Penyakit radang usus (IBD) merupakan gangguan umum yang mencakup penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Di seluruh dunia, ada lebih dari 50 juta orang mengalaminya. Pada artikel ini, kita akan membahas soal kolitis ulseratif, secara spesifik, dan beberapa pendekatan alami yang dapat membantu meningkatkan kesehatan. 

Kolitis ulseratif terjadi pada pria maupun wanita, terutama antara usia 15 hingga 35 tahun. Namun, terkadang dapat terjadi hingga usia 60 tahun. Kolitis ulseratif dianggap sebagai kondisi autoimun dan dapat dipicu oleh bakteri, virus, dan makanan tertentu. Komponen genetik juga diyakini sebagai pemicu kondisi ini, yang mungkin berkaitan dengan kromosom 16. 

Bagi penderita yang memiliki kerabat tingkat pertama (orang tua atau saudara kandung) dengan kolitis ulseratif, kemungkinan mengalami radang ini 3 hingga 20 kali lebih besar dibandingkan masyarakat umum. Meskipun individu dari segala etnis dapat mengalaminya, orang-orang keturunan Eropa atau Yahudi Ashkenazi berisiko lebih tinggi. 

Apa itu Kolitis Ulseratif?

Gejala klinis kolitis ulseratif meliputi sakit perut, kembung, perdarahan rektum, dan peradangan usus besar yang terus-menerus. Meskipun peradangan terjadi pada permukaan lapisan usus besar, rektum hampir selalu terlibat. 

Anemia sering terjadi pada orang-orang yang menderita kondisi ini akibat kehilangan darah terus-menerus dan kekurangan zat besi. Penyerapan vitamin dan mineral juga dapat terpengaruh. 

Risiko Kolitis Ulseratif

Anemia kronis dan kelelahan sering terjadi pada penderita kolitis ulseratif disertai dengan nyeri sendi dan ruam kulit. Orang-orang yang memiliki kondisi ini juga berisiko lebih tinggi terkena kanker usus besar, sehingga pemeriksaan skrining kanker usus besar secara teratur, seperti kolonoskopi, harus dilakukan. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini. 

Pengobatan Medis Umum untuk Kolitis Ulseratif

  • Obat anti diare
  • Steroid
  • Sulfasalazin dan mesalazin
  • Obat imunosupresif (mis. azatioprin, siklosporina, dan metotreksat)
  • Intervensi bedah (kadang-kadang bagian dari usus besar diangkat melalui pembedahan pada kasus yang parah)

Pendekatan Alami untuk Kolitis Ulseratif

Pola makan memiliki peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan dan pencegahan kolitis ulseratif. Misalnya, menghindari makanan yang mengandung belerang, seperti kalkun, daging sapi, susu, telur, dan keju, dapat bermanfaat bagi penderita kolitis ulseratif karena dapat meningkatkan produksi hidrogen sulfida bakteri usus. Studi menunjukkan gas ini meningkatkan risiko kambuhnya kolitis ulseratif.

Suplemen-suplemen berikut ini juga dapat bermanfaat. 

Probiotik

Suplemen probiotik mengandung bakteri sehat, yang dapat membantu mengembalikan bakteri menguntungkan ke saluran usus. 

Pilihan gaya hidup dapat dengan cepat mengubah mikrobioma usus. Misalnya, antibiotik yang sering digunakan secara berlebihan dapat membunuh bakteri usus yang sehat. Selain itu, penggunaan pereduksi asam secara terus-menerus dapat mengubah mikrobioma usus dengan mengubah kadar asam di seluruh usus. Penderita kolitis ulseratif dan masalah pencernaan lainnya perlu memberi perhatian ekstra pada kesehatan usus mereka. 

Sebuah studi tahun 2006 menyimpulkan bahwa, "Lactobacillus GG tampaknya efektif dan aman dalam mempertahankan remisi pada pasien dengan kolitis ulseratif, dan ini bisa mewakili pilihan terapi yang baik untuk mencegah kekambuhan pada kelompok pasien ini."

Sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa suplemen probiotik yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium dapat membantu penderita kolitis ulseratif dan dapat mengurangi kebutuhan akan steroid. Sebuah studi tahun 2019 terkait probiotik bifidobacterium dan kolitis ulseratif juga menunjukkan hasil yang bermanfaat dengan suplementasi.

Dosis yang disarankan: 5 hingga 100 miliar unit per hari.

Prebiotik

Makanan prebiotik membantu meningkatkan mikrobioma usus dengan mendukung pertumbuhan bakteri sehat. Contoh makanan tersebut antara lain apel, asparagus, pisang, randa tapak hijau, dan biji rami. Makanan ini membantu mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan, yang menghasilkan fruktan, bantuan yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan di usus penderita kolitis ulseratif.

Asam Lemak Omega-3

Sebuah studi tahun 2011 tidak menemukan data yang cukup untuk merekomendasikan asam lemak omega-3 untuk mempertahankan remisi kolitis ulseratif dan penyakit Crohn.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D merupakan salah satu kekurangan vitamin yang paling umum di seluruh dunia. Rendahnya kadar vitamin D telah dikaitkan dengan berbagai penyakit. Dalam praktik saya di California Selatan, empat dari lima pasien saya kekurangan vitamin D saat diuji. Saya telah merekomendasikan vitamin D kepada sebagian besar pasien saya sejak tahun 2007. Rendahnya kadar vitamin D berhubungan dengan kolitis ulseratif. 

Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa penderita kolitis ulseratif lebih cenderung memiliki kadar vitamin D dalam darah yang lebih rendah, dan mereka yang memiliki kadar terendah memiliki gejala paling banyak. 

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa penderita kolitis ulseratif yang memiliki kadar vitamin D dalam darah yang lebih tinggi memiliki gejala yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Demikian pula, sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dikaitkan dengan pengurangan peradangan pada pasien dengan kolitis ulseratif.

Dosis yang disarankan: Sebagian besar memerlukan 1.000 hingga 5.000 IU vitamin D setiap harinya.

Kurkumin

Dalam budaya India, praktisi pengobatan Ayurveda kuno telah merekomendasikan herbal dan mineral sebagai sumber obat penyembuh. Kunyit, dalam bentuk pasta, telah diterapkan pada kulit untuk berbagai kondisi. Kunyit juga telah dihirup sebagai uap untuk mengobati penyumbatan saluran pernapasan. Meskipun uji klinis terkait penggunaan kunyit untuk tujuan ini sangatlah terbatas, praktisi modern Ayurveda masih mengakui bahwa selama 3.000 tahun terakhir, kunyit secara anekdot telah membantu meredakan gejala dan terus berlangsung hingga saat ini.

Penggunaan kunyit dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok atau Jiang Huang melibatkan efek yang dirasakan dari menggerakkan "qi" atau energi vital seseorang. Selain itu, orang-orang meyakini bahwa kunyit dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi sakit perut. Ada penelitian yang membenarkan bahwa kunyit membantu mengatasi kolitis ulseratif. 

Sebuah studi tahun 2017 menyimpulkan bahwa "..kurkumin memiliki potensi untuk menginduksi dan mempertahankan remisi pada pasien kolitis ulseratif tanpa efek samping yang serius."

Mengevaluasi penggunaan kurkumin dan obat resep mesalazin secara bersamaan pada 142 pasien, para peneliti dalam sebuah studi tahun 2018 menyimpulkan bahwa kombinasi tersebut menghasilkan tingkat remisi yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan obat saja. Tidak ditemukan adanya efek samping yang merugikan. 

Sebuah studi tahun 2019 mengevaluasi enam uji coba terkendali secara acak, yang mencakup 349 pasien dan memiliki temuan serupa. Penelitian ini juga menunjukkan kombinasi kurkumin dan mesalazin sangatlah bermanfaat. 

L-Karnitin

L-karnitin merupakan senyawa penting dalam tubuh manusia yang diperlukan untuk metabolisme. Sekitar satu dari 350 orang tidak dapat menggabungkannya. Namun, di antara orang-orang yang mampu menggabungkannya, beberapa di antaranya mungkin memiliki persyaratan yang lebih tinggi dibandingkan yang dapat dilakukan oleh tubuh mereka. Termasuk penderita kolitis ulseratif. 

Sebuah studi tahun 2012 mengevaluasi L-karnitin pada individu dengan kolitis ulseratif. Orang-orang yang memiliki aktivitas kolitis ulseratif ringan hingga sedang mengalami perbaikan saat mereka menjalani kolonoskopi. 

Glutamin

Glutamin merupakan salah satu asam amino bebas yang paling melimpah yang ada di dalam tubuh manusia. Bertanggung jawab untuk berbagai proses metabolisme, glutamin dianggap sebagai asam amino "glukogenik". Ini menyiratkan bahwa jika tubuh Anda membutuhkan glukosa tambahan, asam amino glukogenik dapat mengubah glutamin menjadi glukosa dan memberi tubuh energi yang dibutuhkannya. Usus juga tampaknya membutuhkan glutamin untuk membantu sel bahan bakar usus. 

Sebuah studi tahun 2014 menyimpulkan bahwa suplementasi glutamin dapat membantu penderita kolitis ulseratif. Glutamin juga ditunjukkan, dalam sebuah studi tahun 2018, untuk membantu mengurangi jalur yang menyebabkan peradangan pada penderita kolitis ulseratif. 

Melatonin

Kebanyakan orang menganggap melatonin sebagai obat tidur. Namun, sifat antioksidannya yang kuat dapat membantu penderita kolitis ulseratif. 

Sebuah studi tahun 2011 menunjukkan bahwa melatonin bisa membantu. Para peneliti menyimpulkan bahwa, "... melatonin bertindak sebagai anti-inflamasi dan antioksidan yang efektif, dan mungkin merupakan agen terapi yang menjanjikan bagi kolitis ulseratif."

Baru-baru ini, sebuah studi tahun 2018 menyelidiki melatonin untuk kolitis ulseratif menggunakan model tikus. Hasil penelitian menunjukkan sifat antioksidan melatonin dapat membantu mencegah pembentukan kolitis. 

Temuan Lainnya

Studi lain menunjukkan bahwa N-asetil sistein dan berberin juga dapat membantu mengendalikan dan bahkan mungkin mencegah kolitis ulseratif. Selain itu, penderita kolitis ulseratif juga harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi vitamin yang larut dalam lemak — AK, dan E — karena penyerapannya yang buruk.

Referensi:

  1. Teigen LM, Geng Z, Sadowsky MJ, Vaughn BP, Hamilton MJ, Khoruts A. Dietary Factors in Sulfur Metabolism and Pathogenesis of Ulcerative Colitis. Nutrients. 2019;11(4):931. Published 2019 Apr 25. doi:10.3390/nu11040931
  2. Zocco MA, dal Verme LZ, Cremonini F, Piscaglia AC, Nista EC, Candelli M, Novi M, Rigante D, Cazzato IA, Ojetti V, Armuzzi A, Gasbarrini G, Gasbarrini A. Efficacy of Lactobacillus GG in maintaining remission of ulcerative colitis. Aliment Pharmacol Ther. 2006 Jun 1;23(11):1567-74.
  3. Biomed Pap Med Fac Univ Palacky Olomouc Czech Repub. 2016 Sep;160(3):372-7.
  4. Astó E, Méndez I, Audivert S, Farran-Codina A, Espadaler J. The Efficacy of Probiotics, Prebiotic Inulin-Type Fructans, and Synbiotics in Human Ulcerative Colitis: A Systematic Review and Meta-Analysis. Nutrients. 2019 Jan 30;11(2):293.
  5. Turner D, Shah PS, Steinhart AH, Zlotkin S, Griffiths AM. Maintenance of remission in inflammatory bowel disease using omega-3 fatty acids (fish oil): a systematic review and meta-analyses. Inflamm Bowel Dis. 2011 Jan;17(1):336-45. DOI: 10.1002/ibd.21374. PMID:20564531.
  6. Law AD, Dutta U, Kochhar R, Vaishnavi C, Kumar S, Noor T, Bhadada S, Singh K. Vitamin D deficiency in adult patients with ulcerative colitis: Prevalence and relationship with disease severity, extent, and duration. Indian J Gastroenterol. 2019 Feb;38(1):6-14.
  7. Hlavaty T, Krajcovicova A, Koller T, Toth J, Nevidanska M, Huorka M, Payer J. Higher vitamin D serum concentration increases health related quality of life in patients with inflammatory bowel diseases. World J Gastroenterol. 2014 Nov 14;20(42):15787-96.
  8. Garg M, Hendy P, Ding JN, Shaw S, Hold G, Hart A. The Effect of Vitamin D on Intestinal Inflammation and Faecal Microbiota in Patients with Ulcerative Colitis. J Crohns Colitis.2018 Jul 30;12(8):963-972.
  9. Simadibrata M, Halimkesuma CC, Suwita BM. Efficacy of Curcumin as Adjuvant Therapy to Induce or Maintain Remission in Ulcerative Colitis Patients: an Evidence-based Clinical Review. Acta Med Indones. 2017 Oct;49(4):363-368. PMID: 29348389.
  10. Iqbal U, Anwar H, Quadri AA. Use of Curcumin in Achieving Clinical and Endoscopic Remission in Ulcerative Colitis: A Systematic Review and Meta-analysis. Am J Med Sci. 2018 Oct;356(4):350-356.
  11. Zheng T, Wang X, Chen Z, He A, Zheng Z, Liu G. Efficacy of adjuvant curcumin therapy in ulcerative colitis: A meta-analysis of randomized controlled trials. J Gastroenterol Hepatol. 2020 May;35(5):722-729. DOI: 10.1111/jgh.14911. Epub 2019 Nov 7. PMID: 31696975.
  12. Merra G, Gasbarrini G, Laterza L, Pizzoferrato M, Poscia A, Scaldaferri F, Arena V, Fiore F, Cittadini A, Sgambato A, Franceschi F, Gasbarrini A. Propionyl-L-carnitine hydrochloride for treatment of mild to moderate colonic inflammatory bowel diseases. World J Gastroenterol. 2012 Sep 28;18(36):5065-71.
  13. Ren W, Yin J, Wu M, Liu G, Yang G, Xion Y, Su D, Wu L, Li T, Chen S, Duan J, Yin Y, Wu G. Serum amino acids profile and the beneficial effects of L-arginine or L-glutamine supplementation in dextran sulfate sodium colitis. PLoS One. 2014 Feb 5;9(2):e88335. doi:10.1371/journal.pone.0088335. PMID: 24505477; PMCID: PMC3914992.
  14. Jeong SY, I'm YN, Youm JY, Lee HK, I'm SY. l-Glutamine Attenuates DSS-Induced Colitis via Induction of MAPK Phosphatase-1. Nutrients. 2018;10(3):288. Published 2018 Mar 1. doi:10.3390/nu10030288
  15. Tahan G, Gramignoli R, Marongiu F, Aktolga S, Cetinkaya A, Tahan V, Dorko K. Melatonin expresses powerful anti-inflammatory and antioxidant activities resulting in complete improvement of acetic-acid-induced colitis in rats. Dig Dis Sci. 2011 Mar;56(3):715-20.
  16. Zhu D, Ma Y, Ding S, Jiang H, Fang J. Effects of Melatonin on Intestinal Microbiota and Oxidative Stress in Colitis Mice. Biomed Res Int. 2018;2018:2607679. Published 2018 Feb 6. doi:10.1155/2018/2607679
  17. Wang Q, Hou Y, Yi D, et al. Protective effects of N-acetylcysteine on acetic acid-induced colitis in a porcine model. BMC Gastroenterol. 2013;13:133. Published 2013 Aug 30. doi:10.1186/1471-230X-13-133
  18. Cui H, Cai Y, Wang L, et al. Berberine Regulates Treg/Th17 Balance to Treat Ulcerative Colitis Through Modulating the Gut Microbiota in the Colon. Front Pharmacol. 2018;9:571. Published 2018 May 31. doi:10.3389/fphar.2018.00571