Keberlanjutan bukan hanya sekadar kata kunci yang digadang-gadang lagi, dan ada beberapa perubahan yang dapat kita lakukan bersama untuk menciptakan planet yang lebih baik serta meraih kesehatan yang lebih optimal.

Baru-baru ini, ada begitu banyak merek dan produk baru yang telah meningkatkan bahan-bahan mereka. Beberapa merek tidak lagi menggunakan bahan kimia dan pengawet untuk memperpanjang masa simpan, serta menggunakan kemasan bebas plastik, karena plastik tidak dapat terurai secara hayati, dan juga beracun.

Beberapa merek telah mencoba mengurangi jejak karbon mereka dengan memilih produk biodegradable yang tidak akan membahayakan kita dan planet kita.

Berikut adalah beberapa item yang dapat Anda beli saat berbelanja nanti. Ini merupakan produk-produk yang dapat diisi ulang atau digunakan kembali, tidak ada produk sekali pakai di sini. Dan produk-produk ini sepenuhnya dapat terurai secara hayati, termasuk kemasannya. Produk ini bahkan dapat membantu Anda menghemat uang. 

Mandi dan Keramas dengan Sabun dan Sampo Batang

Cobalah sabun dan sampo batang sebagai pengganti gel mandi cair, sabun cuci tangan cair, dan sampo!

Sejak kecil saya selalu mencuci tangan dan mandi menggunakan sabun batang, tetapi kehadiran sampo dan sabun cair yang terlihat jauh lebih keren dan trendi saat ini membuat saya berpaling dari produk sebelumnya, tanpa menyadari bahwa semuanya dikemas dalam plastik yang tidak bisa didaur ulang atau digunakan kembali. Setelah bertahun-tahun, jumlah kemasan yang didaur ulang dan digunakan kembali masih sangat sedikit. Jadi, mari temukan kembali sabun batang: untuk mencuci tangan, mandi, dan keramas. Saya pribadi menganggap sabun batang sebagai kemewahan yang terjangkau, karena harganya murah dan saya selalu dapat mencoba aroma atau merek baru, serta merasakan aromaterapi dan sensasi layaknya di spa!

Cobalah sabun batang seperti Weleda Calendula Soap untuk mandi dan mencuci tangan setiap hari. Sabun ini akan membantu mengatasi sebagian besar masalah atau memenuhi kebutuhan kulit Anda dengan manfaat antiinflamasi, antibakteri, dan penyembuhan alaminya. Sabun ini sangat cocok untuk menghilangkan ruam, goresan, eksim, psoriasis, kulit pecah-pecah, gigitan serangga, dan kulit rusak. Saya sangat menyukai sabun batang karena dapat digunakan bersama dengan seluruh keluarga untuk mandi, ditambah lagi sangat serbaguna dan ramah perjalanan.

Cobalah sampo batang seperti Acure Coconut & Argan Shampoo Bar sebagai pengganti sampo biasa. Sampo batang bekerja dengan baik untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Selain itu, sampo batang membantu mengurangi wadah plastik, dan juga mengurangi energi yang terlibat dalam transportasi, yang berdampak pada emisi karbon.

Jika ingin lebih minimalis lagi, Anda bisa mencari sabun yang berfungsi untuk membersihkan rambut dan tubuh Anda. Akan tetapi, karena kita sudah terbiasa tumbuh dengan produk berlabel hanya untuk satu kali penggunaan, perlu waktu untuk membiasakan diri dengan gagasan tersebut.

Berhenti Membeli Produk Sekali Pakai

Katakan tidak pada barang sekali pakai. Misalnya, cobalah kit kapas yang dapat digunakan kembali seperti dari Afterspa untuk menghapus riasan. Anda dapat dengan mudah mencuci dan menggunakannya kembali tanpa henti. Ini akan mengurangi bahan yang masuk ke tempat pembuangan sampah serta mengurangi pengeluaran Anda.

Cobalah Minyak Pelembap

Selagi mencoba beralih dari krim dan losion (campuran minyak dan air serta bahan tambahan) yang selalu dikemas dalam kemasan plastik, kami menemukan kembali minyak pelembap. Kemunculan kembali minyak pelembap menggemparkan dunia kecantikan, dan meskipun minyak tidak termasuk ke dalam krim dan losion, sebenarnya minyak lebih bernutrisi dan berkhasiat untuk kulit kita karena kandungan nutrisinya yang terkonsentrasi.

Saya sering merekomendasikan minyak yang memiliki berbagai fungsi seperti minyak jojoba dari Cliganic. Karena minyak jojoba sangat mirip dengan minyak alami tubuh kita, maka tidak akan meninggalkan sensasi licin dan berminyak, dan kulit dapat menyerapnya dengan cepat. Produk ini juga memiliki berbagai fungsi: sebagai pembersih riasan, sebagai pelembap untuk wajah dan tubuh (termasuk tangan dan kaki), dan bahkan sebagai perawatan rambut, untuk menghilangkan rambut kusut dan kering. 

Minyak biji rosehip memiliki sifat antipenuaan yang luar biasa, dan saya sangat menyukai produk dari Sky Organics. Jika Anda khawatir akan garis-garis halus dan hilangnya kekencangan kulit, cobalah minyak ini untuk mengembalikan elastisitas, membantu memudarkan bintik hitam, dan mengurangi munculnya bekas luka.

Minyak biji jarak adalah minyak antipenuaan yang luar biasa, dan juga sangat baik untuk membantu memulihkan pertumbuhan rambut. Cobalah produk dari Cococare. Seiring bertambahnya usia, kita mungkin melihat alis yang semakin menipis, bulu mata yang semakin jarang, dan bahkan garis rambut yang menurun, tetapi minyak biji jarak dapat membantu mengatasinya. Anda dapat melihat hasilnya dalam waktu sekitar satu bulan.

Tingkatkan Produk Perawatan Gigi Anda

Ucapkan selamat tinggal pada sikat gigi plastik: sikat gigi bambu juga dapat berfungsi dengan baik, dan berdampak nyata pada seberapa banyak plastik yang kita buang ke lingkungan. Dan tanaman bambu tumbuh dengan cepat, jadi ke depannya, saat Anda membeli sikat gigi, pilihlah sikat gigi bambu yang dibuat dengan bulu nilon bebas BPA. Dalam satu kemasan Wowe terdapat 4 sikat gigi dengan bulu yang mengandung arang.

Terjadi ledakan besar pada produk yang tidak dikemas dalam plastik. Jangan sedih jika Anda belum pernah mencoba pasta gigi soda kue "yang dibuat sendiri". Kebanyakan orang tidak berani untuk membeli banyak bahan yang terkadang dibutuhkan untuk membuat produk yang dilakukan sendiri. Sebagai gantinya, cobalah tablet pasta gigi pemutih seperti dari Hello. Tablet ini dapat mendesis sehingga Anda pasti akan bersenang-senang saat menggunakannya. Dan produk ini sangat cocok untuk dibawa saat bepergian!

Benang dan kemasannya sebagian besar terbuat dari plastik. Perusahaan yang ingin berbuat lebih baik telah meningkatkan benang plastiknya menjadi benang sutra atau serat alami lainnya yang dapat terurai secara hayati, dan bekerja dengan sangat baik. Radius membuat benang sutra dalam kemasan bebas plastik, dan tersedia dalam beberapa rasa seperti kapulaga, pepermin, vanila min, dan bahkan tanpa pewangi. 

Beralihlah ke Deodoran Alami

Sebagian besar masyarakat meyakini bahwa deodoran alami tidak berkhasiat sama sekali, akan tetapi tubuh Anda memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk menyesuaikannya. Jika Anda menggunakan antiperspirant, kelenjar keringat Anda telah diperingati untuk berhenti bekerja, sehingga mereka perlu waktu untuk kembali normal dan berkeringat lagi, sebagaimana mestinya! Deodoran alami tidak menahan keringat di tubuh Anda, produk ini membuat ketiak Anda mengeluarkan keringat ... lebih baik ... jadi cobalah sesuatu seperti Tom's of Maine Natural Strength 48H Deodorant in Coconut Lavender, yang bebas aluminium, bebas plastik, dan terbukti tahan lama. Yang terbaik dari semuanya, produk ini membuat ketiak Anda berbau harum sepanjang hari. Deodoran ini, terbuat dari minyak esensial, memiliki berbagai pilihan aroma yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Gunakan Tabir Surya Mineral

Tahukah Anda bahwa tabir surya kimia sangat merugikan satwa liar? Tabir surya kimia yang banyak digunakan umumnya bekerja dengan menembus kulit dan melindunginya dari bawah lapisan kulit, yang artinya, tubuh kita menyerap bahan kimia tersebut. Akan tetapi, tabir surya mineral bertengger di atas kulit untuk melindunginya. Tabir surya mineral terbuat dari bahan-bahan alami yang juga menutrisi kulit dengan bahan-bahan alami yang luar biasa. Bahan-bahan ini saat dibilas dengan air tidak membahayakan ikan dan satwa liar, sehingga produk ini juga melindungi ekosistem yang sangat penting bagi planet kita. Jadi lain kali, cobalah tabir surya mineral yang mungkin akan membuat Anda terkesan. Berikut adalah beberapa pilihannya: 

Badger Company Adventure Sport Mineral SPF with Clear Zinc SPF 50

Hero Cosmetics, Force Shield, Superlight Sunscreen, SPF 30

Pipette, Mineral Sunscreen Broad Spectrum, SPF 50

Mad Hippie, Hydrating Facial SPF, 25+

Belilah Produk Plastik yang Bisa Didaur Ulang atau Bebas Plastik

Ini mungkin panduan terbaik yang bisa saya bagikan. Dengan membuat pilihan pembelian yang lebih baik di masa depan, kita ikut mempertimbangkan generasi masa depan di Bumi ini, memikirkan ekosistem yang lebih sehat, dan kehidupan yang lebih baik secara keseluruhan. Jangan berkecil hati jika Anda tidak dapat langsung menerapkannya 100%, tetapi mencoba lebih baik daripada tidak sama sekali. Saya juga mendorong Anda untuk membuka percakapan ini dengan teman dan keluarga Anda, karena dengan begitu, orang-orang akan memulai perjalanan baru dalam membuat pilihan yang lebih baik yang bermanfaat bagi kita semua.