Saya ingin mengambil waktu untuk membahas topik yang selalu dikhawatirkan pasien saya seiring hari-hari musim gugur mendekat: perawatan kaki setelah musim memakai sandal. Seperti banyak pasien saya, saya memakai sandal sepanjang musim panas. Saya sangat menyukainya. Namun, paparan terhadap elemen serta kurangnya dukungan untuk lengkungan kaki pada kebanyakan sandal bisa sangat tidak baik untuk kaki kita.

Saat kita mencapai usia 65 tahun, kebanyakan kita telah membebankan beberapa juta ton berat badan pada kaki kita dan telah berjalan lebih dari 75.000 mil. (Itu seperti berjalan mengelilingi khatulistiwa Bumi tiga kali!)  Seiring kita bertambah tua, penindasan ini menunjukkan akibatnya dan mengubah struktur kaki kita. Kaki kita meningkat panjang dan lebarnya, menjadi lebih datar di bagian lengkungannya, kehilangan sebagian bantalan berlemak di tapak depannya, dan memiliki ligamen serta tendon yang lebih kendur dan lemah. Dengan semua tugas yang dilakukan kaki dan semua masalah yang dirasakannya sebagai akibatnya, kita pikir orang akan memprioritaskan untuk menunjukkan perhatian pada kakinya sebagai bentuk terima kasih. Malah sebaliknya, kita kerap memasukkan kaki kita ke dalam sendal bersol datar yang tidak mendukung serta menaruhnya di tempat terakhir dalam daftar prioritas perawatan kulit kita.

Ini saatnya berubah! Berikut ini adalah beberapa masalah kaki yang paling umum saya jumpai seiring musim panas berakhir, serta produk yang saya anjurkan untuk menanganinya di rumah.

‌‌‌‌‌‌‌‌Kulit Kusam Bersisik

Setelah berjalan-jalan di sekitar pantai dan di pasir sepanjang musim panas, saya tahu kaki saya bisa kusam dan bersisik, dan saya juga banyak melihatnya pada pasien saya! Kebanyakan dokter setuju bahwa cara paling efektif untuk merawat kulit kering dan bersisik adalah melakukan eksfoliasi, atau menghilangkan kulit yang kering dan mati, lalu melembapkan kulit normal di dasarnya. Anda bisa menggunakan batu apung atau kikir kaki untuk membantu eksfoliasi kaki di rumah. Andalan saya adalah Kikir Kaki Mehaz dan  Batu Apung Earth Therapeutics.

Setelah eksfoliasi, saya menganjurkan pasien saya untuk menggunakan masker kaki yang memperbaiki dan melembapkan untuk merawat kekasaran pasca musim panas. Saya sangat menyukai masker kaki Nu-Pore dan Aveeno , dan saya sendiri telah menggunakan keduanya seiring musim panas berakhir. Produk-produk tersebut membantu saya mempertahankan kelembapan esensial yang dibutuhkan kulit saya agar terasa lembut dan segar.

‌‌‌‌‌‌‌‌Kalus

Pasien saya selalu datang ke kantor untuk menghilangkan kalus mereka (kulit yang keras dan kering). Setelah mengikis kalus mereka, saya akan membahas pelembap yang sesuai untuk membantu mereka mempertahankan kaki yang terasa lembut ini. Saran utama saya, saat kaki kita terasa sangat kering dan ada kulit kering pada kaki, sebaiknya selalu cari produk yang mengandung bahan aktif urea. Urea mengeksfoliasi kulit yang kering sehingga mengeluarkan sel-sel kulit cantik untuk perbaikan yang sangat diperlukan! Krim urea andalan saya adalah Krim Kaki Melembapkan dari O’Keeffe. Produk ini memiliki konsentrasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda mendapatkan kaki lembut. 

Cara alami lainnya untuk menjaga kaki kita tetap lembut dan segar adalah bahan alami seperti mentega cokelat, Vitamin E, mentega shea, mentol pepermin, dan minyak pohon teh. Krim yang mengandung bahan-bahan ini biasanya menawarkan performa yang unggul dalam hal memulai proses perbaikan kulit. Saya sangat suka menggunakan  Cocoa Butter Formula dengan Vitamin E dari Palmer, karena produk ini menggabungkan efek menenangkan dan melembutkan mentega cokelat dengan Vitamin E alami, yang mengisi kembali nutrisi yang hilang selama hari-hari sibuk. Sangat menakjubkan melihat gambar sebelum dan sesudah pemakaian krim ini untuk memperbaiki kaki setelah bulan-bulan musim panas yang panjang dan kering.

‌‌‌‌‌‌‌‌Kerusakan karena Matahari

Topik menarik lainnya yang saya bahas dengan pasien saya sering kali adalah garis-garis cokelat mereka. BUKAN, bukan dari pakaian renang! Garis-garis cokelat yang disebabkan sandal pada kaki mereka. Entah mengapa, semua orang mengabaikan kaki mereka saat memakai losion tabir surya. Kita semua tahu bahwa kita perlu memakaikan SPF yang sesuai pada tubuh kita demi menghindari melanoma (kanker kulit) dan melindungi kecantikan kulit kita, tetapi, entah apa alasannya, kita jarang menerapkan logika ini pada kaki kita.

Sebelum menjadi spesialis kaki dan pergelangan kaki, saya juga sering mengabaikan kaki saya terkait perlindungan SPF. Kini, saya mengerti bahaya yang dapat disebabkan sinar UV pada kulit kaki. Ingatlah selalu untuk meneruskan rutinitas pemakaian tabir surya ke bawah, sampai ke jari-jari kaki. Saya kebetulan sangat suka menggunakan;opsi Dr. Oracle ini untuk melakukannya.  

Ingatlah, jika Anda sangat suka memakai sandal seperti saya, sebagian pola pencokelatan di kaki Anda tidak terhindari meski Anda memiliki rutinitas pemakaian tabir surya yang hebat. Jika Anda merasa tak percaya diri terkait garis-garis cokelat di kaki Anda seiring perubahan musim, dan Anda lebih cenderung memakai sepatu kasual dibandingkan sandal jepit, produk pencokelat tanpa matahari dapat membantu Anda mendapatkan warna kulit yang merata. Saya menganjurkan untuk memilih produk yang berfungsi ganda, membantu meratakan warna di area yang tidak cokelat sekaligus melembapkan kulit kaki Anda, seperti ini St. Tropez Bronzing Mousse

‌‌‌‌‌‌‌‌Jamur Kuku

Jamur dapat menunjukkan batang hidungnya sepanjang tahun, tetapi terutama banyak timbul selama bulan-bulan musim panas, saat kolam renang umum dan salon pedikur menjadi bagian besar dalam hidup kita. Jamur kuku sangat tak sedap dipandang dan dapat membuat kuku kaki kelihatan rapuh, tebal, dan gelap. Jamur bahkan dapat menyebabkan bau tak enak.

Anda sangat perlu mengenali tanda-tanda jamur sejak dini sehingga Anda dapat langsung memulai perawatan yang sesuai. Jamur sangat suka lingkungan lembap dan menyebar dengan mudah, karena itu, perawatan yang sesegera mungkin sangat penting. Periksalah selalu adanya perubahan warna, tanda pertamanya dapat ditemukan di sudut kuku dan memiliki tampilan kecokelatan.

Jika Anda mengenali tanda-tanda jamur, perawatan rumahan yang bagus adalah minyak pohon teh. Bahan homeopatik hebat lainnya adalah calendula, hypericum, dan silika. Empat antijamur superhebat ini semuanya dapat ditemukan dalam Pengontrol Jamur Kaki dari Forces of Nature. Harap diperhatikan bahwa jika jamur tetap ada meski perawatan di rumah telah dilakukan, sangat dianjurkan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan petunjuk perawatan tambahan.

‌‌‌‌‌‌‌‌Nyeri dari Sepatu yang Tidak Pas

Kalau bicara soal alas kaki, musim panas cenderung merupakan waktu kita lebih berfokus pada mode dibandingkan dukungan. Ini sebuah kesalahan besar. Saya melihat ribuan pasien datang dengan nyeri kaki dan pergelangan kaki akibat sepatu yang tidak pas. Kiat-kiat utama saya untuk menghindari nyeri serupa adalah: cobalah sepatu baru selalu di penghujung hari saat ukuran kaki biasanya paling besar, dan mintalah agar kaki Anda diukur setiap kali Anda membeli sepatu baru karena ukuran dan bentuk kaki terus berubah sepanjang hidup kita.

Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan untuk berinvestasi pada ortotik yang dibuat khusus untuk Anda, yang dianggap sebagai standar emas perawatan medis. Ini terutama penting jika Anda memiliki kaki yang datar (pronasi).   Yang paling penting, pilihlah sepatu untuk kenyamanan, bukan hanya untuk gaya, dengan memastikan bahwa bentuk sepatu Anda sesuai dengan bentuk kaki Anda dan memungkinkan Anda berjalan dengan stabil.

‌‌‌‌‌‌‌‌Berikan Kasih yang Layak Diterima Kaki Anda

Ini mungkin bukan pernyataan paling mengejutkan, mengingat saya seorang podiatris, tetapi saya SANGAT MENYUKAI KAKI. Kaki membawa kita dari A sampai ke Z, dan kita perlu agar kaki kita sehat dan merasa enak selama perjalanan itu. Dengan tiga putaran mengelilingi khatulistiwa yang akan dijalani oleh masing-masing kita sepanjang hidup kita, kita sangat perlu memperlengkapi kaki kita dengan alat yang memberinya dukungan dan perlindungan yang baik terhadap elemen-elemen. Saya mendorong Anda untuk memberi kaki Anda kasih yang layak diterimanya. Eksfoliator, pelembap, produk perawatan jamur, dan sepatu yang mendukung bukan hanya perawatan sementara untuk kaki Anda, tetapi investasi pada kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang kaki Anda. Kasihi kaki Anda, dan kaki Anda akan membalas mengasihi Anda.