Adaptogen belakangan ini menjadi istilah yang populer dan menarik di komunitas kesehatan dan kebugaran yang sudah umum—Anda mungkin telah memperhatikannya muncul di mana-mana. Mungkin Anda pernah melihat kopi jamur di kedai teh dan kopi lokal, atau Anda mungkin memperhatikan cordyceps atau ginseng India ditaburkan ke dalam daftar bahan smoothie favorit Anda di kafe terdekat, dan mungkin Anda menyadari bahwa pelembap yang Anda incar mengandung bahan yang disebut Akar Emas. Bahan yang awalnya hanya sebagai suplemen yang dapat dicerna kini bermunculan di berbagai produk kecantikan. Jadi apa sebenarnya adaptogen yang misterius dan berkhasiat ini, mengapa belakangan ini sangat populer, dan apa saja manfaat yang ditawarkannya untuk kita? 

Apa Itu Adaptogen?

Adaptogen sebenarnya bukanlah hal baru dan telah digunakan dalam pengobatan herbal ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Adaptogen digunakan untuk menyeimbangkan energi di semua tingkatan dan membantu membangun “kekuatan vital.” Adaptogen merupakan senyawa herbal yang terdapat pada tanaman herbal, akar, ekstrak tumbuhan, dan jamur yang berfungsi sebagai pengatur metabolisme untuk membantu tubuh beradaptasi serta mengendalikan stres dan kecemasan untuk meningkatkan sistem imun. Adaptogen dianggap bekerja pada tingkat sel untuk meningkatkan imunitas, fungsi, serta vitalitas sel-sel tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan dan kebugaran seseorang secara keseluruhan. Konsistensi pastinya menjadi kunci karena penggunaan adaptogen secara terus-menerus mungkin diperlukan untuk menciptakan perubahan positif. Penelitian menunjukkan berbagai manfaat dari makanan super ini dan bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh, suasana hati, serta kinerja kita. Bahan-bahan ini juga dapat membantu mengurangi inflamasi, mempercepat pemulihan, dan mempercepat penyembuhan luka, serta memulihkan keseimbangan dalam tubuh.

Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa dua tahun terakhir ini telah menjadi masa stres yang tinggi bagi banyak orang. Stres dan kecemasan kronis dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam berbagai aspek. Stres dapat muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran serta dapat memengaruhi pikiran, kulit, dan tubuh kita secara berbeda. Oleh karena itu, kita semakin sering mendengar tentang pengobatan alami dan holistik seperti adaptogen untuk membantu menurunkan kadar kortisol dan penyebab stres sehari-hari. Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit kita secara keseluruhan dengan membuat kulit mengalami penuaan dini, menimbulkan garis-garis halus, memicu munculnya jerawat dan inflamasi, mengganggu penyembuhan jerawat, dan bahkan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang juga dapat berdampak pada kulit. 

Sama seperti bagian dalam tubuh kita, kulit juga bisa menggunakan penghilang stres. Kita sudah mengetahui bahwa adaptogen dapat dicerna, jadi tidak mengherankan jika kita melihat herbal pereda stres ini digunakan dalam produk kecantikan topikal. Bahan-bahan berkhasiat ini memberikan manfaat tidak hanya untuk kesehatan batin tetapi juga untuk organ terbesar kita, yaitu kulit.

Adaptogen dalam Perawatan Kulit

Saat kita memasukkan adaptogen ke kulit, hal pertama yang paling terlihat mungkin tampilan kulit yang lebih tenang dan awet muda yang diperoleh dengan melawan inflamasi dan tanda-tanda penuaan. Adaptogen dapat membantu kulit melawan sumber stres oksidatif, mengimbangi potensi kerusakan kulit, serta membantu kulit menemukan keseimbangan. 

Kebanyakan adaptogen populer kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antipenuaan yang ampuh, serta memiliki kemampuan untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas dan membantu melindungi kulit dari stres fisik. Kondisi kulit yang benar-benar mendapat manfaat dari adaptogen meliputi eksem, rosasea, serta penuaan dini, tetapi adaptogen dapat membantu melindungi dan meningkatkan imunitas kulit semua orang.

Saya sangat yakin bahwa kecantikan dimulai dari dalam dan percaya nantinya akan ada lebih banyak bahan dari dapur dan lemari es yang muncul dalam produk kecantikan karena khasiatnya dalam meningkatkan kecerahan dan faktor kesehatan baik dari dalam maupun luar. Apakah Anda penasaran untuk mencoba beberapa produk kecantikan terjangkau yang mengandung adaptogen? Berikut adalah beberapa bahan adaptogen beserta produknya yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan dalam rutinitas kecantikan Anda.

Rooibos 

Derma E Essentials Radiance Toner mengandung rooibos, bahan berkhasiat dalam teh merah yang sarat akan antioksidan. Produk ini juga mengandung kuersetin dan flavonoid. Tonik pencerah ini membantu membuka jalan untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat bersama dengan bahan sehat lainnya termasuk ekstrak lidah buaya dan vitamin B yang dapat menghidrasi serta menutrisi kulit.

Reishi 

Derma E Anti-Wrinkle Eye Treatment mengandung reishi, yaitu jamur yang tumbuh di Amerika Serikat, Asia, dan sebagian wilayah Amazon. Reishi dikenal sebagai ratu penyembuh oleh herbalis tradisional selama berabad-abad karena kemampuan khususnya untuk memperkuat hati dan pikiran. Reishi dikenal sebagai pendukung imun, pereda stres, nutrisi otak, dan dapat mengoptimalkan kecantikan dengan mengatasi kemerahan yang terlihat serta melawan dehidrasi.

 Produk lain yang mengandung reishi adalah Mad Hippie Triple C Night Cream, yang dapat menyeimbangkan dan menghidrasi kulit. 

Ginseng India 

Acure Ultra Hydrating 12 Hour Facial Moisturizer adalah pelembab ampuh yang mengandung ginseng India, reishi, ruku-ruku, kale, dan bayam untuk memberikan hidrasi terbaik. Ginseng India merupakan salah satu adaptogen yang paling terkenal karena merupakan herbal penyembuh ampuh yang kaya akan antioksidan, zat besi, serta asam amino untuk mengatasi stres dan kelelahan. Ginseng India sangat diandalkan dalam komunitas ayurveda untuk menyelaraskan tubuh dan pikiran. Herbal ini juga diketahui dapat mengurangi iritabilitas serta mengatur kadar kortisol. 

Akar Manis

Acwell, 5.5 Licorice pH Balance Cleansing Toner mengandung akar manis, adaptogen antibakteri populer yang digunakan untuk mengurangi inflamasi pada kulit dan menyelaraskan bahan. Akar manis merupakan akar dari Eropa, Asia, dan Amerika Utara serta digunakan oleh orang Romawi kuno, Yunani, pengobatan ayurveda, maupun praktisi Pengobatan Tradisional Tiongkok. Akar manis juga mendukung relaksasi serta menenangkan pikiran dan tubuh.

Ginseng 

I’m From, Ginseng Serum tentunya mengandung ginseng. Ginseng merupakan adaptogen ampuh yang berasal dari pegunungan dan hutan Tiongkok serta Korea yang dikenal akan khasiatnya yang memberi energi. Ginseng secara tradisional digunakan untuk mendukung energi yang tenang namun terfokus. Tanaman ini juga diketahui mengandung vitamin dan mineral tingkat tinggi yang sangat diperlukan dan merupakan sumber antioksidan yang baik. Ginseng membantu dalam meningkatkan sirkulasi serta membantu mencerahkan kulit untuk merevitalisasi kulit Anda secara menyeluruh.

Mugwort

I’m From, Mugwort Beauty Mask mengandalkan mugwort, bahan berharga yang secara alami menenangkan dan merilekskan kulit. Mugwort telah menjadi bagian dari budaya Korea sejak awal waktu dan terkenal karena khasiatnya yang menenangkan serta sebagai antiinflamasi. Bahan berkhasiat ini menargetkan kulit kering dan teriritasi, membantu meringankan kondisi kulit seperti eksem dan psoriasis.