Kita semua ingin memiliki aroma tubuh yang wangi, tetapi banyak parfum kimia mengandung senyawa yang dapat mengiritasi kulit dan meningkatkan paparan terhadap pengganggu endokrin. Untungnya, ada banyak cara mudah untuk tetap wangi sekaligus tetap sehat.

Masalah dengan Parfum Kimia

Bahan-bahan dalam parfum kimia sebagian besar tidak diawasi, dan celah dalam peraturan yang ada memungkinkan produsen parfum menyembunyikan bahan-bahan yang dirahasiakan dalam produk mereka. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan beberapa dianggap sebagai pengganggu endokrin, yang dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan seperti kanker dalam jangka panjang.

Ada sejumlah organisasi yang secara aktif bekerja untuk menerapkan peraturan yang lebih ketat untuk produk yang mengandung wewangian di tingkat pemerintah di negara-negara di seluruh dunia. Namun, sampai hal ini terjadi, sebaiknya Anda mengambil strategi pertahanan diri dan belajar memilih produk yang—terbuat dari bahan-bahan alami—tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Menghilangkan bahan kimia beracun dan pemicu alergi dari rutinitas harian adalah bagian yang sangat membantu dalam rencana kesehatan Anda karena dapat mengurangi asupan bahan kimia yang pada akhirnya harus didetoksifikasi oleh kulit, hati, dan sistem limfatik. Menggunakan pengharum dan wewangian non-toksik, non-kimia harus diterapkan seumur hidup sehingga Anda dapat tetap sehat dan tetap wangi. Jadi, inilah cara favorit saya untuk membantu Anda menerapkannya. Pendekatan-pendekatan ini menghilangkan dugaan dalam memilih aroma khas dan mengurangi paparan Anda terhadap bahan-bahan yang berpotensi berbahaya.

Cara Mengharumkan Tubuh Secara Alami

Sampo dan Kondisioner dengan Wewangian Berbasis Tumbuhan

Seringkali saat kita bersandar untuk memeluk seseorang sebagai salam, kita mencium aroma yang dianggap berasal dari parfum. Faktanya, seringkali kondisioner mereka meninggalkan aroma yang sedap di rambut mereka. Anda bisa memilih sampo dan kondisioner yang memiliki aroma alami tahan lama yang dapat Anda gunakan sebagai parfum sepanjang hari. Untuk mencapai efek ini, mandi di pagi hari dan/atau gunakan kondisioner pada rambut, pilih kondisioner tanpa bilas sebelum Anda meninggalkan rumah. Cobalah untuk memilih produk rambut yang tidak mengandung bahan yang terdaftar sebagai “parfum” atau “wewangian” dan sebaliknya mengandung tanaman aromatik alami seperti kelapa atau mangga, bunga seperti kembang sepatu dan lavender, atau rempah-rempah seperti mimba.

Minyak Esensial sebagai Parfum Alami

Sebelum mempelajari obat-obatan herbal, saya tidak mengetahui bahwa minyak esensial pada dasarnya hanya bentuk terkonsentrasi dari teh herbal. Ya, Anda tidak salah baca! Minyak esensial dibuat dengan distilasi atau ekstraksi perasan bertekanan tinggi, keduanya sangat mirip dengan merebus secangkir teh, dan kemudian menangkap sejumlah kecil minyak yang lolos dalam uap saat tanaman terendam dalam air mendidih. Inilah sebagian alasan mengapa minyak esensial sangat rendah komponen kimianya; minyak esensial pada dasarnya hanya secangkir teh yang telah dipekatkan tanpa air tambahan. 

Minyak esensial bisa melembutkan dan bisa menjadi tambahan yang tepat untuk minyak umum atau losion tubuh yang Anda gunakan untuk menghidrasi kulit. Untuk membuat minyak tubuh yang mengandung minyak esensial, cukup taruh sekitar seperempat sendok losion atau minyak di telapak tangan Anda. Tambahkan setetes minyak esensial. Aduk rata, lalu oleskan ke kulit.

Anda harus selalu menguji minyak atau losion yang mengandung minyak esensial sebelum menggunakannya di seluruh tubuh, karena kulit setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap minyak esensial. Untuk melakukan uji tempel, cukup oleskan sedikit minyak atau losion yang dicampur dengan minyak esensial ke area kulit Anda seukuran koin. Tunggu selama 24 jam. Jika Anda tidak mengalami kemerahan, rasa terbakar, atau ruam, maka Anda dapat melanjutkan penggunaan di bagian tubuh yang lebih besar. Andalah yang paling mengenal tubuh Anda, jadi jika Anda merasa jenis minyak esensial tertentu mengiritasi kulit Anda, hentikan pemakaian dan coba metode lain untuk wangi yang disebutkan dalam artikel ini atau beralihlah ke minyak esensial lain.

Jenis minyak esensial yang cocok sebagai tambahan untuk minyak dan losion tubuh meliputi:

  • Minyak esensial kelopak mawar
  • Minyak esensial daun mint
  • Minyak esensial jeruk
  • Minyak esensial bunga lavender
  • Minyak esensial kayu cedar
  • Minyak esensial vanila

Losion Tubuh Dapat Digunakan Sebagai Parfum

Banyak  losion tubuh alami menggunakan minyak esensial sebagai wewangian alami. Memilih losion tubuh minyak esensial mempermudah Anda karena tidak harus mencampurnya sendiri! 

Hidrosol sebagai Semprotan Tubuh Alami

Jika minyak esensial adalah minyak yang diuapkan dari teh herbal, maka hidrosol adalah uapnya. Hidrosol dibuat dari uap air yang menguap dari teh herbal, kemudian menempel pada tutup wadah, lalu mengembun dan menetes ke wadah pengumpul. Yang kita dapatkan setelah proses ini adalah air beraroma bunga yang dapat digunakan sebagai semprotan. Banyak orang menggunakan air mawar untuk rutinitas kecantikan mereka karena bersifat astringen dan dapat bertindak sebagai toner, seperti banyaknya jenis kabut wajah alami lainnya. 

Deodoran Dapat Digunakan Sebagai Parfum Alami

Banyak deodoran alami mengandung bunga dan tumbuhan beraroma kuat yang tidak hanya menutupi aroma bau badan tetapi juga mengeluarkan aroma yang sedap. Cari deodoran yang mengandung herbal atau bunga untuk menambahkan aroma ekstra sambil menutupi bau tak sedap pada tubuh. 

Lembaran Pengering

Pernahkah Anda mencium bau deterjen merek tertentu dan itu mengingatkan Anda pada seseorang yang Anda kenal? Itu karena deterjen cucian dan lembaran pengering meninggalkan aroma pada pakaian bahkan setelah kita mencuci dan mengeringkannya. Blog iHerb memiliki banyak artikel tentang cara memilih produk pembersih rumah yang tidak beracun, termasuk produk cucian yang Anda gunakan. Untuk itu, pilih deterjen cucian alami dan lembar pengering kompos yang mengandung aroma yang benar-benar Anda sukai sehingga dapat menggantikan parfum kimia dan tetap berbau sedap.  

Hindari Wewangian untuk Menutupi Aroma Tak Sedap

Banyak orang menggunakan parfum untuk menutupi aroma seperti asap rokok, aroma vape, aroma hewan peliharaan, aroma lemari atau ruang bawah tanah yang apek, dan banyak lagi. Jauh lebih baik menghilangkan bau daripada menutupinya. Jika Anda merokok, maka berhentilah. Jika Anda belum bisa sepenuhnya berhenti, setidaknya kenakan jaket saat merokok agar Anda bisa melepasnya dan mencuci tangan dan wajah dengan sabun alami sebelum melakukan aktivitas sosial. Bersihkan dengan penyedot debu berfilter HEPA yang ramah terhadap bulu hewan peliharaan, untuk mengurangi rambut dan bulu hewan peliharaan pada permukaan di rumah dan mobil yang dapat menempel pada pakaian Anda. Pastikan untuk membersihkan hewan peliharaan Anda secara teratur—sesering yang disarankan oleh dokter hewan—menggunakan pembersih alami untuk hewan peliharaan. Gunakan pengawalembap di ruangan yang cenderung berbau apek, jaga sirkulasi udara dan semprotkan pewangi ruangan alami pada ruangan yang menyimpan pakaian atau jaket yang cenderung berbau apek.

Jika Anda mengikuti saran ini, Anda akan menyadari bahwa ada begitu banyak wewangian yang bisa Anda dapatkan tanpa harus memakai parfum atau pengharum berbahan kimia. 

Referensi:

  1. Uter, Wolfgang, et al. “Contact Allergy—Emerging Allergens and Public Health Impact.” International Journal of Environmental Research and Public Health, vol. 17, no. 7, 1 Apr. 2020, p. 2404, www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7177224/, 10.3390/ijerph17072404. Accessed 30 Aug. 2021.
  2. “Not so Sexy.” Environmental Working Group, 12 May 2010, www.ewg.org/research/not-so-sexy. Accessed 30 Aug. 2021.