Pada tahun 2021, tidak ada aplikasi yang lebih besar dari TikTok, yang berfokus pada video berdurasi pendek yang menyuguhkan berbagai topik mulai dari belanjaan hingga ulasan produk. TikTok telah mengumpulkan banyak pengikut dari remaja muda, dewasa, dan bahkan orang tua.

Video pendek TikTok memungkinkan pengguna menelusuri umpan berita secara cepat yang sesuai dengan minat mereka. TikTok saya sering menampilkan video kucing lucu, tutorial riasan, dan suara TikTok yang viral. Siapa pun yang berusia di atas 13 tahun dapat mengunduh aplikasi ini. Setelah membuat akun, Anda dapat merasakan apa yang membuat TikTok dicintai secara universal, fakta bahwa jutaan orang biasa mengeposkan video di sini. 

Sekarang ini industri kecantikan menggunakan TikTok secara teratur untuk terlibat dengan audiens baru, menguji kegemaran masyarakat, dan mempromosikan produk baru. TikTok dapat membantu menyebarkan berita terkait peluncuran kecantikan baru dengan cepat. Dan para blogger kecantikan mengeposkan tutorial riasan di TikTok alih-alih menulis pos blog yang bertele-tele. 

Dengan banyaknya blogger yang memilih untuk menggunakan TikTok, aplikasi ini telah berubah menjadi semacam mesin pencari. Kini penggemar kecantikan dapat menemukan ulasan produk di TikTok sebelum melakukan pembelian. 

Apa saja produk kecantikan yang menjadi viral karena TikTok? Saya akan membagikan beberapa bahan yang tak ingin dilewatkan oleh penggemar kecantikan!

Batu Vulkanik

Saya belum pernah mendengar tentang rol penyerap minyak sampai produk ini muncul di umpan TikTok saya beberapa bulan yang lalu. Produk ini mengandung batu vulkanik asli untuk membantu melawan minyak di wajah. Rupanya, rol ini merupakan produk cawan suci untuk beberapa wanita selama bulan-bulan musim panas, dan saya bisa mengetahui alasannya! Satu hal yang pasti, produk ini dapat ditaruh di dalam dompet. Dan banyak blogger kecantikan TikTok lebih memilih rol penyerap minyak dibanding kertas isap standar karena kenyamanannya. Dan produk ini sangat efektif: bahkan blogger kecantikan yang memiliki jenis kulit kombinasi mengatakan produk ini tidak menyebabkan jerawat. 

Skualena

Meskipun saya tidak pernah mengaplikasikan primer sebelum menggunakan alas bedak, saya tergoda untuk mencoba primer dempul dengan warna tipis saat produk ini menjadi viral di TikTok beberapa waktu lalu.

Saya mencoba “tiruan,” atau formula yang mirip dengan versi yang lebih mahal. Setelah dempul murah saya tiba untuk diuji, saya menepuk-nepuknya ke area yang paling rawan minyak di wajah saya. Saya menutupi zona-T, pipi, dan dagu dengan primer dempul sebelum beralih ke alas bedak cair. Setelah alas bedak terlihat rata, saya melihat ke cermin. Kulit saya benar-benar terlihat tidak berpori! 

Bahan skualena yang terkandung dalam primer dempul ini meniru minyak alami pada kulit sehingga menghaluskan kulit dengan sempurna. Saya sangat terkejut dengan harga semurah ini, primer dempul berbasis skualena dapat membantu memperbaiki alas bedak saya. Bahkan setelah beberapa jam waktu pakai, alas bedak masih tampak mulus dan utuh. 

Madu Manuka

Alih-alih minum teh dengan madu, pertimbangkan untuk mengoleskan bahan yang lengket dan kaya antioksidan ini ke kulit Anda. Madu Manuka, zat gelap dan padat yang terbuat dari serbuk sari tanaman manuka, mengandung sifat antimikroba yang dapat menenangkan kondisi kulit yang paling parah sekali pun. Jika Anda menghadapi tanda-tanda iritasi kulit seperti eksim, bercak kulit bersisik, atau bahkan psoriasis, madu manuka dapat meredakan kekhawatiran Anda. Tidak heran kalau madu ini menjadi viral!

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari madu manuka secara langsung, Anda harus mencari versi aslinya: tidak semua madu manuka memiliki kualitas yang sama. Mencari madu manuka dengan merek dagang Unique Manuka Factor terbaik, atau UMF, akan membantu mempersempit pilihan Anda. 

Lendir Siput

Salah satu bahan paling menarik yang menjadi viral tahun ini di TikTok? Lendir siput. Lendir siput berasal dari sekresi kelenjar lendir dari siput kecil. Sebelum Anda benar-benar menyingkirkan bahan yang terdengar aneh ini, pelajari sedikit tentang bahan ini.

Protein di dalam kelenjar lendir siput membantu menyembuhkan kulit yang rusak dan teriritasi. Lendir siput juga dapat merangsang produksi kolagen. Pada zaman Yunani Kuno, wanita membiarkan siput merayap di sekitar wajah mereka untuk menjaga kulit agar tampak awet muda. 

Sekarang penggemar perawatan kulit sekali lagi mencoba terobosan baru dan mengambil siput di taman kecil mereka sendiri untuk membiarkan siput merayap dengan bebas di wajah mereka sementara sekresi siput meresap jauh ke dalam pori-pori mereka, menirukan perawatan wajah yang menenangkan di rumah. Penggemar perawatan kulit TikTok menggunakan aplikasi ini untuk menunjukkan bagaimana mereka mengandalkan siput untuk melakukan perawatan wajah yang mudah. Jika Anda tidak berani mencobanya, Anda akan menemukan bahwa lendir siput juga telah menjadi bahan yang populer di banyak produk K-beauty

Pegagan

Produk kecantikan yang mengandung Pegagan, juga dikenal sebagai Centella Asiatica atau Cica, merebut perhatian media sosial karena tiga alasan utama.

Pegagan,  ekstrak tumbuhan, benar-benar ampuh dalam menyembuhkan bekas jerawat. Orang yang berurusan dengan bekas jerawat dapat mempertimbangkan pelembap wajah yang mengandung Pegagan untuk mengurangi munculnya bekas lama. Di kulit saya sendiri, saya masih melihat bekas jerawat yang terbentuk selagi remaja. Saya suka menggunakan pelembap wajah dengan Pegagan di malam hari untuk mengurangi bekas luka ini seiring waktu. 

Pegagan juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Orang-orang menggunakannya secara topikal untuk meningkatkan elastisitas kulit, terutama untuk gurat peregangan. Antioksidan dalam Pegagan juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Pegagan benar-benar memiliki berbagai manfaat yang luar biasa. Secara keseluruhan, ini merupakan bahan yang dapat ditoleransi dengan baik dan aman, bahkan untuk orang yang memiliki kulit paling sensitif sekali pun.  

Asam Hialuronat 

Bahan perawatan kulit populer lainnya yang pernah saya lihat di TikTok dan Instagram adalah Asam Hialuronat. Untuk konteksnya, tubuh kita secara alami memproduksi asam hialuronat untuk menjaga sendi dan jaringan ikat kita tetap bagus dan empuk. 

Namun bagi kita yang memiliki masalah kulit kering, mengoleskan asam hialuronat secara topikal dapat membuat wajah kita tetap terhidrasi. Saya sarankan agar Anda mencari serum dengan asam hialuronat untuk menjaga kadar kelembapan kulit yang sehat, terutama selama bulan-bulan musim dingin. 

Bahan perawatan kulit yang sedang tren ini dikenal sebagai humektan, yang berarti membantu kulit mempertahankan kelembapan. Dibandingkan dengan bahan pelembab lainnya, AH menyerap ke dalam kulit dengan sangat cepat. 

Retinol

Kolagen merupakan zat yang secara alami membuat kulit kita tampak lebih muda, tetapi seiring bertambahnya usia, produksi kolagen semakin melambat. Seiring bertambahnya usia, kulit kita kehilangan kolagen. Itulah sebabnya banyak wanita mulai menambahkan retinol, yang juga dikenal sebagai vitamin A, ke dalam rutinitas perawatan kulit mereka di awal usia 20-an. Produk yang mengandung retinol dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, membantu memperbaiki tekstur kulit, dan bahkan membasmi jerawat.

TikTokker bukan satu-satunya yang merekomendasikan retinol; kebanyakan dokter kulit juga merekomendasikannya. Sebagai seorang yang berusia 27 tahun, saya telah menggunakan produk perawatan kulit dengan retinol selama beberapa tahun untuk mempertahankan kulit yang bersih dan bebas kerutan selama mungkin. Saat memilih retinol, penting untuk melihat petunjuknya karena beberapa produk memiliki dosis yang lebih kuat dibanding yang lainnya. Produk retinol yang saya gunakan umumnya mencantumkan bahwa produk ini bisa diaplikasikan paling banyak 2-3 kali per minggu, atau produk ini dapat menyebabkan kulit kering. 

Stiker Jerawat Hidrokoloid

Salah satu cara termudah untuk mengatasi jerawat di tahun 2021? TikTok memberi tahu kita untuk mendapatkan bantuan dari stiker jerawat. Stiker jerawat dapat ditempelkan secara langsung ke jerawat dan dibiarkan semalaman. Beberapa stiker jerawat yang viral mengandung hidrokoloid yang mengekstrak komedo putih. Di pagi hari, kotoran di wajah akan terangkat saat kita melepas stiker. 

Air Beras

Air Beras merupakan bahan viral lain yang menjadi topik hangat di TikTok sebagai cara yang bermanfaat untuk memerangi kulit berminyak. Produk dengan air beras dapat mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit juga.  Pembersih berbusa umumnya mengandung bubuk beras dan juga diresapi dengan air dedak padi, untuk mengangkat kotoran. 

Vitamin C

Untuk mengatasi bintik matahari dan bekas jerawat lama, saya sering menggunakan serum pencerah yang mengandung vitamin C di malam hari. Vitamin C meningkatkan tekstur dan kecerahan kulit bila digunakan secara rutin. Saya sudah mengaplikasikan serum vitamin C pada kulit saya selama beberapa tahun ini. 

Saat memilih serum vitamin C, penting untuk mencari produk yang terbuat dari bahan organik dan berpotensi tinggi. Serum vitamin C favorit saya terdiri dari 90% bahan yang berasal dari alam. 

BHA

Untuk seseorang yang memiliki kulit rawan jerawat, menambahkan BHA ke dalam perawatan kulit sangat berkhasiat untuk membersihkan komedo dan membuka pori-pori. BHA adalah singkatan dari Beta Hydroxy Acid dan merupakan nama lain untuk asam salisilat. BHA merupakan bahan eksfoliasi yang paling cocok untuk orang yang memiliki masalah jerawat. TikTokker terobsesi dengan produk perawatan kulit yang mengandung BHA untuk menciptakan kulit yang bersih dan cantik! 

Niasinamida

Bahan niasinamida sudah mulai muncul di berbagai produk perawatan kulit yang digembar-gemborkan TikTok dalam setahun terakhir. Niasinamida membentuk protein di kulit untuk membangun kembali sel-sel kulit yang sehat. Seperti asam hialuronat, niasinamida juga mampu mengunci kelembapan. Niasinamida juga dapat bermanfaat bagi orang yang memiliki masalah jerawat dan eksim. 

SPF 50

Saya sangat senang melihat produk kecantikan dengan SPF tinggi semakin populer di halaman TikTok saya tahun ini. Kita harus memuji Instagram dan TikTok karena aplikasi ini mengedukasi lebih banyak orang akan pentingnya mengoleskan tabir surya sebelum menggunakan riasan di pagi hari. Memakai SPF tinggi terbukti membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Sebagai seseorang yang tinggal di Florida, saya terus-menerus mengaplikasikan dan mengaplikasikan kembali SPF 50 ke wajah saya. Matahari benar-benar merusak wajah saya, itulah sebabnya saya mengandalkan produk kecantikan dengan minimum SPF 50 untuk perlindungan secara menyeluruh. 

Minyak Biji Bunga Matahari

Pembersih berbahan dasar minyak efektif menghilangkan riasan dari kulit. Pada awalnya, saya merasa ragu untuk menggunakan pembersih berbasis minyak pada kulit saya yang berjerawat. Namun, dengan penelitian lebih lanjut, saya menemukan bahwa pembersih berbahan dasar minyak yang kaya akan minyak biji bunga matahari sebenarnya dapat menghidrasi kulit saya yang rawan jerawat, daripada menyebabkan jerawat. Saya menggunakan pembersih berbasis minyak pada malam hari untuk menghilangkan semua riasan saya. TikTok memberi tahu saya kalau saya tidak sendirian! Mungkin karena perona mata dan maskara saya pun bukan tandingan pembersih berbahan minyak. Penting untuk diperhatikan bahwa pembersih berbahan minyak bekerja secara maksimal pada kulit kering, itulah sebabnya saya menggunakan tangan kering dan mengoleskannya secara langsung ke wajah saya sebelum membasuh kulit wajah dengan air keran. 

TikTok mungkin bukan hal pertama yang Anda pikirkan saat mencari informasi yang akurat seputar produk kecantikan, tetapi dengan begitu banyaknya pemirsa yang antusias dan blogger yang membuat konten di platform ini, TikTok berubah menjadi sumber informasi sesungguhnya seputar dunia kecantikan. Buktikan sendiri!