Masalah Suplemen Palsu dan Penipuan

Sejak awal kemunculannya, industri suplemen makanan mendapatkan gangguan dari produk-produk palsu. 

Ada dua kekhawatiran besar yang sedang terjadi: merek palsu yang menjual produk palsu dan, yang terbaru, replika merek terkenal berkualitas tinggi tanpa izin.

Penjual online harus menetapkan langkah-langkah pengendalian mutu yang ketat serta memprioritaskan keaslian produk, dan konsumen harus mengedukasi diri mereka sendiri agar tidak terjerumus ke dalam masalah ini. iHerb muncul sebagai tolok ukur dalam mengatasi permasalahan ini. Namun, sebelum mencari solusinya, mari kita selidiki terlebih dahulu masalahnya.

Alasan Mengapa Lebih Baik Membeli Dari Pengecer Terverifikasi

Semakin banyak produk palsu yang bermunculan diiringi dengan semakin banyaknya konsumen yang berbelanja di pasar-pasar online terkemuka. Jika konsumen tidak memeriksa pengecer dengan hati-hati, mereka dapat dengan mudah terjerumus ke dalam skema ini, karena laman pengecer sering kali menduplikasi laman merek resmi.

Now Foods, merek suplemen tepercaya, baru-baru ini menemukan produk palsu di Amazon. Meskipun barang-barang ini pada awalnya tampak seperti suplemen NOW® asli, pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan kemasan, label, dan isinya palsu. Setelah diselidiki secara menyeluruh, ditemukan bahwa setiap produk mengandung kapsul kecil berwarna putih tidak berbau yang diisi dengan tepung beras, bukan bahan yang tercantum pada label.

Pengecer terverifikasi bekerja sama langsung dengan merek untuk melindungi konsumen dan memastikan masalah ini tidak terjadi.

Label vs. Kandungan Suplemen yang Asli

Masalah paling umum pada suplemen yang dijual secara online adalah produk yang tidak memenuhi klaim label. 

Sebagai contoh, mari kita lihat penilaian independen pihak ketiga terhadap suplemen astaxanthin yang dilakukan oleh ConsumerLab.com. Astaxanthin merupakan karotenoid berwarna merah tua yang memberi warna pada hewan laut yang memiliki daging atau kulit luar berwarna merah atau merah muda. Astaxanthin juga merupakan suplemen makanan bermutu tinggi yang melindungi terhadap kerusakan sel, terutama di otak, kulit, dan sistem pembuluh darah.Analisis yang dilakukan oleh ConsumerLab.com menunjukkan bahwa 13 dari 22 produk astaxanthin yang dipilih menyediakan kurang dari 1 mg astaxanthin per porsi meskipun klaim label menyatakan kadar 10 mg atau lebih besar. Sebagian besar astaxanthin yang dianalisis mengandung kurang dari 10% dari jumlah yang diklaim, dan beberapa mengandung KADAR YANG TIDAK TERDETEKSI! 

Kenyataannya adalah banyak produk palsu dari segala jenis dijual secara online, dan ini bukan hanya astaxanthin maupun suplemen makanan lainnya. 

Salah satu mitra bisnis iHerb menguji suplemen yang dijual secara eksklusif di Amazon. Mereka fokus pada suplemen populer dengan harga yang relatif mahal berikut ini. Dan hasilnya sangat mengejutkan. Banyak dari produk ini tidak memenuhi klaimnya kendatipun sudah memperoleh ribuan ulasan bintang 4,5 atau 5. Banyak produk mengandung kurang dari 10% kadar yang tertera pada label, dan beberapa produk memiliki kadar yang tidak terdeteksi. 

  1. Lihat hasil lab Berberin.
  2. Lihat hasil lab Astaxanthin.
  3. Lihat hasil lab Bromelain.
  4. Lihat hasil lab CoQ10 dan Kuersetin.
  5. Lihat hasil lab Glutation.
  6. Lihat hasil lab Kurkumin.
  7. Lihat hasil lab SAM-e
  8. Lihat hasil lab Fosfatidilserin.
  9. Lihat hasil lab Asam Alfa Lipoat.

Mengapa? Suplemen memiliki peraturan yang longgar, sehingga mudah untuk membuat merek suplemen palsu dan bahkan lebih mudah untuk meloloskan diri dari peraturan tersebut. Tambahkan ribuan ulasan palsu, dan produk yang Anda jual akan memuncaki tangga penjualan. Bagaimana jika Badan Pengawas Obat dan Makanan atau pasar listing mengetahuinya? Tidak masalah. Tutup saja merek tersebut dan segera luncurkan yang baru. Konsumen hampir tidak berdaya. 

4 Tips Berbelanja Suplemen yang Lebih Cerdas:

1. Beli Merek Dalam Negeri yang Populer

Merek-merek terkemuka akan mengalami kerugian besar jika menjual produk palsu. Semua merek yang dijual di iHerb menjalani pemeriksaan menyeluruh oleh tim ahli kami atau merupakan merek eksklusif milik iHerb. 

2. Hanya Percaya pada Ulasan Asli Dari Pembeli Terverifikasi

Di iHerb, ulasan produk dibuat oleh pelanggan yang telah memesan produk yang sudah ditinjau oleh iHerb. Ini memastikan ulasan yang jujur dan akurat untuk membantu pelanggan kami membuat pilihan pembelian yang lebih cerdas. Hal ini tidak terjadi di situs lain. 

3. Mengutamakan Penyimpanan yang Tepat 

Semua produk iHerb disimpan di gudang dengan iklim yang terkontrol dan bersertifikat GMP (Cara Produksi Pangan yang Baik).  Suatu produk dapat dibuat dengan baik, namun banyak senyawa penting yang dapat rusak jika tidak disimpan dengan benar.

4. Periksa Tanggal Kedaluwarsa

Selalu periksa tanggal kadaluwarsa produk yang Anda pesan. Produk kedaluwarsa kemungkinan besar tidak akan memberikan klaim label sepenuhnya, terutama pada produk yang lebih sensitif seperti probiotik, enzim, dan makanan super. 

iHerb: Tempat Teraman untuk Membeli Suplemen

iHerb menawarkan lebih dari 45.000 produk kesehatan dan kebugaran tepercaya dan berkualitas tinggi dari 1.500 merek. 

Di iHerb, kami hanya bermitra dengan merek terkemuka yang telah diperiksa secara saksama oleh tim ahli kami. Proses ini melibatkan pemeriksaan legitimasi klaim merek. Merek-merek suplemen harus melengkapi kuesioner kualitas, dan semua produk suplemen wajib memiliki  COA (sertifikat analisis).

Kami menawarkan merek-merek terkemuka yang juga dijual di toko-toko besar dalam negeri dan bekerja sama langsung dengan merek-merek tersebut. Artinya semua produk dijual dan dikirimkan oleh iHerb, bukan penjual pihak ketiga.

Dengan tingkat perputaran inventaris rata-rata 8,1 kali per tahun, iHerb dapat menawarkan produk-produk paling segar kepada Anda. Pelanggan dapat melihat tanggal kedaluwarsa atau tanggal terbaik konsumsi produk. 

Merek iHerb kami melangkah lebih jauh karena memenuhi standar ketat dan Praktik Manufaktur yang Baik Saat Ini yang diberlakukan oleh FDA. Merek iHerb hanya menggunakan bahan mentah yang telah diteliti dengan baik, bahan-bahan unik, campuran tepercaya, serta diuji secara independen melalui program iTested.

Jaminan ini merupakan bagian dari komitmen iHerb untuk menghadirkan produk yang memenuhi standar tertinggi dalam hal kesehatan dan kebugaran.

Baca seputar 10 alasan utama menjadikan iHerb pilihan #1 Anda!

Referensi: 

  1. https://www.nowfoods.com/about-now/press-room/press-releases/now-discovers-impersonator-fraudulent-products-sold-amazon