Setiap orang dapat memiliki penampilan yang lebih cantik dan kesehatan yang lebih baik jika meluangkan waktu untuk merawat kulitnya.

Kulit Anda merupakan organ terbesar di tubuh. Kulit membantu melindungi dari bahaya luar seperti infeksi, iritasi, dan inflamasi. Kulit membantu mengatur suhu tubuh dan memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari. Pada saat yang sama, organ yang kuat ini sangat rentan terhadap kerusakan akibat perawatan yang salah.

Waktu, kelalaian, dan kondisi tertentu dapat merusak keutuhan kulit dan membuatnya tampak kusam, keriput, berjerawat, dan sangat tidak sehat.

Artikel ini akan membahas penyebab paling umum kerusakan kulit dan cara menghindarinya.

Dua Penyebab Utama Kerusakan Kulit

Mari segera hilangkan dua kebiasaan yang paling merusak kulit: Merokok dan terpapar sinar matahari tanpa pelindung. 

Merokok

Merokok dapat mempercepat proses penuaan kulit. Berdasarkan tobaccofrelife.org,  diperkirakan bahwa merokok 30 batang sehari dapat membuat kulit bertambah tua 14 tahun pada saat Anda mencapai usia 70 tahun.  Rokok merusak kulit dengan mengurangi aliran darah yang sehat dan menyebabkan peningkatan kerusakan kolagen, yang merupakan protein struktural utama kulit. Hal ini mengurangi elastisitas kulit dan membuatnya cenderung lebih kendur dan berkerut.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan, seketika dengan membakar kulit, dan dalam jangka panjang, sinar ultraviolet menyebabkan perubahan pada DNA di tingkat terdalam kulit, yaitu dermis. Hal ini disebut sebagai photodamage, dan ini dapat menyebabkan rusaknya kolagen, tekstur kulit menjadi kasar, kulit kendur, keriput, munculnya flek hitam dan bintik-bintik, pecahnya kapiler di sekitar hidung, serta munculnya noda merah di wajah dan kanker kulit. Saya menyukai tabir surya seng yang dimikronisasi dengan SPF minimal 35. 

Penyebab Lain Kerusakan Kulit dan Cara Menghindarinya 

Stres, posisi tidur, konsumsi gula berlebih, dan rutinitas pembersihan/hidrasi yang buruk dapat memicu kulit menjadi kasar, kering, dan keriput. 

Stres

Stres dapat meningkatkan inflamasi di seluruh tubuh yang dapat memperburuk kondisi kulit dan merangsang produksi minyak, sehingga memperparah jerawat. Kombinasi aktivitas fisik dan meditasi setiap hari dapat membantu Anda mengelola stres.

Kebiasaan Tidur

Tidur miring ke satu sisi, malam demi malam, tahun demi tahun, bisa menimbulkan kerutan, begitu juga jika Anda terus-menerus menyipitkan mata atau mengerutkan kening. Cobalah tidur telentang, kenakan kacamata hitam agar tidak terlalu sering menyipitkan mata, dan periksakan mata jika sulit untuk fokus. Untuk mengatasi kerutan pada kening, lakukan meditasi, aktivitas fisik sehari-hari, habiskan waktu bersama teman, dan fokus pada alasan yang membuat Anda tersenyum! 

Gula

Kelebihan gula benar-benar dapat merusak kecantikan. Hal ini dapat menyebabkan inflamasi dan glikasi yang merusak kolagen sehingga kulit kehilangan kekenyalannya. Pilihlah camilan manis dari buah-buahan segar dan gula berkualitas tinggi yang disebut allulose, yang tersedia dalam bentuk butiran dan ditemukan secara alami dalam buah ara, kismis, gandum, dan molase. Allulose tidak akan membuat gula darah melonjak.

Perawatan kulit

Menggunakan pembersih yang keras dan lupa menggunakan pelembap sehari-hari dapat menyebabkan kulit kering dan kasar. Gunakan penghapus dan pembersih riasan yang lembut seperti produk berbahan dasar lidah buaya. Untuk melembapkan, jutaan krim wajah yang tersedia diformulasikan untuk meningkatkan dan mempertahankan kelembapan, dan beberapa pelembap menambahkan retinol untuk mengurangi kerutan. Temukan pelembap yang cocok untuk Anda dan gunakanlah setiap hari. 

Cara Meningkatkan Kolagen

Untuk membantu melindungi kulit, Anda bisa membentuk kembali kolagen kulit dengan meningkatkan nutrisi, dan mempertimbangkan suplemen kolagen.

  • Harvard T. H. Chan School of Public Health mengatakan bahwa makanan berprotein tinggi seperti ikan, unggas, telur, produk olahan susu, legum, dan kedelai mengandung asam amino yang membantu membentuk kolagen. 
  • Seng juga sangat diperlukan untuk memproduksi kolagen dalam tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari mengonsumsi kerang, legum, kacang-kacangan, dan serealia utuh. 
  • Vitamin C merupakan bahan pembentuk kolagen penting lainnya, dan Anda bisa meningkatkan asupan buah sitrun, stroberi, dan brokoli. Suplemen vitamin C dapat membantu memulihkan tingkat kesehatan dalam tubuh jika tes darah menunjukkan adanya defisiensi.
  • Suplemen kolagen merupakan opsi lainnya. Sebuah penelitian meta tahun 2021 pada International Journal of Dermatology meninjau 19 penelitian dan menemukan bahwa mengonsumsi kolagen terhidrolisis selama 90 hari terbukti membantu mengurangi kerutan serta meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit.

Poin Penting

Kecantikan bukanlah sebuah konsep yang dangkal, apalagi yang berkaitan dengan penampilan kulit Anda. Penampilan kulit merupakan barometer eksternal kesehatan Anda, baik dalam maupun luar. Ini memberikan petunjuk tentang siapa yang mungkin menjadi pasangan yang baik, siapa yang bisa memiliki
anak-anak yang sehat, dan siapa yang mungkin menularkan penyakit melalui kontak langsung atau gen mereka. Menyukai kecantikan sudah tertanam dalam diri kita melalui evolusi. Tidak heran jika daya tarik berkorelasi dengan kesuksesan, secara finansial maupun sosial, serta kesejahteraan secara keseluruhan.

Untungnya, kulit mempunyai pengaruh yang kuat terhadap penampilan dan kesehatan yang baik berada dalam kendali Anda. Setiap orang dapat memiliki penampilan yang lebih cantik
dan kesehatan yang lebih baik jika mereka meluangkan waktu untuk merawat kulitnya. (Itu berlaku untuk kalian juga!)

Jadi, mulailah hari ini untuk mengambil langkah cerdas untuk memperbaiki penampilan kulit dan kesehatan Anda untuk tampil memukau. 

Referensi: 

  1. https://www.niams.nih.gov/health-topics/kids/healthy-skin
  2. https://newsinhealth.nih.gov/2015/11/keep-your-skin-healthy
  3. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/skin-overall-health
  4. https://tobaccofreelife.org/resources/smoking-effect
  5. https://www.yalemedicine.org/conditions/sun-damage.
  6. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21858-sunburn
  7. https://www.iherb.com/blog/collagen-peptides-beauty/1608
  8. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317151#9-ways-to-boost-collagen
  9. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/collagen/.
  10. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33742704/ 
  11. https://www.skinassociatesfl.com/top-ten-causes-of-wrinkles-and-skin-damage/ 
  12. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20620757/