Lendir siput menarik minat sebagai tren perawatan kulit paling tidak konvensional yang mungkin Anda lihat di media sosial atau dengar dari teman. Lendir siput digadang-gadang sebagai bahan ampuh untuk meningkatkan hidrasi dan mengatasi jerawat, dua masalah paling umum terkait perawatan kulit. Jadi, tidak mengherankan jika lendir siput telah masuk ke dalam rutinitas perawatan kulit banyak wanita dan pria yang mendambakan kulit cerah bercahaya. 

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut seputar lendir siput, alasan popularitasnya kian meroket, dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkannya ke dalam rutinitas kecantikan. 

Apa Itu Lendir Siput?

Dari namanya saja, Anda tidak akan terkejut mengetahui bahwa ini merupakan lendir yang dikeluarkan oleh siput. Lendir memiliki berbagai fungsi bagi makhluk kecil ini, termasuk sebagai pelumas untuk membantunya menempel pada permukaan. Akan tetapi, lendir pelumas pada kaki siput berbeda dengan lendir yang dikeluarkan dari punggungnya. Kemampuan hidrasi dan antimikrob dari lendir jenis ini tidak hanya bermanfaat bagi siput tetapi juga membantu meningkatkan kualitas kulit manusia. 

Lendir siput telah menjadi tren di media sosial karena kemampuannya dalam menghidrasi dan sebagai antimikrob. Lendir siput umumnya ditambahkan ke dalam rangkaian panjang nan efektif dari rutinitas perawatan kulit orang Korea dengan banyak pengikut di media sosial. Meskipun popularitas lendir siput meningkat belum lama ini, penggunaannya sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, yang digunakan untuk meredakan kulit meradang.1 

Manfaat Penggunaan Lendir Siput pada Kulit

Lendir siput lebih dari sekadar tren di TikTok. Kemampuannya dalam menghidrasi, menyembuhkan, dan sebagai antimikrob menjadikannya bahan yang istimewa untuk kulit Anda. Berikut adalah beberapa manfaat utama menambahkan lendir siput ke dalam rutinitas perawatan kulit. 

Hidrasi

Kulit yang kurang terhidrasi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, kulit mengelupas, serta meningkatkan kemunculan garis-garis halus dan kerutan. Lendir siput mengandung asam hialuronat dan peptida, dua senyawa yang dikenal akan kemampuannya dalam meningkatkan hidrasi kulit. Lendir siput merupakan tambahan yang ampuh untuk rutinitas perawatan kulit yang paling menghidrasi bagi pemilik kulit kering. Selain menggunakan produk lendir siput siang dan malam, hidrasi kulit Anda dari dalam dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi suplemen elektrolit.  

Penyembuhan

Lendir siput mengandung protein yang mendukung penyembuhan kulit dan dapat mengurangi jaringan parut. Baik Anda mengalami iritasi kulit secara umum atau ingin memperbaiki pelindung kulit, khasiat lendir siput dalam meregenerasi dan memperbaiki dapat sangat membantu. 

Protein makanan juga merupakan bahan penting dalam penyembuhan jaringan tubuh mana pun. Untuk menunjang kesehatan kulit, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan beragam protein. Protein bubukkacang-kacanganikan kaleng, dan unggas merupakan protein yang cocok untuk ditambahkan ke dalam makanan. 

Antimikrob

Protein dalam lendir siput memberikan khasiat antimikrob yang dapat membantu mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat. Lendir siput juga menciptakan lapisan pelindung untuk mencegah mikrob yang dapat menyebabkan infeksi. Eksfolian asam glikolat dan asam laktat yang ditemukan dalam lendir siput juga dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat serta mengurangi produksi minyak yang menyebabkan jerawat. Jika jerawat muncul, coba gunakan patch jerawat untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Adakah Efek Samping dari Penggunaan Lendir Siput?

Tidak ada efek samping yang signifikan terkait dengan penggunaan lendir siput. Meski demikian, perkenalkan produk baru dengan hati-hati, seperti lendir siput, untuk menghindari iritasi pada kulit. Beberapa laporan menunjukkan orang-orang dengan alergi kerang atau sensitif terhadap tungau debu dapat bereaksi terhadap lendir siput; akan tetapi, diperlukan penelitian lebih lanjut pada area ini. 

Mulailah dengan mengoleskan lendir siput ke area kecil pada kulit guna memastikan tidak ada reaksi yang muncul. Meskipun efek samping dari lendir siput sangat kecil kemungkinannya, bahan lain dalam produk lendir siput dapat mengiritasi kulit. Jika Anda melihat munculnya kemerahan, ruam, gatal, bengkak, atau reaksi abnormal lainnya, hentikan penggunaan lendir siput dan bicarakan dengan dokter kulit. 

Bisakah Lendir Siput Digunakan untuk Semua Jenis Kulit? 

Sebagian besar jenis kulit akan mendapat manfaat dari penggunaan lendir siput. Orang dengan kulit kering akan menganggap lendir siput sangat membantu karena khasiatnya dalam menghidrasi. Orang-orang yang memiliki kulit rentan berjerawat atau berminyak juga bisa memperoleh manfaat dari sifat antimikrob dan penyembuhan dari lendir siput. Karena lendir siput lembut di kulit dan bebas efek samping, orang-orang yang memiliki kulit sensitif sekali pun dapat menoleransi dan mendapatkan manfaat dari penggunaan sehari-hari. 

Cara Menggunakan Lendir Siput dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Anda dapat menikmati manfaat dari senyawa unik ini dengan memasukkan salah satu dari banyaknya produk perawatan kulit yang mengandung lendir siput yang tersedia di pasaran ke dalam rutinitas perawatan kulit. Serum lendir siput memiliki konsistensi yang encer dan sangat cocok sebagai lapisan pertama rutinitas perawatan kulit. Di atas serum, Anda dapat mengaplikasikan produk dan riasan favorit lainnya. Lendir siput juga tersedia dalam bentuk krim dan losionpembersih, serta masker. Masing-masing produk ini dapat disesuaikan dengan rutinitas Anda bersama dengan produk perawatan lainnya untuk membantu Anda mendapatkan kulit yang cantik.

Apakah Lendir Siput Bebas dari Kekejaman?

Lendir siput diproduksi dengan cara yang berbeda-beda, jadi penting untuk mencari produk yang mengandung lendir siput yang “bebas dari kekejaman” dan menerapkan praktik pengadaan yang bertanggung jawab. 

Ada banyak produsen yang mengumpulkan lendir siput tanpa menyakiti siput. Mereka bahkan dapat meningkatkan keluaran lendir melalui perawatan seperti spa dan memungkinkan siput merayap di permukaan yang bergelombang. Metode ini tidak membahayakan siput, justru malah meningkatkan produksi lendir. Akan tetapi, ada juga produsen yang menggunakan cara yang kurang pantas untuk meningkatkan produksi dan mengumpulkan lendir siput. Tindakan tersebut termasuk menusuk siput, menyemprotnya dengan natrium klorida, dan menghancurkan cangkangnya.1 

Poin Penting

Meskipun ada banyak produk perawatan kulit yang disesuaikan dengan jenis, masalah, atau tekstur kulit tertentu, lendir siput juga bermanfaat untuk berbagai jenis dan masalah kulit. Dengan kemampuannya dalam menghidrasi, sebagai antimikrob, dan menyembuhkan, serta tidak adanya efek samping yang ditemukan, lendir siput menjadi tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan kulit, termasuk untuk orang dengan kulit sensitif. 

Cobalah menggunakan salah satu dari banyaknya produk yang mengandung lendir siput di pasaran untuk membantu kulit Anda mempertahankan kelembapan, mengurangi jerawat, meminimalkan garis-garis halus dan kerutan, atau membantu memulihkan jaringan parut di kulit. Pastikan untuk mencari produk dengan kandungan lendir siput yang menerapkan praktik pengadaan yang bertanggung jawab untuk memastikan rutinitas perawatan kulit Anda bebas dari kekejaman. 

Referensi:

  1. Singh N, Brown AN, Gold MH. Snail extract for skin: A review of uses, projections, and limitations. J Cosmet Dermatol. 2024;23(4):1113-1121.