Hidup semakin sibuk dan terkadang banyak hal yang menghalangi kita untuk—berolahraga, memasak makanan sehat, memilih makanan yang tepat di toko bahan makanan. Baik Anda telah menetapkan target kesehatan dan kebugaran tertentu atau Anda hanya mencoba membuat sedikit penyesuaian pada rutinitas harian, akan sangat membantu jika Anda mengandalkan satu atau dua rutinitas yang mudah dicapai dan menghasilkan manfaat yang nyata. 

Sebagai seorang dokter naturopati dengan praktik saya sendiri dan keluarga yang harus diurus, hidup terkadang mengganggu rencana terbaik saya untuk menyiapkan makanan seimbang yang sempurna atau menghadiri kelas kebugaran harian di gym. Untuk menjaga agar fisik dan mental saya tetap sehat tak peduli apa yang terjadi di sekitar, saya mengandalkan dua komponen penting dari rencana kesehatan saya: mineral mikro dan latihan beban. 

Mineral Berperan Penting untuk Pencernaan, Suasana Hati, Metabolisme, dan Kesehatan Tulang

Mineral mikro sangat vital bagi kesehatan manusia. Masing-masing memiliki berbagai tugas di dalam tubuh, mulai dari mendukung penciptaan energi seluler hingga membentuk gigi yang sehat serta menciptakan neurotransmiter. Kalsium, misalnya, tidak hanya membantu otot berkontraksi dengan menciptakan potensi listrik tetapi juga menyusun sebagian besar matriks tulang kita. Ini merupakan dua tugas penting, dan keduanya dilakukan oleh mineral tunggal. 

Beberapa Tanah Kekurangan Mineral

Tergantung pada wilayah geografis tempat Anda tinggal, tanah di daerah Anda mungkin tidak mengandung cukup mineral tertentu untuk memenuhi kebutuhan Anda melalui makanan saja. Faktanya, sebagian besar pemerintah menyimpan peta pertanian wilayah di negara mereka yang rentan terhadap kekurangan mineral seperti kobalt, besi, tembaga, dan banyak lagi. Kekurangan mineral tanah ini tidak hanya memengaruhi cara tanaman tumbuh tetapi juga kesehatan hewan dan manusia yang memakannya. 

Jika Anda tinggal di daerah Timur Laut, Barat Laut Pasifik, atau Amerika Serikat Tenggara, misalnya, tanah di daerah Anda cenderung kekurangan selenium. Sebagai akibatnya, hal ini dapat memengaruhi fungsi tiroid Anda!

Sulit Mendapatkan Mineral Hanya dari Sumber Makanan

Sekali pun tanah kita kaya akan mineral, kita masih harus makan berbagai macam makanan untuk memenuhi kebutuhan harian masing-masing dari sekitar 80 mineral yang penting bagi kesehatan manusia. Misalnya, tiram merupakan sumber makanan utama seng—tapi saya, seperti kebanyakan klien saya, merasa sulit untuk makan tiram setiap hari. 

Untuk mendapatkan 20 jenis mineral mikro yang berbeda yang saya fokuskan bagi kesehatan, saya harus makan 20 jenis makanan berbeda setiap harinya, yang sering kali tidak mungkin dilakukan pada hari-hari saat saya sedang bepergian atau memiliki jadwal yang sibuk dan jauh dari pilihan makanan tersehat saya. Klien saya mengatakan hal yang sama!

Tetes Mineral Mikro Memudahkan Kita Mendapatkan Mineral

Cara cepat, mudah, dan berdampak tinggi untuk memastikan kebutuhan mineral harian Anda terpenuhi adalah dengan menambahkan tetes mineral mikro ke dalam air yang Anda minum setiap hari. Tetes mineral mikro memberikan hampir seluruh persen nilai harian saya dari magnesium, yang dapat membantu menenangkan dan mencegah kram otot (penting bagi seseorang yang sering mengangkat beban seperti saya!), dan klorida, yang membantu mengatur cairan tubuh, menyampaikan pesan antara otak dan otot, dan dapat mendukung pencernaan yang sehat. 

Saya mendapatkan semua itu hanya dengan beberapa tetes yang ditambahkan ke dalam botol minum saya! Lebih baik lagi, saya tidak perlu terlalu fokus pada makanan pada hari-hari di mana saya sudah merasa tertekan. Saya hanya memasukkan beberapa tetes mineral ke dalam air, minum secara perlahan, dan melanjutkan aktivitas sambil menyadari bahwa saya masih menjaga diri saya tetap sehat dan terhidrasi.

Mineral Mikro Tersedia dalam Berbagai Bentuk

Meskipun tetes mineral cair berfungsi dengan baik bagi saya, faktanya tidak semua orang merasakan efektivitas yang sama. Tetes mineral cair dapat memperburuk diare kronis karena membantu meningkatkan motilitas lambung. Dan jika Anda bepergian dari rumah ke kantor atau sekolah, Anda harus menyimpan tetes mineral di tempat-tempat Anda biasa mengisi ulang botol air. 

Jika Anda memilih bentuk bergetah atau kunyah, Anda dapat mengonsumsi mineral seperti seng dalam bentuk kunyah dengan makanan. Si kecil suka seng bergetah, jadi kami memasangkannya dengan makan malamnya agar dia tetap sehat, terutama selama liburan musim dingin dan musim flu. 

Selalu berkonsultasi dengan praktisi kesehatan yang memenuhi syarat sebelum menambahkan mineral ke dalam rutinitas Anda karena mineral sangat kuat dan dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan Anda, baik maupun buruk. Ahli diet, dokter naturopati, atau dokter pengobatan fungsional Anda merupakan yang orang-orang paling siap untuk memberi tahu Anda seputar nutrisi karena mereka memiliki pelatihan paling banyak dalam modalitas ini—tetapi dokter perawatan primer dan anggota tim medis yang lainnya juga dapat membantu Anda.

Kolagen merupakan Sumber Mineral dan Protein yang Sangat Baik

Serbuk kolagen merupakan cara mudah lainnya untuk menambahkan mineral dan protein ke dalam makanan dan minuman yang sudah saya konsumsi. Saya menggunakan suplemen kolagen bubuk dan sering menambahkannya ke dalam oatmeal atau kopi di pagi hari—langsung larut dengan hampir tanpa rasa tambahan. 

Karena saya terus-menerus bepergian, penting bagi saya untuk memberikan otot, persendian, dan tendon saya semua yang dibutuhkan untuk tetap kuat dan fleksibel, dan begitulah cara kerja kolagen. Kolagen juga mengandung protein, yang diperlukan untuk membangun otot. Jadi, kolagen juga merupakan pelengkap alami untuk rutinitas harian saya yang lain—latihan beban. 

Mengapa Saya Latihan Beban Hampir Setiap Hari sebagai Dokter Naturopati

Saya menyukai kelas kardio yang baik seperti halnya orang lain, tetapi latihan harian yang saya lakukan saat kekurangan waktu sebenarnya adalah angkat beban. Latihan beban memberikan banyak manfaat dalam satu sesi yang sama, seperti membangun tulang, meningkatkan massa otot dan laju metabolisme basal (BMR), meningkatkan suasana hati, serta meningkatkan keseimbangan. 

Bagi wanita, khususnya, membangun tulang sebelum menopause merupakan strategi yang baik untuk mencegah osteoporosis. Saya ingin menjaga agar tulang saya tetap sehat seiring bertambahnya usia sehingga saya dapat tetap aktif dan bugar bahkan di usia akhir 120-an!

Mengangkat Beban Membantu Membangun Koneksi dan Meningkatkan Kesehatan Mental

Latihan beban juga baik bagi pikiran. Misalnya, pelatihan neuromuskular, seperti plyometrics, membantu melatih jalur dan pembawa pesan antara pikiran dan tubuh. Dan bagi saya, latihan beban membutuhkan tingkat konsentrasi yang sangat tinggi—sering kali, ini menjadi satu-satunya waktu di mana saya benar-benar “melepaskan” tubuh saya. 

Fokus semacam ini menghilangkan kekhawatiran pada hari itu dan sistem saraf saya mendapat istirahat yang penting. Sebagai hasilnya, saya menjadi lebih sabar, kreatif, dan produktif saat saya sekali lagi siap untuk mengatasi tekanan pekerjaan dan keluarga. Saya selalu meninggalkan gym dengan perasaan lebih kuat secara fisik dan mental. 

Namun, jika saya mau, gym juga bisa menjadi tempat yang bagus untuk membangun komunitas. Saya menjalin pertemanan di gym, dan kami terhubung melalui minat dan dedikasi kami yang sama untuk menjaga diri kami sendiri. Latihan beban juga dapat dilakukan pada segala tingkat, jadi saya selalu dapat membawa anggota keluarga atau teman lama yang dapat berjalan di samping saya dan kami dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama. 

Bahkan anak remaja saya suka pergi ke gym dan menunjukkan betapa kuatnya dia, baik untuk kelas yoga atau sesi latihan beban! Selain itu, dalam budaya yang sering kali terlalu fokus pada penampilan, mengubah bahasa yang kita gunakan di sekitar tubuh kita untuk fokus pada kekuatan dan kemampuan adalah obat yang baik, berapa pun usia kita.

Sederhana dan Efektif: Mineral dan Latihan Beban adalah Kombinasi Terbaik

Kesimpulannya adalah, suplemen harian dan rejimen angkat beban rutin saya merupakan rutinitas yang saya andalkan untuk kesehatan dan kebugaran harian karena keduanya mudah dilakukan dan menghasilkan manfaat terbesar. Tuntutan hidup tidak selalu memungkinkan kita untuk merancang makanan dengan sempurna atau berolahraga dengan pelatih pribadi—terkadang kita hanya perlu memprioritaskan aspek lain dari kehidupan kita yang begitu sibuk. Triknya adalah menemukan beberapa aktivitas sederhana dengan banyak hasil yang cocok bagi Anda dan mengubahnya menjadi kebiasaan sehari-hari yang sehat. 

Referensi:

  1. “Office of Dietary Supplements - Zinc.” National Institutes of Health. ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-HealthProfessional/. Accessed 8 December 2021.
  2. “Office of Dietary Supplements - Exercise and Athletic Performance: Consumer.” National Institutes of Health. https://ods.od.nih.gov/factsheets/ExerciseAndAthleticPerformance-Consumer/ Accessed 12 December 2021. 
  3. “Female Athlete Program.” Boston Children’s Hospital. https://www.childrenshospital.org/centers-and-services/programs/f-_-n/female-athlete-program# Accessed 12 December 2021. 
  4. “Mineral Nutrition Considerations | Agricultural Research.” Luresext.edu, 2020, www.luresext.edu/?q=content/mineral-nutrition-considerations. Accessed 13 Dec. 2021.
  5. “Sports Medicine Division.” Boston Children’s Hospital. https://www.childrenshospital.org/centers-and-services/departments/sports-medicine Accessed 12 December 2021.