Meskipun kolesterol telah mendapatkan reputasi buruk, kolesterol sebenarnya penting untuk kesehatan manusia. Sebuah zat lilin yang ada dalam darah, kolesterol memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh. Sedikit yang menyadari bahwa hanya 20 persen kolesterol dalam tubuh Anda berasal dari makanan yang Anda konsumsi — 80 persen lainnya diproduksi secara alami oleh hati. Ada masalah kesehatan yang dapat terjadi jika bentuk kolesterol tertentu terlalu tinggi, dan artikel ini akan membahas strategi alami untuk membantu menurunkannya. 

Jenis-Jenis Kolesterol

Nilai kolesterol total diperkirakan dengan menjumlahkan tiga jenis kolesterol yang ada dalam tubuh: 

  • Kolesterol LDL (Lipoprotein densitas rendah)
  • Kolesterol HDL (Lipoprotein densitas tinggi)
  • Kolesterol VLDL (Lipoprotein densitas sangat rendah, diperkirakan sebagai trigliserida /5). 

Untuk sebagian besar orang, kadar kolesterol total harus kurang dari 200 mg/dl (5,18 mmol/L), karena kadar yang lebih tinggi merupakan faktor risiko independen yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. 

Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Diet tinggi lemak jenuh dan kolesterol, terutama dengan adanya karbohidrat sederhana (makanan olahan, roti, pasta, dll.), mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak trans harus dihindari karena meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL baik, di mana keduanya merupakan hasil yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan kesehatan semakin memburuk.

Kolesterol “baik” vs Kolesterol “jahat”

Kolesterol LDL sering disebut sebagai “kolesterol jahat.” Untuk membantu pasien saya mengingat perbedaannya, saya mengingatkan mereka bahwa kadar “kolesterol LDL yang buruk harus lebih rendah.” Mengapa kolesterol LDL buruk? Saat LDL teroksidasi, maka dapat menyebabkan kerusakan pada dinding arteri, yang meningkatkan risiko pengembangan arteri yang tersumbat, yang mengakibatkan serangan jantung atau stroke. Peran utama LDL adalah untuk mengangkut kolesterol dan trigliserida dari hati ke sel, melalui arteri. LDL melakukannya untuk membantu perbaikan sel dan metabolisme energi. Namun, terlalu banyak LDL tidak baik bagi tubuh.

HDL, yang diproduksi di hati, dianggap sebagai “kolesterol baik.” Semakin tinggi kolesterol HDL sehat Anda, maka semakin baik kondisi Anda. Mengapa kolesterol HDL baik? HDL dapat mengangkut kolesterol yang memblokir arteri dari arteri kembali ke hati di mana HDL dipecah dan dihancurkan, itulah sebabnya lebih banyak lebih baik. Orang-orang yang memiliki HDL lebih dari 50-60 mg/dl (23-25 mmol/l) memiliki perlindungan tambahan terhadap penyakit jantung. 

Meskipun menjaga pola makan yang sehat penting untuk menjaga kolesterol Anda tetap terkontrol, itu bukan satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan. Menurut Dr. Andrew Weil, faktor lain yang dapat meningkatkan kolesterol Anda adalah faktor keturunan, stres, merokok, kafein berlebih, dan sedikit atau tidak berolahraga sama sekali.

Dr. Weil menjelaskan bahwa makan makanan berlabel "bebas kolesterol" menyesatkan dan harus dihindari. Saya sangat setuju. Meskipun makanan tersebut mungkin benar-benar tidak mengandung kolesterol, gula dan karbohidrat sederhana yang dikandungnya mendorong tubuh untuk memproduksi kolesterol setelah dikonsumsi.

Mengapa Kolesterol Penting untuk Kesehatan Anda?

Tanpa kolesterol, kesehatan kita akan terancam. Namun, seperti kebanyakan hal dalam hidup, terlalu banyak sesuatu yang baik bisa berbahaya sementara tidak cukup juga bisa menjadi masalah. Misalnya, kadar kolesterol total yang terlalu rendah dalam darah meningkatkan risiko depresi.

Kolesterol dalam darah diperlukan untuk memproduksi hormon dan zat penting berikut:

  • Vitamin D
  • Kortisol
  • Testosteron
  • Estrogen
  • Lapisan saraf (selubung mielin), lapisan pelindung yang melindungi saraf
  • Empedu, zat hijau yang diproduksi oleh hati yang membantu kita menyerap asam lemak dan vitamin tertentu

Karena kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat) yang meningkat secara signifikan merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke, dokter sering meresepkan obat penurun kolesterol seperti obat statin (atorvastatin, simvastatin, dll.) kepada mereka yang kadarnya meningkat.   

Ada banyak bukti bahwa orang-orang yang memiliki penyakit jantung mendapat manfaat saat mereka menurunkan kolesterol total mereka. Selain itu, ada juga bukti bahwa menurunkan kolesterol total dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke. Namun, beberapa orang percaya bahwa manfaat ini mungkin lebih karena sebagian mengurangi peradangan dibandingkan sekadar menurunkan kolesterol. 

Cara Menurunkan Kolesterol Melalui Diet

Diet seimbang dapat membantu seseorang menjaga kadar kolesterol dalam kisaran optimal. Porsi sayuran yang banyak dan, yang lebih disukai, buah-buahan rendah gula, dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak trans harus dihindari karena dapat meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL baik. Ini biasa terjadi pada makanan olahan. 

Dianjurkan bagi sebagian besar orang untuk mengonsumsi 40 gram  serat nabati setiap harinya, dua kali lipat dari asupan rata-rata. Jenis serat ini tidak hanya membantu mengoptimalkan kesehatan usus dan keragaman mikrobioma, tetapi juga membantu mengurangi penyerapan kolesterol berlebih di usus. Tepung putih bukanlah sumber serat yang signifikan dan harus diminimalkan. Bagi mereka yang kesulitan melakukannya, pertimbangkan untuk menambahkan suplemen serat seperti psyllium (5 gram 2-3 kali sehari) atau suplemen buah pektin untuk diet Anda.

Makanan lain yang menurunkan kolesterol meliputi bawang putih, dedak gandum, jamur shiitake, cabai, teh hijau, dan cokelat hitam. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistacio, kacang hazel, dan kacang macadamia juga menurunkan kolesterol LDL. Selain itu, mengikuti pola makan nabati dapat memiliki efek yang menguntungkan dibarengi dengan konsumsi teratur kacang polong dan jeruk bali. 

Penggunaan rutin minyak zaitun dan biji wijen dapat membantu menurunkan kolesterol serta meningkatkan kolesterol HDL yang sehat, menurut sebuah studi tahun 2013.. Meningkatkan konsumsi ikan berminyak juga bisa bermanfaat.

Apakah Gaya Hidup Memengaruhi Kolesterol?

Gaya hidup aktif yang mencakup aktivitas fisik sehari-hari sangat penting untuk metabolisme yang sehat. Sebagian besar yang mampu melakukannya harus mencapai setidaknya 10.000 langkah per hari. Ini bisa dilakukan dalam bentuk jalan kaki, naik gunung, joging, atau lari. Latihan ketahanan menggunakan beban dapat bermanfaat tidak hanya dalam menjaga kekuatan otot tetapi juga dalam membantu stabilitas postural dan kesehatan tulang. 

Suplemen Terbaik untuk Mendukung Tingkat Kolesterol yang Sehat

Penting untuk diperhatikan bahwa mereka yang diketahui memiliki penyakit jantung dan/atau riwayat serangan jantung atau stroke paling diuntungkan dari obat statin penurun kolesterol. Jika Anda pernah mengalami kondisi ini, Anda harus minum obat resep ini kecuali dokter memberi tahu Anda sebaliknya. 

Mereka yang menderita diabetes juga berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kardiovaskular, dan obat penurun kolesterol juga biasanya diresepkan untuk para penderitanya. Saya tidak menyarankan siapa pun berhenti minum obat penurun kolesterol tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter pribadi mereka. 

Bagi orang-orang dengan kolesterol tinggi yang dinyatakan dalam kesehatan yang baik, suplemen berikut mungkin berguna dalam membantu untuk menghindari kebutuhan obat utama. Namun, biasakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter Anda jika ada pertanyaan — atau gejala yang membuat Anda khawatir. 

1. Berberin

Berberin diekstraksi dari semak berberis (berberis vulgaris), yang mengandung tanaman yang selalu hijau dan berganti daun. Ditemukan di seluruh Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, dan Asia, buah beri yang dihasilkan oleh semak berberis merupakan sumber yang kaya akan vitamin C

Sebagai bahan aktif, berberin dikonsumsi sebagai makanan herbal dan suplemen. Umumnya digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM) dan pengobatan ayurveda.   

Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa berberin dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam mekanisme yang terpisah dari obat statin. Selanjutnya, sebuah studi pada tahun 2015 di Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa berberin dapat membantu menurunkan gula darah dan juga kadar kolesterol total. Selain itu, kolesterol HDL (baik) juga meningkat. 

Dosis biasa 500 mg sekali atau dua kali sehari.

2. Kayu Manis

Kayu Manis adalah bumbu masakan yang umum digunakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu bumbu paling populer saat itu. Selama dekade terakhir, ada minat baru pada kayu manis dan kemampuannya untuk membantu mengatur kadar gula darah dan bahkan mungkin mengurangi kolesterol.

Sebuah studi pada tahun 2013 menyimpulkan, “Konsumsi kayu manis dikaitkan dengan penurunan kadar glukosa plasma puasa, kolesterol total, LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida yang signifikan secara statistik, dan peningkatan kadar HDL (kolesterol baik); Namun, tidak ditemukan efek signifikan pada hemoglobin A1C  …”.  

Selanjutnya, sebuah studi tahun 2019 pada pasien dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa kayu manis (500 mg dua kali sehari selama tiga bulan) mampu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL mereka secara signifikan.  

Menambahkan kayu manis ke dalam makanan sehari-hari atau menambahkan suplemen sering dipertimbangkan oleh mereka yang ingin meningkatkan kesehatan metabolisme. 

Dosis biasa adalah 500 hingga 1000 mg per hari. 

3. Koenzim Q10

Koenzim Q10 (CoQ10) memiliki peran penting dalam kesehatan mitokondria, pembangkit tenaga sel kita. Karena jantung adalah organ yang paling aktif dari semua organ, jantung memproduksi dan membutuhkan CoQ10 paling banyak untuk memenuhi kebutuhan metabolismenya. Namun, pada penderita penyakit jantung, diperlukan kadar CoQ10 yang lebih tinggi. 

Sebuah studi tahun 2018 meninjau delapan uji coba yang mencakup 267 peserta yang menggunakan CoQ10 dan 259 yang menggunakan plasebo. Semua peserta memiliki bukti penyakit koroner. Hasilnya menunjukkan penurunan kolesterol total dan peningkatan HDL (hal yang baik) pada mereka yang menggunakan CoQ10.

Demikian juga, sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa mereka yang memiliki hiperkolesterolemia familial, suatu kondisi yang menghasilkan kadar kolesterol yang sangat tinggi, dapat mengambil manfaat dengan mengonsumsi koenzim Q10. 

Dosis biasa adalah 50 hingga 200 mg per hari. 

4. Elderberry

Elderberry (Sambucus sp.), tanaman berbunga, telah digunakan selama ratusan tahun untuk tujuan pengobatan oleh penduduk asli di seluruh dunia. 

Sebuah studi pada tahun 2015 dalam Fungsi& Makanan yang menggunakan tikus menunjukkan bahwa elderberry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total di aorta sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (baik) bila dibandingkan dengan plasebo pada tikus yang mengonsumsinya. 

Pada tahun 2014, sebuah studi di International Journal of Food Sciences and Nutrition memiliki temuan serupa. Hasilnya menunjukkan penurunan 15 persen dalam kolesterol total, 15 persen pengurangan trigliserida, dan 25 persen pengurangan kolesterol LDL (jahat). Selain itu, kadar antioksidan darah juga menunjukkan perbaikan. Oleh sebab itu, elderberry telah dikonsumsi oleh banyak orang sebagai makanan atau suplemen untuk membantu meningkatkan profil metabolisme mereka secara keseluruhan. 

Tersedia dalam bentuk sirup, kapsul, bergetah, dan pelega tenggorokan.

5. Biji Rami

Biji rami dapat memainkan peran penting dalam pola makan sehat dan juga membantu menjaga kadar kolesterol rendah karena kandungan seratnya yang tinggi, menurut sebuah studi tahun 2016.  Studi  tahun 2018 juga membahas bukti konsumsi biji rami dan kemampuannya untuk menurunkan kolesterol. Dosis biasa adalah 2-3 sendok makan setiap hari. Biji rami harus digiling terlebih dulu untuk membantu meningkatkan penyerapan dan manfaat kesehatannya. 

6. Bawang putih

Berasal dari Asia dan Iran Timur Laut, bawang putih kini menjadi salah satu herbal yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan memiliki segudang manfaat kesehatan. Tidak hanya sebagai antibiotik alami dengan sifat penurun tekanan darah, tetapi juga membantu menurunkan kolesterol.

Bawang putih dapat dikonsumsi sebagai bahan tambahan makanan atau dapat juga dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa suplemen bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada subjek pengujian. Selain itu, sebuah studi tahun 2018 menyimpulkan bahwa bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol HDL meskipun tidak memengaruhi kadar HDL dan trigliserida. Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan ramuan ini ke dalam pola makan atau memasukkan suplemen ke dalam rejimen harian seseorang. 

7. Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, kedua setelah air dan kopi. Diyakini memiliki efek anti-obesitas dan anti-inflamasi, dan mungkin juga merupakan agen penurun kolesterol yang efektif. Komponen bioaktif utama antioksidan dalam teh hijau adalah katekin yang juga dikenal sebagai allocatechin-3-gallate (EGCG).

Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau bila dibandingkan dengan plasebo, menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL pada mereka yang mengonsumsinya selama 12 minggu.

Demikian juga, uji coba terkontrol plasebo double-blind pada tahun 2018, mengevaluasi ekstrak teh hijau pada wanita yang kelebihan berat badan (BMI > 25) dan obesitas (BMI >30). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hijau mengurangi kolesterol LDL pada subjek pengujian hampir 5 persen. 

Teh hijau tersedia dalam bentuk teh atau dalam formulasi suplemen. 

8. Minyak Kril

Kril merupakan makhluk kecil, merah, seperti lobster yang ditemukan di Samudra Atlantik. Minyak Kril merupakan asam lemak esensial yang diekstraksi dari krustasea. Mengandung asam lemak omega-3 yang sama dengan minyak ikan omega-3 dan, oleh karena itu, dipilih oleh banyak orang sebagai alternatif. Asam lemak yang terkandung dalam kril adalah asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoat (EPA).

Sebuah studi tahun 2004 dalam Ulasan Pengobatan Alternatif menunjukkan konsumsi minyak kril mampu mengurangi kadar kolesterol total dalam darah, sementara studi tahun 2013 menggunakan model hewan juga menunjukkan penurunan kadar kolesterol total. Ironisnya, minyak ikan tidak menunjukkan hasil yang serupa. 

9. Niasin (Vitamin B3)

Niasin, juga dikenal sebagai vitamin B3, terlibat sebagai kofaktor dalam lebih dari 400 reaksi biokimia dalam tubuh, memiliki peran penting dalam membantu metabolisme energi dengan membantu konversi makanan menjadi energi dan memperbaiki DNA, molekul yang membawa informasi genetik unik milik kita. 

Tanpa niasin yang cukup dalam makanan, kita tidak akan dapat memecah karbohidrat, protein, atau lemak. 

Klinik Mayo menganggap niasin sebagai alternatif yang aman untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik pada orang-orang yang tidak dapat menggunakan obat statin seperti atorvastatin (Lipitor) atau simvastatin (Simvastatin). Namun, tidak ada bukti yang cukup kuat untuk menunjukkan bahwa niasin menurunkan kolesterol total atau kolesterol LDL 

10. Beras Ragi Merah

Beras ragi merah (RYR) telah digunakan selama hampir 2.300 tahun. Berasal dari Tiongkok dan telah digunakan sebagai pewarna makanan dan ramuan obat. Sekitar 800 M di Tiongkok, beras ragi merah dikonsumsi secara internal untuk “menyegarkan tubuh, membantu pencernaan, dan merevitalisasi darah.” 

Sebuah studi tahun 2014 yang meninjau 13 penelitian lain dengan total gabungan 809 pasien, hasilnya menunjukkan bahwa beras ragi merah menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL (jahat), dan trigliserida. Namun, tidak meningkatkan kolesterol HDL (baik). 

Temuan serupa datang dari studi tahun 2015, para peneliti terkemuka menyimpulkan “…Beras Ragi Merah mungkin merupakan pilihan pengobatan yang aman dan efektif untuk dislipidemia (kolesterol tinggi) dan pengurangan risiko kardiovaskular pada pasien yang tidak toleran terhadap statin.”  Untuk menjabarkan: Beras Ragi Merah tidak hanya dapat menurunkan kolesterol tetapi juga dapat mengurangi risiko serangan jantung pada pasien yang tak dapat mengonsumsi obat statin penurun kolesterol.

11. Sterol Tumbuhan

Fitosterol, juga disebut sebagai stanol atau sterol tumbuhan merupakan bahan kimia yang dibuat oleh tumbuhan yang secara struktural mirip dengan kolesterol. Ironisnya, saat dikonsumsi, fitosterol membantu menurunkan kolesterol pada manusia dengan menghalangi penyerapan makanan berbasis kolesterol di usus. Fitosterol tidak memengaruhi kolesterol yang diproduksi tubuh.

Sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa sterol dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar lima sampai 15 persen. Studi lain telah menunjukkan temuan serupa, termasuk studi tahun 1999 yang menunjukkan 10 persen pengurangan kolesterol total dan 13 persen pengurangan kolesterol LDL. 

12. Spirulina

Spirulina dianggap sebagai makanan super oleh banyak orang. Spirulina merupakan suplemen nutrisi yang mudah dicerna, yang termasuk dalam keluarga ganggang biru-hijau dan dapat dikonsumsi dalam bentuk pil atau bubuk. Spirulina berasal dari sejenis bakteri yang oleh para ilmuwan disebut sianobakteri, khususnya arthrospira platensis.  

Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukkan bahwa satu gram spirulina yang diminum setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 16 persen bila dikonsumsi selama 12 minggu. Spirulina juga menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL (jahat). Selain itu, sebuah studi tahun 2015 mengonfirmasikan manfaat spirulina sebagai penurun kolesterol. Penggunaan spirulina sebagai tambahan resep obat penurun kolesterol dapat diterima. 

Referensi:

  1. 80% of cholesterol is made in the liver, accessed October 31st, 2017. https://www.health.harvard.edu/heart-health/how-its-made-cholesterol-production-in-your-body
  2. Weil, Andrew, Natural Health, Natural Medicine. Page 50
  3. Kong W, Wei J, Abidi P, Lin M, Inaba S, Li C, Wang Y, Wang Z, Si S, Pan H, Wang S, Wu J, Wang Y, Li Z, Liu J, Jiang JD. Berberine is a novel cholesterol-lowering drug working through a unique mechanism distinct from statins. Nat Med. 2004 Dec;10(12):1344-51.
  4. J Ethnopharmacol. 2015 Feb 23;161:69-81. doi: 10.1016/j.jep.2014.09.049. Epub 2014 Dec 10.
  5. Allen RW, Schwartzman E, Baker WL, Coleman CI, Phung OJ. Cinnamon use in type 2 diabetes: an updated systematic review and meta-analysis. Ann Fam Med. 2013;11(5):452-9.
  6. Zare R, Nadjarzadeh A, Zarshenas MM, Shams M, Heydari M. Efficacy of cinnamon in patients with type II diabetes mellitus: A randomized controlled clinical trial. Clin Nutr. 2019 Apr;38(2):549-556.
  7. Jorat MV, Tabrizi R, Mirhosseini N, et al. The effects of coenzyme Q10 supplementation on lipid profiles among patients with coronary artery disease: a systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. Lipids Health Dis. 2018;17(1):230. Published 2018.
  8. Food Funct. 2015 Apr;6(4):1278-87.
  9. Int J Food Sci Nutr. 2014 Sep;65(6):740-4. doi: 10.3109/09637486.2014.898256. Epub 2014 Mar 13.
  10. Surampudi P, Enkhmaa B, Anuurad E, Berglund L. Lipid Lowering with Soluble Dietary Fiber. Curr Atheroscler Rep. 2016 Dec;18(12):75.
  11. Parikh M, Netticadan T, Pierce GN. Flaxseed: its bioactive components and their cardiovascular benefits. Am J Physiol Heart Circ Physiol. 2018 Feb 1;314(2):H146-H159.
  12. Ried K. Garlic Lowers Blood Pressure in Hypertensive Individuals, Regulates Serum Cholesterol, and Stimulates Immunity: An Updated Meta-analysis and Review. J Nutr. 2016 Feb;146(2):389S-396S.
  13. Sun YE, Wang W, Qin J. Anti-hyperlipidemia of garlic by reducing the level of total cholesterol and low-density lipoprotein: A meta-analysis. Medicine (Baltimore). 2018 May;97(18):e0255.
  14. Molecules. 2016 Sep 29;21(10). pii: E1305. Green tea anti-obesity effects
  15. Chen IJ, Liu CY, Chiu JP, Hsu CH. Therapeutic effect of high-dose green tea extract on weight reduction: A randomized, double-blind, placebo-controlled clinical trial. Clin Nutr. 2016 Jun;35(3):592-9.
  16. Huang LH, Liu CY, Wang LY, Huang CJ, Hsu CH. Effects of green tea extract on overweight and obese women with high levels of low density-lipoprotein-cholesterol (LDL-C): a randomised, double-blind, and cross-over placebo-controlled clinical trial. BMC Complement Altern Med. 2018 Nov 6;18(1):294.
  17. Altern Med Rev 2004;9(4):420-428
  18. Li, D.-M., Zhou, D.-Y., Zhu, B.-W., Chi, Y.-L., Sun, L.-M., Dong, X.-P., Qin, L., Qiao, W.-Z. and Murata, Y. (2013), Effects of krill oil intake on plasma cholesterol and glucose levels in rats fed a high-cholesterol diet. J. Sci. Food Agric., 93: 2669–2675.
  19. Accessed August 21, 2018 https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-niacin/art-20364984
  20. https://en.wikipedia.org/wiki/Red_yeast_rice#cite_ref-4
  21. PLoS One. 2014 Jun 4;9(6):e98611. doi: 10.1371/journal.pone.0098611. eCollection 2014.
  22. A bumweis SS, Barake R, Jones PJ. Plant sterols/stanols as cholesterol lowering agents: A meta-analysis of randomized controlled trials. Food Nutr Res. 2008;52:10.3402
  23. Moghadasian MH, Frohlich JJ. Effects of dietary phytosterols on cholesterol metabolism and atherosclerosis: clinical and experimental evidence. Am J Med. 1999 Dec;107(6):588-94.
  24. J Sci Food Agric. 2014 Feb;94(3):432-7. doi: 10.1002/jsfa.6261. Epub 2013 Jul 10.
  25. Biomed Res Int. 2015;2015:486120. doi: 10.1155/2015/486120. Epub 2015 Jan 22.