Anda mungkin tidak mengetahui hal ini, tetapi kemungkinan kulit Anda memerlukan perubahan berkala, dan untuk jangka waktu yang cukup lama sepanjang tahun, Anda perlu mengganti rutinitas perawatan kulit agar kulit Anda dapat menjalani kehidupan terbaiknya. Yang mungkin juga tidak Anda ketahui adalah betapa pentingnya hidrasi, tak peduli sepanjang tahun atau bagaimana kulit Anda menampilkan dirinya ke dunia luar.

Sebagai contoh, selama musim dingin, Anda mungkin merasa perlu menambah produk pelembap, lalu menguranginya di musim panas atau tidak menggunakannya sama sekali. Faktanya, ini dapat memberi Anda hasil sebaliknya yang Anda cari. Berikut tips dari saya untuk memastikan kulit Anda tampak kenyal dan bercahaya, di mana pun Anda tinggal atau di musim apa pun!

6 Langkah untuk Kulit Terhidrasi

Jika Anda belum memiliki rutinitas perawatan kulit, atau Anda sudah memilikinya, tetapi Anda tidak yakin apakah itu yang terbaik untuk kulit Anda, mencari tahu produk yang akan berhasil bisa tampak menakutkan. Kabar baiknya adalah, tak peduli apakah Anda menginginkan produk sekali pakai, atau Anda bersedia menyisihkan waktu yang cukup di pagi dan malam hari untuk sepenuhnya merangkul aspek perawatan diri dalam merawat kulit Anda, berikut adalah pilihan untuk Anda! 

Langkah Pertama: Pembersih dan Scrub

Hal pertama adalah, sebelum melembapkan kulit sampai batas tertentu, Anda harus membersihkan kulit Anda! Tidak hanya menghilangkan penghalang dari kulit yang mungkin dapat mencegah perawatan kulit yang Anda aplikasikan di atas menembus dengan benar, tetapi sisa-sisa yang tertinggal juga dapat mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan jerawat. Meskipun lebih baik jika menghapus riasan terlebih dulu kemudian membersihkan kulit Anda (disebut sebagai pembersihan ganda), jika Anda tidak punya waktu atau tenaga untuk melakukannya, Banila Clean it Zero Cleansing Balm atau Cetaphil Daily Facial Cleanser dapat melakukan keduanya! Lebih baik lagi, keduanya tidak akan menghilangkan minyak alami kulit Anda, sehingga tidak akan membuat kulit Anda merasa kering dan kencang.

Jika Anda ingin melakukan rutinitas pembersihan selangkah lebih maju dan ingin kulit Anda terasa lebih halus dari sebelumnya, gunakan scrub! Produk seperti ACURE Brightening Facial Scrub dapat melakukannya.

Jika Anda hanya ingin membersihkan dan mengoleskan pelembap saja, lewati ke langkah ke-5.

Langkah Kedua: Toner

Hampir semua orang mungkin mengetahui kegunaan pembersih dan pelembap, tetapi ada kategori perawatan kulit lain yang kurang dikenal. Sebagai contoh, toner. Dengan menggunakan Dear Klairs Supple Preparation Toner, Anda dapat membersihkan, menenangkan, dan melembapkan kulit secara bersamaan.

Menggunakan Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner, Anda dapat mencerahkan, menghaluskan, serta mengurangi munculnya noda dan pigmentasi yang tak diinginkan.

Langkah ini sebetulnya tidak diperlukan, tetapi dengan langkah yang tepat, Anda dapat melakukan apa pun mulai dari menghilangkan kotoran yang tersisa setelah langkah ke-1, pengelupasan kimiawi, mengurangi peradangan, mengecilkan pori-pori Anda. Kemungkinannya hampir tak terbatas dalam kategori produk ini!

Langkah Ketiga: Esens

Langkah perawatan kulit ini menjadi yang terakhir saya tambahkan, tetapi sekarang ini menjadi salah satu rutinitas yang wajib untuk dilakukan! Bertujuan untuk melembapkan dan menciptakan dasar bagi sisa langkah hidrasi agar lebih terserap ke dalam kulit, esens dapat membuat serum atau minyak dan pelembap bekerja lebih efektif. Jika Anda belum bisa menentukan, lakukan lompatan dan pertimbangkan Missha Time Revolution The First Treatment Essence Rx!

Langkah Keempat: Serum dan Minyak

Jika ingin kulit Anda bersinar layaknya menghabiskan seharian di spa, mulailah menggunakan serum atau minyak! Jika Anda mencari sesuatu yang lebih ringan, menggunakan serum seperti Mizon Hyaluronic Acid 100 menjadi pilihan yang layak untuk dicoba. Produk ini akan memberikan hidrasi luar biasa dan terasa sangat ringan di kulit Anda. 

Jika Anda lebih suka produk yang sedikit lebih tebal untuk membuat kulit Anda terlihat sangat kenyal, gunakan minyak seperti Haruharu Wonder Black Rice Facial Oil. 

Langkah Kelima: Tabir surya

Lebih penting dibandingkan membersihkan kulit Anda secara menyeluruh setiap hari, Anda harus menggunakan tabir surya! Meski di luar mendung, kulit Anda tetap bisa terkena sinar matahari yang berbahaya. Paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan telah terbukti menyebabkan keriput, bintik matahari, dan masalah kesehatan yang serius. 

Bisa dikatakan, pada siang hari, menggunakan produk seperti Pipette Mineral Sunscreen Broad Spectrum SPF 50 atau Hero Cosmetics Force Shield Superlight Sunscreen SPF 30 dapat sangat membantu mengurangi risiko terjadinya hal-hal di atas! 

Langkah Keenam: Pelembap Malam Hari

Pelembap malam hari menjadi salah satu produk favorit saya karena umumnya pelembap ini terasa begitu lengkap dan mewah, terlepas dari harganya! 

The Mad Hippie Triple C Night Cream dan Pond’s Rejuveness Advanced Hydrating Night Cream merupakan pilihan yang sangat baik, berdasarkan banyak ulasan bagus untuk keduanya!

Langkah Ekstra Untuk Mengunci Kelembapan

Krim mata: Jika Anda memiliki masalah dengan bagian bawah mata yang sangat kering, gelap, dan/atau bengkak, sebaiknya gunakan krim mata. Para ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda terkait penggunaan krim mata, tetapi jika Anda tertarik untuk mencobanya, I Dew Care Glow-Key Brightening Vitamin C Eye Cream terlihat sangat menjanjikan!

Perawatan Bibir: Salah satu aspek perawatan kulit yang sering diabaikan adalah bibir. Kita menggunakan pengilap bibir, pensil bibir, lipstik, dll., tetapi biasanya pergi tidur tanpa memberikan perhatian dan kasih sayang yang tidak mereka miliki di siang hari. Produk seperti Cosrx Lip Sleep Ceramide Lip Butter Sleeping Mask akan membuat bibir Anda merasa sangat berterima kasih jika Anda memakainya!

Masker Wajah: Jika Anda pernah bersantai di penghujung malam dengan minuman, buku atau acara TV favorit Anda, dan selimut atau sweter yang nyaman, itu merupakan waktu yang tepat untuk memakai masker wajah! Baik Anda lebih suka masker lembar seperti Radiant Seoul Beauty Plumping Sheet Mask atau masker tanah liat seperti Elizavecca Milky Piggy Carbonated Bubble Clay Mask, percayalah, produk ini sangat menarik untuk digunakan. Anda akan sangat dimanjakan dengan menambahkan produk ini ke dalam rutinitas Anda, kalau pun Anda membuatnya tetap sederhana atau melakukan semuanya!

Seperti Apa Urutan Dalam Menggunakan Produk Perawatan Kulit Saya?

Jika semua ini membuat Anda kewalahan, saya mengerti! Butuh waktu yang cukup lama untuk mencari produk yang cocok untuk kulit saya karena saya tidak tahu harus mulai dari mana!

Saran pertama saya adalah mencari ahli perawatan kulit terdekat. Anda tidak perlu berkomitmen untuk melakukan facial setiap bulan (kecuali jika Anda mau!), tetapi berkonsultasi dengan profesional yang dapat memberi tahu Anda jenis kulit apa yang Anda miliki dapat membantu Anda menemukan sumber daya online yang dapat memandu Anda ke dalam kategori yang harus Anda beli. 

Jika Anda hanya mempertahankan satu hal dari postingan blog ini, ingatlah ini: Tips favorit yang saya pelajari dari menonton konten kecantikan di YouTube bertahun-tahun yang lalu adalah jika ragu, aplikasikan produk perawatan kulit Anda sesuai urutan beratnya. Esens memiliki konsistensi air, yang akan dianggap paling ringan dan pertama kali diaplikasikan (setelah pembersihan, tentunya). Kemudian serum atau minyak, dan yang terakhir, pelembap. Dan yang tak kalah penting adalah, bersenang-senanglah dan nikmati hal baik yang Anda lakukan untuk diri Anda di masa kini dan masa depan!