karena ditanam di tanah atau air dan dimakan mentah, risiko kontaminasi dapat tinggi. Rumput gandum dapat rentan terhadap jamur dan bakteri berbahaya bergantung pada kondisi pertumbuhannya. Jika menanam rumput gandum di rumah, periksa rumput sebelum digunakan untuk melihat jamur atau kelainan sebelum dikonsumsi. Ibu yang sedang hamil atau menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsi rumput gandum karena kemungkinan akan menderita penyakit bawaan makanan. Setiap orang yang menderita alergi rumput gandum juga harus menghindari mengonsumsi rumput gandum dalam bentuk apa pun.

Rumput gandum memiliki banyak kemungkinan manfaat kesehatan, tetapi kenyataannya belum cukup penelitian untuk membuktikan manfaat tersebut secara konkret. Sayangnya, banyak manfaat kesehatan dari rumput gandum tidak memiliki bukti yang cukup untuk mendukung klaim tersebut. Tidak ada bahaya ekstrim menggunakan rumput gandum, tetapi Jika Anda ingin menambahkan rumput gandum ke dalam rejimen Anda, pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia perawatan primer Anda sebelum memperkenalkannya.

Referensi:

  1. Bar-Sela G, Cohen M, Ben-Arye E, Epelbaum R. The Medical Use of Wheatgrass: Review of the Gap Between Basic and Clinical Applications. Mini Rev Med Chem. 2015;15(12):1002-10. doi: 10.2174/138955751512150731112836. PMID: 26156538.
  2. Subramoniam, A., Asha, V. V., Nair, S. A., Sasidharan, S. P., Sureshkumar, P. K., Rajendran, K. N., Karunagaran, D., & Ramalingam, K. (2012). Chlorophyll revisited: anti-inflammatory activities of chlorophyll a and inhibition of expression of TNF-α gene by the same. Inflammation, 35(3), 959–966. https://doi.org/10.1007/s10753-011-9399-0
  3. Kothari, S., Jain, A. K., Mehta, S. C., & Tonpay, S. D. (2011). Hypolipidemic effect of fresh Triticum aestivum (wheat) grass juice in hypercholesterolemic rats. Acta poloniae pharmaceutica, 68(2), 291–294.
  4. Sethi, J., Yadav, M., Dahiya, K., Sood, S., Singh, V., & Bhattacharya, S. B. (2010). Antioxidant effect of Triticum aestivium (wheat grass) in high-fat diet-induced oxidative stress in rabbits. Methods and findings in experimental and clinical pharmacology, 32(4),
  5. 233–235. https://doi.org/10.1358/mf.2010.32.4.1423889
  6. FoodData Central Search Results. FoodData Central. (n.d.). https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/601871/nutrients.