Saat membayangkan beras, masakan Asia mungkin menjadi salah satu hal pertama yang terlintas dalam benak Anda. Hal ini tentu saja terjadi pada saya, karena beras sudah menjadi makanan pokok dalam diet saya sejauh yang saya ingat. Tetapi, tahukah Anda bahwa manfaat beras untuk kecantikan sama bagusnya dengan manfaatnya di dunia kuliner? Nenek saya rutin mencuci muka dan tangannya dengan air beras yang tersisa setelah mencuci beras, dan katakan saja kulitnya terlihat sangat bagus untuk wanita berusia 100 tahun!

Untungnya perawatan kulit berbahan dasar beras jauh lebih mudah diakses saat ini, tak perlu lagi mencuci beras. Mari selami lebih dalam manfaat beras untuk perawatan kulit serta beberapa produk hebat yang menggunakan beras sebagai bahan utamanya! 

Manfaat Beras untuk Kulit

Ternyata, manfaat beras untuk kecantikan sudah ada jauh sebelum zaman nenek saya, dengan penggunaan pertama yang diketahui tercatat lebih dari 1.000 tahun yang lalu di Jepang! Sejak saat itu, wanita dalam budaya Asia Timur telah menggunakan air beras untuk membantu melembapkan, mencerahkan, dan menenangkan kulit serta sebagai perawatan rambut. Akan tetapi, baru beberapa dekade terakhir, berkat kecanggihan sains, kita mengetahui mengapa beras sangat bermanfaat.

Meskipun bagian belakang produk kecantikan Anda mungkin hanya mencantumkan "Ekstrak Dedak Oryza Sativa (Beras)" atau "Air Dedak Oryza Sativa (Beras)", ada banyak sekali bahan yang terkandung di dalamnya! Ini merupakan sumber yang sangat baik dari: 

  • Antioksidan seperti vitamin E, asam fitat, asam ferulat, dan oryzanol. Antioksidan membantu melindungi kulit kita dengan membatasi produksi radikal bebas yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi, tanda-tanda penuaan, dan peradangan. Beberapa antioksidan bahkan dapat membantu meningkatkan retensi kelembapan! 
  • Polisakarida dan asam lemak omega-3 yang melembapkan serta memperkuat pelindung alami kulit kita. Pelindung yang lebih sehat = retensi kelembapan yang lebih baik = kulit kering dan garis-garis halus berkurang.
  • Melacak mineral seperti seng dan selenium. Mineral ini memiliki sifat antimikroba dan antibakteri, yang menjadikannya cocok untuk kulit berjerawat.

Selain senyawa luar biasa yang ditemukan di dalam beras, ada juga beberapa penelitian yang dilakukan secara khusus terkait dampak bahan ini terhadap kulit: 

Penelitian tahun 2013 menemukan bahwa air beras yang difermentasi (alias anggur beras) dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, yang menjadikan kulit tampak lebih montok dan mengurangi kerutan.1  Manfaat antipenuaan ini sebagian berkat peningkatan kadar antioksidan dari proses fermentasi. 

Dua penelitian tahun 2016 menemukan bahwa air beras dapat 1) menghambat pembentukan bintik hitam dan hiperpigmentasi2 2) memberikan perlindungan UV bila digunakan bersama dengan ekstrak tumbuhan lainnya.3 (Ini bukan alasan untuk mengganti tabir surya Anda dengan air beras, tetapi ini merupakan bahan yang menjanjikan untuk melapisi di bawah SPF harian Anda!)

Yang terakhir, penelitian tahun 2018 menemukan bahwa air beras menghasilkan tingkat aktivitas antioksidan yang sama dengan vitamin C dan dapat membantu menghidrasi kulit tanpa meningkatkan produksi minyak.4

Meskipun kami ingin melihat lebih banyak penelitian seputar bahan perawatan kulit abadi ini, hasil yang telah ditunjukkan sejauh ini sangat menjanjikan! 

Mengapa Perawatan Berbahan Dasar Beras DIY Tidak Dianjurkan?

Meskipun perawatan kulit DIY terdengar seperti solusi yang terjangkau dan alami, itu bisa menimbulkan lebih banyak masalah dibandingkan manfaatnya. 

  • Ini sangatlah tidak nyaman. Bahkan jika Anda menanak nasi setiap hari, air beras yang baru saja Anda cuci juga dapat mengandung kotoran, pestisida, atau kontaminan lain yang dapat merusak kulit Anda. Anda harus membuat air beras dari beras yang sudah dicuci, biarkan meresap sampai airnya keruh. Setiap rendaman hanya memiliki umur simpan 24 jam, jadi Anda harus merendam beras setiap hari.
  • Bahayanya bisa lebih besar dibanding manfaatnya. Tanpa bahan pengawet dalam air beras, bakteri berkembang biak dengan cepat di dalam air. Tentunya, Anda dapat memasukkannya ke dalam lemari es untuk menunda hal yang tak terhindarkan, tetapi apakah Anda benar-benar ingin mengambil risiko kemungkinan kerusakan pada kulit Anda? Sama halnya dengan alasan Anda tidak ingin menggunakan produk kedaluwarsa di wajah Anda! Tidak ada salahnya merendam tangan Anda di air cucian beras, tetapi untuk wajah Anda, kami menyarankan agar Anda tetap menggunakan produk yang diformulasikan dengan benar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ada berbagai produk berbahan dasar beras yang sangat terjangkau, jadi mari kita lihat lebih dekat beberapa opsi dari kami!

Perawatan Kulit Terjangkau Berbahan Dasar Beras yang Dapat Dicoba

Tony Moly I'm Rice Clear Skin Beauty Mask Sheet  

Masker lembar merupakan cara yang baik untuk menghidrasi dan menenangkan kulit Anda secara instan, dan Anda akan mendapatkan kedua manfaat tersebut dengan Tony Moly I'm Rice Clear Skin Beauty Mask Sheet. Selain menjadikan ekstrak beras sebagai bahan utamanya, produk ini mengandung alantoin dan ekstrak akar manis, keduanya memiliki sifat menenangkan. Lalu, ada asam hialuronat dan lendir siput untuk membantu meningkatkan faktor pelembap, sehingga kulit Anda akan terasa lembut dan terhidrasi setelah menggunakannya. Produk ini bebas alkohol tetapi mengandung sedikit wewangian jadi mohong diingat jika Anda memiliki alergi. Dinginkan di lemari es terlebih dahulu untuk digunakan setelah melewati hari yang panas di bawah terik matahari!

SheaMoisture Purple Rice Water Strength + Color Care Masque  

Tahukah Anda bahwa air beras juga mengandung inositol, yang terbukti dapat menembus rambut rusak untuk memperbaikinya dari dalam dan melindungi dari kerusakan di masa depan? Tidak heran jika wanita Jepang telah menggunakan air beras untuk rambut mereka sejak periode Heian! Masker SheaMoisture Purple Rice Water Strength + Color Care Masque juga mengandung campuran minyak dan mentega yang bernutrisi seperti almon manis, jojoba, kelapa, dan shea untuk menutrisi setiap helai rambut Anda sepenuhnya, sesuatu yang dapat digunakan oleh segala jenis rambut berwarna!

I'm From Rice Toner  

Terbuat dari 77,78% ekstrak beras, I'm From Rice Toner memiliki tekstur seperti susu namun ringan, dan seperti minuman bernutrisi untuk kulit Anda. Dengan daftar bahan yang relatif singkat, Anda tidak akan menemukan hal-hal asing seperti wewangian atau minyak esensial, hanya bahan-bahan yang baik untuk kulit Anda seperti niasinamida untuk mencerahkan serta ekstrak adenosin dan krokot untuk menenangkan. Saya suka mengaplikasikan beberapa lapisan sebagai langkah pertama setelah pembersihan saat kulit saya terasa sedikit kering. Saya merasa produk ini tidak hanya melembapkan secara maksimal tetapi membantu produk selanjutnya menyerap lebih baik juga! Anda juga dapat merendam beberapa kapas dan mengoleskannya pada beberapa bagian yang kering, seperti masker lembar mini dalam keadaan darurat!

I'm From Rice Beauty Mask  

I'm From Rice Beauty Mask menjadikan bubuk dedak padi sebagai bahan utamanya, yang memberikan eksfoliasi fisik ringan selain dari manfaat yang disebutkan di atas untuk versi toner-nya. Jangan khawatir, masker ini tidak terasa kasar atau kering sama sekali berkat mentega shea-nya yang berlimpah ditambah lagi minyak argan dan skualan sebagai dasarnya. Gunakan seminggu sekali untuk mendapatkan kulit selembut bayi, pastikan Anda berhenti menggunakan eksfolian kimia saat menggunakan produk ini untuk mencegah pengelupasan berlebih!

Skinfood Rice Beauty Mask Wash Off

Untuk alternatif yang lebih lembut dari I'm From Rice Mask, saya merekomendasikan Skinfood Rice Beauty Mask Wash Off. Masker ini menggunakan air beras sebagai bahan utamanya dan hadir dalam tekstur yang menyenangkan seperti oatmeal/bubur! Produk ini masih memiliki tindakan pengelupasan fisik jadi saya akan menggunakan masker ini maksimal seminggu sekali.

Cosrx Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Beauty Mask  

Jika Anda lebih suka masker wajah tanpa sifat pengelupasan, Cosrx Ultimate Nourishing Rice Overnight Spa Beauty Mask adalah pilihan yang tepat. Bebas alkohol dan pewangi, sarat akan emolien seperti minyak biji bunga matahari untuk menutrisi kulit, serta niasinamida yang dapat mencerahkan kulit. Oleskan ini tepat sebelum tidur atau gunakan sebagai masker bilas dengan membuat lapisan tebal saat kulit Anda terasa agak kering.

HaruHaru Wonder Black Rice Hyaluronic Toner  

Meskipun I'm From Rice Toner terasa seperti susu dan cukup menutrisi,  HaruHaru Wonder Black Rice Hyaluronic Toner memiliki tekstur yang lebih ringan, hampir seperti air yang cocok untuk segala jenis kulit. Produk ini juga memiliki ekstrak beras yang difermentasi—fermentasi melepaskan lebih banyak senyawa bermanfaat dalam beras agar dapat diserap lebih baik oleh kulit kita! Formulasinya disempurnakan dengan asam hialuronat, betain, dan beta-glukosa untuk menghidrasi ditambah akar ginseng, akar skullcap, dan ekstrak rebung sebagai antiinflamasi, dan produk ini menjadi pilihan yang bagus untuk kulit dehidrasi dan/atau berjerawat. Gunakan produk ini setelah pembersihan dan aplikasikan beberapa lapis untuk mendapatkan hidrasi yang dibutuhkan kulit Anda!

The Face Shop Rice Water Bright Light Cleansing Oil  

Jika Anda memakai riasan atau tabir surya tahan air/berwarna, pembersihan ganda menjadi suatu keharusan di malam hari. Pertama, mulailah dengan pembersih berbasis minyak seperti The Face Shop Rice Water Bright Light Cleansing Oil untuk menghapus riasan/tabir surya, kemudian lanjutkan dengan pembersih berbahan dasar air untuk membersihkan kulit Anda. Jika ide pembersih berbahan dasar minyak membuat Anda takut, jangan khawatir, minyak pembersih ini tidak akan terasa berat atau lengket. Ada slip berminyak tetapi tujuannya agar produk tidak menarik kulit saat Anda menggosoknya ke riasan Anda. Tambahkan sedikit air untuk mengemulsi dan bilas untuk mendapatkan tampilan kulit seimbang yang bersih. 

Kecantikan Korea memunculkan berbagai rahasia perawatan kulit dan kebanyakan, air beras di antaranya, tidak menonjolkan tren yang sedang populer melainkan lebih menonjolkan perawatan yang sudah membuktikan keberhasilannya selama berabad-abad. Sudahkah Anda mencoba produk kecantikan dari air beras?

Referensi:

  1.  Binic I, Lazarevic V, Ljubenovic M, Mojsa J, Sokolovic D. Skin ageing: natural weapons and strategies. Evid Based Complement Alternat Med. 2013;2013:827248. doi:10.1155/2013/827248 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3569896/
  2. Kanlayavattanakul M, Lourith N, Chaikul P. Jasmine rice panicle: A safe and efficient natural ingredient for skin aging treatments. J Ethnopharmacol. 2016;193:607-616. doi:10.1016/j.jep.2016.10.013 https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27721049/
  3. Cefali, L.C., Ataide, J.A., Moriel, P., Foglio, M.A. and Mazzola, P.G. (2016), Plant-based active photoprotectants for sunscreens. Int J Cosmet Sci, 38: 346-353. https://doi.org/10.1111/ics.12316
  4. Marto J, Neves Â, Gonçalves LM, Pinto P, Almeida C, Simões S. Rice Water: A Traditional Ingredient with Anti-Aging Efficacy. Cosmetics. 2018; 5(2):26. https://doi.org/10.3390/cosmetics5020026