Apakah musim dingin membuat kulit Anda terlihat kering dan bersisik? Apakah kulit Anda teriritasi dan mengalami kemerahan karena terlalu sering menggunakan eksfolian yang keras? Apakah Anda memiliki kulit sensitif atau berjerawat? Jika jawabannya ya untuk pertanyaan-pertanyaan ini, tinggalkan bahan aktif dan pertimbangkan untuk menambahkan ceramide ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. 

Saya telah menjawab ya untuk semua pertanyaan ini paling tidak satu kali. Setelah pengelupasan kimia baru-baru ini, kulit saya terasa agak kering dan sensitif. Saya hanya menggunakan ceramide dan bahan-bahan yang menenangkan ke dalam rutinitas saya selama satu minggu setelah pengelupasan. Kulit saya seketika terasa terhidrasi dan bernutrisi kembali. Saya terobsesi dengan rangkaian Aveeno Calm + Restore, tapi saya akan membahasnya nanti! 

Apa itu Ceramide?

Ceramide merupakan lipid yang ditemukan secara alami di kulit. Namun, ceramide dapat habis apabila kita menggunakan produk perawatan kulit yang keras secara berlebihan seperti eksfolian, suhu ekstrem, polusi lingkungan, sinar UV, dan penuaan. Ceramide menjaga pelindung kulit Anda tetap sehat dan kenyal. Ceramide juga membantu mempertahankan kelembapan, menjaga kulit Anda terlihat kenyal dan terhidrasi. 

Ada banyak manfaat saat Anda menambahkan ceramide topikal ke dalam rutinitas perawatan kulit, seperti memperkuat pelindung kulit, melembapkan kulit, serta mengurangi kondisi peradangan seperti jerawat, eksem, psoriasis, dan rosasea. 

Produk Inaktif Vs Produk Aktif

Dengan promosi besar-besaran seputar produk perawatan kulit aktif, produk yang tidak aktif umumnya tidak ramai diperbincangkan, malahan produk tersebut dipandang sebelah mata, menurut saya. 

Ketika zat aktif digunakan dengan benar pada jenis dan kondisi kulit tertentu, zat tersebut dapat memperbaiki tekstur kulit, jerawat, dan pigmentasi yang tidak merata. Jika disalahgunakan, zat-zat tersebut dapat membakar kulit Anda dan merusak pelindung kulit.

Salah satu produk aktif yang akan selamanya melekat di ingatan saya adalah AHA 30% + BHA 2% Exfoliating Peel Solution yang viral di TikTok. Jika Anda tidak yakin produk apa ini, ini merupakan serum merah yang hampir terlihat seperti darah. Jika Anda masih belum yakin, maka beruntunglah Anda, itu mungkin berarti Anda memiliki pelindung kulit yang sehat. Bahan aktif sekuat Exfoliating Peel Solution sering kali terlalu keras pada kulit dan dapat memperburuk masalah yang ingin Anda perbaiki. 

Meskipun bahan aktif memiliki manfaatnya, penting untuk melakukan riset dan tidak hanya mengikuti tren viral TikTok. Perawatan kulit harus dipersonalisasi. Hanya karena suatu produk dapat membersihkan jerawat orang lain, bukan berarti produk tersebut cocok di kulit Anda. 

Seiring bertambahnya usia, saya cenderung menggunakan lebih banyak produk tidak aktif dibandingkan produk aktif di kulit saya. Sebagai seseorang yang menderita jerawat, hiperpigmentasi, dan, terakhir, melasma karena kehamilan anak kembar, saya menemukan bahwa produk inaktif bekerja paling baik untuk membuat kulit saya tampak sehat dan bercahaya. 

Banyak bahan tidak aktif yang telah terbukti memperbaiki kulit, contohnya ceramide, teh hijau, lidah buaya, oat, serta minyak nabati seperti seaberry/sea buckthorn dan argan. Jadi, di mana Anda bisa menemukan produk perawatan kulit inaktif terbaik yang cocok untuk jenis kulit Anda? Lihat pilihan terbaik saya di bawah ini.

Produk Perawatan Kulit Inaktif Terbaik untuk Kulit Anda

Triple Oat Serum

Memiliki kulit sensitif? Temui serum favorit baru Anda, Aveeno, Calm + Restore For Sensitive Skin, Triple Oat Serum, 1 fl oz (30 ml)! Diformulasikan dengan triple oat complex yang menutrisi dan feverfew yang menenangkan, serum ini menyejukkan kulit dan memperkuat pelindung kelembapannya secara seketika. Dapat digunakan setiap hari dan ringan serta bebas pewangi, menjadikan produk ini ideal untuk kulit kering yang sensitif dan teriritasi. 

Tip pro: taruh serum ini di lemari es untuk efek pendinginan ekstra! Saya suka melapisi serum ini dengan oat gel moisturizer, yang akan kita bahas selanjutnya.  

Oat Gel Moisturizer

Kulit kemerahan dan teriritasi? Pelembap gel Aveeno, Calm + Restore, Oat Gel Moisturizer, Fragrance Free, 1.7 oz (48 g) akan menjadi sahabat baru Anda! Dengan formula hypoallergenic dan tidak berminyak, pelembap wajah yang menenangkan ini dapat menyejukkan dan menghidrasi kulit yang paling sensitif sekali pun dalam seketika. 

Diformulasikan dengan oat prebiotik yang menutrisi dan feverfew yang menenangkan, kulit Anda akan tetap lembap selama 24 jam, memberikan kenyamanan sepanjang hari. Formulanya yang noncomedogenic dan bebas pewangi merupakan bonus tambahan sehingga produk ini tergolong aman di kulit! Saya memiliki kulit berminyak/kombinasi dan produk ini bekerja sangat baik untuk saya, tetapi saya pikir produk ini juga cocok untuk jenis kulit kering.  

Nourishing Oat Cleanser

Jika Anda memiliki kulit sensitif atau pelindung kulit rusak akibat produk yang keras, ini adalah hari keberuntungan Anda karena Anda hanya perlu mengeluarkan $10 untuk mendapatkan kembali kulit yang halus dan lembut! Aveeno, Calm + Restore, Nourishing Oat Cleanser, Fragrance Free, 7.8 fl oz (232 ml) memiliki formula hypoallergenic dan noncomedogenic lembut yang mengandung oat bernutrisi dan feverfew yang menenangkan. 

Saya pribadi sudah menghabiskan beberapa botol pembersih ini dan menyukai tekstur krim gel seperti susu. Produk ini dengan mudah mengangkat kotoran dan sisa-sisanya, membuat kulit tampak sehat dan terhidrasi. Pembersih ini sangat cocok bila digunakan bersama dengan oat gel moisturizer dan triple oat serum. Ketiganya merupakan produk terbaik yang menutrisi kulit saya!

Oil Free Moisturizer

Mencari pelembap ringan di bawah $20? Cobalah produk ini! Alba Botanica, Hawaiian Oil Free Moisturizer, Refining Aloe & Green Tea, 3 oz (85 g) diformulasikan dengan humektan yang disempurnakan, menjaga kulit tetap lembut dan halus tanpa rasa berminyak. Menggunakan 100% bahan vegetarian seperti lidah buaya, teh hijau, pegagan, dan ekstrak mentimun, menjaga kulit tetap terhidrasi dengan hidrasi bebas minyak!          

Radiant Glow Face Oil

Meski dipasarkan sebagai produk wajah, minyak multiguna ini juga bisa digunakan pada tubuh dan rambut. DERMA E, SunKiss Alba, Radiant Glow Face Oil, Jojoba Argan & Seabuckthorn Oils , 2 fl oz (60 ml) diformulasikan dengan minyak jojoba, argan, dan buckthorn laut, sangat menghidrasi, melembapkan, dan memperbaiki kulit tanpa rasa berminyak. Produk ini menjadikan kulit tampak bercahaya, kenyal, dan halus. Dengan bahan 100% vegan dan bebas dari kekejaman, minyak ini dapat meningkatkan cahaya alami kulit.            

Nourishing Anti-Irritation Cleansing Oil

Jika Anda tidak menggunakan minyak pembersih dalam rutinitas perawatan kulit, Anda harus mencobanya! Minyak pembersih adalah pembersih pertama untuk membantu menghapus riasan, tabir surya, dan kotoran untuk membersihkan kulit wajah Anda. 

Bioderma, Atoderm, Ultra-Nourishing Anti-Irritation Cleansing Oil, 6.7 fl oz (200 ml) diformulasikan dengan 33% bahan pemulihan dan pelembap lipid untuk menutrisi kulit secara intensif dan menghilangkan sensasi kering atau kencang pada kulit. Selain itu, kompleks Patent Skin Barrier Therapy™ menyerang adhesi bakteri yang memperparah kekeringan kulit, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk jenis kulit yang teriritasi dan sensitif.

Ceramide Cream

Apakah kulit Anda di musim dingin memerlukan kelembapan instan? Cobalah face mist serbaguna ini! Cosrx, Comfort Ceramide Cream Mist, 4.05 fl oz (120 ml) mengandung enam jenis ceramide. Formula krim dan esens secara efektif membentuk pelindung kelembapan berlapis ganda di atas kulit untuk memberikan tambahan hidrasi. Selain ceramide, panthenol juga dapat menenangkan kulit dan mengembalikan keseimbangannya. Formula mist yang halus ini sangat bagus untuk digunakan di bawah atau di atas riasan sehingga menjadikan kulit tampak bercahaya untuk waktu yang lama.

Hydrating Ceramide Serum

Pelindung kulit rusak? Ceramide adalah teman terbaik Anda untuk menjadikan kulit tampak lebih sehat. ACURE, Ultra Hydrating Ceramide Day Serum, 1 fl oz (30 ml) diformulasikan dengan tanaman ceramide, skualan, dan pegagan untuk mendukung pelindung kelembapan kulit Anda dan mengisi kembali kulit dengan hidrasi yang intens. Serum ini akan memberikan kelembapan secara mendalam dengan sensasi yang ringan di siang hari. Adakah alasan yang membuat Anda tidak tertarik?

Green Tea Toner

Untuk teman-teman dengan kulit sensitif, produk ini sangat cocok untuk Anda! Idealove, So Soothe Me, Intensive Green Tea Toner, 5.07 fl oz (150 ml) diformulasikan dengan empat bentuk teh hijau. Toner ini mengandung manfaat antioksidan dan antiinflamasi yang ampuh untuk membantu mengendurkan dan menenangkan kulit. Produk ini juga membantu mengurangi kemerahan, memperkuat mikrobioma kulit, mencegah hilangnya kelembapan, dan cukup lembut untuk jenis kulit yang cenderung berjerawat. Ini bisa menjadi produk K-Beauty favorit Anda yang baru!

Aloe Aqua Cream

Ayah saya adalah penikmat cahaya matahari di usia pertengahan enam puluhan, tetapi kulitnya tetap sehat. Adakah yang bisa menebak produk apa yang ia gunakan? Lidah buaya. Hanya lidah buaya. Tidak ada produk lain, dan kulitnya selalu tampak bersinar. Jadi saya menyimpan yang terbaik sebagai klimaksnya, Aromatica, Soothing Aloe Aqua Cream, 5.2 oz (150 g)

Sifat menenangkan alami Aloe Vera membantu menenangkan kulit lelah yang disebabkan oleh rangsangan eksternal, sehingga sangat baik untuk menambah kelembapan ekstra pada kulit di musim dingin. Krim ini diformulasikan dengan Aloe, Ceramide NP, dan Hydrolyzed Glycosaminoglycans (GAG). Produk ini memberikan sensasi segar pada kulit sambil memperbaiki tekstur kulit dengan memberikan kelembapan yang intens. Saya telah melihat secara langsung betapa hebatnya manfaat lidah buaya, jadi jangan abaikan krim ini!     

Poin Penting

Pelindung kulit Anda melindungi kulit dari produk aktif yang keras dan serangan lingkungan. Jadi, menjaga pelindung kulit agar tetap kenyal dan sehat sangat penting untuk kulit yang bercahaya dan terhidrasi. Produk inaktif seperti ceramide membantu menjaga kesehatan kulit Anda, menjaganya agar tetap terhidrasi, seimbang, dan bercahaya. Saya telah mengumpulkan produk perawatan kulit inaktif terbaik sehingga Anda dapat dengan mudah memilih produk yang tepat untuk jenis dan kebutuhan kulit Anda.