Saat Anda menentukan pilihan dari banyaknya opsi yang ada selama masa kehamilan dan pranatal, vitamin pranatal seharusnya tidak menjadi penyebab stres terbesar bagi Anda. 

Suplemen pranatal memberikan nutrisi penting bagi tubuh yang mendukung proses biokimia penting untuk kehamilan yang sehat. Kami akan memandu Anda memilih suplemen pranatal terbaik, dengan mempertimbangkan nutrisi utama, rekomendasi dosis, dan pertimbangan untuk tahap kehamilan tertentu. 

Kebutuhan Gizi Khusus Selama Kehamilan

Selama hamil, ada banyak proses biokimia yang terjadi di dalam tubuh Anda, yang memerlukan pasokan nutrisi penting yang cukup. Jika Anda tidak menyediakan sumber daya yang diperlukan tubuh untuk membentuk dan mempertahankan janin, maka janin akan mulai mengambilnya dari simpanan Anda. Selagi tubuh Anda melakukan yang terbaik untuk memberi bayi nutrisi yang diperlukan untuk berkembang dan menjadi sehat, Anda mungkin akan merasa lelah, letih, murung, meradang, dan kesakitan. 

Saat hamil, tubuh Anda bekerja keras menjalani proses biokimia penting yang meningkatkan kebutuhan akan nutrisi tertentu:

  • Perkembangan tabung saraf: Tabung saraf bayi terbentuk selama awal kehamilan (dalam beberapa minggu pertama) dan memerlukan vitamin B folat dalam jumlah yang cukup. Folat merupakan nutrisi penting untuk mencegah cacat tabung saraf.
  • Pembentukan sel darah merah: Kehamilan meningkatkan permintaan zat besi, yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah. Kekurangan zat besi selama masa kehamilan dapat menyebabkan anemia dan komplikasi lainnya.
  • Perkembangan tulang: Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi bayi. Asupan yang cukup dari nutrisi ini mendukung pertumbuhan kerangka bayi sekaligus menjaga kesehatan tulang Anda sendiri. Ingat, jika Anda tidak cukup mengonsumsi nutrisi penting ini, bayi akan mengambilnya dari tulang Anda.

Nutrisi Paling Penting dalam Suplemen Pranatal

Suplemen pranatal umumnya menyediakan berbagai nutrisi. Akan tetapi, ada beberapa nutrisi yang lebih penting dibanding yang lainnya. Dan, tidak semua suplemen pranatal sarat akan nutrisi paling penting untuk Anda dan bayi Anda. Saat memilih suplemen pranatal, carilah nutrisi penting ini: 

Folat (Bukan Asam Folat)

Cari suplemen pranatal dengan kandungan minimal 600 hingga 800 mikrogram metil folat. Sementara folat termetilasi adalah bentuk folat yang aktif dan tersedia secara hayati, asam folat justru harus mengalami beberapa konversi enzimatik sebelum tubuh dapat menggunakannya secara efektif. Banyak wanita (hingga 40% dari populasi) memiliki variasi genetik yang merusak proses konversi ini, menyebabkan penurunan metabolisme folat. Dengan menambahkan folat termetilasi secara langsung, tubuh dapat melewati langkah konversi ini, memastikan pemanfaatan nutrisi penting ini secara optimal. 

Zat besi

Wanita hamil memerlukan sekitar 27 miligram zat besi setiap hari. Pilih suplemen pranatal yang menyediakan jumlah tersebut untuk mendukung pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia defisiensi zat besi.

Kalsium dan Vitamin D

Cari suplemen yang mengandung sekitar 1.000 hingga 1.300 miligram kalsium dan setidaknya 600 hingga 800 Satuan Internasional vitamin D. Nutrisi ini meningkatkan perkembangan tulang yang sehat untuk Anda dan bayi Anda. Anda mungkin memerlukan suplemen vitamin D tambahan untuk memenuhi kebutuhan, terutama jika Anda pernah mengalami kekurangan vitamin D.

Asam Lemak Omega-3

Pilih suplemen pranatal yang mengandung asam eikosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA), keduanya merupakan asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin. Banyak suplemen pranatal tidak memasukkan nutrisi penting ini, jadi Anda mungkin memerlukan suplemen tambahan untuk memastikan kadar omega-3 yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa kadar omega-3 yang memadai, antara 2000 hingga 3000 miligram setiap hari selama kehamilan dapat membantu menurunkan risiko depresi pascapersalinan. 

Yodium

Yodium sangat penting untuk produksi hormon tiroid, yang penting untuk perkembangan otak janin. 

Vitamin B12

Vitamin B12 penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Pastikan semua vitamin B dalam suplemen pranatal Anda sudah termetilasi.

Nutrisi Penting Lainnya

Suplemen pranatal juga harus mengandung vitamin Cvitamin Eseng, dan magnesium dalam jumlah cukup, yang berperan penting dalam mendukung kesehatan secara keseluruhan selama masa kehamilan.

Waktu dan Dosis Optimal Suplemen Pranatal

Memilih suplemen pranatal berkualitas tinggi yang memenuhi semua kebutuhan nutrisi Anda dan bayi Anda sangat penting. Akan tetapi, dosis nutrisi tersebut dan kapan Anda harus mengonsumsi suplemen tidak kalah pentingnya untuk memastikan agar nutrisi tersebut benar-benar terserap. Pertimbangkan tip ini untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi sebanyak mungkin dari suplemen pranatal: 

  1. Mulai lebih awal: Mencoba untuk hamil tetapi belum hamil? Inilah saat yang tepat untuk mulai mengonsumsi suplemen! Karena tabung saraf terbentuk bahkan sebelum banyak wanita menyadari bahwa mereka hamil, penting untuk mulai mengonsumsi vitamin pranatal sebelum konsepsi (jika Anda sedang merencanakan kehamilan). 
  2. Konsisten: Konsumsi suplemen pranatal pada waktu yang sama setiap hari untuk menjaga kadar nutrisi tetap konsisten. Atur alarm di ponsel Anda sebagai pengingat harian jika diperlukan.  
  3. Ikuti dosis yang dianjurkan: Perhatikan baik-baik label nutrisi suplemen pranatal dan catat takaran sajinya. Banyak merek pranatal yang meminta lebih dari satu kapsul per saji. Ikuti takaran saji yang dianjurkan untuk memastikan Anda mendapatkan dosis padat nutrisi yang tercantum pada label. 
  4. Pertimbangkan untuk membagi dosisnya: Jika Anda kesulitan meminum semua pil sekaligus, Anda dapat membagi dosisnya sepanjang hari. Minum satu saat sarapan dan satu lagi saat makan siang. 

Kebutuhan Gizi untuk Berbagai Tahap Kehamilan

Bayi Anda berkembang dengan cara yang berbeda selama masa kehamilan. Jadi secara alami, tubuh Anda memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda saat melewati berbagai tahap kehamilan. Pertimbangkan bayi Anda dan kebutuhan perubahan tubuh Anda saat memilih suplemen pranatal: 

  • Trimester pertama: Selama periode perkembangan awal ini, fokuslah pada nutrisi seperti folatzat besi, dan vitamin B12. Jika Anda mengalami morning sickness yang signifikan selama fase ini, Anda mungkin tidak dapat mengonsumsi banyak suplemen, jadi prioritaskan nutrisi terpenting ini untuk perkembangan awal. Anda dapat mengonsumsi lebih banyak suplemen pada trimester ke-2 dan ke-3 seiring perkembangan dan pertumbuhan berlanjut. 
  • Trimester kedua & ketiga: Saat bayi tumbuh, permintaan nutrisinya meningkat. Pertimbangkan untuk menambahkan dosis yang lebih tinggi untuk kalsiumvitamin D, dan omega-3 untuk mendukung perkembangan sistem muskuloskeletal bayi Anda, serta perkembangan neurologis dan keseluruhannya. 
  • Pascapersalinan: Bahkan setelah bayi lahir, penting untuk terus mengonsumsi suplemen sebelum atau sesudah melahirkan. Ini dapat membantu mengisi kembali simpanan nutrisi Anda, mendukung produksi ASI yang bernutrisi, serta membantu pemulihan pascapersalinan. 

Cara Memilih Suplemen Pranatal Berkualitas Tinggi

Ikuti tip ini untuk memastikan suplemen pranatal (atau suplemen apa pun!) yang Anda pilih memiliki kualitas yang tinggi: 

  1. Cari verifikasi pihak ketiga: Cari produk dan perusahaan yang telah diuji dan disertifikasi oleh organisasi independen seperti US Pharmacopeia (USP), NSF International, atau Consumerlab.com. Sertifikasi ini membantu Anda mengetahui bahwa kualitas nutrisi dan kandungan dalam suplemen sudah sesuai standar. 
  2. Periksa aditif dan alergen: Hindari suplemen yang mengandung pewarna, perisa, pengawet buatan, atau alergen seperti gluten, produk olahan susu, atau kerang. 
  3. Teliti produsennya: Pilih produsen terkemuka dengan riwayat produksi suplemen berkualitas tinggi. Carilah transparansi dalam sumber bahan, proses manufaktur, dan kepatuhan terhadap praktik manufaktur yang baik (GMP). 
  4. Konsultasikan dengan dokter: Meskipun Anda dapat mengumpulkan banyak informasi dari internet, pastikan untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen baru. Kebutuhan tubuh Anda sangatlah unik, jadi konsultasikan dengan dokter untuk memastikan suplemen yang dikonsumsi aman untuk Anda dan bayi Anda serta tidak akan berinteraksi dengan obat-obatan lain yang sedang dikonsumsi. 

Poin Penting

Memilih suplemen pranatal untuk masa kesuburan dan kehamilan Anda merupakan langkah besar guna memastikan kebutuhan nutrisi Anda dan bayi Anda terpenuhi. Cari suplemen pranatal yang mengandung nutrisi penting untuk perkembangan tabung saraf, pembentukan sel darah merah, serta perkembangan tulang. Pertimbangkan berbagai kebutuhan nutrisi Anda saat melewati beberapa tahap kehamilan dan carilah suplemen berkualitas tinggi dengan verifikasi pihak ketiga. Yang terakhir, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba suplemen baru untuk memastikan suplemen tersebut aman untuk Anda dan bayi yang sedang berkembang.  

Referensi:

  1. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) - www.acog.org
  2. National Institutes of Health (NIH) - Office of Dietary Supplements - ods.od.nih.gov
  3. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) - www.cdc.gov
  4. Mayo Clinic - www.mayoclinic.org
  5. National Health Service (NHS) - www.nhs.uk
  6. American Pregnancy Association - americanpregnancy.org
  7. World Health Organization (WHO) - www.who.int
  8. Academy of Nutrition and Dietetics - www.eatright.org