Rosasea adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya kemerahan yang meluas di hidung dan pipi. Rosasea juga dapat ditandai dengan wajah yang memerah, munculnya papula dan pustula, kulit kering, perubahan pada kulit di hidung, dan tanda-tanda peradangan pembuluh darah. Rosasea juga bisa menyebar ke mata. 

Apa Perbedaan Rosasea Dengan Kulit Sensitif?

Kulit sensitif cenderung bereaksi terhadap hal-hal yang diaplikasikan pada kulit. Kemerahan dan benjolan dapat menjadi bagian dari reaksi ini, tetapi bersifat sementara dan dapat dicegah dengan menghindari zat penyebabnya. 

Rosasea berbeda karena penyebabnya bersifat medis dan seringkali berasal dari dalam. Meskipun rosasea dapat diredakan oleh losion oles, krim, dan pencuci, rosasea tidak hilang saat item-item ini dibersihkan dan membutuhkan perawatan tambahan untuk menyembuhkan akar penyebabnya. 

Apa Akar Penyebab Rosasea?

Banyak yang belum memahami tentang rosasea, tetapi ada sejumlah mekanisme dan infeksi yang kita ketahui terkait dengan gangguan tersebut. Pertama, penderita rosasea memiliki kadar mediator inflamasi yang lebih tinggi seperti sel mast, limfosit, sel imun, dan protein antimikroba di kulit mereka. Kedua, infeksi seperti H. pylori, pertumbuhan berlebih bakteri usus kecil, dan jumlah tungau kulit yang lebih tinggi ditemukan pada penderita rosasea. Tingkat peradangan pembuluh darah atau hiperreaktivitas juga ditemukan di rosasea, yang pada dasarnya berarti bahwa pembuluh darah lebih mungkin untuk bereaksi terhadap stres eksternal pada penderita rosasea dibandingkan yang tidak terjangkit.

 Tidak pasti jenis genetika apa yang sebenarnya menjadi penyebab rosasea, tetapi kita tahu bahwa orang dengan riwayat keluarga rosasea lebih mungkin mengembangkannya di beberapa titik dalam hidup mereka dan bahwa gen VEGF mungkin menjadi penyebabnya. Konsumsi kopi, merokok, paparan sinar UV, dan konsumsi alkohol juga tampaknya meningkatkan risiko terkena rosasea. Rosasea dikaitkan dengan risiko penyakit gastrointestinal, gangguan metabolisme, depresi, dan gangguan neurologis yang lebih tinggi. Hal ini mungkin dikarenakan gangguan ini juga melibatkan patologi disbiosis/mikrobioma, perubahan fungsi pembuluh darah, dan peradangan.

Cara Menyembuhkan Rosasea Secara Topikal

Ada sejumlah gaya hidup dan perawatan topikal untuk rosasea. Yang pertama adalah menghilangkan faktor-faktor tambahan yang memperparah dan memperburuk rosasea. Dokter menyarankan penderita rosasea untuk menggunakan losion, pelindung matahari, krim dan pencuci yang tidak menyebabkan iritasi. Hal ini dapat dilakukan dengan membeli produk perawatan kulit hipoalergenik , termasuk losion bebas aroma dan pencuci muka untuk kulit sensitif. Penderita rosasea juga harus menggunakan sampo dan kondisioner hipoalergenik untuk menghindari pembengkakan, karena produk ini bersentuhan dengan wajah. Gunakan tabir surya yang bersifat hipoalergenik juga. 

Resep Losion dan Krim untuk Rosasea

Perawatan topikal yang diresepkan untuk rosasea umumnya meliputi krim resep antimikroba dan anti-inflamasi untuk membantu mengendalikan gejala seperti metronidazol. Konsultasikan dengan dokter tentang perawatan topikal yang sesuai untuk Anda. 

Losion Tanpa Resep

Rosasea melibatkan peradangan pembuluh darah dan aktivasi imun. Saya sering merekomendasikan gel pendingin seperti lidah buaya untuk pasien penderita rosasea karena, dari perspektif herbal eklektik, secara teori lidah buaya dapat membantu mengeluarkan panas dari kulit dan tidak membuat sakit. Ada beberapa data terkait losion yang mengandung akar licorice mungkin juga efektif dalam mengurangi gejala rosasea selama 4 minggu. Losion ini harus menjadi bagian dari rencana pengurangan gejala, tetapi bukan satu-satunya pendekatan Anda, karena losion topikal tanpa resep biasanya kurang ampuh dalam menyembuhkan rosasea. 

Cara Menyembuhkan Rosasea dari Dalam ke Luar

Untuk menyembuhkan rosasea, cara terbaik adalah menyembuhkannya dari dalam ke luar. 

Sembuhkan Usus, Sembuhkan Rosasea

Pendekatan alami untuk menyembuhkan rosasea meliputi protokol penyembuhan usus yang komprehensif jika diperlukan, termasuk penggunaan herbal antimikroba untuk menghilangkan infeksi atau dysbiosis, suplementasi probiotikglutamin untuk menyembuhkan jaringan lambung yang rusak, dan enzim pencernaan. Kombinasi unik dari pendekatan yang Anda gunakan ini akan bergantung pada akar penyebab khusus Anda. Anda harus bekerja sama dengan dokter, ahli herbal, dokter naturopati, atau ahli gastroenterologi untuk menentukan pendekatan spesifik mana yang Anda butuhkan untuk menyembuhkan usus Anda. 

Meningkatkan Antioksidan untuk Menyembuhkan Rosasea

Sebagai tambahan, penderita rosasea harus fokus untuk mengoptimalkan kesehatan pembuluh darah dengan pola makan tinggi antioksidan, antosianin, vitamin, dan mineral. Antioksidan membantu melindungi sel endotel dari kerusakan oksidatif. Sel-sel endotel melapisi pembuluh darah kita dan membantu mengatur fungsinya, serta mencegah pembentukan plak. Menjaga sel endotel tetap sehat dapat membantu mengurangi masalah pembuluh darah yang kita temukan pada rosasea, seperti kemerahan dan telangiektasia atau pembuluh darah yang terlihat di bawah kulit. Antioksidan berasal dari makanan nabati seperti buah-buahan dan sayuran, jadi mengonsumsi lebih banyak makanan ini adalah cara yang aman, sehat, dan lezat untuk membantu menyembuhkan rosasea dari dalam. 

Cara Menutupi Rosasea

Gunakan Pelembab Terlebih Dulu

Sebelum menggunakan primer, cuci muka dan lembapkan wajah Anda menggunakan sabun dan losion hipoalergenik untuk kulit sensitif. Setelah pelembap mengering/menyerap di kulit Anda, aplikasikan primer atau concealer hijau tipis-tipis dan biarkan kering.

Selanjutnya Gunakan Primer dan Concealer Berwarna Hijau

Dokter, dermatolog, kosmetologis, dan penata rias semuanya setuju—gunakan produk berwarna hijau untuk menyembunyikan kemerahan yang berhubungan dengan rosasea. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan primer hijau atau concealer hijau di bawah concealer cakupan penuh. Cara ini berfungsi karena hijau dan merah adalah warna komplementer—saat dicampurkan, keduanya cenderung menetralkan warna non-netral yang dikandungnya masing-masing. 

Terakhir Gunakan Alas Bedak Cakupan Penuh

Concealer tipis dan pelembap berwarna akan memungkinkan Anda untuk melihat hingga lapisan bawah riasan Anda, yang mungkin memberikan nuansa hijau jika Anda melakukan langkah-langkah di atas. Untuk menghindarinya, pilih alas bedak dengan cakupan penuh atau krim CC untuk diaplikasikan di atas pelembap/primer hijau. Anda dapat mengoleskannya tipis-tipis dan biarkan kering untuk menghindari alas bedak menggumpal. 

Jika Anda tidak terbiasa memakai riasan, Anda dapat dengan mudah menggunakan primer hijau, alas bedak, dan selesai. Tetapi meluangkan waktu ekstra untuk menambahkan highlight atau kontur ke wajah Anda akan membuat tampilan riasan “biasa” menjadi luar biasa! Jika Anda tidak yakin bagaimana menerapkan penampilan ini, pertimbangkan untuk menyewa penata rias profesional, atau lihat beberapa tutorial di YouTube, Instagram, atau TikTok. Dengan tips dan trik ini, Anda dapat menyembuhkan rosasea dari dalam ke luar dan tampak menawan saat melakukannya.

Sumber: 

  1. Bhargava, Rahul, et al. “A Randomized Controlled Trial of Omega 3 Fatty Acids in Rosacea Patients with Dry Eye Symptoms.” Current Eye Research, vol. 41, no. 10, 6 Apr. 2016, pp. 1274–1280, pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27050028/, 10.3109/02713683.2015.1122810. Accessed 14 Sept. 2021.
  2. Hoffmann, Julia, et al. “New Herbal Biomedicines for the Topical Treatment of Dermatological Disorders.” Biomedicines, vol. 8, no. 2, 8 Feb. 2020, p. 27, 10.3390/biomedicines8020027. Accessed 11 May 2020.
  3. “Management of Rosacea.” Uptodate.com, 2021, www.uptodate.com/contents/oral-and-systemic-health?search=dental%20health&source=search_result&selectedTitle=2~150&usage_type=default&display_rank=2. Accessed 13 Sept. 2021.
  4. “Rosacea: Pathogenesis, Clinical Features and Diagnosis.” Uptodate.com, 2021, www.uptodate.com/contents/rosacea-pathogenesis-clinical-features-and-diagnosis?search=rosacea&source=search_result&selectedTitle=2~115&usage_type=default&display_rank=2. Accessed 13 Sept. 2021.