Baik Anda melakukan liburan di hotel untuk berakhir pekan dengan jarak beberapa mil saja dari rumah atau terbang jauh ke sisi lain dunia untuk bertualang selama beberapa minggu, berkemas dengan cara yang paling efisien adalah yang paling penting! Sebagai seseorang yang bepergian melalui maskapai penerbangan minimal sepuluh kali per tahun dan menikah dengan seorang pilot, saya harus mengasah proses saya berkali-kali selama bertahun-tahun.

Kini perjalanan dalam segala bentuk akhirnya mendapatkan kembali momentumnya, berikut adalah saran saya seputar cara mengemas produk kecantikan yang seimbang sehingga Anda dapat mengemas lebih banyak barang yang benar-benar Anda inginkan, seperti pakaian dan sepatu!

Karena masuk akal bagi saya, saya berencana untuk mengurutkan cara menerapkan produk kecantikan saat melakukan riasan wajah penuh. Konon, perawatan kulit selalu didahulukan! Saat di rumah, dengan akses ke seluruh peralatan tempur saya, rutinitas lengkap saya akan terdiri dari penghapus riasan, pembersih, toner, esens, krim mata, serum, dan pelembap. Saat bepergian, tidak mungkin saya bisa memasukkan semuanya ke dalam kotak riasan, jadi beginilah cara saya menyelesaikan rutinitas perawatan kulit lengkap dengan menggunakan setengah dari jumlah produk biasanya!

Perawatan Kulit Hemat

Sebelum saya membuat saran, ingatlah ini. Jika Anda memilih untuk membawa barang bawaan Anda, Anda harus mematuhi aturan 3-1-1. Menurut situs web Administrasi Keamanan Transportasi (TSA), “Setiap penumpang dapat membawa cairan, gel, dan aerosol dalam wadah ukuran perjalanan dengan berat 3,4 ons atau 100 mililiter. Setiap penumpang dibatasi satu kantong berukuran satu liter yang berisi cairan, gel, dan aerosol. Barang-barang perjalanan umum yang harus mematuhi aturan cairan 3-1-1 meliputi pasta gigi, sampo, kondisioner, obat kumur, dan losion.” Jika Anda memilih untuk menyimpannya di bagasi Anda, tidak ada batasan ukuran atau kuantitas.

Penghapus riasan tidak bisa dinegosiasikan bagi saya, jadi saya akan membawa minyak pembersih atau balsam berkinerja tinggi dan melewatkan pembersih tambahan. Saya sarankan untuk mencari produk yang secara khusus merujuk pada kemampuan untuk menghilangkan maskara tahan air, karena itu merupakan salah satu produk paling tahan banting yang akan menghiasi wajah Anda. Jika pembersih Anda bisa membersihkannya, maka riasan lain dapat dibersihkan dengan mudah! 

Untungnya, toner dapat digunakan untuk menghilangkan sisa riasan tambahan yang tertinggal setelah menggunakan minyak pembersih atau balsam, sehingga Anda dapat tidur dengan nyaman tanpa meninggalkan sisa riasan di bantal atau terkena masalah kulit. Ini merupakan produk yang akan selalu Anda temukan dalam tas perjalanan saya. Kendati demikian, saya akan melewatkan esens. Meskipun esens merupakan langkah yang sangat mewah dalam rutinitas saya di rumah, ini bukan suatu keharusan, jadi saya tidak membawanya.

Kulit saya selalu memerlukan kelembapan, terutama sepanjang tahun ini, serum atau minyak yang menghidrasi merupakan suatu keharusan. Selama saya membawa serum atau minyak yang menghidrasi, saya bisa melewatkan krim mata. Ini bukan hal yang baik, tetapi dapat menghemat ruang dan untuk menghindari mata kering, saya cukup mengoleskan serum atau minyak ke area yang biasa saya terapkan.

Langkah terakhir dalam proses saya mengantarkan saya langsung ke pemakaian riasan, tergantung kondisi kulit saya pada hari itu. Jika tempat yang saya kunjungi tidak panas dan lembap, saya akan menggunakan primer yang menghidrasi sebagai pelembap dan primer riasan saya. Namun, jika saya tahu kulit saya akan menjadi berminyak sepanjang hari, saya akan menggunakan pelembap kemudian primer untuk kulit berminyak. Hal yang wajib diperhatikan adalah Anda harus menggunakan SPF tak peduli seperti apa cuaca di tempat Anda bepergian! Jika saya tidak membawa pelembap yang mengandung SPF, saya akan memastikan alas bedak saya mengandung SPF atau saya akan membawa tabir surya menyeluruh yang akan saya oleskan di wajah sebelum pergi ke luar ruangan!

Setelah kulit Anda siap, kemungkinannya tidak terbatas dalam hal langkah selanjutnya. Jika Anda menghabiskan seharian di pantai, saya sarankan agar Anda berhenti sampai tabir surya. Tidak perlu memakai riasan saat Anda berisiko berkeringat! Namun, jika Anda bersikeras untuk memakai riasan, tak peduli apa pun acaranya atau acara yang mengharuskan Anda menggunakan riasan tertentu, berikut adalah tips dari saya untuk mengurangi jumlah produk yang harus Anda bawa agar tetap mendapatkan tampilan sempurna!

Riasan Minimalis yang Seimbang

Jika Anda memiliki ruang yang sangat terbatas, saya sarankan Anda membawa alas bedak cakupan penuh dan jangan lewatkan concealer. Saya juga menyarankan Anda untuk menerapkan langkah ini jika Anda tidak berencana untuk memakai banyak riasan dan hanya berniat membawa pelembap berwarna atau krim CC sebagai dasar riasan Anda.

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk botol alas bedak, Anda dapat memilih untuk membawa concealer saja sebagai pilihan cakupan tunggal Anda. Jika Anda hanya tertarik untuk menutupi sedikit bagian hitam di bawah mata dan menonjolkan bagian tengah wajah Anda, bawalah concealer yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit Anda. Jika Anda ingin menutupi sedikit bagian hitam di bawah mata dan menyamarkan noda gelap di sekitar wajah/tubuh Anda, bawalah concealer yang sesuai dengan warna kulit Anda. Karena beberapa concealer dikemas dalam wadah yang sangat kecil, Anda dapat membawa kedua warna dan dapat menciptakan tampilan yang hampir sama persis seperti alas bedak yang biasa Anda gunakan.

Saat di rumah, saya sesekali menggunakan contour dan bronzer, tetapi saat bepergian, saya hanya menggunakan bronzer. Jika Anda ingin menampilkan riasan yang sangat ringan, atau memiliki ruang yang sangat terbatas, saya akan merekomendasikan agar Anda mengemas bronzer dan melewatkan perona pipi. Bentuk bronzer-nya terserah Anda. Saya sudah lama menyukai krim bronzer, tetapi produk ini tidak multifungsi. Jika Anda membawa bronzer bubuk, produk ini bisa berfungsi ganda sebagai perona mata untuk tampilan monokromatik. 

Jika Anda memiliki ruang untuk perona pipi, saya sarankan Anda membawanya, dan dalam bentuk krim. Mengapa bentuk krim? Karena banyak fungsinya! Perona pipi krim dapat digunakan, tentunya, sebagai perona pipi, tetapi juga sebagai produk bibir!

Highlighter adalah produk serbaguna lainnya, karena tidak hanya dapat digunakan untuk menonjolkan titik tinggi wajah, Anda juga dapat menggunakannya sebagai perona mata dan untuk menambah kilau pada bahu dan tulang selangka.

Untuk saya, bedak tabur adalah suatu keharusan karena saya memiliki kulit berminyak/kombinasi. Jika Anda bisa melewatkannya, itu akan menghemat ruang di tas Anda. Jika tidak, saya sarankan Anda membawa bedak padat, karena bedak tabur biasanya memiliki kemasan yang jauh lebih besar. Anda juga dapat menemukan setting spray yang berfungsi sebagai primer dan pengontrol minyak, jika Anda mencari produk yang bernilai ganda! 

Jika Anda memiliki bronzer, Anda bisa melewatkan perona mata. Jika Anda ingin menambahkan sedikit lebih banyak dimensi, cukup bawa celak mata pensil yang dapat Anda aplikasikan di area sepanjang garis bulu mata bagian bawah untuk efek yang lebih bersahaja atau aplikasikan pada garis bulu mata dan coreng atau buat bentuk sayap untuk tampilan yang lebih dramatis. 

Jika Anda membawa concealer, gunakan produk ini sebagai primer kelopak mata Anda. Ini tidak akan memberikan hasil yang maksimal, tetapi akan menghemat ruang jika harus mengemas produk lain!

Maskara adalah produk lain yang tidak dapat dinegosiasikan bagi saya, jadi bawalah maskara favorit Anda karena ini merupakan jenis produk yang akan mempercantik tampilan mata Anda!

Alis telah menjadi bagian penting dari rutinitas saya sehingga saya tidak dapat membayangkan meninggalkan salah satu langkah yang saya lakukan di rumah, jadi takkan pernah saya lewatkan. Bepergian tetap harus menyenangkan, bukan?! Saya selalu mengemas pensil alis dan gel alis bening, sehingga riasan alis saya dapat bertahan sepanjang hari.

Yang terakhir, tetapi tidak kalah penting adalah bibir! Saya cenderung lebih sering memakai pengilap bibir dan itu tetap berlaku saat bepergian. Baik pengilap bibir bening, cakupan penuh, berwarna, berkilau, dan/atau penuh warna, saya selalu punya beberapa pilihan. Untungnya, pengilap bibir umumnya tidak memakan banyak ruang di koper saya karena produk ini ditaruh di dompet saya di mana saya dapat menjangkaunya dengan cepat untuk mengaplikasikannya kembali sesuai kebutuhan.  

Jadi, Anda sudah mengemas perawatan kulit dan riasan, tetapi Anda merasa seperti kehilangan sesuatu. Itu karena Anda belum membawa alat rias! Bagus sekali jika Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk terlihat menawan, tetapi bagaimana Anda akan mengaplikasikan semuanya? Untuk itu, berikut adalah tips dari saya!

Alat yang Harus Dimiliki

Salah satu alat rias favorit saya sepanjang masa adalah spons riasan. Saat sedang terburu-buru, saya bisa menggunakannya untuk mengaplikasikan alas bedak, concealer, krim perona pipi, krim bronzer, dan bahkan bedak! Untuk alasan itu, spons riasan menjadi item perjalanan yang wajib saya bawa!

Jika Anda berencana untuk membawa produk bedak dan/atau palet perona mata, Anda mungkin memerlukan kuas. Saya sarankan agar Anda mencari satu set yang mencakup semua yang Anda butuhkan, ingatlah bahwa kuas bedak dapat berfungsi ganda sebagai kuas perona pipi dan bronzer (setelah dibersihkan) dan Anda benar-benar hanya membutuhkan lipatan kelopak mata dan mungkin kuas pensil untuk membuat tampilan mata yang indah.

Siapkan Kotak Riasan Perjalanan yang Siap Digunakan

Bepergian bisa membuat stres, tetapi berkemas tidak harus menambah tekanan Anda! Saran terakhir saya adalah Anda harus memiliki kotak riasan perjalanan terpisah di mana Anda menempatkan semua barang-barang ini, dan siap untuk digunakan saat dibutuhkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu merasa stres saat merias wajah sebelum berangkat dan kemudian berkemas setelah selesai. Memiliki duplikat atau versi ukuran perjalanan dari produk favorit Anda yang sudah dikemas dan siap digunakan akan menghemat banyak waktu dan menghindarkan dari sakit kepala yang luar biasa!