Siapa yang tak suka memanjakan diri di rumah? Meskipun hari spa bisa sangat menyenangkan dan menjadi sesuatu yang dinantikan pada acara-acara khusus, dapat memanjakan diri Anda dengan perawatan kecantikan di rumah akan terasa lebih nyaman, terjangkau, dan dapat disesuaikan. Terutama saat ini, selagi banyak orang masih bekerja dari rumah, memiliki ide untuk memanjakan diri sendiri dalam kenyamanan di ruangan Anda sendiri bisa jadi sangat menarik karena Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dan menjalankan kewajiban mengurus keluarga sambil memanjakan diri sendiri. 

Ada berbagai manfaat yang telah terbukti saat Anda memanjakan diri dengan layanan yang memberikan kenyamanan. Menurunkan tekanan darah, meredakan ketegangan pada otot, memperbaiki suasana hati, efek detoksifikasi, dan menghilangkan stres hanyalah beberapa manfaat kesehatan yang terlihat dengan merawat diri. Meskipun ada banyak kebiasaan gaya hidup yang dapat memengaruhi metrik kesehatan ini, seperti pilihan makanan, olahraga, dan manajemen berat badan, perawatan sederhana yang dilakukan di rumah Anda sendiri merupakan cara mudah dan nyaman untuk meningkatkan kesejahteraan. Berikut adalah lima item di rumah yang bisa digunakan untuk membuat produk dan perawatan kecantikan sederhana.

Bubuk Kunyit

Anda mungkin sangat akrab dengan bumbu kunyit dalam makanan, memberi warna kuning pada kari, atau mungkin Anda telah mengamati akar kunyit segar di samping jahe di toko bahan makanan. Meskipun kunyit telah digunakan sebagai obat dan makanan di seluruh dunia selama beberapa dekade, kunyit meraih popularitas dalam beberapa tahun terakhir karena manfaat dan kegunaannya bagi kesehatan yang semakin dikenal luas. Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang bertanggung jawab atas berbagai atribut kesehatan yang berkaitan dengan rempah-rempah ini. Fungsi antioksidan dan antiinflamasi merupakan dua sifat kesehatan utama yang berkaitan dengan kunyit, itulah sebabnya Anda akan sering melihat suplemen kunyit yang bisa dibeli di mana saja. Selain menambah rasa, warna, dan manfaat kesehatan pada makanan, Anda bisa mendapatkan rempah pengoptimal kesehatan ini dalam bentuk suplemen, seperti kapsul. 

Saat menggunakan kunyit untuk membantu membuat produk kecantikan di rumah, kunyit dipercaya membantu mencerahkan tampilan lingkaran hitam di bawah mata. Ada beberapa penyebab warna gelap di bagian bawah mata Anda, seperti asupan cairan yang buruk, kurang tidur, dan bahkan mungkin ada komponen keturunan. Meskipun penting untuk mengatasi faktor gaya hidup yang memiliki andil terhadap perubahan warna, seperti dehidrasi dan kurang tidur, masker mata berbahan dasar kunyit dapat membantu untuk sementara waktu. Cukup campurkan 1 sendok makan kunyit bubuk, bahan yang sama yang akan Anda gunakan untuk memasak, dengan 1 sendok makan susu mentega dan aduk hingga menjadi pasta. Setelah pasta kunyit jadi, oleskan secara hati-hati pada bagian bawah mata dan biarkan selama 15 menit. Bersihkan pasta secara perlahan menggunakan kain lap yang hangat dan lembap. Peringatan: kunyit akan meninggalkan noda, jadi berhati-hatilah dengan permukaan yang bersentuhan dengan pasta, dan gunakan kain yang khusus Anda siapkan untuk membersihkan kunyit. 

Minyak Kelapa

Masker rambut merupakan cara yang tepat untuk melembapkan helaian rambut, menghaluskan serta merapikan rambut, dan bahkan dapat membantu menenangkan kulit kepala yang kering dan berketombe. Ada berbagai bahan yang mungkin bermanfaat jika ditambahkan ke dalam masker rambut; namun, kebanyakan berbahan dasar minyak. Ada sejumlah minyak yang dianggap membantu meningkatkan kualitas dan tekstur rambut, seperti zaitun dan alpukat, tetapi yang satu ini dianggap lebih unggul dibanding yang lain: minyak kelapa.

Minyak kelapa menjadi bahan dasar yang baik bagi masker rambut, dan para ahli di bidang perawatan rambut menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu menghasilkan rambut yang lebih sehat, lebih tebal, dan lebih panjang. Selain itu, para profesional mengatakan bahwa minyak kelapa membantu menenangkan kutikula rambut, membantu menyehatkan kulit kepala, dan menghaluskan ujung rambut yang bercabang. Ada beberapa cara menggunakan minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda. Cukup oleskan minyak kelapa cair ke rambut Anda dan diamkan selama 30 menit hingga semalaman untuk meningkatkan kemampuan reparatifnya. Selain itu, Anda dapat mencampurkan minyak kelapa (sekitar dua sendok makan) dengan madu dan telur untuk membuat masker yang akan meningkatkan kelembapan. Pastikan Anda memijat masker dengan lembut dari akar hingga ujung rambut saat mengaplikasikan kedua resep masker tersebut. Saat hendak membersihkan masker, perhatikan bahwa mungkin diperlukan sampo yang cukup banyak untuk menghilangkan minyak sepenuhnya, tapi yakinlah kelembapannya akan tetap terjaga!

Minyak Esensial

Bukankah Anda hanya menyukai aroma spa? Spa dikenal akan aromanya yang menenangkan, dan yang sering kita jumpai adalah lavender dan eukaliptus. Sebagai bagian dari hari spa di rumah, Anda dapat menciptakan pengalaman relaksasi yang sama menggunakan minyak esensial. Salah satu cara terbaik yang saya temukan untuk melakukan hal ini adalah dengan mengaplikasikan minyak esensial ke lap basah atau handuk kecil yang bisa digunakan dengan beberapa cara berbeda. Cukup isi mangkuk dengan air sedingin es, tambahkan minyak esensial pilihan Anda, celupkan kain ke dalam mangkuk, dan peras kelebihan air. Gulung rapat dan simpan di lemari es dalam wadah kedap udara. Setelah Anda siap untuk menikmati handuk spa, cukup keluarkan dari lemari es sesuai kebutuhan dan taruh secara perlahan di wajah Anda selama beberapa menit, atau gunakan untuk menyeka tangan Anda. Jangan ragu untuk memasukkan handuk ke dalam microwave selama satu menit jika Anda ingin merasakan sensasi kehangatan handuk spa di musim dingin.  

Ada begitu banyak minyak esensial yang bisa dibeli untuk mengakomodasi preferensi Anda! Gunakan lavender untuk membantu Anda bersantai sebelum tidur sebagai bagian dari rutinitas malam. Jika ingin menyegarkan pagi Anda, gunakan pepermin atau spearmint dan cobalah kombinasi eukaliptus, lemon, dan lavender pada handuk Anda jika ingin menciptakan aroma yang menyerupai spa favorit Anda.

Gula 

Tidak hanya memiliki aroma yang sedap, lulur gula juga bisa sangat membantu proses eksfoliasi kulit Anda. Tujuan pengelupasan kulit Anda adalah untuk menyingkirkan lapisan atas sel kulit mati, yang memungkinkan sel-sel baru pada permukaan terbentuk. Gula dapat membantu menghilangkan kulit kusam, membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan bercahaya, serta dapat membantu melembapkan kulit Anda, karena saat sel-sel kulit mati terangkat, losion dan produk perawatan kulit mampu meresap ke dalam sel kulit baru dengan lebih baik. 

Untuk membuat lulur eksfoliasi di rumah, Anda hanya perlu dua bahan: gula merah dan minyak kelapa (dalam bentuk padat). Dengan menggunakan perbandingan dua banding satu, kocok gula merah dan minyak kelapa padat hingga teksturnya melembut. Selama proses pencampuran ini, Anda juga dapat menambahkan aroma favorit Anda. Minyak esensial pepermin atau lemon merupakan tambahan yang tepat untuk lulur tubuh atau gunakan aroma yang lebih hangat dengan menambahkan ekstrak vanila ke dalam campurannya. Lulur bekerja paling baik saat minyak kelapa berbentuk padat, jadi jika mulai mencair, masukkan saja ke dalam lemari es dan biarkan hingga mengeras. Untuk menikmati lulur yang Anda buat, cukup oleskan ke kulit, pijat sampai butiran halus dari gula mulai menghilang, dan bilas. Sesederhana itu!

Madu 

Ya, madu sangat lezat dan memberikan tambahan rasa manis yang nikmat pada oatmeal dan teh Anda, tetapi madu juga memiliki beberapa sifat unik yang mampu menjadikannya sebagai bahan sempurna untuk membuat masker wajah di rumah. Madu mengandung sifat antimikroba dan berfungsi sebagai antioksidan, inilah alasan utama mengapa madu sangat bermanfaat saat dioleskan ke kulit. Selain itu, madu merupakan eksfolian alami, membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan membuka sel-sel kulit baru di bawahnya. 

Bagi orang-orang yang membutuhkan dorongan eksfoliasi ekstra, yang Anda butuhkan hanyalah menggabungkan madu dengan oatmeal . Cukup campurkan satu hingga dua sendok makan madu dengan satu sendok makan oatmeal dan oleskan secara perlahan ke wajah Anda. Diamkan masker hingga 15 menit dan gunakan kain lap hangat untuk membersihkan masker, lalu cuci muka dengan pembersih yang biasa Anda gunakan. Oatmeal memiliki sifat antiinflamasi dan senyawa yang disebut saponin yang memungkinkannya menyerap minyak berlebih. Anda juga dapat membuat masker ini selangkah lebih maju dengan menambahkan bubuk kayu manis. Bumbu ini memiliki sifat antimikroba dan berfungsi sebagai antioksidan, yang membantu menutrisi kulit Anda lebih jauh lagi. 

Ada begitu banyak bahan sederhana yang dapat ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan diri di rumah, beberapa di antaranya mungkin sudah Anda miliki dan akan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun ide-ide ini sederhana dan bisa sangat ampuh, penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan, karena produk kecantikan buatan sendiri ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan protokol perawatan yang diresepkan dokter. Setiap hari adalah hari yang baik untuk merawat diri sendiri serta menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Gunakan ide-ide yang mudah dan nyaman ini sebagai langkah untuk merawat diri sendiri; semudah masker wajah 15 menit!