Awalnya diposkan pada Februari 2018/Diperbarui pada September 2023

Apa Itu Minyak Pohon Teh?

Minyak pohon teh berasal dari daun Melaleuca alternifolia, pohon kecil yang tumbuh di pantai timur laut New South Wales, Australia. Karena khasiatnya yang unik, minyak pohon teh bermanfaat sebagai pengobatan topikal dalam melawan jerawat.

Manfaat Minyak Pohon Teh untuk Atasi Jerawat

Perkembangan jerawat dikaitkan dengan pertumbuhan bakteri yang berlebihan, Cutibacterium acnes, yang hidup jauh di dalam folikel dan pori-pori di wajah. C. acnes utamanya memakan asam lemak dalam sebum yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous di folikel. Faktor-faktor yang meningkatkan produksi sebum, seperti peningkatan hormon saat pubertas atau penyumbatan pori-pori atau folikel, dapat menyebabkan bakteri C. acnes berkembang biak dan tumbuh secara berlebihan.

Minyak pohon teh memiliki sifat antimikrob yang signifikan karena mengandung senyawa terpen. Tindakan antimikrob, ditambah dengan kemampuan minyak pohon teh untuk menembus lapisan terdalam kulit serta di dalam pori-pori dan folikel kulit, membuatnya sangat membantu dalam mengatasi jerawat. Terpen minyak pohon teh membunuh bakteri C. acnes serta membantu menenangkan kulit yang meradang dan teriritasi.

Penelitian seputar Minyak Pohon Teh

Sebuah penelitian mengevaluasi mekanisme, kemanjuran, dan keamanan minyak pohon teh sebagai pengobatan jerawat. Lima penelitian menggunakan produk komersial yang menyediakan 5% minyak pohon teh dalam bentuk gel atau pembersih wajah. Penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh yang dioleskan dua kali sehari dapat mengurangi jumlah lesi kulit berjerawat dari 23,7% menjadi 62,1% setelah produk digunakan selama 4 sampai 8 minggu. 

Hasil ini serupa dengan yang ditemukan pada benzoil peroksida. Para peneliti juga menemukan bahwa minyak pohon teh dapat ditoleransi dengan lebih baik dibandingkan benzoil peroksida dan pengobatan topikal konvensional lainnya.

Meskipun banyak krim, gel, dan pembersih wajah yang dijual bebas yang mengandung minyak pohon teh, pertimbangkan krim buatan sendiri. Manfaat tambahan dari membuatnya sendiri di rumah antara lain, Anda dapat menghasilkan olahan minyak pohon teh dengan konsentrasi yang lebih tinggi tanpa tambahan bahan kimia atau pewangi. 

Obat Jerawat Minyak Pohon Teh Buatan Sendiri

Bahan-bahan:

Petunjuk

  1. Campurkan minyak pohon teh dan gel lidah buaya.
  2. Setelah tercampur rata, tambahkan minyak kelapa
  3. Setelah tercampur semua, simpan dalam wadah kecil bertutup.
  4. Oleskan krim sebelum tidur dan bilas dengan air hangat di pagi hari. Krim ini juga berfungsi dengan baik sebagai obat totol untuk menghilangkan noda kecil.

Referensi:

  1. Hammer KA. Treatment of acne with tea tree oil (melaleuca) products: a review of efficacy, tolerability and potential modes of action. Int J Antimicrob Agents. 2015 Feb;45(2):106-10. 
  2. Bassett IB, Pannowitz DL, Barnetson RSC. A comparative study of tea-tree oil versus benzoyl peroxide in the treatment of acne. Med J Australia 1990; 153: 455–458