Selama bertahun-tahun menggeluti industri kekuatan dan kebugaran, saya terus memeriksa dan menyempurnakan cara saya menjalani hari untuk mencapai target yang saya tetapkan. Baik itu pelatihan, pekerjaan, atau hanya tujuan hidup umum, saya telah menyempurnakan dan mengubah pendekatan saya sehingga saya dapat tetap konsisten dan terus berkembang dengan cara yang realistis dan berkelanjutan.

Sering kali, industri kebugaran, kesehatan, dan nutrisi mencoba menjual gagasan bahwa “semakin banyak semakin baik”. Kita diberi tahu bahwa kita memerlukan pola makan baru ini, suplemen itu, atau kita perlu berlatih dengan keras untuk mencapai target. Cara berpikir seperti ini cukup kontraproduktif.

Cara paling relevan dan efektif untuk merubah situasi dalam hidup Anda adalah dengan membuat kemajuan marginal yang konsisten setiap harinya. Perubahan yang muluk biasanya tidak berkelanjutan. 

Saat Anda mempelajari rutinitas saya, ingatlah bahwa tujuannya bukanlah untuk menghilangkan semua yang Anda lakukan. Malahan, pahami sistem saya dan identifikasi detail yang selaras dengan target Anda dan cara mengintegrasikannya ke dalam keseharian Anda. 

Berikut adalah rutinitas kesehatan saya untuk mendapatkan kekuatan, komposisi tubuh, kehidupan, dan kemajuan bisnis.

Kembangkan Rutinitas Pagi

Pagi hari sangat luar biasa karena menghadirkan peluang untuk menetapkan niat yang konsisten dan kuat pada hari itu. Rutinitas pagi setiap orang akan terlihat sedikit berbeda, tetapi saya akan membagikan rutinitas yang paling sesuai bagi saya.

Setiap pagi, saya melakukan tiga hal mudah ini yang membantu saya mengatur kualitas untuk hari saya, dan memungkinkan saya untuk mengukur tingkat energi saya:

  • Mengonsumsi 12 hingga 16 ons air dengan elektrolit: Secara alami, kita kehilangan mineral dan vitamin saat tidur, jadi mengonsumsi suplemen elektrolit dengan segelas air di pagi hari merupakan cara yang tepat untuk mulai menghidrasi hari.
  • Jurnal: Saya menghabiskan lima menit untuk menulis jurnal tentang dua hal spesifik: dua hingga tiga hal yang ingin saya capai hari ini; dan dua hal yang saya syukuri. Ini membantu untuk menyelaraskan fokus saya dan memulai hari dengan mengapresiasi hal-hal positif dalam hidup saya.
  • Mengajak anjing saya berjalan-jalan sambil menyerap sinar matahari: Saya telah mempelajari bahwa saat saya memulai hari dengan melirik ponsel, saya menjadi stres akibat banyaknya notifikasi dan email yang saya terima saat sedang tidur. Kini saya mengawali hari dengan mencari sinar matahari dan mengajak anak anjing saya berjalan-jalan. Kegiatan ini memungkinkan saya untuk menikmati manfaat sinar matahari dan menjalin kedekatan dengan anjing saya sebelum memulai hari. 

Bekerja Lalu Berolahraga

Setelah menjalankan rutinitas pagi, saya membuat sarapan dan mulai memeriksa email dan notifikasi untuk memulai hari kerja saya. Pekerjaan bisa sangat bervariasi, tetapi saya mencoba untuk tetap berada di garis waktu yang konsisten untuk membantu saya mengatur energi dan memulai hari saya. Akhir-akhir ini, banyak dari kita bekerja dari rumah, jadi penting sekali untuk membuat jadwal yang menumbuhkan hubungan yang sehat dengan pekerjaan dan cara memandang ruang hidup kita.

Pada hari biasa, saya bekerja di pagi hari mulai pukul 8 pagi hingga jam 1 siang, istirahat selama lima hingga sepuluh menit setiap jam. Di waktu istirahat, saya bangun dan bermain dengan anjing-anjing saya, bercengkerama dengan pasangan saya, dan mencoba untuk memisahkan perhatian dari layar perangkat saya.

Karena saya berolahraga sekitar jam 2 sampai jam 3 sore setiap hari, saya mulai mengatur waktu pralatihan dan mengonsumsi suplemen pralatihan sebelum menghentikan pekerjaan dan pergi ke gym. Secara khusus, saya mengonsumsi vitamin B kompleks dan jus bit sekitar 60 hingga 90 menit sebelum sesi latihan dimulai.

Saya mengonsumsi camilan pralatihan lalu meneguk jus bit sambil bekerja. Penelitian menunjukkan bahwa bit dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dan membantu meningkatkan kinerja atletik. Momen ini memungkinkan saya untuk menuai manfaat dari suplemen pralatihan yang saya konsumsi selagi berlatih.

Berlatih, Mengisi Bahan Bakar, Lalu Kembali Bekerja

Latihan saya umumnya berlangsung sekitar 60 menit dan bervariasi tergantung target saya. Saya mengambil pendekatan “lebih sedikit lebih baik” untuk latihan saya. Saya berolahraga di gym empat kali seminggu, waktu yang lebih dari cukup untuk mengejar target kekuatan dan komposisi tubuh bagi sebagian besar atlet angkat besi.

Setelah sesi latihan berakhir, saya pulang dan mulai kembali mengisi bahan bakar. Karena perjalanan saya ke gym memerlukan waktu sekitar 15 hingga 20 menit, saya membawa protein kocok whey dalam botol air yang bisa dipakai lagi untuk dikonsumsi dalam perjalanan pulang. Minuman ini menjadi pengganjal rasa “lapar” saat saya menyiapkan makanan pascalatihan.

Makanan pascalatihan saya agak berbeda dari hari ke hari, tetapi umumnya terdiri dari protein tanpa lemak, keju, sayuran, dan sumber karbohidrat seperti kentang. Anda harus membuat target untuk menyesuaikan rutinitas nutrisi sebelum dan sesudah latihan dengan target nutrisi pribadi Anda. Jika Anda memerlukan panduan, carilah ahli gizi terdaftar yang berspesialisasi dalam nutrisi olahraga untuk membantu mengoptimalkan pola makan Anda.

Setelah mengisi bahan bakar dengan makanan bergizi, saya kembali bekerja. Saya bekerja dari jam 4 sore sampai sekitar jam 7 atau 8 malam. Saya senang membagi hari kerja dan tugas malam saya sesuai dengan tuntutan pada hari itu. Biasanya, saya menyimpan tugas yang tidak terlalu menuntut mental untuk giliran malam ini, jadi saya sering mengedit video, mengirim email, atau menyusun tugas untuk hari berikutnya.

Ritual Sebelum Tidur 

Setelah sesi kerja malam berakhir, saya mulai bersantai dan bersiap untuk tidur. Saya dan pasangan saya berjalan-jalan dengan anjing kami sambil menceritakan hari-hari kami. Berjalan-jalan di malam hari memberi kami waktu berkualitas bersama untuk membahas apa yang terjadi dalam bisnis dan kehidupan pribadi kami. 

Saya mencoba meletakkan ponsel dan perangkat lainnya antara pukul 8:30 dan 9 malam. Saya menyadari bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat-perangkat ini mengacaukan kemampuan saya untuk bersantai dan tertidur. Menghentikan pemakaian perangkat seperti ponsel dan tablet sebelum tidur telah membantu saya tertidur lebih cepat dan lebih mudah. 

Terkadang saya masih merasa lapar saat beristirahat sebelum tidur. Jika memerlukan camilan sebelum tidur, saya memilih oatmeal dengan bubuk protein untuk mengisi tubuh dengan karbohidrat yang kaya akan serat dan protein. Saya juga menikmati segelas air terakhir saya dan menambahkan lebih banyak elektrolit jika saya melewati hari yang menuntut fisik atau membuat saya sangat stres. 

Selesai makan, saya mandi dengan air hangat sambil bersantai dan membaca buku yang menarik selama 20 hingga 30 menit. 

Sebelum akhirnya berbaring di kasur, saya mengonsumsi magnesium glisinat dan seng untuk membantu proses pemulihan dan mendukung sistem imun saya. Saya mendapati bahwa magnesium membantu saya untuk rileks dan mengoptimalkan proses pemulihan saat latihan saya pada hari itu menuntut secara neurologis. 

Kunci Keberhasilan: Bangun dan Ulangi

Keesokan harinya, saya bangun dan menjalani alur yang hampir sama. Bagi saya, konsistensi merupakan bagian terpenting dari ritual saya. Bukan kemenangan atau kemajuan besar yang sporadis, tetapi komitmen dan ketekunan yang membantu saya berkembang hari demi hari. 

Kunci untuk mencapai target Anda sepanjang tahun 2022 adalah menemukan struktur atau alur harian yang sederhana dan berkelanjutan yang menyertakan alat untuk membantu Anda melakukan yang terbaik. Struktur harian yang mudah diikuti, membuat Anda tetap fokus pada target Anda, membangun waktu untuk bergerak, dan menjalin kedekatan dengan orang yang Anda cintai dapat membantu Anda menemukan jalur yang tepat untuk meraih keberhasilan di tahun baru ini.