Energi rendah (juga dikenal sebagai kelelahan atau terkadang sindrom kelelahan kronis) merupakan alasan umum untuk kunjungan ke dokter. Terkadang menemukan penyebab kelesuan yang konstan itu mudah, sementara di lain waktu bisa sulit dipahami baik oleh dokter maupun pasien. Ada banyak alasan medis seseorang mungkin lelah. Alasan medis umum termasuk, tetapi tidak terbatas pada:

  • Tiroid yang kurang aktif (juga dikenal sebagai hipotiroidisme)
  • Anemia (mungkin disebabkan kekurangan zat besi,  defisiensi vitamin, atau lainnya)
  • Defisiensi Vitamin B12
  • Penyakit paru
  • Gangguan tidur seperti apnea tidur atau insomnia
  • Penyakit ginjal kronis
  • Depresi kronis (sering menjadi penyebab kelelahan)
  • Diet buruk
  • Penggunaan tembakau
  • Defisiensi nutrien yang disebabkan oleh obat resep

Kondisi dan kebiasaan ini memerlukan perhatian profesional medis, jadi penting bagi seseorang untuk terlebih dahulu dievaluasi oleh penyedia layanan kesehatannya sebelum hanya mencoba suplemen yang memberikannya “lebih banyak energi”. Kecuali jika akar masalahnya diidentifikasi dan diobati dengan benar, suplemen tidak akan banyak berarti. Jika tidak ada penyebab tunggal atau serius yang teridentifikasi, maka suplemen dapat membantu.

Vitamin B12

Vitamin B12 (juga disebut sebagai cobalamin atau cyanocobalamin) adalah nutrien penting yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membantu mengoptimalkan kesehatan otak, saraf, dan darah. Namun, terlepas dari pentingnya, ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa banyak orang di seluruh dunia kekurangan nutrien esensial ini.   

Studi dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa hingga satu dari enam (17 persen) dari mereka yang berusia 60 tahun ke atas kekurangan Vitamin B12, sementara lebih dari satu dari 15 (enam persen) dari mereka yang berusia di bawah 60 tahun kekurangan vitamin B12. Tetapi, masalah kesehatan ini bukan hanya bagi orang Amerika. Di bagian utara Tiongkok, misalnya, sebuah studi tahun 2014 menunjukkan hingga 45 persen wanita Tionghoa kekurangan Vitamin B12. Sebagian besar populasi lain di seluruh dunia juga terkena, dan hasilnya dapat berdampak negatif pada kualitas hidup seseorang—tingkat suboptimal dapat mengakibatkan perasaan lelah dan depresi.

Pengujian: Kadar Vitamin B12 dalam darah (normal adalah 200 hingga 900 pg/ml) dapat diuji. Kebanyakan ahli saraf merekomendasikan kadar darah di atas 500 pg/ml untuk memastikan saraf dan otak memiliki jumlah cukup. Ketahui jumlah Anda saat diuji!

Beberapa hal yang perlu diingat:  Jika terdapat defisiensi asam folat juga, penuhi Vitamin B12 dahulu, lalu penuhi asam folat. Ini membantu metabolisme sel. Karena vitamin B12 larut dalam air, jika dikonsumsi berlebihan, bisa keluar dari tubuh melalui buang air kecil (vitamin B12 akan membuat urine berwarna kuning cerah). Jika memungkinkan, pertimbangkan mengonsumsi vitamin ini dua kali sehari untuk membantu menjaga kadar darah tetap stabil.

Ada beberapa cara untuk melengkapi vitamin B12:

  • Tablet vitamin B12 – Tersedia sebagai vitamin B12 (cyanocobalamin) atau methyl vitamin B12 (methylcobalamin). Dosis oral harian berkisar dari 500 mcg hingga 5.000 mcg.
  • Semprot mulut vitamin B12 – Tersedia sebagai vitamin B12 (cyanocobalamin) atau methyl vitamin B12 (methylcobalamin). Dosis oral harian berkisar dari 500 mcg hingga 5.000 mcg.
  • Vitamin B12 tetes – Tersedia sebagai vitamin B12 (cyanocobalamin) atau methyl vitamin B12 (methylcobalamin). Dosis oral harian berkisar dari 500 mcg hingga 5.000 mcg.
  • Injeksi vitamin B12 – Harus diresepkan oleh dokter di sebagian besar negara; 1.000 mcg dapat disuntikkan setiap minggu atau sebulan sekali.

Ginseng (Panax ginseng)

Ginseng, juga dikenal sebagai Panax ginseng, ginseng merah, atau ginseng Korea. Panax ginseng berasal dari Korea, dan telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun. Herba ini juga tumbuh di beberapa bagian Tiongkok dan Siberia. Bahan aktif dalam Panax ginseng adalah ginsenosida.

Ginseng adalah terapi penting dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok (TCM). Meskipun ada jenis ginseng lainnya, Panax ginseng bersifat unik, dan kita harus berhati-hati agar tidak tertukar dengan ginseng lain yang juga dikenal, seperti ginseng Siberia.

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu mengurangi kelelahan pada pasien kanker yang menjalani pengobatan. Sebuah studi tahun 2018 terhadap pasien kanker dalam Biomed Pharmacotherapy menunjukkan temuan serupa. Ginseng dikenal dapat membantu meningkatkan tingkat energi oleh praktisi TCM.

Sebuah studi tahun 2018 menggunakan model hewan menunjukkan bahwa ginseng berperan penting dalam mengurangi gejala kelelahan secara keseluruhan. Jika mengalami kelelahan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan herba ini ke dalam diet atau suplemen.

Dosis yang disarankan: Sesuai petunjuk pada label.

Ashwagandha (Withania somnifera)

Ashwagandha adalah herba adaptogenik, yang dapat membantu memperbaiki energi rendah kronis.  Berasal dari Asia, khususnya India dan wilayah Tiongkok, herba ini biasa digunakan dalam pengobatan Ayurveda sebagai terapi kelelahan karena dua alasan:

Meningkatkan energi – Sebuah studi tahun 2013 dalam Terapi Kanker Integratif menunjukkan bahwa ashwagandha dapat membantu meningkatkan energi dan kualitas hidup pada mereka yang menjalani perawatan untuk kanker.   

Meningkatkan daya tahan – Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa ashwagandha dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan daya tahan. Sebuah studi tahun 2015 terhadap atlet dalam Ayu menunjukkan bahwa ashwagandha dapat membantu meningkatkan daya tahan mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Dosis yang disarankan: Ashwagandha - 500 mg sekali atau dua kali sehari.

Rhodiola (Akar Emas)

Rhodiola (R. rosea) adalah adaptogen, herba yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh stres lingkungan dan kimia. Karena adaptogen tumbuh di bawah kondisi iklim yang keras dan harus melindungi diri dari lingkungan ekstrem seperti itu, tumbuhan ini sangat kuat. Rhodiola, misalnya, tumbuh di ketinggian 10.000 kaki (3 km) di atas permukaan laut, yang konsentrasi oksigennya rendah dan temperaturnya dingin. Manfaatnya antara lain:

Efek anti-kelelahan: Rhodiola mungkin menjadi pilihan bagi mereka dengan kelelahan yang tidak dapat dijelaskan. Sebuah studi tahun 2009 dalam Planta Medica menyimpulkan bahwa penggunaan Rhodiola memiliki efek anti-kelelahan.

Meningkatkan daya tahan fisik: Atlet di semua tingkat kompetisi sering mencari cara untuk meningkatkan daya tahan mereka. Rhodiola mungkin dapat bermanfaat. Sebuah studi tahun 2009 dalam Jurnal Pengobatan Integratif Tiongkok menyimpulkan, “Suplemen herbal gabungan  Rhodiola dan Gingko dapat meningkatkan performa daya tahan dengan menambah konsumsi oksigen dan melindungi dari kelelahan”. Sebuah studi tahun 2013 dalam Jurnal Riset Kekuatan dan Pengkondisian juga mendukung kemampuan Rhodiola untuk meningkatkan daya tahan latihan.

Dosis yang  Disarankan: Kapsul Rhodiola – 500 mg sekali atau dua kali per hari, atau sesuai petunjuk pada label. Ekstrak cair Rhodiola – sesuai petunjuk pada label

Iodin (Yodium)

Di seluruh dunia, penyebab utama gondok, nodul tiroid, atau tiroid yang kurang aktif adalah defisiensi yodium.  Kondisi autoimun yang disebut dokter Penyakit Hashimoto juga dapat menyebabkan tiroid yang kurang aktif dan umum terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. Terdapat asumsi bahwa orang dari Amerika Serikat tidak berisiko defisiensi yodium. Namun, sebuah studi tahun 2011 dalam Tiroid menunjukkan bahwa hampir 10 persen orang di Amerika Serikat mengalami defisiensi yodium sedang hingga parah, dan setidaknya ada tambahan lima persen untuk defisiensi ringan.   

Di seluruh dunia, studi juga menunjukkan bahwa lebih dari 10 persen wanita mungkin kekurangan nutrien penting ini. Sebuah studi tahun 2018 dalam Nutrien wanita hamil di Norwegia menunjukkan bahwa hingga 55 persen wanita memiliki asupan yodium yang kurang optimal dalam makanan mereka. Menurut Yayasan Tiroid Australia,  “Lebih dari 50% anak dan wanita hamil atau menyusui yang tinggal di Australia telah terbukti kekurangan yodium”

Pengujian: Cara yang lebih disukai untuk menguji defisiensi yodium, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), adalah dengan mengumpulkan sampel urine secara acak. Hasil yang kurang dari 100 mcg/L dianggap kekurangan yodium menurut standar WHO.

Gejala:  Sama seperti tiroid yang kurang aktif karena defisiensi yodium. Ini termasuk metabolisme yang melambat, kesulitan menurunkan berat badan, rambut rontok, konstipasi, kulit kering, depresi, dan kelelahan kronis.

Dosis yang disarankan:

Konsumsi suplemen multivitamin dan mineral yang mengandung 150 mcg yodium. Bisa juga mengonsumsi suplemen yodium atau rumput laut untuk membantu menjaga tingkat yodium yang sehat.

Koenzim Q10

Koenzim Q10 (CoQ10) memainkan peran penting dalam kesehatan mitokondria, pembangkit tenaga sel kita. Sebagai organ paling aktif dari semua organ, jantung memproduksi dan membutuhkan CoQ10 paling banyak untuk memenuhi kebutuhan metabolismenya. Otot kita juga membutuhkan koenzim Q10 yang cukup agar dapat berfungsi dengan energi yang optimal.  

Sebuah studi dalam Nutrition menunjukkan bahwa suplementasi oral dengan koenzim Q10 dapat membantu mengurangi gejala kelelahan dan meningkatkan performa fisik pada mereka yang meminumnya. Sebuah studi tahun 2017 dalam Reumatologi Klinis dan Eksperimental menunjukkan bahwa 200 mg koenzim Q10 dapat membantu mengurangi gejala umum kelelahan dan nyeri pada penderita fibromialgia.  Pelajari lebih lanjut tentang Pengobatan Alami untuk Fibromialgia.

Penyakit jantung juga mengakibatkan rasa lelah. Sebuah studi tahun 2017, yang meninjau 14 studi lain, menunjukkan manfaat penting dari CoQ10—hasilnya menunjukkan mereka yang menggunakan CoQ10 memiliki kemungkinan 31 persen lebih kecil dari meninggal akibat komplikasi gagal jantung kongestif.  

Dosis yang disarankan:  100 mg satu sampai tiga kali sehari, hingga 300 mg setiap hari.

Glisina

Glisina adalah asam amino yang diperlukan bagi produksi kolagen kulit, DNA dan hemoglobin, atau sel darah merah. Glisina dapat dibuat oleh tubuh saat dibutuhkan, oleh karena itu dianggap sebagai asam amino “non esensial”. Namun, beberapa orang mungkin memiliki kebutuhan metabolisme yang lebih tinggi untuk glisina agar merasa sehat. Pada mereka dengan tuntutan yang lebih tinggi, tubuh mungkin tidak dapat membuat yang dibutuhkannya, dan tingkat suplementasi glisina yang lebih tinggi mungkin diperlukan.

Sebuah studi tahun 2012 di Perbatasan dalam Neurologi menunjukkan bahwa penderita insomnia memiliki lebih sedikit kelelahan dan kantuk di siang hari ketika mereka diberi L-glisina dengan dosis 3 gram (3.000 mg) sebelum tidur. Sebuah studi tahun 2017 dalam Jurnal Nutrisi menyarankan bahwa mereka yang mengalami kelelahan kronis harus mengonsumsi asam amino, seperti glisina.

Dosis yang disarankan: 3 gram (3,000 mg) per hari.

L-Ornitina

L-Ornitina adalah asam amino yang tidak digunakan dalam protein. Namun, keberadaannya memainkan peran penting dalam metabolisme manusia. Asam amino ini memainkan peran penting dalam membantu tubuh menghilangkan amonia, racun umum yang meningkat pada penderita penyakit hati atau mereka yang mengonsumsi alkohol secara teratur.

Kelelahan: Sebuah studi tahun 2011 menunjukkan mereka dengan sindrom kelelahan kronis (CFS) memiliki tingkat ornitina lebih rendah dalam darah dibandingkan dengan individu normal. Sebuah studi dalam Riset Nutrisi menunjukkan bahwa L-Ornitina dapat membantu mengurangi kelelahan pada mereka yang meminumnya dalam bentuk suplemen.   

Selain itu, sebuah studi dalam Investigasi Obat Klinis menunjukkan penderita penyakit hati juga melihat peningkatan tingkat energi ketika mengonsumsi suplementasi L-Ornitina. Suplementasi ditoleransi dengan baik oleh 98 persen dari mereka yang meminumnya.

Dosis yang disarankan:  1.500 mg sekali atau dua kali sehari.

Referensi:

  1. Siswa menunjukkan 17% dari mereka yang berusia 60 tahun ke atas kekurangan vitamin B12, halaman 62, diakses tanggal 29 Oktober 2017 https://www.cdc.gov/nutritionreport/pdf/Nutrition_Book_complete508_final.pdf
  2. Dang S, Yan H, Zeng L, et al. Status Vitamin B12 dan Folat pada Wanita Tionghoa: Studi Lintas Daerah Berbasis Populasi di TiongkokBarat Laut. Sengupta S, ed. PLoS ONE. 2014;9(11):e112586. doi:10.1371/journal.pone.0112586.
  3. Integr Cancer Ther. 2015 Sep;14(5):419-27. doi: 10.1177/1534735415580676. Epub 2015 Apr 14.
  4. Biomed Pharmacotherapy. 2018 Feb 5;100:52-63. doi: 10.1016/j.biopha.2018.01.155. [Epub ahead of print]
  5. Terapi Kanker Integratif. 2013 Jul;12(4):312-22. doi: 10.1177/1534735412464551.  2012 Nov 9.
  6. J Med Food. 2002 Winter;5(4):211-20.  Ashwagandha meningkatkan daya tahan dalam studi hewan.
  7. Choudhary B, Shetty A, Langade DG. Efikasi Ashwagandha (Withania somnifera [L.] Dunal) dalam meningkatkan daya tahan kardiorespirasi pada orang dewasa atletis yang sehat. Ayu. 2015;36(1):63-68. doi:10.4103/0974-8520.169002.
  8. Jurnal Pengobatan Integratif Tiongkok. 2009 Jun;15(3):177-83. doi: 10.1007/s11655-009-0177-x. Epub 2009 Jul 2.
  9. Jurnal Riset Pengkondisian Kekuatan. 2013 Mar;27(3):839-47. doi: 10.1519/JSC.0b013e31825d9799.
  10. Tiroid. 2011 Apr;21(4):419-27. doi: 10.1089/thy.2010.0077. (Catatan:  Defisiensi yodium di Amerika Serikat lebih tinggi dari 10% populasi. Saya curiga meningkat menuju 20% yang kekurangan  menggunakan nilai urine WHO 100 mg/L atau kurang)
  11. Tiroid. 2013 May;23(5):523-8. doi: 10.1089/thy.2013.0128. Epub 2013 Apr 18.
  12. Nutrien. 2018 Feb 28;10(3). pii: E280. doi: 10.3390/nu10030280.
  13. Situs diakses tanggal 3 Maret 2018 tentang defisiensi yodium di Australia. https://www.thyroidfoundation.org.au/page/13/iodine-nutrition-iodine-deficiency
  14. Nutrisi. 2008 Apr;24(4):293-9. doi: 10.1016/j.nut.2007.12.007. Epub 2008 Feb 13.
  15. Reumatologi Klinis  dan Eksperimental. 2017 May-Jun;35 Suppl 105(3):20-27. Epub 2016 Dec 13.
  16. Lei L, Liu Y. Efikasi koenzim Q10 pada pasien dengan gagal jantung: meta-analisis uji klinis. Gangguan Kardiovaskular BMC. 2017;17:196. doi:10.1186/s12872-017-0628-9.
  17. Bannai M, Kawai N, Ono K, Nakahara K, Murakami N. Pengaruh Glisina untuk Performa Subyektif Siang Hari pada Relawan Sehat yang Sebagian Tidurnya Dibatasi. Perbatasan dalam Neurologi. 2012;3:61. doi:10.3389/fneur.2012.00061.
  18. Dunstan RH, Sparkes DL, Macdonald MM, et al. Beragam karakteristik ekskresi urine asam amino pada manusia dan penggunaan suplementasi asam amino untuk mengurangi kelelahan dan sub-kesehatan pada orang dewasa. Jurnal Nutrisi. 2017;16:19. doi:10.1186/s12937-017-0240-y.
  19. Clinica Chima Acta. 2012 Oct 9;413(19-20):1525-31. doi: 10.1016/j.cca.2012.06.022. Epub 2012 Jun 21.
  20. Nutrition  Reserch. 2008 Nov;28(11):738-43. doi: 10.1016/j.nutres.2008.08.008.   (L-Ornitina membantu mengurangi kelelahan)
  21. Clin Drug Investig. 2011;31(4):213-20. doi: 10.2165/11586700-000000000-00000.