Kecantikan tidak mengenal usia. Anda dapat merasa dan terlihat menakjubkan terlepas dari tahun di akta kelahiran Anda. Rahasia kecantikan abadi itu sederhana: Hargai penampilan diri Anda seperti saat berusia 20-an, mulailah merawat diri Anda hari ini. 

Perawatan diri bisa tampak seperti kata kunci yang trendi, tetapi akarnya adalah bahwa setiap orang perlu mengurus diri mereka sendiri. Perawatan diri bukanlah tindakan yang egois, dan tidak memerlukan waktu berjam-jam untuk dilakukan. Anda dapat mempermudah dan menyederhanakan perawatan diri dengan menciptakan rutinitas perawatan diri yang simpel dan menerapkan kebiasaan sehat sehari-hari yang dapat mempercantik penampilan.

Ingat, sebelum merawat orang lain rawatlah diri Anda sendiri terlebih dulu, apalagi jika Anda seorang ibu yang sibuk mengurus orang lain. Luangkan waktu untuk merawat diri Anda sendiri setiap hari, bukan hanya pada Hari Ibu saja. Anda akan menua dengan baik, terlihat fantastis, dan memiliki banyak energi untuk merawat semua orang yang Anda cintai. Selain itu, orang-orang di dalam hidup Anda akan sangat berterima kasih.

Berikut adalah enam cara untuk memperpanjang usia dan mengoptimalkan kecantikan abadi.

Perawatan Kulit

Kulit Anda, semuanya seluas 20 kaki persegi, merupakan organ terbesar di tubuh Anda. Organ luar biasa ini memiliki berbagai fungsi mulai dari pengaturan suhu dan produksi vitamin D hingga perlindungan, jadi rawatlah dengan TLC. Untuk menjaga kesehatan kulit Anda, gunakan sabun ringan seperti Mild by Nature Raw Shea Butter. Untuk menciptakan pelindung yang mampu menyegel kelembapan dan menjaga kelembapan kulit, oleskan pelembap tubuh yang sangat bagus seperti Sierra Bees Honey Almond Body Butter sehabis berendam atau mandi.

Untuk hasil terbaik, tepuk-tepuk kulit dengan lembut hingga kering, tetapi biarkan sedikit lembap sebelum memijat dengan losion. Meskipun mandi air panas terasa menyenangkan, air panas dapat membuat kulit menjadi kering, jadi jaga agar suhu air sedikit lebih dingin. Simpan losion di kamar mandi, agar Anda selalu ingat untuk menggunakannya. Untuk melembapkan rambut dan kulit kepala Anda, oleskan beberapa tetes minyak argan seperti Acure Radically Rejuvenating Rose Argan Oil.

Untuk menampilkan wajah terbaik Anda, kembangkan rutinitas perawatan kulit yang sesuai untuk Anda secara teratur. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan. Pagi dan sore, cuci muka dengan krim pembersih yang kaya nutrisi seperti Eva Naturals Anti-Aging Glycolic Acid Facial Cleanser atau Azelique Age Refining Cleanser. Lalu, oleskan toner yang menghidrasi seperti Tree To Tub, diikuti oleh serum wajah antipenuaan seperti Yeouth. Selanjutnya, oleskan pelembap yang sesuai untuk jenis kulit Anda seperti PrescriptSkin, dan krim mata antipenuaan yang mampu mengatasi tanda-tanda penuaan seperti lingkaran hitam dan garis-garis halus seperti UpCircle eye cream. Untuk mengurangi bengkak, gunakan roller pemijat wajah di pagi hari. Anda juga dapat menggunakan krim wajah antikerut di malam hari seperti Eucerin Q10 Anti-wrinkle Face Cream.

Carilah produk yang mengandung retinol. Jenis retinoid yang terbuat dari vitamin A, bila dioleskan, retinol dapat meningkatkan produksi elastin dan kolagen yang dapat membantu mengurangi munculnya kerutan, garis halus, serta pori-pori yang membesar.

Lakukan eksfoliasi sekali atau dua kali dalam seminggu dengan lulur ringan seperti Sympli Beautiful Coconut Smoothing Micro Polish. Anda akan mengangkat sel-sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi, dan mendapatkan kulit yang bercahaya.

Ubah rutinitas Anda untuk mendukung kulit wajah Anda. Gunakan lebih banyak produk yang menghidrasi di musim dingin dan produk yang lebih ringan di bulan-bulan yang lebih hangat. 

Tabir Surya

Menggunakan tabir surya 365 hari dalam setahun merupakan suatu keharusan jika Anda ingin mencegah kerusakan kulit atau bahkan lebih buruk lagi. Ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan perlindungan spektrum luas dengan SPF 30 atau lebih tinggi seperti dari Thinkbaby. Produk berspektrum luas atau penuh menawarkan perlindungan dari UVA (sinar ultraviolet riak gelombang panjang) dan UVB (sinar ultraviolet riak gelombang pendek). UVA dapat menyebabkan kulit terbakar, sedangkan UVB dapat menyebabkan kerutan dan bintik-bintik penuaan.

Jangan lupakan bibir Anda. Bibir juga rentan terhadap sengatan matahari. Untuk melindunginya, oleskan pelembap bibir atau lipstik yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi, seperti Blistex Five Star Lip Protection. Selain itu, pakailah topi dan kacamata hitam, dan batasi paparan sinar matahari, terutama saat sinar matahari terasa sangat terik dan panas, antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. 

Gaya Hidup Sehat

Mengonsumsi berbagai varian makanan nabati yang sarat akan antioksidan akan memperpanjang usia serta menciptakan kulit yang indah dan bercahaya. Makanan yang berkhasiat untuk mempercantik kulit dan penampilan Anda meliputi sayuran berdaun hijau (bayam, kale, selada air), kacang-kacangan (kaya akan vitamin E, yang penting untuk penyembuhan kulit), buah beri, sayuran berwarna oranye (seperti wortel dan ubi jalar), kacang polong, serta biji-bijian. 

Beberapa suplemen dapat memperpanjang usia dan membantu Anda menua dengan sehat. Urutan teratas ditempati oleh kurkumin, yang terkandung dalam rempah kunyit. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kolagen, salah satu protein tubuh yang paling melimpah, dapat meningkatkan hidrasi kulit, elastisitas, serta kepadatan kulit. Vitamin C, yang penting untuk fungsi imun dan kulit yang sehat, merupakan nutrisi penting lainnya yang harus ditambahkan ke dalam rangkaian antipenuaan.

Kurangi makanan manis, gorengan dan makanan cepat saji, daging merah, keju, mentega, dan alkohol, karena semuanya dapat berdampak buruk bagi kesehatan, suasana hati, dan penampilan Anda. Mulailah mencari pengganti yang sehat. Misalnya, mengganti kukis, kue bolu, dan permen dengan buah dan menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega. Untuk saran program makan khusus, lihat diet Mediterania atau DASH.

Meluangkan waktu untuk menggerakkan tubuh Anda merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk terlihat bugar dan hidup lebih lama. Berolahraga tidak hanya mengencangkan tubuh Anda, tetapi juga mengoksidasi kulit dan meningkatkan sirkulasi, sehingga Anda tampak sehat dan menawan. Selain itu, olahraga mendukung produksi kolagen dan mengurangi stres, yang merupakan bonus besar bagi kecantikan, terutama untuk rambut Anda yang dapat mengalami kerapuhan bahkan hingga kerontokan akibat stres berlebih.

Sebuah penelitian yang dilakukan di McMaster University menemukan bahwa orang berusia di atas 40 tahun yang sering berolahraga memiliki kulit yang tampak lebih sehat dan lebih muda secara signifikan, yang lebih mirip dengan usia 20 dan 30 tahun dibandingkan usia sebenarnya. Studi lain terhadap lebih dari 122.000 subjek menemukan bahwa orang dengan tingkat kebugaran kardiorespirasi yang lebih tinggi dapat hidup lebih lama.

Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan ini. Merokok tidak hanya dapat menurunkan harapan hidup, tetapi penggunaan rokok dalam jangka panjang dapat memperdalam kerutan, menciptakan kantung mata dan rahang mengendur, menjadikan kulit kering, dan menghasilkan warna kulit yang tidak merata.

Hidrasi

Sekitar 60 persen tubuh manusia mengandung air, itulah sebabnya hidrasi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan, energi, dan penampilan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Cosmetic Investigational Dermatology menyimpulkan, “jelas sekali bahwa masukan air yang lebih tinggi dalam diet secara teratur akan berdampak positif pada fisiologi kulit normal, khususnya pada individu dengan konsumsi air harian yang lebih rendah.” Untuk memeriksa adanya dehidrasi, cubit sedikit kulit di lengan Anda dan perhatikan seberapa cepat kulit itu memantul kembali. Jika Anda mengalami dehidrasi, diperlukan waktu yang cukup lama agar kembali normal. 

Berapa banyak asupan air yang memadai? Capai setengah berat badan Anda dalam ons dan hindari minuman manis. Gula dapat meningkatkan peradangan dan berkontribusi terhadap penuaan dini karena memecah kolagen dan elastin, protein yang memberikan kekencangan kulit. 

Kurangi kafein. Kafein dapat menekan kelenjar adrenal Anda, yang menurut pengobatan tradisional Tiongkok, memegang inti kehidupan Anda. Tukar kopi dengan teh hijau atau teh jamur seperti Om Mushroom Master Blend. Teh hijau mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi, dan penelitian menunjukkan hal itu dapat meningkatkan harapan hidup. Minum teh jamur, yang mengandung berbagai spesies jamur, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya, meningkatkan sistem imun, memperlambat demensia, dan memperpanjang usia. 

Untuk menjadikan tetap terhidrasi sebagai kebiasaan yang sehat, belilah botol air untuk Anda sendiri, simpanlah di meja dan pastikan botol selalu terisi. Anda juga dapat menambahkan tetes air bebas kalori ke dalam air seperti Wisdom Natural SweetLeaf Water Enhancer agar air terasa lebih enak. 

Tidur Nyenyak

Tidur selama tujuh hingga delapan jam merupakan salah satu perawatan kecantikan terbaik. Tidur yang teratur dan berkualitas juga merupakan faktor utama yang mendukung kesejahteraan fisik dan mental. Selama tidur, tubuh Anda mengembalikan keseimbangan hormonal dan menyembuhkan dari keausan yang dipicu pada siang hari. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan penyakit dan kondisi terkait usia seperti peradangan dan peningkatan stres oksidatif.

Melewatkan “tidur cantik” dapat berdampak negatif pada penampilan Anda serta memunculkan lingkaran hitam dan kerutan. Sebuah penelitian di British Medical Journal menyimpulkan bahwa ”orang yang kurang tidur tampak kurang sehat, kurang menarik, dan lebih lelah dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan istirahat yang cukup”. Selain itu, kurang tidur dapat berdampak negatif pada berat badan, sistem imun, suasana hati, dan kemampuan kognitif Anda.

Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa yang sehat memerlukan antara 7 hingga 9 jam tidur malam. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Buatlah ritual sebelum tidur. Matikan layar sekitar satu jam sebelum tidur dan lakukan aktivitas santai seperti mendengarkan musik yang menenangkan, mandi, atau bermeditasi. Jaga agar kamar Anda tetap sejuk, tenang, dan gelap. Selain itu, minum secangkir teh kamomil sebelum tidur seperti Traditional Medicinals Organic Chamomile atau mengonsumsi suplemen yang dirancang untuk mendukung relaksasi dan tidur seperti Natural Factors Sleep Relax with Valerian and Hops bisa sangat membantu. 

Relaksasi dan Memanjakan Diri Secara Teratur

Di samping mengikuti langkah pertama di atas, buatlah ritual memanjakan diri mingguan untuk membantu Anda rileks. Singkirkan rasa bersalah itu. Tetapkan niat di Hari Ibu ini untuk menikmati ritual kecantikan mingguan setiap minggunya. 

Pertama-tama, isi bak mandi dengan air panas dan tambahkan garam mandimandi busa, atau minyak esensial favorit Anda. Nyalakan musik santai favorit Anda dan buatlah secangkir Yogi Tea Stress Relief Honey Lavender Tea. Selagi teh diseduh, pakailah masker lembar seperti Dear Klairs Midnight Blue Calming Beauty Sheet Mask. Saat bak mandi Anda sudah siap, masuklah dan ambil napas panjang beberapa kali. Biarkan diri Anda rileks dan hargailah momen ini. Setelah berendam selama 10 menit, gunakan sikat mandi loofah untuk menggosok seluruh tubuh Anda dan batu apung untuk menghilangkan kulit keras dari kaki Anda. Berendamlah selama yang Anda inginkan. 

Saat keluar dari bak mandi, tersenyumlah dan arahkan pandangan Anda untuk menjadi bahagia, sehat, dan rasakan kenyamanan di kulit Anda. Anda akan tampak cerah dan berseri 24/7 setiap hari.

 Referensi:

  1. Axelsson, J., Sundelin, T., Ingre, M., Van Someren, E. J., Olsson, A., & Lekander, M. (2010). Beauty sleep: experimental study on the perceived health and attractiveness of sleep deprived people. BMJ (Clinical research ed.)341, c6614. https://doi.org/10.1136/bmj.c6614 
  2. Bolke, L., Schlippe, G., Gerß, J., & Voss, W. (2019). A Collagen Supplement Improves Skin Hydration, Elasticity, Roughness, and Density: Results of a Randomized, Placebo-Controlled, Blind Study. Nutrients11(10), 2494. https://doi.org/10.3390/nu11102494
  3. Mandsager, K., Harb, S., Cremer, P., Phelan, D., Nissen, S. E., & Jaber, W. (2018). Association of Cardiorespiratory Fitness With Long-term Mortality Among Adults Undergoing Exercise Treadmill Testing. JAMA network open1(6), e183605. https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2018.3605 
  4. Wang, Xinyan, Fangchao Liu, Jianxin Li, Xueli Yang, Jichun Chen, Jie Cao, Xigui Wu, et al. “Tea Consumption and the Risk of Atherosclerotic Cardiovascular Disease and All-Cause Mortality: The China-PAR Project.” European Journal of Preventive Cardiology 27, no. 18 (December 2020): 1956–63. https://doi.org/10.1177/2047487319894685.